Tips Sewa Kantor Surabaya Untuk Pebisnis Pemula

Posted on

Sewa Kantor Surabaya – Bagi yang sedang memulai usaha, biasanya belum punya karyawan dalam jumlah banyak. Bahkan tak jarang hanya pemilik usaha dan satu atau dua orang asisten. Salah satu biaya yang harus dipikirkan adalah sewa kantor.

Bekerja di rumah mungkin bisa menjadi alternatif, tapi seringkali kurang produktif karena bercampurnya urusan rumah dan kerjaan. Tapi mahalnya harga sewa kantor atau ruko di kota besar sering membuat pengusaha muda kewalahan, bahkan ada yang mengurungkan niat mendirikan usaha.

Sebagai salah satu kota industri, Surabaya termasuk kota incaran para pengusaha muda. Banyaknya peluang bisnis menjadikan harga sewa kantor di Surabaya ikut melesat. Tapi jangan khawatir, peluang mendapat kantor bertarif murah masih terbuka kok.

Tips Mendapatkan Sewa Kantor Surabaya

sewa kantor surabaya

Asal menyesuaikan dengan kebutuhan, kita masih bisa mendapat kantor bertarif minimalis. Nah berikut ini beberapa tips mendapatkan sewa kantor Surabaya. Cocok bagi pebisnis pemula yang sedang memulai usaha.

1. Pilih kantor yang sesuai kebutuhan

Besar kecilnya ukuran kantor pasti berpengaruh pada harga sewa. Karena itu pertimbangkan lagi usaha yang akan dijalani. Apabila bisnis kita bergerak di bidang konstruksi bangunan, sudah pasti memerlukan ruangan cukup besar.

Selain untuk dokumentasi dan administrasi, kita memerlukan ruangan untuk menyimpan berbagai peralatan konstruksi. Lain halnya dengan konsultan bisnis atau kantor yang hanya digunakan untuk bertemu klien, maka kita tidak membutuhkan kantor berukuran besar.

Perhatikan juga jumlah karyawan yang akan direkrut. Kalau jumlah karyawan kurang dari 10, untuk apa menyewa kantor yang muat untuk 50 karyawan? Sebaiknya kita bisa bijak untuk memilih yang sesuai kebutuhan dan tidak terpengaruh iklan yang menawarkan kantor mewah.

2. Tarif sewa

Biaya sewa kantor di kota-kota besar tiap tahun cenderung naik. Bahkan ada beberapa pengelola yang menerapkan biaya sewa dalam US Dollar. Dengan nilai tukar Rupiah yang sering melemah, hal ini bisa jelas merugikan.

Nah agar mendapat harga sewa yang sesuai budget, jangan segan-segan untuk membandingkan harga sewa kantor Surabaya satu per satu. Untuk mengetahui harga sewa tersebut masuk akal atau kemahalan, cek juga fasilitas yang disediakan serta kondisi bangunan.

Tapi kalau ingin mengetahui perbandingan harga dengan segera, kita bisa melihat informasinya dari situs online, agen properti, serta media cetak.

Baca Juga  Pilihan Nyaman Bekerja di Coworking Space Surabaya

3. Pemilihan lokasi

Sebagian besar perusahaan pasti menginginkan lokasi kantor yang strategis. Karena lokasi strategis ikut menentukan image perusahaan dan juga lebih mudah bagi customer untuk menjangkaunya.

Jika usaha kita bergerak dalam jual beli oflline yang berhubungan langsung dengan customer, sudah pasti pemilihan lokasi menjadi sangat penting. Dan disarankan untuk memilih lokasi kantor di pusat kota.

Tapi lokasi strategis tidak menjamin lancarnya usaha. Kita perlu mempertimbangkan faktor lainnya. Misalnya apakah di tempat tersebut sudah banyak kompetitor usaha sejenis? Apakah masyarakat sekitar kantor merupakan target produk yang kita jual?

Selain itu, kemanan menjadi pertimbangan yang tidak bisa diabaikan. Jangan sampai kita meninggalkan barang-barang berharga mahal di kantor yang ternyata kurang aman.

Tapi memilih lokasi premium memerlukan biaya yang lebih tinggi. Nah untuk meminimalkan budget, tidak ada salahnya mencari di daerah agak pinggiran. Yang penting, lokasi tersebut mudah dijangkau dan mudah dilihat orang.

4. Lalu lintas sekitar kantor

Kita semua pasti setuju kalau lokasi strategis bisa mendatangkan banyak pelanggan. Tapi lokasi strategis dan dilewati banyak orang saja kadang tidak menjamin banyak dikunjungi customer. Ada banyak contoh usaha yang berlokasi di tempat strategis tapi tidak terlalu ramai hanya karena lokasi tersebut termasuk daerah macet.

Kemacetan di sekitar kantor atau toko membuat orang kesulitan untuk keluar masuk. Kalaupun bisa, biasanya dia akan menunggu terlalu lama. Akibatnya, pelanggan akan malas datang ke tempat yang terkenal macet.

5. Kondisi fisik kantor

Kondisi kantor menjadi pertimbangan penting lain sebelum memutuskan. Cek kualitas bangunan dan pastikan kantor dalam kondisi siap pakai. Jangan sampai kita keluar biaya renovasi hanya karena kondisi gedung yang kurang layak pakai.

Tapi kalau kita ingin kantor di pusat kota tapi bertarif murah, tidak ada salahnya memilih kantor yang bangunannya sederhana atau agak tua. Biasanya di pusat kota ada saja gedung-gedung tua yang harga sewanya di bawah kantor mewah dan modern.

Terpenting gedung tua tersebut masih layak pakai. Kalaupun ingin membuatnya bergaya modern, mungkin kita bisa sedikit merogoh kocek untuk mengubah interior atau tampilan luarnya.

6. Fasilitas pendukung yang ditawarkan pengelola

sewa kantor surabaya

Selain kondisi gedung, kita juga harus perhatian pada fasilitas pendukung yang ada di kantor tersebut. Karena fasilitas pendukung yang lengkap akan membantu pekerjaan kita.

Beberapa fasilitas yang seharusnya ada dalam satu komplek kantor diantaranya ATM, kantin, minimarket, tempat parkir, lift, dan yang lainnya. Ada baiknya memilih kantor yang terintegrasi dengan fasilitas pendukung tadi.

7. Sesuaikan dengan rencana bisnis ke depan

Kita semua pasti ingin usahanya berkembang. Karena itu, menyewa kantorpun harus disesuaikan dengan renacan masa depan perusahaan. Misalnya saja kalau proyeksi usaha kita dalam waktu 5 tahun ke depan akan tumbuh, maka kita perlu kantor yang lebih besar.

Nah apakah kantor yang disewa ini memungkinkan diperluas? Jangan sampai rencana bisnis tidak bisa dijalankan gara-gara masalah bangunan kantor.

8. Manfaatkan koneksi

Seringkali urusan dengan pengelola menjadi lebih mudah karena memiliki hubungan yang baik dengan kita. Kalaupun tidak berteman langsung, mungkin ada teman kita yang menyewa gedung dan merekomendasikan gedung tersebut untuk kita sewa.

Nah hubungan pertemanan seperti ini bisa memberikan harga di bawah standar. Atau setidaknya, koneksi yang baik membuat negosiasi menjadi lebih nyaman dilakukan.

9. Desain minimalis

Dengan alasan lebih praktis, banyak perusahaan yang menyewa kantor yang sudah full furnished. Tapi bagi pebisnis pemula bermodal terbatas, tampaknya harus mempertimbangkan lagi menyewa kantor full furnished. Karena biaya sewanya jauh lebih mahal dibanding desian kantor minimalis.

Nah dengan menyewa kantor berdesain minimalis dan sederhana, kita akan menghemat anggaran yang lumayan banyak. Yang penting kita sudah memiliki ruangan, sedangkan isi kantor bisa kita atur pelan-pelan seiring berjalannya waktu.

Keuntungan lain memilih kantor berdesain minimalis, kita masih bisa merancang interior, perabotan, serta meja kursi sesuai budget dan selera kita sendiri.

Baca Juga  Meeting Room Surabaya Cocok untuk Milenial Rapat

10. Perjanjian sewa

Selain mempertimbangkan berbagai aspek fisik, kita tidak boleh melupakan untuk memahami aspek hukumnya, terutama perjanjian sewa. Karena semua hal akan ditunangkan dalam perjanjian hitam di atas putih ini. Karena itu, wajib bagi kita untuk memperhatikan detail isi perjanjian.

Salah satunya adalah kejelasan dan keabsahan pemilik gedung tersebut. Karena jika ada masalah dalam status kepemilikan, maka bisa mempengaruhi kelanjutan usaha kita.

Selanjutnya harus diperjelas juga jangka waktu sewa dan cara pembayarannya. Apakah harus dibayar di muka atau bisa dicicil dalam beberapa kali pembayaran.

Dan harus jelas pula siapa yang membayar berbagai biaya seperti pajak, listrik, AC, atau biaya perbaikan bangunan seandainya terjadi kerusakan. Mengingat biaya perbaikan kantor yang tidak sedikit, sehingga harus diperjelas siapa yang menanggungnya.

Dengan memperhatikan 10 hal di atas, kita akan mendapat kantor terbaik yang sesuai dengan status kita sebagai pebisnis pemula. Karena akan digunakan setiap hari, mencari kantor tidak beda dengan mencari rumah untuk diri kita dan keluarga.

Jadi lakukan dengan teliti dan sedetail mungkin. Salah memilih tidak hanya menimbulkan penyesalan, tapi juga berpengaruh pada prospek bisnis kita di masa depan.

Office rental

Sepuluh tips di atas bisa diterapkan kalau kita akan menggunakan kantor konvensional di kota besar yang umumnya jangka waktu sewanya selama beberapa tahun. Lalu bagaimana kalau kita tidak ingin sewa tahunan? Pasalnya sewa kantor Surabaya per tahun memerlukan dana tidak sedikit.

Jangan khawatir! Ada cara lain bagi pebisnis pemula untuk memulai usahanya, yaitu dengan memanfaatkan office rental. Kalau kita ingin mendapat kantor yang nyaman sekaligus berbiaya murah, offfice rentallah solusinya.

Kita tidak perlu menyiapkan sewa tahunan yang sangat tinggi, karena office rental bisa disewa bulanan, mingguan, bahkan ada yang harian. Menyesuaikan dengan kebutuhan serta kemampuan keuangan perusahaan kita. Selain itu, ada beberapa jenis office rental yang bisa dipilih, diantaranya:

Virtual office

Virtual office bisa menjadi opsi bagi pebisnis pemula yang ingin menyewa kantor dengan budget seminim-minimnya. Kita bisa menyewa virtual office sebagai alamat formal saja. Tapi sebagai penyewa, kita tidak menempati kantor tersebut.

Beberapa kegiatan bisnis yang bisa dilakukan lewat virtual office diantaranya surat-menyurat, call center, layanan resepsioni, serta penerimaan barang.

Jadi tujuan utama menggunakan virtual office adalah untuk mendapatkan alamat domisili perusahaan. Karena alamat domisili sering dibutuhkan untuk keperluan administrasi. Sedangkan tugas harian perusahaan bisa dilakukan di mana saja.

Nah karena tidak ditempati secara fisik, tidak heran kalau tarif sewanya sangat murah. Itulah alasan utama banyak pebisnis pemula lebih suka menyewa virtual office.

Baca Juga  Menjalankan Usaha dari Virtual Office Surabaya Dengan Mudah

Coworking space

Bagi perusahaan baru yang bergerak di industri kreatif, coworking space bisa menjadi pilihan selanjutnya. Karena berkonsep open space, maka tidak ada sekat antara perusahaan kita dengan perusahaan lainnya. Di satu sisi kita tidak mendapat privasi sebagaimana bekerja di kantor konvensional.

Tapi bekerja di coworking space justru menciptakan suasana lebih menyegarkan dan fleksibel. Bagi pekerja berusia muda, suasana kerja menyegarkan membuat mereka mampu mengeluarkan kreativitas dengan lebih maksimal.

Konsep kantor bersama yang diterapkan coworing space juga memungkinkan pada pemilik usaha bertukar pikiran dan menjalin simbiosis mutualisme. Tak jarang kolaborasi terjadi antara perusahaan yang berkantor di coworking space.

Capsule office

Capsule office sangat cocok bagi pebisnis baru yang jumlah karyawannya sangat sedikit. Karena kantor jenis ini memang menawarkan kantor berukuran sangat kecil.

Walau begitu, pelayanan yang diberikan cukup lengkap untuk menunjang bisnis kita. Kelengkapan fasilitas yang tersedia membuat pebisnis bisa lebih fokus pada pengembangan usaha.

Biasanya capsule office berada di pusat kota, sehingga sangat membantu saat kita ingin bertemu klien yang sama-sama berkantor di pusat kota. Dan karena ukuran kantor yang sangat minimalis, tidak heran kalau harga sewa yang ditawarkan sangat miring.

Alasan menggunakan office rental bagi pebisnis pemula

Dengan banyaknya perusahaan baru di kota besar, permintaan office rentalpun makin meningkat. Hal ini menjadi peluang besar bagi pengelola kantor untuk lebih menyasar pebisnis baru. Tapi apa sih alasan yang membut pebisnis muda lebih memilih office rental? Inilah beberapa alasan dan keuntungan yang mereka dapatkan

sewa kantor surabaya

1. Pilihan tepat yang sesuai kebutuhan

Sewa kantor sudah menjadi kebutuhan pokok tiap pengusaha. Walau sekarang in banyak pekerjaan bisa dilakukan online, tapi tetap saja ada banyak jenis pekerjaan yang harus dilakukan di kantor. Seperti meeting antara karyawan ataupun dengan klien.

Kalau kita menyewa satu kantor penuh, akan ada banyak fasilitas kantor yang belum diperlukan. Seperti dapur, ruang, kamar mandu, serta ruangan kerja yang terlalu banyak. Nah sebagai pebisnis pemula dengan jumlah karyawan masih sedikit, kita tidak memerlukan itu semua.

Satu ruangan kerja, satu ruang meeting, dan WC sudah cukup untuk memulai bisnis. Karena itu, kita bisa menyewa office rental dengan jumlah ruangan menyesuaikan kebutuhan.

2. Lebih hemat

Karena fasilitas yang disewa lebih sedikit, maka biaya office rental jauh lebih murah dibanding satu kantor penuh. Walau begitu, kita tetap mendapatkan fasilitas standar kantor, seperti internet kecepatan tinggi, meja kursi, loker, fax, telepon kantor, ruangan kerja, dll.

Dengan keuntungan perusahaan yang belum menentu dan tim kerja minimalis, office rental jelas cara efektif bagi pebisnis pemula.

3. Jangka waktu sewa lebih fleksibel

Tidak hanya lebih murah, rental office juga menawarkan lama sewa yang lebih fleksibel. Kita bisa menentukan sendiri jangka waktu sewa, apakah bulanan, mingguan, atau bulanan. Kita juga bisa menyewanya kapan saja selama tidak digunakan perusahaan lain.

Bahkan ada pengelola yang menawarkan biaya sewa per jam. Misalkan kita perlu ngantor dari jam 8 sampai jam 4, maka cukup membayar biaya sewa selama 8 jam kerja. Jadi kita benar-benar membayar seperlunya saja. Bagi perusahaan baru, menyewa office rental per jam jelas menguntungkan.

Coba bayangkan kalau kita menyewa satu kantor penuh selama 1 tahun. Berarti kita tetap membayar uang sewa selama hari libur dan di luar jam kerja.

4. Meningkatkan image perusahaan

Bagi perusahaan yang baru didirikan, pasti memerlukan alamat kantor yang jelas. Selain sebagai syarat legalitas usaha, alamat kantor juga sangat penting untuk kelangsungan bisnis. Dan alamat kantor yang berada di pusat bisnis akan menaikkan citra perusahaan dan lebih meyakinkan di mata klien.

Nah bagi pebisnis pemula yang ingin menyewa kantor di pusat komersial dengan harga terjangkau, kita bisa memilih model virtual office. Dengan alamat kantor bergengsi yang dicantumkan di website perusahaan, maka perusahaan kita akan terkesan lebih profesional dan berkelas.

Baca Juga  Peluang dan Tips memulai Bisnis Properti Dengan Modal Minim

5. Suasana lebih menyenangkan

Semua pengelola office rental selalu berlomba-lomba untuk menampilkan ruangan kantor yang menyenangkan dan membuat nyaman. Ada yang menciptakan kantrt bersuasana taman, kafe, serta tembok yang dipenuhi hiasan. Semua ini dilakukan agar penyewa merasakan suasana berbeda dan tidak bosan bekerja.

Kalau ingin merasakan suasana office rental, datang saja ke coworking space yang ada di kota-kota besar. Dengan suasana menyenangkan, kita lebih mudah mengeluarkan kreativitas dan pada akhirnya akan meningkatkan produktivitas kerja.

Demikian tadi beberapa tips memilih kantor serta keuntungan menggunakan office rental bagi pebisnis pemula. Keberadaan kantor sangat penting bagi perjalanan bisnis yang baru berdiri. Lokasi strategis akan berpengaruh pada perkembangan usaha, tapi jangan lupa juga untuk menyesuaikan dengan keperluan dan budget. Good luck!

(Visited 6 times, 1 visits today)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *