Perbedaan Photoshop CS dan CC

Posted on

Perbedaan Photoshop CS dan CC – Bagi pengguna program aplikasi Photoshop, tentu sudah tidak asing dengan kode seri CC dan CS. Kedua seri tersebut sama-sama dikeluarkan oleh Adobe. CC adalah kependekan dari Creative Cloud, sementara CS adalah kependekan dari Creative Suite.

Keduanya adalah sama-sama produk resmi yang dikeluarkan oleh adobe. Namun, keduanya memiliki perbedaan cukup banyak. Nah, berikut ini adalah perbedaan antara kedua seri Photoshop (perbedaan Photoshop CS dan CC, perbedaan Photoshop CC dan CS) tersebut.

1. Lisensi

Mengenai dua seri Photoshop ini, kebanyakan pertimbangan pengguna terletak pada perbedaan (perbedaan Photoshop CS dan CC, perbedaan Photoshop CC dan CS) lisensinya. Hal ini tentu berkaitan dengan harga dan masa pakai.

Photoshop berseri CS atau Creative Suite memiliki lisensi seumur hidup. Lisensi ini harus dibeli dan dibayar di awal pemakaian. Produk yang dikeluarkan oleh Adobe ini dapat digunakan sumber hidup dan dapat digunakan pada maksimal dua personal computer.

Sementara itu, Photoshop berseri CC atau Creative Cloud menggunakan sistem lisensi sewa. Dengan begitu, pengguna sebenarnya tidak memiliki hak kepemilikan secara mutlak atau dalam waktu selama-lamanya. Ada beberapa pembatasan waktu, diantaranya adalah 4 bulan, 6 bulan hingga 1 tahun.

Ketika pengguna tidak memperpanjang masa resensi tersebut, maka program aplikasi Photoshop CC tidak akan bisa digunakan lagi. Menimbang (perbedaan Photoshop CS dan CC, perbedaan Photoshop CC dan CS) keuntungan dari lisensi ini, sebenarnya akan bergantung pada pemakaian.

Pengguna yang lebih memilih seri Photoshop CC biasanya mempertimbangkan harga yang lebih murah ketimbang membeli lisensi sumber hidup. Kita bisa melakukan penyewaan murah dengan harga Rp130.000 hingga Rp250.000. harga tersebut akan disesuaikan dengan paket yang dipilih.

2. Efisiensi

Adobe Photoshop seri CC lebih banyak diunggulkan karena tidak hanya bisa digunakan pada program aplikasi yang diinstal di komputer pengguna. Artinya, kita bisa membuka program aplikasi ini dari mana saja.

Baca Juga  Cara dan Perantara Transfer Uang Ke Luar Negeri

Kita sebagai pemegang lisensi hanya cukup masuk ke halaman Adobe Console untuk melakukan pengaturan user mana saja yang dapat menggunakan. Hal ini tentu membutuhkan koneksi internet.

Dengan begitu, semisal kita menggunakan komputer yang lain di tempat lain, kita tetap dapat menggunakan lisensi yang telah didapatkan. Hal ini akan cocok bagi seseorang yang sering berpindah tempat.

Sementara itu, Photoshop dari seri CS masih mengharuskan instalasi secara manual. Artinya, setiap komputer pengguna harus terpasang program aplikasi yang telah di lisensi. Dengan begitu, kita hanya akan dapat mengakses aplikasi ini dari 1 atau maksimal 2 perangkat saja.

3. Penyimpanan file

Asal muasal seri yang berbeda di antara dua photoshop ini adalah masalah penyimpanan. Seperti yang telah terbaca, CC atau Creative Cloud menggunakan penyimpanan cloud. Sekali lagi, hal ini tentu hanya bisa dilakukan secara online.

Photoshop CS masih menggunakan cara penyimpanan konvensional. User hanya dapat melakukan impor atau transfer data melalui perangkat penyimpanan data fisik seperti flash disk hardisk atau bisa juga email.

Hal ini tentu akan mengurangi kepraktisan karena akan memenuhi memori penyimpanan. Perbedaan (perbedaan Photoshop CS dan CC, perbedaan Photoshop CC dan CS) ini juga jadi pertimbangan banyak pengguna.

Sementara itu, Photoshop CC menyediakan penyimpanan berbasis cloud atau Cloud Storage sebesar 20 giga. Walaupun begitu, fitur tersebut tentu hanya berfungsi jika perangkat terhubung dengan internet. Internet dengan kecepatan yang baik akan memaksimalkan fitur ini.

4. System Requirements

Perbedaan (perbedaan Photoshop CS dan CC, perbedaan Photoshop CC dan CS) system requirements lebih ada pada versinya. Misalnya, system requirements Photoshop CS 2015 akan sama dengan Photoshop CC 2015, tetapi berbeda dengan Photoshop CS 2017.

Di luar perbedaan (perbedaan Photoshop CS dan CC, perbedaan Photoshop CC dan CS) di atas, system requirements yang dibutuhkan untuk menginstal aplikasi photoshop tetap sama. Secara umum, minimal system requirements yang dibutuhkan adalah:

Baca Juga  Cara Menyimpan Video dari Facebook

Untuk Sistem Operasi WINDOWS

1. Intel® Core 2 atau AMD Athlon 64 processor 2 GHz
2. Microsoft Windows 7 Service Pack 1
3. 2 GB atau lebih RAM
4. 6 GB ruang hard-disk untuk instalasi 32-bit; 3.1 GB untuk instalasi 64-bit
5. 1024 x 768 display dengan warna 16-bit dan 512 MB atau lebih dari dedicated VRAM
6. OpenGL sistem 2.0

Untuk Sistem Operasi MacOS

1. Prosesor multicore Intel dengan dukungan 64-bit
2. Mac OS X versi 10.10 (Yosemite)
3. 2 GB atau lebih RAM
4. 4 GB ruang hard-disk
5. 1024 x 768 display (1280×800 disarankan) dengan warna 16-bit dan 512 MB atau lebih dari dedicated VRAM
6. OpenGL sistem 2.0

System requirements tersebut adalah yang minimal kita miliki. Jika menggunakan system requirements di atas, beberapa fitur masih belum kita gunakan. Misalnya, fitur 3D dan video dinonaktifkan pada platform 32-bit dan pada komputer 512MB VRAM.

Apabila prosesor VGA kita tidak didukung atau driver-nya rusak, beberapa fitur Photoshop tidak akan bekerja dengan baik atau bahkan tidak bekerja secara total. Fitur yang akan terganggu tersebut adalah 3D, Oil Paint, Render (Flame, Picture Frame, and Tree), Scrubby Zoom, Birds Eye View, Flick Panning, dan Smooth Brush Resizing.

Itulah tadi beberapa perbedaan utama dua seri Photoshop (perbedaan Photoshop CS dan CC, perbedaan Photoshop CC dan CS). Masing-masing seri tersebut memiliki kelebihan dan kekurangan. Kita bisa memilih salah satunya dengan disesuaikan kebiasaan pemakaian.

(Visited 6 times, 1 visits today)
Avatar
Halo. Selamat datang di pascal-edu.com. Terimakasih telah membaca tulisanku ya, semoga bermanfaat ^^

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *