Mesin Pencari Selain Google yang Lebih Baik

Posted on

Mesin Pencari Selain Google – Tahukah kamu bahwa sebenarnya mesin pencari google bukanlah satu-satunya mesin pencari yang ada di internet? Bahkan, di beberapa negara, google tidak populer. Berikut ini adalah beberapa mesin pencari selain google yang bisa digunakan.

1. Bing

Mesin pencari selain google yang paling populer adalah Microsoft’s Bing, yang dalam pasar online juga menyaingi kepopuleran google. Bing merupakan mesin pencari visual yang menawarkan berbagai tools kepada pengguna untuk pengalaman yang lebih baik.

Beranda dalam mesin pencari Bing ini memiliki gambar-gambar menarik. Untuk pencarian video, mesin pencari virtual selain google ini menampilkan kotak thumbnail besar yang menawarkan pratinjau jika kita mengarahkan kursor ke atasnya atau memutarnya di halaman yang sama dengan satu klik.

Hampir sama seperti Google, Bing akan menampilkan iklan dan memiliki kemampuan seperti konversi, terjemahan, pemeriksaan ejaan, skor olahraga, pelacakan penerbangan, dll. Bing juga memiliki aplikasi seluler di Android serta iOS dan merupakan salah satu mesin pencari selain google terbaik.

Mengapa kita diuntungkan ketika menggunakan Bing, adalah karena mesin pencari terbaik untuk pencarian khusus video serta memiliki banyak fitur, termasuk fitur khusus untuk para programmer.

2. ASK

Ask, sebelumnya dikenal sebagai Ask Jeeves, telah dipilih oleh banyak orang karena memiliki format yang sederhana. Mesin pencari ini rata-rata yang mengembalikan hasil pencarian jika kita mengetikkan istilah apa pun yang tidak ditanyakan.

Tata letak hasil pencarian dari Ask sangat mirip dengan pencarian Google, selain akan menampilkan pertanyaan dan jawaban terkait yang sering diajukan yang bisa sangat berguna. Artinya, hasil pencarian yang akan kita dapatkan selain “jawaban” adalah beberapa pertanyaan hampir serupa.

Mengapa menggunakan Ask.com? Jika kita memiliki banyak pertanyaan seputar kata kunci tertentu, Ask.com adalah jawabannya. Dengan mengetikkan satu pertanyaan, akan ada pertanyaan lain yang diajukkan dan yang tidak terpikirkan oleh kita.

3. Yahoo!

Mesin pencari Yahoo sebenarnya telah ada lebih lama dari Google, dan sebagian netizen masih menggunakan Yahoo! Hingga saat ini.

Selain akan menunjukkan hasil pencarian, mesin pencari selain google ini memiliki banyak hal yang ditawarkan, seperti portal web untuk agregator berita, layanan email, pusat belanja online, pusat permainan, direktori perjalanan, dan banyak lagi.

Yahoo mendukung sekitar 38 bahasa dan menjadi mesin pencari default untuk beberapa browser seperti Mozilla Firefox. Selain menjadi mesin pencari mandiri, portal web Yahoo menawarkan berbagai layanan mulai dari olahraga hingga traveling yang patut dicoba.

Baca Juga  Apa Itu Marketplace dan Perkembangannya

Sejak Flickr terintegrasi dengan mesin pencari selain google ini, Flickr menawarkan hasil gambar yang lebih baik untuk ditayangkan. Bagian-bagian lain seperti Yahoo Answers dan Yahoo Finance juga ikut memberi banyak informasi tentang beberapa topik.

Mengenai privasi, Yahoo! berhasil menjadi lebih baik dari Google. Selain itu, mengapa menggunakan Yahoo adalah karena banyak layanan lain selain dari pencarian.

4. Qwant

Qwant adalah mesin pencari yang berbasis di Prancis, yang dikenal sangat berorientasi pada privasi. Situs mesin pencari selain google ini tidak pernah merekam pencarian atau memanen data pribadi kita untuk penargetan iklan.

Sebagai situs pencarian yang berfokus pada privasi, Qwant memiliki banyak fitur, salah satunya disebut “Qwick Search Shortcuts”. Dengan fitur tersebut, interface pengguna cukup menyoroti trending topik bersama dengan berita di beranda secara teratur.

Istilah apa pun yang kita cari di mesin pencari virtual selain googleini akan ditampilkan dalam tiga kategori: Web, Berita, dan Sosial. Oleh karena itu, hasil pencarian yang dikategorikan dengan baik ini akan membantu permintaan kita dengan cara yang lebih efisien.

Bagi pecinta musik, situs ini memiliki bagian khusus di mana kita dapat menemukan musik dan lirik baru dengan bantuan “AI”. Qwant dapat menawarkan pengalaman yang menyegarkan karena tidak akan melacak personalisasi.

Mengapa menggunakan Qwant? Qwant juga berfungsi sebagai mesin pencari musik dan mesin pencari selain google yang berfokus pada privasi.

5. Search Encrypt

Search Encrypt adalah mesin metasearch yang mengutamakan privasi dan memastikan bahwa aktivitas online kita tetap aman. Situs mesin pencari selain google ini mengklaim bahwa tidak melacak informasi yang dapat diidentifikasi tentang pengguna karena menggunakan enkripsi lokal.

Search Encrypt adalah mesin pencari virtual selain google dan melakukan yang terbaik untuk mencegah filter pencarian yang dipersonalisasi, meskipun memiliki lebih dari 23 juta pengunjung setiap hari.

Fitur yang paling mencolok dari mesin pencari selain google ini adalah riwayat penelusuran lokal kedaluwarsa secara otomatis dan dihapus setiap 15 menit tanpa aktivitas. Jadi kita tidak perlu khawatir bahkan jika orang lain memiliki akses ke komputer kita.

Mengapa menggunakan Search Encrypt? Karena mesin pencari selain google ini baik dalam menjaga privasi dan menawarkan fitur hapus otomatis untuk riwayat penelusuran. Hal ini akan melindungi perangkat bahkan ketika offline.

Baca Juga  Pengertian dan Keuntungan Kursus Desain Grafis

6. SearX

Mesin pencari selain google lainnya adalah SearX, yang memungkinkan internet lebih bebas dan terdesentralisasi. Mesin pencari virtual selain google Ini tidak mengumpulkan data kita dan menawarkan hasil yang tidak memihak dari beberapa sumber.

Mesin pencari selain google ini mengambil hasil pencarian dari berbagai sumber. Kita dapat menyesuaikannya sebagai mesin metasearch sendiri dan menyimpannya di server kita.

Mesin pencari ini memungkinkan kita untuk mengubah pengaturan di bagian preferensi dengan opsi lanjutan yang biasanya tidak tersedia di mesin pencari lainnya. Penggemar Torrent akan menyukai mesin pencari SearX karena membantu dalam menemukan tautan magnet ke file yang tepat ketika mencari file melalui mesin metasearch.

Mengapa menggunakan SearX? Mesin pencari yang mudah disesuaikan untuk privasi dan menawarkan beberapa opsi untuk meningkatkan hasil pencarian.

7. Gibiru

Mesin pencari selain google ini menarik tidak hanya masalah privasi tetapi juga sensor. Gibiru telah menyediakan hasil pencarian anonim gratis dan tanpa sensor sejak tahun 2009. Dengan begitu, kita akan lebih mudah mengakses beberapa informasi yang dilarang oleh mesin pencari lain.

Gibiru tidak menyimpan permintaan pencarian kita di server-nya dan catatan dihapus bersih dalam hitungan detik saat kita melakukan pencarian. Hal ini hampir sama ketika kita mengunduh plugin AnonymoX Firefox untuk mengirim permintaan pencarian melalui alamat IP proxy.

Sejauh menyangkut privasi dan sensor, mesin pencari selain google ini melakukan pekerjaan yang sangat baik. Kenapa menggunakan Gibiru? Karena membuat pencarian konten tanpa sensor cukup mudah dengan privasi terjamin.

Itulah tadi beberapa mesin pencari di internet yang bisa digunakan selain google. Beberapa mesin pencari tersebut memiliki kemampuan yang hampir sama dengan google dan ada juga yang memiliki fitur lebih baik.

Penggunaan mesin pencari yang beragam akan menghindarkan kita dari pengunduhan data privasi, yang tentunya sedikit banyak akan merugikan kita. Apalagi, jika kita menggunakan mesin pencari disertai identitas yang dimasukkan.

(Visited 20 times, 1 visits today)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *