Top 10 Universitas Negeri di Perancis Tahun 2019

Posted on

Universitas Negeri di Perancis – Perancis memiliki banyak pilihan Universitas terbaik. 35 Universitas di Perancis masuk dalam QS World University Rankings 2019, 11 diantaranya masuk dalam 300 besar. Dengan reputasi pendidikan yang luar biasa, gelar yang didapat dari Universitas di Perancis membuka pintu untuk berkarir di seluruh dunia. Ini dia 10 Universitas Negeri di Perancis yang memiliki ranking tertinggi dalam peringkat Universitas dunia

1.Paris Sciences et Lettres Research University (PSL)

PSL merupakan Universitas negeri di Perancis yang berdiri pada tahun 2010 dan terdiri dari 9 college, termasuk École normale supérieure (ENS Paris) yang dikenal memiliki seleksi sangat ketat. PSL menawarkan berbagai bidang ilmu, dari Sains dan Teknik hingga Seni, Humaniora, dan Ilmu Sosial.

PSL memiliki peringkat tertinggi di Perancis, yaitu peringkat 50 dunia, faktor utamanya adalah karena reputasi alumninya. Selain itu, mereka juga memiliki hubungan kuat dengan berbagai perusahaan multinasional dan mengadakan hubungan kemitraan dengan Universitas bergengsi lainnya di seluruh dunia.

2.Ecole Polytechnique (ParisTech)

École Polytechnique berada di peringkat 65 dunia pada tahun 2019 ini dan memiliki spesialisasi dalam bidang sains dan bisnis. Universitas ini memang dirancang bagi siswa terbaik dari seluruh dunia dimana terdapat sekitar 30% mahasiswa asing. Bahasa pengantar pada perkuliahan juga menggunakan bahasa Inggris.

3.Sorbonne University

Sorbonne University dibentuk pada 2018 oleh merger antara Paris-Sorbonne University dan Pierre Marie Curie University. Sorbonne University berada di peringkat 75 dunia pada tahun 2019 dengan skor terbesarnya pada reputasi akademik. Seperti PSL, Sorbonne University juga merupakan research university kelas dunia yang ada di Paris. Universitas ini cocok bagi mahasiswa asing, karena terdapat 53.400 mahasiswa dengan 10.200 diantaranya merupakan mahasiswa asing.

4.CentraleSupélec

CentraleSupélec (CS) merupakan perguruan tinggi hasil merger antara École Centrale Paris dan the Supélec graduate school of engineering yang berada pada peringkat 137 dunia. CS menjadi research university yang fokus pada 7 masalah utama : Kesehatan dan Bio-Engineering, Energi, sistem komunikasi, Lingkungan dan risiko, Penerbangan dan Transportasi, Ilmu Pengetahuan Nano, serta Sistem Bisnis.

5.École Normale Supérieure de Lyon

ENS de Lyon terus meningkatkan posisinya pada peringkat dunia, pada tahun 2019 ini berapa pada peringkat 153. Tidak hanya tempat belajar mahasiswa, lembaga pendidikan elit ini juga memberikan pelatihan kepada peneliti dan guru di bidang humaniora, sosial, dan sains.

6.Sciences Po

Science Po merupakan Universitas dengan spesialisasi di bidang hukum, ekonomi, ilmu sosial, politik, dan sejarah serta berada pada peringkat 221 dunia pada tahun 2019 ini. Science Po pantas disebut sebagai Universitas internasional dan multikultural, karena setengah dari 13.000 mahasiswanya berasal dari luar Perancis. Ada 150 negara yang terwakili sebagai mahasiswa di Universitas ini.

7.Université Paris-Sud 11

Université Paris-Sud 11 yang terkenal dengan pengajarannya dalam bidang sains dan matematika ini menempati peringkat 239 dunia. Suasana ilmiah yang ada mendukung 12.000 mahasiswa belajar berbagai bidang ilmu seperti matematika, ilmu komputer, fisika, kimia, biologi, ilmu bumi dan luar angkasa, sport science dan musik.

Universitas ini memiliki fasilitas laboratorium kelas satu dalam bidang Fisika partikel, Nuklir, Elektronik, dan Nanosains. Alumni Université Paris-Sud 11 juga terkenal karena dihargai tinggi di dunia kerja di Perancis.

8.École des Ponts ParisTech

École des Ponts ParisTech (Ponts) merupakan Universitas kecil tapi memiliki peringkat 263 dunia. Jumlah mahasiswa hanyalah sekitar 2000-an orang. Universitas ini menawarkan pengajaran bidang teknik, sains dan teknologi. Di Perancis, mereka dianggap sebagai salah satu yang terbaik di bidang teknik dan memiliki reputasi internasional.

9.Université Grenoble-Alpes

Université Grenoble-Alpes (UGA) terbentuk tahun 2016 dan merupakan hasil merger tiga Universitas : Joseph Fourier University, Pierre-Mendès-France University, dan Stendhal University. Pada tahun 2019 ini, mereka berada di peringkat 289 dunia. UGA bekerjasama dalam bidang pengajaran dan penelitian dengan lebih dari 650 mitra dari 80 negara.

10.Université Paris Diderot – Paris 7

Universitas yang namanya diambil dari Filsuf Perancis Denis Diderot ini, saat ini berada di peringkat 295 dunia, dan masuk 10 besar Universitas Negeri di Perancis. Terletak di pusat kota Paris, Universitas menawarkan berbagai gelar dalam bidang humaniora, kedokteran, dan sains. Université Paris Diderot memiliki reputasi kuat di bidang Sains, terutama Matematika. Mereka juga memiliki perpustakaan terbesar di kota Paris dan terbuka untuk umum.