perekonomian negara perancis

Kondisi Perekonomian Negara Perancis di Berbagai Sektor

Posted on

Perekonomian Negara Perancis– Kita ketahui bahwa Negara Perancis semakin mapan dengan kemajuan di berbagai bidangnya. Hal itu tentu juga ditopang dengan perekonomian negara Perancis yang mempuni. Hanya dalam 5 tahun saja, ada sekitar satu juta bisnis didirikan di Prancis.

Negara Prancis menempati urutan kelima dalam pemeringkatan kekuatan ekonomi dunia. Dalam peringkat tersebut, Perancis dapat merealisasikan 5% dari GDP dan 6% dari semua perdagangan dunia.

Baca Juga  Sekilas Tentang Sistem Pendidikan di Perancis

Komoditas ekspor Perancis di antaranya adalah machinery and equipment, aircraft, plastics, chemicals, pharmaceutical products, iron and steel, beverages. Barang-barang tersebut di kirim ke berbagai negara, terutama di wilayah Eropa seperti Jerman, Belgia, Italia, Spanyol, Inggris, Amerika, Serikat, dan Belanda.

perekonomian negara perancis

Perekonomian negara Perancis menjadikan negara ini dikenal sebagai sebuah negara yang sangat menarik bagi para investor. Negara ini juga tercatat sebagai negara pertama penerima investor asing di banding negara lain di wilayah Eropa, serta tercatat sebagai negara kedua di dunia.

Dengan pengelolaan investasi yang baik, Perancis menyandang beberapa gelar yang mengharumkan namanya dalam bidang industri, seperti:

1. Peringkat ketiga sedunia untuk produktivitas industri.

2. Peringkat teratas dunia untuk industri barang-barang mewah.

3. Peringkat teratas di wilayah Eropa, serta menjadi yang kedua sedunia dalam industri distribusi kapasitas besar.

4. Peringkat taratas di Eropa dan kedua sedunia untuk industri sektor pertanian.

perekonomian negara perancis

Perancis juga terbaik dalam pengelolaan industri menggunakan teknologi tinggi. Hal itu terbukti dengan berdirinya 39 perusahaan asal Perancis yang termasuk dalam 500 perusahaan terbesar di dunia.

Beberapa perusahaan besar yang terkenal hingga ke Indonesia, di antaranya adalah.

1. Danone – bergerak di produksi makanan dan minuman.

2. Dior, Louis Vuitton, Yves Saint-Laurent, Chanel – bergerak dalam produksi asesoris dan peralatan penunjang fashion mewah.

3. L’Oréal – bergerak dalam produksi kosmetik.

4. Peugeot-Citroën, Renault – bergerak dalam bidang kebutuhan otomotif.

5. Michelin – sudah sangat terkenal sebagai produsen ban kendaraan.

6. Thalès, Thomson – memproduksi peralatan elektronik.

7. Airbus, Dassault – penyedia unit pesawat terbang.

Baca Juga  Kursus Les Bahasa Perancis di Jakarta Terbaik

Perancis juga memiliki kereta tercepat di dunia, yaitu TGV. Meskipun begitu, sayangnya perusahaannya kalah terkenal dengan perusahaan serupa, yaitu AirFrance yang telah melakukan penggabungan dengan KLM.

Perekonomian negara Perancis juga sangat baik dalam bidang digital di dunia. Tercatat bahwa perusahaan Alcatel merupakan pemimpin dunia di bidang digital informasi. Selain itu, ada juga perusahaan Orange yang menjadi operator utama Perancis, sekaligus menempati peringkat terbaik ke-5 dunia.

Catatan baik perekonomian negara Perancis yang dikeluarkan oleh pemerintahnya secara resmi tersebut nyatanya memang dirasakan oleh masyarakatnya yang hidup di atas garis sejahtera. Negara ini menjadi satu dari hanya lima negara di dunia yang turun angka kesenjangan sosialnya dalam 20 tahun terakhir.

Nah, untuk mendapatkan informasi serupa atau seluk beluk Perancis lainnya, kamu bisa mendapatkannya di virtueducation.org

Baca Juga  Mempersiapkan Diri Masuk ke Program Ausbildung Di Jerman

(Visited 49 times, 1 visits today)
Rina Hutapea
Hai pembaca salam kenal dan terima kasih sudah membaca tulisan saya selama ini. Perkenalkan nama saya Felichyta penulis yang masih amatiran di bidang blogger. Bagaimana saya bisa memulai menulis? Awalnya saya suka sekali memasak dan travelling tapi di tengah kesibukan saya tersebut masih banyak waktu luang yang ternyata enak untuk diisi dengan kegiatan menulis. Selain menulis menyenangkan ternyata juga bisa memberikan banyak informasi penting untuk orang lain termasuk kalian. Jika masih banyak kekurangan mohon maaf karena masih belum lama ini juga memulai untuk menulis. Banyak hal yang bisa di share untuk berbagi ilmu di segala bidang. Semoga kedepannya semakin banyak tulisan saya yang membantu dalam kehidupan masing-masing pembaca ya.  Salam kenal..

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *