profil negara jerman

Profil Negara Jerman Dan Kehidupan Sehari-hari Di Jerman

Posted on

Profil Negara Jerman – Jerman sebagai salah satu negara besar di Eropa Barat memegang peranan penting dalam percaturan sosial politik di Jerman. Profil negara Jerman sendiri lebih terkenal sebagai negara yang kuat, memegang tampuk pemerintahan denagn militer papan atas. Serta menjadi bagian dari percaturan geopolitik internasional.

Pada dunia kontemporer ini, profil negara Jerman tidak bisa dilepaskan dari perannya sebagai anggota uni eropa. Kanselir Jerman, Angela Merkel Juga terkenal sebagai pemimpin politik yang disegani di kawasan uni eropa.

Baca Juga  Universitas di Jerman yang Gratis Dan Paling Banyak Peminat

Kenapa bisa demikian? Karena Jerman merupakan salah satu negara dengan GDP terbesar di eropa, masuk dalam G20 (kelompok ekonomi-ekonomi terkuat di dunia). serta memiliki kekuatan militer yang termasuk terkuat di kelas atas.

profil negara jerman

Profil negara jerman sendiri juga mempunyai sejarah panjang dalam sejarah dunia. Jerman telah menjadi bagian pemain politik internasional sejak perang dunia pertama.

Jerman pernah menjadi sekutu terpenting Turki Ottoman dalam menghadapi musuh-musuh Turki. Jerman juga pernah berperang dengan Prancis, Inggris dan Belanda dalam pertempuran di kawasan Eropa Barat.

Selain itu, jerman juga mempunyai sejarah Partai Nazi Jerman. Dengan tokoh terkenalnya Hitler yang bermimpi membentuk imperium di Jerman. Jerman juga menjadi bagian dari perang dunia kedua yang menjadi koalisi Jepang dan Italia. Melawan koalisi sekutu pimpinan Amerika Serikat dan Inggris.

Jerman sendiri mempunyai ibukota bernama Berlin. Profil ibukota Jerman bernama berlin ini. Memiliki sejarah panjang dan fenomenal. Berlin pernah menjadi saksi sejarah dibelah dengan tembok bernama tembok berlin. Tembok ini merupakan buah dari perang dingin antara Amerika Serikat dengan Uni Sovet.

Berdirinya tembok berlin di ibukota jerman berlin ini. Menjadi penanda brdirinya dua negara lama bernama Jerman Timur dan Jerman Barat. Jerman timur yang berideologi sosialis komunis dan merupakan pengaruh dari Uni Soviet. Sementara Jerman Barat yang berideologi liberal berada di bawah kekuasaan Amerika Serikat.

Menjelang unifikasi jerman barat dan jerman timur. Jerman pernah masuk ke dalam bagian Pakta Warsawa, yakni Pakta pertahanan antara Uni Soviet, Jerman dan Hongaria dalam bersengketa dengan NATO pimpinan Amerika Serikat. Apa itu NATO? NATO adalah kelompok organisasi-organisasi pertahanan atlantik utara pimpinan Amerika Serikat guna mengamankan kepentingan mereka di Eropa Barat dan Utara.

Unifikasi Jerman terjadi setelah Uni Soviet runtuh karena adanya reformasi sistem negara disana. Perdana Menteri Uni Soviet Nikita Khruschev mengumumkan adanya reformasi bernama Glasnot dan Perestroika yang mengubah uni soviet. Jerman kemudian melakukan unifikasi dan jadilah jerman satu.

profil negara jerman

Penyatuan jerman ini ditandai dengan peruntuhan tembok berlin. Tembok berlin memanjang membelah ibukota jerman berlin. Tembok diruntuhkan dan sekarang hanya tersisa beberapa bagian saja sebagai simbol sejarah untuk memperingati perang dingin.

Setelah Jerman bersatu. Jerman memilih ideologi demokrasi liberal untuk menata sistem negaranya. Sistem demokrasi liberal ini kemudian membentuk jerman sebagai negara republik federal. Sistem republik federal membagi jerman menjadi beberapa negara bagian. Setiap negara bagian memiliki dewan perwakilan rakyat sendiri (parlemen) serta perdana menteri sendiri.

Baca Juga  Ingin Study Ke Jerman? Ini Gambaran Biaya Hidup di Jerman

Sementara di pusat, jerman juga memiliki majelis parlemen bernama bundeslag. Parlemen bundeslag ini merupakan parlemen tingkat federal yang sejajar dengan perdana menteri jerman dan juga kanselir jerman. Dan bertugas memilih perdana menteri dan kanselir jerman.

Selain itu, jerman juga memiliki majelis federal yang berlokasi dibukota negara federal jerman yaitu berlin. Majelis federal ini berisi para kepala negara negara bagian di seluruh jerman. Berfungsi sebagai majelis pengawasan dan kontrol.

Baca Juga  10 Beasiswa Kuliah di Jerman yang Bisa Bantu Wujudkan Mimpimu

 

(Visited 134 times, 1 visits today)
Rianto Subandi
Hai, selamat datang di lapak inspirasi. Lapak ini adalah kumpulan inspirasi yang ditulis sembari menikmati secangkir teh manis dan sepotong senja di sore hari. Selanjutnya, perkenalkan nama saya Rianto, menjadi blogger sejak 2009. Remah remah tulisan saya mengenai inspirasi kehidupan dapat ditelusuri di blog ini atau di kompasiana. selamat menikmati.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *