sewa ruang meeting di jakarta

Strategi Sewa Ruang Meeting di Jakarta

Posted on

Sewa Ruang Meeting di Jakarta – Menyewa ruang meeting untuk acara acara resmi kantor atau acara informal memang tidak menjadi kewajiban semua perusahaan. Beberapa perusahaan yang sudah mempunyai ruang rapat sendiri, biasanya akan merekomendasikan para stafnya untuk rapat di ruangan kantor sendiri.

Sementara bagi perusahaan yang berbasis online, bekerja secara remote atau mempunyai klien di beberapa kota maka akan mencari ruang meeting yang bisa diakses secara terbuka, bebas dan mempunyai fasilitas yang memadai.

Akan tetapi sewa ruang meeting di jakarta dan kota kota besar lainnya tidak mutlak menjadi kebiasaan perusahaan berbasis online atau remote, beberapa perusahaan yang mempunyai kantor pun juga akan mencari penyegaran dengan sesekali melakukan rapat di luar kantornya.

Biasanya mereka yang bekerja di perusahaan dengan kantor akan mencari ruang meeting di luar untuk penyegaran agar tidak jenuh dengan suasana kantor, ada juga yang memanfaatkan untuk bertemu dengan klien di luar, atau ada juga yang menjadikan sebagai bagian dari perjalanan dinas. Semuanya adalah hal yang biasa dalam dunia bisnis.

Menjadwalkan sewa ruang meeting di jakarta atau kota kota besar lainnya memerlukan strategi yang tepat. Jangan hanya alih alih ingin ada penyegaran, ternyata seluruh departemen dalam satu perusahaan lalu ikut ikutan mengadakan sewa ruang meeting di luar, tentu saja perusahaan bisa tekor bukan?

Nah, begitu juga sebaliknya, bagi perusahaan berbasis online, remote, atau konsultan jangan terlalu sering-sering mengadakan rapat meeting yang tidak efektif. Pada tingkat perhitungan yang detail sewa ruang meeting harus meningkatkan nilai profit dan kapitalisasi perusahaan anda. Disinilah butuh strategi sewa ruag meeting yang tepat.

sewa ruang meeting di jakarta

Sebelum melangkah lebih jauh dalam urusan sewa menyewa ruang meeting, bagi anda yang berdomisili di kota kota besar seperti jakarta, surabaya, bandung, jogjakarta dan medan perlu menimbang untung rugi mengalokasikan anggaran dalam menyewa ruang meeting.

Bagi perusahaan yang berbasis orientasi profit, maka alokasi anggaran rapat di ruang meeting luar harus bisa meningkatkan nilai profit perusahaan anda. Sementara bagi perusahaan yang berbasis nirlaba, semisal lembaga kemanusiaan dan lembaga amal, maka melakukan sewa ruang meeting di jakarta perlu pertimbangan mendalam agar biaya operasional tidak membengkak.

Mengapa Perlu Sewa Ruang Meeting di Jakarta?

Ini adalah pertanyaan awal yang mesti anda ajukan kepada tim atau rekan kerja anda. Biasanya usulan untuk melakukan sewa ruang meeting di luar akan melewati pembahasan di tingkat tim anda. Dan biasanya akan muncul banyak saran, masukan, kritikan dan pada tingkat teknis akan ada banyak pilihan sewa ruang meeting dari yang termurah hingga termahal.

Beberapa perusahaan mengambil opsi untuk sewa ruang meeting di luar karena faktor tidak ada ruang rapat (bisa jadi karena memang tidak ada atau jadwal kantor yang padat), ada usulan untuk penyegaran, dan beberapa karena permintaan klien yang jenuh dengan suasana kantor kita dan mereka meminta untuk melakukan rapat di luar.

Sebagai pengetahuan saja, kantor perusahaan konsultan biasanya memiliki kantor yang besar dan bahkan memiliki ruang meeting khusus. Tapi pada faktanya, banyak klien klien kantor perusahaan konsultan meminta untuk melakukan meeting di luar. Ini bukanlah kebetulan, melainkan karena kebiasaan di dalam bisnisnya bahwa antara seorang konsultan dan klien memerlukan suasana yang rileks untuk diskusi.

Baca Juga  Pilihan Nyaman Bekerja di Coworking Space Surabaya

Bayangkan jika konsultan dan klien rapat di kantor anda dan diburu waktu, kesannya jalannya diskusi anda berada di bawah tekanan. Apalagi di lakukan di jam kantor yang terbatas dengan kondisi kantor anda. Biasanya klien akan meminta melakuakn rapat di luar dengan jam yang lebih bebas. Klien akan meminta rapat pada saat setelah jam makan malam, atau bisa jadi meminta bersamaan dengan makan siang secara santai.

Pada posisi bisnis seperti ini, atau mirip seperti ini, maka anda perlu melakukan strategi melakukan list lokasi sewa ruang meeting di jakarta dan seputaran jabotabek agar ketika klien meminta rapat di luar, anda bisa langsung menawarkan beberapa opsi ruang meeting yang bisa klien pilih.

Nah, kembali kepada bentuk bisnis anda, jika klien klien besar biasanya akan meminta ruang meeting yang berkelas dan memiliki fasilitas yang mumpuni, semua ini akan sangat tergantung dengan karakteristik ruang meeting apakah di tengah kota atau di pinggiran kota.

Penentuan strategi fasilitas ini penting untuk anda pertimbangkan, mengingat biasanya rapat dengan klien tidak hanya soal diskusi dan makan makan saja. Biasanya klien akan minta ada presentasi, ada sesi penampilan slide atau peragaan produk/ jasa yang akan anda tawarkan kepada klien anda.

Jika anda sudah mempunyai banyak list ruang meeting maka tawaran atau permintaan dari klien bisa langsung anda sanggupi, sementara jika belum, maka anda bisa dibuat kalang kabut. Oleh karena akan lebih baik anda mengenali karakteristik bisnis anda secara lebih mendalam.

Karakteristik Ruang Meeting di Kota Kota Besar

Jika perusahaan anda berada di kota besar seperti jakarta, maka sewa ruang meeting di jakarta akan memiliki banyak kelebihan dan juga kelemahan. Untung rugi ini harus anda sesuaikan dengan tipe bisnis anda, permintaan klien, alokasi anggaran hingga perhitungan untung rugi secara matematik keuangan.

Jangan sampai anda terlena dengan rutinitas sewa ruang meeting di luar dan sampai mengganggu cash flow perusahaan anda. Sementara arus balik dari hasil rapat rapat di ruang meeting tersebut ternyata tidak menghasilkan apa apa. Hati hati, ini adalah jebakan (trap) terkait dengan gengsi dan juga pencitraan.

Nah agar anda tidak masuk ke dalam jebakan industri tersebut, akan lebih baik anda mengenali kelebihan dan keuntungan sewa ruang meeting di jakarta agar anda bisa mengatur rencana perusahaan anda secara lebih detail dan teknis:

Beberapa kelebihan dan kekurangan karakteristik ruang meeting di Jakarta:

1. Karena terletak di kota besar, maka umumnya sewa ruang meeting di jakarta yang ditawarkan dalam kapasitas menengah. Sebagian kecil lainnya dalam kapasitas large (besar). kenapa kapasitas menengah lebih banyak? Karena keterbatasan ruang, gedung dan tanah yang ada di jakarta akan memaksa pengusaha ruang meeting mempersempit ruang meeting demi mengejar harga standar. Lalu jika ingin mencari ruang meeting kapasitas large? Pastinya ada, tetapi anda akan dikenakan biaya yang jauh lebih tinggi.

2. Kota besar seperti jakarta adalah pusat segalanya, menyewa ruang meeting di pusat kota besar biasanya anda akan mendapat fasilitas standar premium semisal internet, layar lcd, lcd poyektor, laptop atau komputer dan juga snack camilan. Selain itu juga biasanya kondisi ruangan akan bersifat premium dengan kursi dan meja tipe eksekutif dan tentunya memiliki air conditioner.

3. Selain kelebihan, kekurangan sewa ruang meeting di jakarta apalagi di pusat kota adalah: biaya yang lebih mahal daripada pinggiran kota, akses pusat parkir yang jarang dan harus ditempuh dengan transportasi umum serta tentunya anda akan berhadapan dengan macet dan rush hour ketika bersamaan di jam kerja.

Baca Juga  Menjalankan Usaha dari Virtual Office Surabaya Dengan Mudah

Karakteristik Ruang Meeting di Pinggiran Kota

Nah, jika sudah membaca kelebihan dan kekurangan sewa ruang di jakarta yang berada di tengah kota. Maka anda memerlukan opsi lain yaitu menyewa ruang meeting di pinggiran kota. Jika anda berada di jakarta, maka menyewa ruang meeting bisa digeser ke bekasi, bogor atau perbatasan antara dua kota tersebut.

sewa ruang meeting di jakarta

Sementara jika berada di surabaya atau yogya, bisa menjauh dari pusat kota ke arah surabaya timur atau selatan agar mendapat ruang meeting yang lebih terjangkau harga dan fasilitasnya.

Nah, berikut beberapa kelebihan dan kekurangan mencari lokasi sewa ruang meeting di jakarta pada daerah pinggiran:
1. Kelebihan utamanya adalah anda bisa mencari ruang meeting dengan kapasitas lebih besar. Kapasitas besar ini lebih banyak karena banyaknya gedung dan tanah yang tersedia dibandingkan di tengah kota.

2.Sewa ruang meeting di pinggiran juga akan memangkas biaya sewa dan operasional karena biasanya harganya jauh lebih miring ketimbang dengan sewa ruang meeting di jakarta pada pusat kotanya.

3.Kekurangan yang akan ditemui biasanya adalah fasilitas yang bersifat terbatas, misalnya karena harga miring maka hanya tersedia lcd, lcd proyektor dan biasanya hanya adanya air conditioner tanpa adanya akses internet.

Strategi Sewa Ruang Meeting di Jakarta

Karena banyaknya kelebihan dan kekurangan dalam memilih sewa ruang meeting di jakarta pada tengah kota atau pinggiran kota. Maka perlu ada strategi khusus yang perlu anda lakukan agar tidak salah dalam melangkah. Panduan berikut ini bisa memandu anda dalam melakukan strategi sewa ruang meeting agar lebih efektif:

1. Memastikan anggaran yang disediakan oleh kantor anda atau dari pendanaan klien. Anggaran ini sangat krusial untuk dipetakan dan dialokasikan. Jangan sampai melebihi anggaran yang disediakan.

2. Peserta meeting siapa saja? Nah ini juga perlu disiapkan. Jika klien anda yang hadir lebih banyak anda juga bisa menyewa dalam kapasitas besar sementara jika dalam jumlah terbatas bisa sewa kelas menengah.

3. Siapa saja yang hadir? Jika klien anda atau atasan anda setingkat direktur akan menghadiri dan ikut dengan rapat anda. Maka anda memerlukan fasilitas sewa ruang meeting di jakarta pada kelas premium. Jangan permalukan diri anda di depan klien dan atasan. Carilah sewa ruang meeting yang menyediakan banyak hal.

4. Substansi meetingnya apakah diskusi serius atau sekedar courtesy call? Maka ini juga akan menentukan jenis tipe sewa ruang meeting di jakarta yang akan anda pilih. Jika tipe rapatnya adalah rapat serius, anda bisa mencari ruang meeting dengan fasilitas premium. Sementara jika courtesy call semata atau diskusi informal, anda bisa carikan ruang meeting dengan fasilitas makan atau ruang meeting yang dekat dengan rumah makan kelas premium.

(Visited 3 times, 1 visits today)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *