Perbedaan Jerman Barat dan Jerman Timur

Perbedaan Jerman Barat dan Jerman Timur

Posted on

Perbedaan Jerman Barat dan Jerman Timur – Setelah sempat terpecah menjadi dua wilayah, yaitu Jerman Barat dan Jerman Timur, akhirnya Jerman bergabung kembali pada 3 oktober 1990. Reunifikasi tersebut menyebabkan keduanya kembali tumbuh bersama dan masyarakat dapat kembali membaur.

Baca juga ” 6 Level Bahasa Jerman

Namun, beberapa perbedaan tetap dapat terlihat antara Jerman Timur dan Jerman Barat. Nah berikut ini adalah beberapa perbedaan Jerman Barat dan Jerman Timur.

1. Kekayaan Daerah
Wilayah Jerman Barat dinilai lebih kaya dibandingkan dengan Jerman Timur. Hal itu dapat terlihat dari standar gaji di wilayah barat yang lebih tinggi dengan perbandingan gaji di timur hanya 2/3 dari besar gaji rata-rata di wilayah Jerman Barat.

Perbedaan Jerman Barat dan Jerman Timur tersebut kemudian berpengaruh pada harga atau nilai properti di wilayah Jerman Timur, yang lebih rendah ketimbang Jerman Barat. Meskipun begitu, hal ini tidak serta-merta dapat dijadikan acuan untuk berdomisili di Jerman.

Meskipun lebih murah di wilayah timur, namun apartemen di wilayah Barat dinilai lebih luas dan lebih terawat. Bangunan-bangunan di wilayah Jerman Barat relatif lebih baik dan modern karena permintaannya lebih banyak.

Faktanya, dari 30 perusahaan terbesar di Jerman tidak satupun yang berada di pasar saham Jerman Timur. Jenis industri yang berbasis di wilayah Jerman Timur hanyalah industri pertanian atau pun industri call center.

Perbedaan Jerman Barat dan Jerman Timur karena hal ini juga merembet pada tingkat penganggurannya. Pengangguran di wilayah Jerman Timur lebih tinggi dibanding Jerman Barat karena kurangnya industri besar yang berdomisili di wilayah Jerman Timur.

2. Jumlah Migran
Jerman adalah salah satu negara yang dikenal menerima banyak sekali imigran dari seluruh dunia. Namun, imigran tersebut tidak berpusat pada satu daerah saja dan dapat dibedakan antara Jerman Timur dan Jerman Barat.

Faktanya, ada lebih banyak migran yang tinggal di wilayah Jerman Barat. Ada sekitar 25% imigran yang tinggal di barat sementara hanya 4% yang berada di Timur. Hal itu diperkirakan karena orang-orang di wilayah timur lebih antipati terhadap orang asing.

3. Kualitas Pendidikan
Perbedaan Jerman Barat dan Jerman Timur yang cukup mencolok adalah di bagian pendidikan, di mana Jerman Timur lebih unggul. Jerman wilayah timur dikenal memiliki kualitas sumber daya manusia dengan pengetahuan matematika, ilmu alam, biologi, fisika, dan kimia yang terbaik.

Baca Juga  Alur dan Syarat Permohonan Visa Studi Jerman

Hal tersebut diperkirakan karena adanya warisan sistem pendidikan dari Jerman democratic Republic.

4. Jumlah Pekerja Perempuan
Sistem sosialis yang pernah digunakan Jerman Timur telah membuat perbedaan Jerman Barat dan Jerman Timur. Sebanyak 75% perempuan di Timur bekerja, sementara hanya 70% perempuan di wilayah barat yang bekerja.

Perempuan-perempuan di barat Lebih ditekan untuk berada di rumah untuk mengerjakan kegiatan rumah tangga, meskipun hal itu tidak mutlak diakui. Hal ini kemudian juga mempengaruhi terhadap fasilitas pengasuhan anak yang terdapat di wilayah Jerman Timur.

Pengasuhan anak di Jerman Timur jauh lebih banyak dibanding Jerman Barat. Hal itu membuat fakta bahwa setiap anak ke-4 yang berusia balita akan berada di penitipan. Perempuan-perempuan di Jerman Timur akan kembali bekerja setelah melahirkan

Sejalan dengan perbedaan Jerman Barat dan Jerman Timur tersebut, angka kelahiran di Jerman Barat lebih tinggi dibandingkan di wilayah timur. Fakta lain menyebutkan bahwa ada lebih banyak single parent di Jerman Timur.

Banyaknya singgle parent tersebut karena ada lebih banyak tingkat kohabitasi atau tinggal bersama antara perempuan dan laki-laki tanpa adanya pernikahan. Sementara angka kelahiran dan menurunnya jumlah penduduk di wilayah timur adalah juga karena banyak generasi mudanya yang berpindah ke wilayah barat.

5. Perilaku Konsumtif

Perbedaan Jerman Barat dan Jerman Timur juga dapat dilihat bahkan dari segi konsumsi masyarakatnya. Faktanya, masyarakat di Jerman Timur memakan lebih banyak makanan awetan. Sementara itu, masyarakat Jerman Barat lebih menyukai ikan dan cenderung akan memasak makanan mereka terlebih dahulu.

Jerman adalah negara yang dikenal memproduksi banyak sekali bibir. Masyarakatnya sendiri, juga sangat gemar meminum bir. Namun, ternyata dapat dibedakan antara keduanya. Masyarakat di Jerman Barat lebih menyukai sampanye dan wine sampanye.

Sementara itu, orang-orang di Jerman Timur lebih menyukai bir. Hal ini sebenarnya dapat dilihat juga dari kacamata ekonomi, dimana bir jauh lebih murah ketimbang sampanye dan wine.

Perbedaan Jerman Barat dan Jerman Timur

6. Kegiatan Sosial
Meskipun dahulunya Jerman Timur berpaham sosial, tetapi kini masyarakatnya justru kalah banyak dari Jerman Barat untuk berkegiatan sosial. Sebanyak 37% masyarakat di Jerman Barat melakukan pekerjaan sosial, seperti pemadam kebakaran hingga badan amal gereja.

Sementara itu, hanya 30% dari masyarakat Jerman Timur yang terlibat kegiatan serupa. Hal tersebut diperkirakan karena dahulunya, kegiatan sosial adalah kegiatan yang dipaksakan di wilayah Jerman Timur.

Setelah ideologi sosialis di Jerman Timur berakhir, kegiatan sosial justru dipandang sebagai kegiatan yang memiliki konotasi negatif. Selain itu, keterbukaan masyarakat disebut menjadi pemicu yang lain.

Baca Juga  Tahap-tahap Untuk Mengikuti FSJ Jerman

7. Agama
Perbedaan Jerman Barat dan Jerman Timur lain yang cukup mencolok adalah kepercayaan masyarakatnya. Meskipun ada beberapa agama di Jerman, termasuk penganut Yahudi dan Islam, namun yang paling banyak adalah Protestan dan Katolik.

Umat Protestan mayoritas berada di wilayah Timur, bahkan pernah mencapai 85%. Meskipun begitu ada lebih banyak masyarakat atau individu yang tidak mengidentifikasikan diri mereka ke dalam agama apa pun. Hal ini dikarenakan pengaruh ideologi komunis terdahulu.

8. Pandangan Masyarakat
Masyarakat di wilayah barat cenderung terbuka dan lebih bebas. Hal itu karena Jermat Barat menerapkan ideologi liberalisme pada masa sebelumnya. Sementara itu, masyarakat di wilayah timur menjadi masyarakat yang lebih tertutup.

Tertutup dan tertekannya masyarakat Jerman Timur karena dahulunya menggunakan paham komunis. Meskipun begitu, hari ini, tinggal bersama dan memiliki anak tanpa menikah di Jerman Timur justru lebih ditoleransi.

9. Fasilitas Jalan
Meskipun perbedaan Jerman Barat dan Jerman Timur menyatakan bahwa Jerman Timur lebih tertinggal dalam hal ekonomi, namun fasilitas jalan terutama jalan tol, yang ada di Jerman Timur relatif lebih bagus.

Hal itu karena ketika reunifikasi terjadi, negara Jerman memfokuskan diri untuk melakukan banyak perbaikan di wilayah timur yang tertinggal.

10. Sejarah
Sebelum adanya reunifikasi, perbedaan Jerman Barat dan Jerman Timur jauh lebih mencolok. Jerman Barat yang dikuasai Nato menerapkan liberalisme. Masyarakat di sana lebih bebas dan memiliki kehidupan yang lebih baik jika dipandang dari kesejahteraan sosial.

Sementara itu, Jerman Timur yang dikuasai Uni Soviet menerapkan paham komunis. Masyarakatnya lebih ditekan dan diawasi pemerintah. Secara sosial mereka lebih kurang sejahtera, tertutup, dan ditekan pemerintah.

Karena adanya perbedaan kesejahteraan tersebut, banyak masyarakat Jerman Timur yang berpindah ke Jerman Barat. Hal ini yang kemudian melatarbelakangi pembangunan Tembok Berlin. Meskipun begitu, migrasi tetap dilakukan dari perbatasan wilayah negara lain.

Itulah tadi beberapa perbedaan Jerman Barat dan Jerman Timur. Meskipun banyak perbedaan, namun akulturasi tetap terjadi di antara kedua wilayah tersebut.

(Visited 10 times, 1 visits today)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *