Fakta Sekolah Jepang

Posted on

Sekolah Jepang – Jepang adalah salah satu negara maju yang dikenal memiliki kualitas pendidikan sangat baik. Oleh sebab itu, tidak sedikit siswa internasional yang ingin masuk sekolah Jepang. Berikut ini adalah beberapa fakta sekolah Jepang yang tentunya akan menambah minat masuk.

1. Etika Lebih Penting Ketimbang Prestasi Akademik

Ujian di sekolah Jepang hanya diadakan apabila anak sudah berada di kelas IV atau sekitar usia 10 tahun. Ujian akademis yang dilakukan pada jenjang itu pun hanya ujian ringan.

Hal tersebut karena dalam sistem sekolah Jepang percaya bahwa 3 tahun awal pada masa sekolah merupakan masa terbaik untuk membangun karakter pelajar. Para siswa akan diajari untuk menghormati orang lain, menyayangi alam, dan memahami binatang.

Penanaman karakter yang positif juga dimulai pada masa awal sekolah, seperti ditumbuhkan cara mengontrol diri, bertindak adil, dan penajaman empati.

2. Tahun Ajaran Dimulai April

Jika tahun ajaran kebanyakan sekolah di Eropa dimulai ketika September, Jepang memulai tahun ajaran baru setiap 1 April. Waktu ini biasanya bertepatan dengan musim bunga sakura mekar, sehingga ada suasana positif tersendiri.

Tahun akademik sekolah Jepang terbagi menjadi 3 semester, yaitu April – Juli, September – Desember, dan Januari – Maret. Masing-masing semester dijeda dengan liburan selama dua minggu penuh, kecuali musim panas yang memiliki 6 minggu libur.

3. Budaya Membersihkan Kelas

Umumnya lembaga sekolah Jepang tidak memiliki staf pekerja kebersihan atau pun penjaga. Oleh sebab inilah, para siswa sudah lazim harus membersihkan sekolahnya. Bukan hanya kelas, tetapi juga termasuk kafetaria dan toilet.

Siswa dibagi menjadi kelompok-kelompok kecil dan tugas-tugas akan berputar bergiliran sepanjang tahun. Sistem pendidikan Jepang percaya bahwa mengharuskan siswa untuk membersihkan perangkat mengajar mereka untuk bekerja dalam tim dan saling membantu.

Baca Juga  Pertimbangan Kerja di Jepang

4. Makan di Ruang Kelas

Sistem sekolah Jepang memastikan bahwa para siswa makan makanan yang sehat dan seimbang. Di sekolah dasar dan menengah negeri, makan siang untuk siswa diolah sesuai dengan menu standar, oleh koki yang berkualitas dan oleh para profesional perawatan kesehatan.

Uniknya, siswa tidak memakan makanan di kantin, tetapi akan makan di ruang kelas bersama dengan guru. Hal ini dipercaya akan membangun hubungan antara guru-siswa yang lebih positif.

5. Mengikuti Lokakarya

Demi bisa masuk ke Sekolah Menengah Pertama unggulan, sebagian besar siswa di Jepang akan mengikuti “sekolah persiapan” atau menghadiri lokakarya setelah sekolah. Kelas-kelas di sekolah persiapan ini diadakan di malam hari.

Oleh karena itu, pemandangan siswa SD yang kembali dari ekstrakurikuler di malam hari adalah hal biasa di Jepang. Siswa Jepang memiliki waktu sekolah selama 8 jam, tetapi selain itu akan belajar tambahan, bahkan ketika liburan dan akhir pekan.

6. Belajar Kaligrafi dan Puisi Jepang

Selain mempelajari mata pelajaran biasa, siswa di Jepang juga akan belajar Shodo atau kaligrafi khas Jepang. Siswa akan berlatih menulis hieroglif di atas kertas menggunakan sikat bambu yang dicelupkan pada tinta.

Selain itu, siswa akan belajar Haiku. Haiku merupakan bentuk puisi yang menggunakan ekspresi sederhana untuk menyampaikan emosi mendalam kepada pembaca.

7. Ujian yang Sulit dan Istimewanya Kuliah

Di akhir sekolah menengah, siswa Jepang harus mengikuti ujian yang sangat penting bagi masa depan akademik mereka. Apabila seorang siswa tidak mencapai skor standar dari ketetapan universitas pilihan, kemungkinan tinggi mereka tidak akan kuliah.

Hal tersebut karena persaingannya sangat tinggi, sehingga membuat hanya 76% lulusan sekolah melanjutkan pendidikan setelah sekolah menengah.

Baca Juga  Aplikasi Belajar Bahasa Jepang Offline

Setelah melalui ‘ujian neraka,’ siswa sekolah Jepang biasanya beristirahat sebentar. Di negara tersebut, kuliah sering dianggap sebagai tahun terbaik dalam kehidupan dan disebut “liburan” sebelum bekerja.

(Visited 20 times, 1 visits today)
Avatar
Halo. Selamat datang di pascal-edu.com. Terimakasih telah membaca tulisanku ya, semoga bermanfaat ^^

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *