Pengertian, Fungsi, dan Search Engine Selain Google

Posted on

Search Engine Selain Google – Google sering diartikan sebagai pihak yang menyediakan informasi mengenai apa pun di internet. Padahal, penyedia informasi tersebut bukanlah Google melainkan pihak lain. Google hanya memberitahu Informasi yang ditulis oleh pihak lain ke pencari informasi.

Dalam hal itu, Google disebut search engine. Lalu apa itu search engine? Nah berikut ini pembahasannya (search engine adalah, pengertian search engine, search engine selain google, fungsi search engine, apa yang dimaksud search engine).

Pengertian Search Engine

Search engine atau mesin pencari web (search engine adalah, pengertian search engine, search engine selain google, fungsi search engine, apa yang dimaksud search engine) adalah sebuah program komputer yang dibuat untuk melakukan pencarian berkas.

Pencarian berkas yang dimaksud bisa berupa pencarian berkas di dalam www, FTP, Newsgroup, jaringan komputer yang memiliki penyimpanan data, dan lainnya.

Fungsi dan Cara Kerja Search Engine

Search engine atau mesin pencari web akan menelusuri informasi yang terdapat di dalam dokumen-dokumen. Dengan kata lain, mesin pencari akan membaca banyak dokumen dan apabila telah menemukan informasi yang kita inginkan maka akan menyodorkan dokumen tersebut kepada kita.

Hasil pencarian oleh search engine umumnya akan ditampilkan dalam bentuk daftar. Daftar tersebut seringkali diurutkan berdasarkan tingkat akurasi, banyaknya pengunjung yang mengakses dokumen tersebut, atau bisa juga berdasarkan iklan.

Selain itu, search engine (search engine adalah, pengertian search engine, search engine selain google, fungsi search engine, apa yang dimaksud search engine) juga dapat mengunduh data dan menyimpannya di dalam direktori web atau basis data mereka.

Ada tiga fungsi utama search engine, yaitu Crawling, indexing, dan retrieval. Nah, berikut ini adalah tiga fungsi utama search engine (search engine adalah, pengertian search engine, search engine selain google, fungsi search engine, apa yang dimaksud search engine).

1. Crawling

Tahap ini adalah tahap ketika engine mengakuisisi data atau informasi dari sebuah halaman di internet. Tahap-tahap ini akan meliputi scanning atau pembacaan dan pengumpulan detail lain dari setiap halaman website seperti judul, gambar, kata kunci, link, dan lainnya.

Untuk menelusuri semua halaman yang ada di internet, sebuah search engine akan menggunakan bot atau spider. Bot atau Spider ini bekerja dengan sangat cepat, misalnya Google spider yang dapat melakukan scanning atau pembacaan pada ribuan halaman di internet dalam setiap detiknya.

Para pemilik halaman di internet bisa menambahkan perintah “non index” pada halaman yang mereka buat supaya informasi yang ada didalamnya tidak mudah ditemukan melalui search engine. Sebaliknya, ada juga pihak-pihak yang yang justru memaksimalkan pembacaan search engine ini supaya informasi yang ada didalamnya mudah ditemukan.

Baca Juga  Cara Download dan Install Font di 1001 Font

Bot atau Spider juga dapat dengan sendirinya melakukan penandaan no index pada halaman tertentu di internet meskipun oleh pemilik halaman tersebut tidak diberi tanda no index. Hal itu dilakukan karena didalamnya tidak akan memuat informasi yang penting sehingga tidak perlu disalurkan kepada user.

Misalnya, noindex dilakukan pada halaman akhir dari sebuah rentetan laman yang biasanya hanya berisi ucapan terima kasih atau penutup. Noindex oleh search engine (search engine adalah, pengertian search engine, search engine selain google, fungsi search engine, apa yang dimaksud search engine) dilakukan secara berbeda-beda.

2. Indexing

Seperti namanya, indexing adalah tahap ketika seng ingin meletakkan informasi di database setelah sebelumnya dilakukan Crawling atau pembacaan data. Hal ini sebenarnya sama ketika kita mencatat nomor dan meletakkan buku di rak perpustakaan yang besar.

Jika Crawling adalah proses pembacaan data, maka indexing adalah proses pembuatan catatan terhadap informasi yang dibaca oleh search engine (search engine adalah, pengertian search engine, search engine selain google, fungsi search engine, apa yang dimaksud search engine).

3. Retrieval and ranking

Retrieval terjadi ketika searc engine memproses permintaan informasi tertentu dan kemudian menyodorkan daftar halaman web yang yang memuat informasi bersangkutan. Pemrosesan, pemilihan, dan penyebaran data oleh sarch engine kepada user menggunakan algoritma tertentu.

Setiap search engine akan menampilkan anjuran data yang berbeda kepada user. Hal itu karena setiap search engine memiliki algoritma yang berbeda-beda. Ada search engine yang menampilkan halaman dengan web yang paling banyak dikunjungi, paling terpercaya, atau pertimbangan lainnya.

Semakin sesuai data atau halaman yang ditampilkan, maka algoritma search engine (search engine adalah, pengertian search engine, search engine selain google, fungsi search engine, apa yang dimaksud search engine) yang digunakan bisa dianggap lebih baik.

Daftar Search Engine Selain Google

Ada banyak sekali search engine di dunia. Namun, di Indonesia hanya ada beberapa yang sering digunakan. Berikut ini adalah beberapa saat engine yang aman dan paling banyak digunakan di Indonesia.

1. Google

Saking terkenalnya, Google bahkan menjadi branding search engine (search engine adalah, pengertian search engine, search engine selain google, fungsi search engine, apa yang dimaksud search engine) itu sendiri. Banyak orang tidak mengenal apa itu search engine tetapi memahami apa itu Google.

Google telah menguasai 90 persen pasar search engine di dunia dan paling besar di Indonesia. Mesin pencari ini memiliki Market Share sebesar 97% sehingga menjadikannya sebagai search engine paling populer di dunia.

Selain karena menggunakan algoritma yang relevan, Google juga memiliki interface yang mudah dipahami bahkan oleh seorang yang gaptek. Tidak heran jika kemudian banyak smartphone menggunakan Google sebagai pencarian web default.

Baca Juga  Cara Melacak HP yang Hilang

Bagi pebisnis, Google juga menjadi di engine yang dapat diandalkan. Google dapat mengatur halaman halaman yang mengandung iklan tertentu sehingga dapat ditunjukkan sebagai daftar teratas.

2. Bing

Bing search adalah nama baru di dunia search engine mencari web ini baru dirilis pada tahun 2009 oleh Microsoft dan merupakan rebranding dari mesin pencari MSN search. Sebenarnya didalam bingung juga terkandung Windows Live search dan live search.

Bing lebih mirip dengan algoritma Yahoo!. Oleh karena itu, pencarian yang dilakukan di Bing dan Yahoo akan memiliki hasil yang relatif mirip. Kelebihan dari Bing ini adalah memiliki fitur reward yang yang memungkinkan pengguna mendapatkan poin untuk ditukarkan dengan voucher.

3. Duck Duck GO

Kekhawatiran yang muncul pada search engine adalah kemampuannya untuk mengunduh atau memanen data mengenai diri kita sehingga bisa digunakan dengan sangat bebas. Namun, tidak semua search engine menerapkan hal yang terbuka itu.

Duck Duck GO adalah search engine (search engine adalah, pengertian search engine, search engine selain google, fungsi search engine, apa yang dimaksud search engine) yang menarik user dengan jargon “the search engine that does not like you”.

Data yang terunggah di internet, apalagi mengenai hal-hal seputar diri kita, tidak akan digunakan secara sembarangan. Minimal kita akan mengetahui ketika data tersebut digunakan oleh orang lain.

4. Yandex

Yandex masuk ke dalam jajaran search engine paling banyak digunakan di Indonesia dengan Market Share sebesar 0,2%. Yandex yang merupakan search engine asal dan merajai pasar Rusia ini memiliki algoritma yang berbeda dari search engine lainnya.

Oleh karena itu, supaya datang kita terbaca oleh yandex, maka perlu dilakukan optimasi menggunakan yandex Webmaster.

5. Baidu

Meskipun di Indonesia masih cukup jarang digunakan, tetapi Baidu merajai Negeri asalnya China bahkan lebih besar ketimbang Google dan Bing. Sama seperti Google tampilan Baidu cukup sederhana dengan hanya menampilkan kolom search bar pada homepage.

Untuk meningkatkan keterbacaan halaman web kita di Baidu ini, kita harus melakukan cara-cara yang cukup rumit. Hal itu karena akan memerlukan nomor telepon Cina.

Itulah tadi uraian mengenai serach engine (search engine adalah, pengertian search engine, search engine selain google, fungsi search engine, apa yang dimaksud search engine). Semoga tidak salah lagi mengartikan search engine, internet, dan halaman web.

(Visited 15 times, 1 visits today)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *