sewa ruang kantor bulanan

Keuntungan Sewa Ruang Kantor Bulanan dan Tips Memilihnya

Posted on

Sewa Ruang Kantor Bulanan – Bisnis apapun yang sedang dijalankan, anda perlu memastikan keuangan perusahaan digunakan untuk fokus pada pertumbuhan perusahaan. Sebagai pebisnis, anda perlu cara terbaik dalam menyewa kantor.

Karena pertumbuhan harga properti membuat tarif sewa kantor ikut melambung. Bisa dibayangkan berapa uang yang harus disiapkan untuk menyewa kantor dalam setahun, atau dalam beberapa tahun sekaligus.

Bagi perusahaan bermodal tak terbatas, sudah pasti tarif sewa kantor dalam setahun bukan maasalah besar. Lain halnya dengan perusahaan rintisan atau start up. Atau perusahaan kecil bermodal terbatas.

Keuntungan Sewa Ruang Kantor Bulanan

sewa ruang kantor bulanan

Dengan fokus membesarkan usaha, mereka pasti menginginkan mendapat kantor dengan harga sewa seminimal mungkin. Salah satu cara paling umum yang banyak digunakan adalah dengan menyewa kantor secara bulanan.

Ada banyak keuntungan sewa ruang kantor bulanan dibanding tahunan. Berikut ini beberapa keuntungannya.

1. Lebih terjangkau

Alasan utama sewa ruang kantor bulanan adalah biaya yang lebih terjangkau. Dibanding mengeluarkan biaya satu kali dalam jumlah besar, lebih baik membayar 12 kali tapi sangat terjangkau. Apalagi kalau anda mau menyewa kantor di Jakarta yang dikenal sangat mahal.

Bagi perusahaan baru yang pemasukannya masih belum stabil, menyewa bulana jelas menjadi pilihan yang lebih baik. Setelah bisnis berkembang dan nyaman bekerja di kantor tersebut, barulah kita mempertimbangkan menyewa setahun full.

2. Bisa memilih lokasi strategis

Pemilihan lokasi menjadi hal utama yang dipertimbangkan. Selain memudahkan bertemu dengan klien, lokasi juga ikut meningkatkan prestise perusahaan. Kalau perusahaan anda berkantor di lingkungan para profesional, maka para karyawan juga lebih terpacu untuk melakukan yang terbaik.

Nah dengan memilih sewa ruang kantor bulanan, kita tidak perlu mengeluarkan dana terlalu besar. Berarti budget yang ada bisa digunakan untuk memilih lokasi yang lebih strategis. Dan ini sangat baik untuk pengembangan perusahaan.

3. Pemilik lebih fokus pada pengembangan perusahaan

Kalau anda adalah pemilik perusahaan baru. Pasti berpikir bagaimana caranya perusahaan bisa tumbuh dan berkembang. Karena tujuan kita berbisnis adalah mendapat keuntungan maksimal dan meminimalkan pengeluaran. Jangan sampai justru lebih besar pasak daripada tiang.

Dalam hal ini, kita perlu strategi bisnis dan langkah yang tepat. Dengan persaingan usaha yang semakin ketat, maka anda akan bertarung agar mampu bertahan.

Dalam rangka pengembangan usaha, perusahaan pasti ingin mengerahkan segenap sumber dayanya. Nah daripada budget habis untuk menyewa kantor selama beberapa tahun, sebaiknya anda mencari sewa ruang kantor bulanan.

Dengan meminimalkan biaya operasional, budget yang tersisa bisa diputar lagi untuk pengembangan usaha. Berikut ini beberapa langkah yang bisa anda lakukan:

• Memperluas promosi
• Meningkatkan jaringan pemasaran
• Meningkatkan pelayanan
• Meningkatkan kualitas SDM
• Inovasi produk

Baca Juga  Pilihan Nyaman Bekerja di Coworking Space Surabaya

4. Kalau tidak cocok, bisa segera pindah

Dalam bisnis, terkadang kita tidak tahu apa yang terjadi di masa depan. Apakah bisnis kita bisa tumbuh dengan baik atau tidak.

Menyewa kantor dalam jangka waktu lama jelas berisiko. Kalau ternyata bisnis tidak berjalan lancar atau kita kurang nyaman berkantor di tempat tersebut, sudah pasti kita tetap harus menghabiskan masa kontrak.

Dan kalau sudah tidak nyaman, pekerjaanpun kurang optimal. Padahal anda sudah membayar mahal untuk sewa tahunan.

Lain cerita kalau sistem sewa ruang kantor bulanan. Anda bisa secepatnya pindah jika merasa kurang cocok bekerja di kantor tersebut.

Tips memilih kantor

Setelah tahu berbagai keuntungan di atas, mungkin anda berminat untuk menyewa kantor secara bulanan. Apa saja yang harus dipertimbangkan dalam mencari kantor dengan sistem sewa bulanan? Berikut ini tipsnya:

1. Lokasi yang strategis

Kantor yang kita tempati menjadi pusat aktivitas perusahaan. Baik dari sisi teknis, administrasi, marketing, maupun manajerial.

Memilih lokasi yang tepat dan strategis bisa menjadi kunci kesuksesan usaha. Sebaliknya, ada banyak perusahaan mengalami kegagalan hanya karena salah dalam penentuan lokasi usaha. Karena itu sangat penting untuk memilih lokasi dengan cermat.

Nah dalam penentuan lokasi ini ada beberapa yang perlu diperhatikan, diantaranya:

• Dekat dengan target konsumen

Konsumen atau klien akan terus berdatangan kalau mereka bisa mendapati kantor anda tanpa harus bepergian jauh. Calon konsumen juga bisa lebih mudah mengenal dan berinteraksi dengan kita.

Dan interaksi yang baik akan meningkatkan pemasaran dan pada akhirnya mendatangkan profit bagi perusahaan. Karena itu, usahakan lokasi kantor yang berdekatan dengan basis target konsumen.

Berkantor di lokasi terbaik tidak hanya menarik banyak konsumen, tapi juga mempengaruhi minat karyawan untuk bekerja. Jika lokasi kantor bagus, maka lebih mudah dalam mendapatkan talenta terbaik.

• Kemudahan akses

Kalaupun bukan di lokasi nomor satu, setidaknya kantor anda memiliki akses yang mudah. Faktor kemudahan akses juga berpengaruh pada tingkat penjualan dan kebahagiaan karyawan.

Misalnya dalam pengiriman dan penerimaan barang atau dokumen, akses yang sulit justru menyebabkan anda harus membayar lebih untuk biaya pengiriman.

Anda juga pasti tidak mau karyawan harus berkendara berjam-jam untuk mencapai kantor, hanya karena kesulitan mendapat akses transportasi. Kalau mereka sudah capek dan kurang istirahat, sangat sulit untuk bekerja secara maksimal.

Dengan kantor yang akses transportasinya mudah, karyawan bisa berangkat dan pulang dengan berbagai mode transportasi yang tersedia.

• Banyak dikunjungi orang

Beberapa lokasi seperti pusat komersial, mall, atau supermarket menjadi tempat yang banyak dikunjungi orang. Sehingga kalau persahaan anda berlokasi dekat dengan tempat tersebut, akan lebih mudah bagi konsumen untuk mengenal produk anda.

Begitu juga sebaliknya, perusahaan lebih mudah dalam menjangkau konsumen dan melakukan promosi.

sewa ruang kantor bulanan

2. Kelengkapan fasilitas

Lokasi yang hebat saja tidak cukup mendukung bisnis. Tapi anda juga harus menemukan kantor dengan fasilitas lengkap. Semakin baik fasilitasnya, maka semakin memudahkan anda dalam menjalankan bisnis.

Beberapa fasilitas dasar seperti internet, penerangan, air, pendingin ruangan, hingga tata ruang, kamar mandi, parkir, dan ketersediaan kantin akan berdampak besar pada karyawan.

Ada beberapa alasan mengapa kita harus bekerja di kantor yang fasilitasnya lengkap. Yang utama, ketersediaan fasilitas akan memberikan kenyamanan bekerja dan meningkatkan kinerja perusahaan.

Misalnya saja fasilitas AC yang buruk membuat semua orang yang ada di kantor kepanasan. Sudah pasti kondisi ini membuat karyawan menderita dan tidak betah bekerja.

Begitu juga bagi klien. Kalau mereka melihat kantor memiliki fasilitas yang mengesankan, maka itu mencerminkan bisnis anda.

3. Biaya sewa

Tarif sewa kantor biasanya diiklankan dalam Rupiah atau Dollar per meter persegi. Ada yang mengiklankan per tahun atau per bulan.

Misalnya ada kantor seluas 50 meter persegi dengan tarif Rp 100.000 per meter persegi per bulan. Berarti tiap bulan kita harus membayar 50 x 100.000 = Rp 5.000.000.

Dengan nilai tukar Rupiah yang sering naik turun, akan lebih menguntungkan kalau anda menyewa kantor yang menawarkan tarif sewa dalam Rupiah.

Nah agar mendapat harga terbaik sesuai dengan budget, anda harus memiliki cukup waktu untuk survey terlebih dahulu. Bandingkan harga sewa dan penawaran beberapa lokasi yang anda minati.

Baca Juga  Menjalankan Usaha dari Virtual Office Surabaya Dengan Mudah

4. Perhatikan isi perjanjian

Biasanya harga sewa yang ditampilkan di iklan adalah base rent. Karena itu, anda perlu memperhatikan isi kontrak sewa kantor. Karena kontrak menjadi landasan hukum perjanjian antara anda dan pengelola.

Untuk memahami isi kontrak, setidaknya anda perlu paham beberapa istilah dalam penyewaan kantor berikut ini

• Base rent: harga sewa dasar
• Service charge: biaya yang digunakan untuk operasional gedung. Biaya ini mencakup cukup banyak item, misalnya biaya kebersihan, keamanan, listrik, air, dan maintenance gedung. Sebaiknya anda teliti dan jangan sungkan menanyakan apa saja yang termasuk service charge.
• Gross rent: Biaya total yang harus dibayarkan penyewa kantor. Singkat kata, gross rent adalah jumlah base rent dan service charge

Selain itu, anda berhak mendapat informasi yang jelas mengenai beberapa hal lainnya. Misalnya siapa yang menanggung seandainya terjadi kerusakan, apakah ada overtime charge atau tambahan biaya di luar jam kantor, sejauh apa kita bisa mengubah interior kantor, dll.

Nah itu tadi keuntungan sewa ruang kantor bulanan dan beberapa tips memilih kantor. Semoga bermanfaat dan membantu anda dalam menentukan pilihan terbaik.

(Visited 3 times, 1 visits today)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *