working space surabaya

Menciptakan Working Space Surabaya Yang Memacu Produktivitas

Posted on

Working Space Surabaya – Ruang kerja atau working space yang menjadi faktor penting dalam memaksimalkan performa karyawan dan pada akhirnya mendukung kesuksesan bisnis. Yang dimaksud ruang kerja di sini adalah segala sesuatu yang ada di sekitar karyawan yang berpengaruh pada kinerja tiap individu.

TIPS MEMACU PRODUKTIVITAS DI WORKING SPACE SURABAYA

working space surabaya

Working space yang nyaman akan membantu mendapatkan lebih banyak inspirasi. Terlebih bagi yang bekerjanya dalam bentuk karya atau yang terjun di industri kreatif. Nah agar semakin produktif, berikut ini 10 tips yang harus diperhatikan untuk menciptakan ruang kerja yang nyaman.

1. Interior ruangan

Tidak hanya bentuk bangunan yang harus diperindah, tapi kita harus perhatian juga pada interior ruangan. Bahkan interior ruangan sangat berpengaruh pada produktivitas lho. Banyak kasus penurunan kinerja karyawan yang disebabkan interior ruangan yang kurang mendukung.

Hal ini wajar saja, karena seorang karyawan akan seharian berada di kantor. Sehingga ruang kerja yang tertata dengan baik akan memberikan kenyamanan bekerja. Sebagai imbasnya, karyawan makin fokus bekerja, produktivitas meningkat, dan bisnispun semakin lancar.

Baca Juga  Meeting Room Surabaya Cocok untuk Milenial Rapat

2. Kebersihan

Kebersihan hendaknya menjadi budaya setiap perusahaan. Karena lingkungan yang bersih akan meningkatkan kesehatan dan kenyamanan bekerja. Bayangkan kalau ada working space surabaya yang tidak terjaga kebersihannya, pasti karyawan merasa stress. Ditambah lagi dengan tugas yang menumpuk dan tekanan kerja tinggi.

Kebersihan kantor bukan hanya tempat bekerja staf dan pekerja ya, tapi termasuk juga lingkungan kantor seperti kamar kecil, loker, maupun dapur. Karena itu, hendaknya semua pekerja kompak dan ikut bertanggung jawab dalam menjaga kebersihan.

3. Penerangan

Tahukah kalian kalau penerangan sangat berpengaruh pada produktititas? Bahkan ada sebuah riset yang menunjukkan bahwa karyawan yang mendapat penerangan di siang hari akan lebih sulit mengantuk. Sebaliknya, karyawan yang mendapat pencahayaan redup, suasana hati mereka akan memburuk dan lebih cepat lelah.

Dan yang dimaksud penerangan di sini tidak hanya sinar lampu yang terdistribusi merata seluruh sudut kantor lho. Tapi juga adanya cahaya matahari yang terpapar di ruang kerja. Karena ternyata cahaya matahari mampu mengurangi stress dan menambah kegembiraan bekerja.

Selain itu, kandungan vitamin D alami pada sinar matahari berguna bagi kesehatan tulang serta menimbulkan efek psikologis yang mampu mendorong produktifitas.

4. Ruang gerak

Walau terlihat sepele, tapi sangat penting memberikan ruang gerak yang cukup bagi karyawan. Sempitnya ruang gerak karyawan sudah pasti mengganggu aktivitas. Walau begitu, harus diperhatikan juga agar ruang gerak dibuat nyaman tanpa harus boros.

5. Pengaturan suhu udara

Iklim tropis yang ada di negara kita membuat hampir semua perusahaan memasang AC di kantornya. Karena suhu udara yang terlalu panas diyakini membuat cepat lelah dan menurunkan semangat kerja. Tapi suhu udara yang terlalu dingin juga membuat karyawan tidak betah bekerja.

Nah pengaturan suhu udara di ruang kerja ini ternyata sering menimbulkan perdebatan antar karyawan lho. Karena ada yang merasa suhu ruangan sangat panas. Tapi ada juga yang tidak biasa memakai AC, sehingga merasa tersiksa kalau suhu ruangan didinginkan.

Nah agar tidak menghindari masalah hanya gara-gara suhu, ada baiknya karyawan diskusi terkait pengaturan suhu yang paling pas. Sehingga siapapun yang datang paling awal bisa mengatur AC sesuai kesepakatan.

Baca Juga  Pilihan Nyaman Bekerja di Coworking Space Surabaya

6. Keamanan lingkungan

Setiap manusia pasti menginginkan rasa aman, termasuk di lingkungan kantor. Rasa aman terbukti bisa membuat karyawan mengerjakan tugas dengan optimal. Keamanan kerja meliputi rasa aman terhadap barang pribadi karyawan seperti mobil, motor, ponsel, dll.

Selain itu, karyawan juga butuh jaminan keselamatan kerja yang bisa menghidarkan mereka dari kecelakaan. Siapapun tidak akan betah bekerja di gedung tua yang konstruksinya mengkhawatirkan atau kantor yang instalasi listriknya tidak aman.

Selain faktor yang berhungan dengan fisik kantor, perusahaan hendaknya bisa menciptakan rungan kerja yang sehat secara non fisik. Karena keadaan psikis yang sehat akan memacu karyawan berkembang dan mencapai kesuksesan karir. Apa saja faktor non fisik yang harus diperhatikan? Ini dia jawabannya.

7. Ciptakan suasana menyenangkan

Semua pekerja pasti merasa nyaman bekerja dengan orang-orang yang ramah, jujur, mudah diajak bekerja sama, serta mampu menciptakan suasana menyenangkan. Suasana kerja do working space surabaya menyenangkan telah terbukti membuat kantor menjadi tempat kerja yang kondusif dan mendorong anggota tim lebih produktif.

working space surabaya

8. Budayakan kerjasama yang solid

Kerja sama tim atau teamwork menjadi keharusan dalam satu perusahaan. Karena goal perusahaan hanya bisa dicapai kalau seluruh anggota tim kompak dan saling membantu.

Nah untuk membantuk tim yang solid, perlu komunikasi dan keterbukaan antar karyawan. Dengan budaya keterbukaan ini, semua karyawan memiliki rasa saling percaya terhadap pekerjaan temannya. Hal ini membuat target perusahaan lebih mudah dicapai.

9. Gali ide dari karyawan

Sebagai ujung tombak perusahaan, seringkali karyawan menjadi pihak yang paling tahu masalah kantor. Perusahaan yang baik akan mampu menggali berbagai permasalahan serta ide dari karyawan. Hal ini dilakukan demi perbaikan perusahaan.

Mendengar langsung dari karyawan juga membuat karyawan merasa “lebih dimanusiakan”, sehingga lebih semangat lagi dalam bekerja.

10. Berikan kesempatan pengembangan karir

Kepuasan bekerja bukan karena faktor finansial saja. Tapi karyawan juga ingin mengembangkan pengetahuan dan keterampilan, sehingga bakat mereka bisa dieksplore secara maksimal. Karyawan pasti tidak ingin berada di posisi itu-itu saja. Karena itu, penting bagi perusahaan untuk memiliki program pengembangan karir karyawan.

Bentuknya, bisa berupa training maupun kesempatan tanggung jawab yang lebih besar. Pengembangan karir membuat karyawan yakin bahwa mereka berada di jalur yang benar. Makanya tidak heran kalau mereka akan mengerahkan segenap kemampuan yang dimiliki.

Demikian tadi 10 tips menciptakan working space surabaya yang memacu kinerja karyawan. Perusahaan yang baik bukan hanya sukses dalam finansial, tapi juga mampu membahagiakan karyawannya dan menciptakan ruang kerja yang kondusif.

(Visited 9 times, 1 visits today)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *