tempat kerja arsitek

8 Tempat Kerja Arsitek Berprospek Cerah di Masa Depan

Posted on

tempat kerja arsitek – Halo sobat semua! Apa ada diantara kalian yang sedang memikirkan masa depan? Lebih khusus lagi, bagi kalian yang akan memilih jurusan kuliah.

Salah satu yang dipertimbangkan dalam pemilihan jurusan atau program studi adalah prospek masa depan. Dan semua pasti ingin lanjut kuliah di jurusan yang menawarkan karir masa depan cerah.

Nah kalau kalian merasa senang dengan menggambar desain bangunan, tampaknya Teknik Arsitektur bisa menjadi pilihan favorit.

Baca Juga  Tips Sewa Kantor Surabaya Untuk Pebisnis Pemula

Selain bergengsi, lulusan Teknik Arsitektur biasanya mampu meraih karir dengan cepat. Kalaupun tidak kerja di perusahaan, skill yang dimiliki bisa dimanfaatkan untuk membuka usaha sendiri.

Pilihan profesi untuk Tempat Kerja Arsitek

tempat kerja arsitek

Intinya, jangan khawatir dengan prospek Teknik Arsitektur di masa depan. Agar lebih jelas, yuk simak beberapa tempat kerja Arsitek berikut ini.

1. Drafter

Bagi fresh graduate, mungkin bisa memulai karir sebagai drafter atau juru gambar. Drafter adalah asisten arsitek yang bertugas membuat gambar kerja bangunan secara detail. Sedangkan ide rancangannya sendiri berasal dari arsitek.

Lalu gambar kerja yang dibuat oleh Drafter tersebut menjadi acuan dalam pelaksanaan pembangunan. Seorang drafter di Indonesia bisa mendapat gaji sekitar Rp 5 Juta per bulan.

2. Arsitek

Di belahan dunia manapun, profesi Arsitek memiliki gengsi cukup tinggi. Karena itu tidak heran kalau gaji rata-rata Arsitek bisa mencapai puluhan Juta rupiah.

Berbeda dengan drafter, tugas Arsitek lebih pada perancangan dan perencanaan bangunan. Rancangan tersebut dibuat berdasar data hasil survei.

Arsitek tidak hanya berurusan dengan perancangan desain saja, tapi mencakup estimasi biaya, rancangan struktur, penentuan jenis material, desain mekanikal elektrikal, hingga pengontrolan bangunan.

Dalam membuat rancangan, seorang Arsitek harus memperhatikan banyak hal. Misalnya estetika, kesehatan, keselamatan, kenyamanan, lingkungan, dll. Jadi jangan mengira tugas Arsitek hanya membuat gambar saja ya.

3. Pengembang perumahan

Profesi lain yang erat hubungannya dengan Teknik Arsitek adalah Developer atau pengembang perumahan. Tidak harus besar, kamu bisa mulai dari perumahan kecil atau kavling terlebih dulu.

Agar memiliki nilai tambah dibanding pengembang lainnya, lulusan Arsitek bisa mengaplikasikan ilmu yang didapat di bangku kuliah.

Sehingga mampu membuat konsep perumahan yang lebih ramah lingkungan, inspiatif, nyaman, bergaya unik dengan harga terjangkau.

Baca Juga  17 Cara Memulai Bisnis Online Dengan Modal Minimalis

4. Jasa desain bangunan

Bagi yang punya background Arsitektur, tidak ada salahnya melirik usaha jasa desain bangunan. Mendesain rumah atau bangunan bukan pekerjaan mudah, jadi ada banyak orang yang memerlukan jasa Arsitek.

Biasanya Arsitek akan bertemu dengan klien dulu dan menanyakan desain seperti apa yang diinginkan. Lalu Arsitek akan menerjemahkan keinginan klien dalam bentuk rencana anggaran biaya (RAB) serta desain 3D.

Agar banyak orang yang tahu, kita bisa posting contoh karya desain rumah di medsos seperti Instagram, Facebook, atau dengan membuat blog.

Nah daripada desain rumahmu hanya tersimpan di memori komputer, ada baiknya kita share di medsos. Karena bisa bermanfaat untuk diri sendiri dan orang lain.

5. Konsultan

Yang dimaksud konsultan arsitek di sini adalah bekerja di bekerja di perusahaan konsultan besar yang menangani bangunan kelas mega proyek.

Tugas konsultan sebenarnya hampir sama dengan arsitek umumnya, yaitu sebagai perencana proyek bangunan. Hanya saja yang dikerjakannya proyek berskala besar.

Karena yang dikerjakan lebih rumit dan lebih banyak proyek, tidak heran kalau Arsitek yang bekerja di perusahaan konsultan akan mendapat gaji sangat tinggi.

Dan kebanyakan konsultan adalah Arsitek yang sudah berpengalaman bekerja di kontraktor. Nah pengalaman di perusahaan kontraktor sangat membantu saat bertemu dengan klien yang lebih komplek.

6. Kontraktor

Idealnya seorang Arsitek bekerja untuk merancang bangunan. Tapi kalau ada lulusan Arsitek yang lebih tertarik membuat bangunan fisik, maka bisa mencoba menjadi Kontraktor.

Menjadi kontraktor membuat kamu tidak hanya sebatas jago rancang saja. Tapi mampu membuat ranacangan tersebut menjadi bangunan nyata.

Selain berurusan dengan teknis, Kontraktor harus menguasai detail anggaran, durasi proyek sampai selesai, rencana anggaran, kontrak dengan klien, dan segala hal yang berhubungan dengan operasional di lapangan.

Nah, sangat menantang kan?

tempat kerja arsitek

7. PNS

Tempat kerja Arsitek yang satu ini cocok buat kamu yang ingin mengabdi untuk bangsa dan negara. Karena lulusan Teknik Arsitektur juga bisa masuk di kantor pemerintahan lho.

Beberapa instansi yang membutuhkan lulusan Arsitek diantaranya Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat, Badan Perencanaan Pembangunan Daerah, Tata Kota, dll.

8. Pengajar

Mengajarkan ilmu adalah profesi yang bermanfaat di dunia dan akhirat. Karena akan mendidik calon pemimpin di masa depan.

Bagi yang suka dengan dunia pendidikan. Lulusan Arsitek juga mengabdikan diri sebagai pengajar, apakah sebagai Guru maupun Dosen.

Bagi yang mencukupkan diri dengan S1 Teknik Arsitektur, maka kamu bisa menjadi guru Arsitektur di SMK jurusan bangunan atau yang sejenis.

Baca Juga  Peluang dan Tips memulai Bisnis Properti Dengan Modal Minim

Tapi kalau ingin mengajar di universitas, berarti kamu harus lanjut lagi ke Pascasarjana. Dengan keilmuan yang mendalam, banyak juga lho Dosen yang memiliki pekerjaan sampingan sebagai konsultan arsitek.

Delapan tempat kerja Arsitek di atas berhubungan langsung dengan disiplin ilmu yang dipelajari di bangku kuliah. Tapi sebenarnya masih banyak profesi lain yang tidak berhubungan langsung.

Bisa saja Arsitek bekerja sebagai desainer grafis, desainer interior, desainer produk, dan masih banyak lagi. Ada banyak peluang yang bisa dimasuki lulusan Teknik Arsitektur. Gimana, berminat masuk jurusan Arsitektur?

Untuk anda yang memiliki profesi yang membutuhkan ruang kerja Secara independen kami merekomendasikan Westwork Coworking Space Surabaya sebagai tempat kerja arsitek anda.

(Visited 3 times, 1 visits today)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *