Pengertian Freelance dan Situs Penyedia

Posted on

Pengertian Freelance – Freelance atau dalam bahasa Indonesia disebut “tenaga lepas” adalah istilah untuk menyebut seseorang yang melakukan pekerjaan secara independen atau tidak terikat pada perusahaan atau majikan. Walaupun begitu, dalam praktik kerjanya (freelance adalah, apa itu freelance, pekerjaan freelance) juga mungkin berhubungan dengan perusahaan.

Kata freelance (freelance adalah, apa itu freelance, pekerjaan freelance) sebenarnya lebih mengarah pada nomina secara umum mengenai apa yang dikerjakan. Seseorang yang melakukannya lebih kerap disebut sebagai freelancer. Sementara pekerjaan yang dilakukan disebut freelance job.

Jenis Pekerjaan yang Ada pada Freelance

Ada banyak jenis pekerjaan yang bisa “di-freelance-kan”, bahkan tidak terbatas. Kamu mungkin tidak mengira bahwa subtitle yang sangat akurat di beberapa video youtube berbahasa asing adalah hasil pekerjaan freelancer Indonesia.

Kamu juga tidak akan mengira bahwa munculnya nama rumah makan di dalam peta adalah hasil pekerjaan freelancer. Namun, kebanyakan bidang yang menjadi ladang freelancer adalah pada bidang menulis kreatif, penerjemahan, menggambar komersil, fotografi, dan masih banyak lagi.

Seperti jenis pekerjaan lain, akan ada perjanjian atau surat kontrak kerja yang dikeluarkan oleh pemberi freelance ke seorang freelancer. Namun, hal ini lebih fleksibel diabndingkan surat kontrak kerja bagi karyawan atau tenaga kontrak di suatu lembaga. Bahkan, tanda kerja freelance juga bisa dilakukan secara lisan.

Di dalam surat kontrak tersebut akan dijelaskan mengenai pembayaran, dasar pembayaran (freelance adalah, apa itu freelance, pekerjaan freelance) yang bisa berupa per jam atau per proyek, dan lainnya. Mengenai hak cipta, ada freelance yang masih berhak atas hak cipta dan ada juga yang sudah tidak berhak.

Kenapa Freelance Menguntungkan

Hal yang paling rugi didapatkan oleh freelancer (freelance adalah, apa itu freelance, pekerjaan freelance) adalah gaji bulanan yang tidak tetap dan beberapa jaminan seperti kesehatan dan penampilan. Akan tetapi, beberapa hal tersebut tidak banyak mempengaruhi pencari kerja karena juga ada keuntungan.

Hal paling menguntungkan ketika bekerja sebagai freelancer adalah waktu. Ketika menjadi freelancer, kita tidak perlu menghabiskan waktu 8 jam di kantor atau lebih dari itu untuk pulang pergi menuju kantor. Seorang freelancer bahkan bisa bekerja ketika tengah malam saat sulit tidur.

Baca Juga  Aplikasi Desain Baju Dekstop dan Mobile

Selain itu, umumnya freelancer akan bekerja dari rumahnya sendiri dan hanya akan mengirimkan hasil kerja melalui internet. Meskipun begitu, karena terhubung dengan banyak orang melalui internet, maka potensi pengembangan jaringannya justru lebih luas ketimbang di kantor.

Gaji bulanan yang tidak tentu sebenarnya justru dianggap sebagai keuntungan. Hal itu karena freelancer bisa menetapkan sendiri penghasilannya selama sehari dan kemudiannya mengalikannya selama sebulan. Gaji tersebut tidak akan ditambah dengan asuransi-asuransi, tetapi juga tidak dikurangi akomodasi harian.

Freelance di Indonesia

Ada banyak sekali orang yang bekerja sebagai freelancer di Indonesia. Beberapa ada yang diketahui statusnya dan beberapa yang lainnya tidak disadari bahwa ia merupakan seorang freelance. Misalnya adalah tukang parkir, kuli bangunan, ilustrator, ghost writer, konsultan, penerjemah karya tulis, dan lainnya.

Jumlah freelancer Indonesia mencapai 550 ribu. Jumlah tersebut hanya untuk pekerja lepas (freelance adalah, apa itu freelance, pekerjaan freelance) yang ada di bidang formal. Artinya, seorang ilustrator buku terhitung, sementara ilustrator dinding kafe tidak terhitung.

Uniknya, freelance Indonesia lebih sering mencari freelance job yang berasal dari luar negeri. Alasannya sederhana, karena gaji yang diberikan adalah berupa dolar. Apabila di-kurs-kan ke dalam rupiah, maka jumlahnya cukup besar.

Berbagai Situs Freelance

Seseorang bisa mendapatkan pekerjaan freelance secara langsung jika sudah terkenal. Artinya, pemberi kerja akan menghubungi secara langsung. Namun, bagi freelancer kebanyakan, pekerjaan itu harus dicari di Internet.

Kita bisa melamar atau meminta suatu pekerjaan di beberapa website dengan kualifikasi yang tidak sulit. Beberapa pekerjaan bahkan hanya mengharuskan kita adalah penutur bahasa Indonesia atau penutur bahasa Jawa, atau suka dan tahu mesin mobil, daln lainnya.

Nah, berikut ini adalah beberapa situs yang biasa dibukan oleh freelancer untuk mencari pekerjaan (freelance adalah, apa itu freelance, pekerjaan freelance). Pastikan kamu telah menunjukkan CV yang meyakinkan (di media sosial, jobstreet, atau sebagainya) sebelum melamar freelance.

Baca Juga  Aplikasi Edit Foto Terbaik dan Terbaru

1. Ajilon
2. Computer Futures
3. Paladin
4. Pworkcom
5. Freelancercom
6. Fiverrcom
7. 99designs
8. Peopleperhour
9. Toptal.com
10. Iwriter
11. Indeed
12. Addison Group
13. Kelly Services
14. Real Staffing
15. Kforce
16. AFIRM
17. Flexjobs
18. SolidGigs
19. FreeeUp
20. GURU
21. Toptal
22. Fiverr
23. People per Hour
24. SimplyHired
25. iFreelance
26. Aquent
27. The Creative Group
28. FindSideGigscom
29. Crowded
30. Crowdsource
31. Freelancer
32. Freelance Writing Gigs
33. Krop
34. Contena
35. 99designs
36. Craigslist
37. LinkedIn Profinder
38. Design Hill
39. Remote
40. Local Solo
41. Writers Work
42. ServiceScape
43. Remoteco
44. Angelco
45. Smashing Jobs
46. Digital Freelancer
47. Indeed
48. Freelance Wave
49. SkipTheDrive
50. RemoteOK
51. NoDesk
52. Authentic Jobs
53. Escape the City
54. Virtual Vocations
55. F6S
56. Hubstaff jobs
57. Remotiveio
58. The Muse Jobs
59. Working Nomads
60. We Work Remotely
61. Onward Search
62. Dahl Consulting
63. Saungwriter

Pastikan untuk memilih jenis pekerjaan yang kita kuasai. Apabila kita dikenal sebagai freelancer yang mengerjakan proyek secara asal-asalan, maka kita bisa masuk dalam daftar blacklist dan sulit untuk mencari freelance lagi.

Itulah tadi uraian mengenai tenaga lepas (freelance adalah, apa itu freelance, pekerjaan freelance). Meskipun statusnya tidak pasti, tetapi faktanya ada banyak orang yang sukses karena melakoni pekerjaan ini. alasannya adalah karena dapat menentukan target penghasilan sebanyak-banyaknya.

(Visited 11 times, 1 visits today)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *