7 Makanan Khas Norwegia

Posted on

Makanan Khas Norwegia – Norwegia adalah salah satu negara di Eropa yang memiliki tradisi kuliner menarik. Beberapa makanan khasnya terkenal ke berbagai daratan sekitar dan menjadi populer. Kuliner Norwegia termasuk ramah bagi semua kalangan, baik para vegetarian atau pun muslim yang tidak mengonsumsi babi.

Nah, berikut ini adalah beberapa makanan khas Norwegia yang wajib dicoba ketika berkunjung. Pastikan kamu tahu fungsi menu masing hidangan, supaya dapat menyantap di saat yang tepat.

1. Fårikål

Farikal merupakan hidangan Nasional Norwegia yang tentunya semua orang di sana mengenalnya. Hidangan ini biasanya dimasak selama musim gugur atau acara-acara nasional.

Makanan istimewa di Norwegia ini terbuat dari daging kambing atau domba. Daging tersebut dimasak menggunakan bumbu rempah khas. Bumbu yang digunakan adalah seperti lada hitam, kol, tepung gandum kecil untuk membuat saus kental.

Bahan-bahan tersebut dimasak lama hingga lembut, hingga berjam-jam lamanya. Kemudian bahan tersebut dimasak selama beberapa jam. Proses memasak yang lama tersebut membuat aroma rempah menyatu dengan potongan daging kambing dan kentang.

2. Lefse

Lefse adalah flatbreads tradisional yang biasanya disajikan atau digunakan untuk santapan ketika Natal & liburan. Adonan rotinya terbuat dari tepung, kentang, mentega, dan susu atau krim.

Roti ini biasanya tidak dinikmati secara tunggal, tetapi lebih enak dinikmati dengan lauk tradisional khas Norwegia. Hidangan flatbread sederhana ini secara tradisional dibuat selama acara liburan seperti Natal, Tahun Baru, atau perayaan seperti pernikahan.

Beberapa prosedur pembuatan atau bahannya sudah sedikit berbeda di zaman modern ini dibanding pengolahan secara tradisional. Dahulu, adonan dibuat dari roti yang digoreng dalam griddles besar.

3. Kumla

Kumla adalah pangsit lembut yang terbuat dari kentang. Kumla juga dikenal dengan beberapa nama lain seperti Krub, Klubb atau Klub. Makanan khas Norwegia ini lebih disukai karena tidak pedas atau pun berminyak.

Baca Juga  Daftar Universitas di Norwegia Terbaik

Untuk membuat Kumla, parutan kentang dikombinasikan dengan bahan-bahan lainnya. Bahan lainnya yang dimaksud bisa relatif sesuai selera dan kebutuhan. Untuk pecinta daging, bisa menggunakan ham cincang.

Sementara untuk seseorang yang tidak mengonsumsi daging atau vegetarian / vegan, tidak perlu khawatir. Kita dapat memesan isian daging yang diganti dengan bahan sayur. Baik menggunakan daging atau pun sayur, rasanya tetap akan khas cita rasa Norwegia.

4. Lutefisk

Makanan khas Norwegia yang dalam bahasa Swedia disebut lutfisk ini adalah hidangan yang cukup populer di berbagai negara. Dengan tekstur agak agar-agar, makanan ini dibuat dari ikan yang sudah diawetkan lama.

Bahan yang digunakan biasanya adalah ikan putih kering dan asin. Proses memasak yang rumit sangat tradisional menjadi nilai tersendiri. Untuk penggemar pai ikan, bisa jadi akan menyukai hidangan ini.

5. Whale Steak

Makanan khas Norwegia ini adalah hidangan steak yang terbuat dari daging ikan paus. Masyarakat telah memastikan bahwa bahan yang digunakan bukan spesies yang terancam punah. Selain itu, makanan ini juga jarang dihidangkan.

Walaupun daging paus sebagai bahan utamanya tersedia hampir di seluruh penjuru negeri, sebagian besar orang menikmati daging hanya sesekali. Umumnya, makanan ini dihidangkan sebagai makanan perantauan atau pelayaran.

Meskipun begitu, makanan ini tidak membawa identitas negatif apa pun. Bahkan, Whale Shark merupakan bagian dari makanan pokok hingga abad ke-19. Hingga kini kita dapat memesan ini secara bebas di rumah makan.

Dengan tekstur daging yang agak renyah hingga kenyal, makanan khas Norwegia ini akan mengeluarkan aroma gabungan dari bumbu rempah-rempah tradisional dan rempah-rempah yang digunakan untuk membakarnya.

6. Pickled Herring

Makanan khas Norwegia ini merupakan acar gaya Viking Kuno yang masih tetap ada hingga kini. Hidangan ini sudah sangat umum dibuat di banyak rumah dan restoran. Hal itu karena resepnya yang sangat sederhana.

Baca Juga  Ibu Kota Norwegia dan Kota di Norway Paling Populer

Pickled Herring adalah ikan haring asin yang diawetkan menggunakan banyak cuka dan garam, agar tidak busuk. Bumbunya terdiri dari bawang, gula, dan berbagai macam rempah yang memberikan rasa tajam, manis, dan asam.

7. Krumkake

Krumkake adalah hidangan pencuci mulut sederhana yang biasa disajikan dalam keluarga Norwegia. Krumkake merupakan kue yang terbuat dari mentega, telur, gula, tepung, dan krim.

Kue mangkok tersebut kemudian diisi dengan cokelat, krim, selai, dll. Namun, kita juga dapat memesan versi vegan di restoran, menggantikan telur, mentega, dan krim dengan berbagai macam bahan yang diinginkan.

Pada versi asli makanan ini, rasa krim dan telur segar berbaur sempurna untuk memberikan rasa yang sangat gurih. Lazimnya, hidangan ini dinikmati setelah makan siang atau makan malam yang enak.

Itulah tadi beberapa makanan khas Norwegia yang patut dicoba ketika berkunjung ke sana. Makanan-makanan tersebut bukan merupakan menu mahal, walaupun akan bergantung di mana kita memesannya. Yang jelas, juga sangat cocok bagi para backpacker.

(Visited 32 times, 1 visits today)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *