Makanan Khas Jerman

Makanan Khas Jerman untuk Oleh-Oleh

Posted on

Makanan Khas Jerman – Jerman adalah salah satu negara yang memiliki banyak keunikan, termasuk dalam bidang kuliner dan tempat wisata. Tidak hanya sebagai bahan konsumsi masyarakatnya, makanan khas Jerman juga memiliki nilai budaya dan sejarah.

Berikut ini adalah beberapa makanan khas Jerman (makanan khas Jerman, makanan Jerman, oleh oleh khas Jerman) yang harus kamu ketahui.

Baca juga ” Menciptakan Working Space Surabaya Yang Memacu Produktivitas

1. Pretzel
Kue ini sebenarnya sudah banyak dijumpai di berbagai toko kue. Namun, kita tidak dapat melepaskan Pretzel dari makanan khas Jerman (makanan khas Jerman, makanan Jerman, oleh oleh khas Jerman).

Kue yang sering disebut sebagai kue pita ini adalah makanan khas Jerman dan telah menjadi ciri khas Eropa. Sebenarnya, Jerman bukanlah satu-satunya negara yang memproduksi kue ini. Namun, karena Jerman tersohor sebagai daerah penghasil kue dan roti, maka banyak yang menganggap Jerman adalah asal Pretzel.

Ada banyak sekali varian dari Pretzel. Mulai dari bentuknya yang bermacam-macam seperti pita, stick, sampai bola-bola kecil, Bretzel juga memiliki varian toping seperti keju, gula, hingga irisan sosis.

2. Bratwurst
Selain bir, ada banyak sekali jenis sosis yang dibuat oleh masyarakat Jerman. Ada sekitar 1500 jenis sosis yang berasal dari Jerman. Oleh karena itu, tidak heran jika sosis telah menjadi bahan utama dari makanan khasnya, salah satunya adalah Bratwurst ini.

Bratwurst adalah sosis yang dipanggang dan disajikan bersama salad bernama Kartoffelsat. Meskipun begitu, kini banyak rumah makan yang menyajikan Bratwurst dengan cara dan bahan berbeda.

Bratwurst telah berkembang menjadi berbagai varian. Dari varian bahan baku sosisnya, Bratwurst bisa dibuat dari daging sapi, ayam, babi, bahkan hingga daging kalkun. Sementara setelah diolah, Bratwurst dapat menjadi banyak varian lagi, seperti currywurst.

Currywurst adalah Bratwurst yang dipanggang dan dibumbui dengan saus tomat dan bumbu kari. Makanan (makanan khas Jerman, makanan Jerman, oleh oleh khas Jerman) ini pertama kali dibuat pada tahun 1949 dan kini telah terkenal hingga menjadi nama salah satu museum di Berlin.

3. Falscher Hase
Ketika kita pergi ke Eropa, tentu kita akan menemui steak. Di Jerman juga ada steak, tetapi yang satu ini adalah khas Jerman, yaitu Falscher Hase. Makanan ini berbahan dasar daging cincang yang dicampur dengan telur, tepung, dan bawang.

Bahan yang telah dicampur kemudian dipanggang dan diiris tipis. Penyajian Falscher Hase dapat menggunakan kentang tumbuk atau pun kentang yang digoreng dan saus yang disiramkan. Nantinya, kita akan melihat makanan ini seperti punggung kelinci.

Nama Falscher Hase sendiri berarti “kelinci palsu” dalam bahasa Jerman. Hal itu karena secara umum penampakan penyajiannya akan mirip dengan kelinci, padahal tidak ada bahan daging kelinci sama sekali di dalamnya.

Baca Juga  Persyaratan Untuk Kuliah Gratis Di Jerman

4. Gulaschsuppe
Masih ada satu lagi makanan khas Jerman (makanan khas Jerman, makanan Jerman, oleh oleh khas Jerman) yang berbahan daging, yaitu Gulaschsuppe. Sup ini memiliki kuah yang kental dan secara umum akan berwarna merah.

Bahan-bahan yang digunakan dalam Gulaschsuppe adalah seperti daging sapi, tomat, kentang, dan berbagai rempah-rempah khas Jerman. Selain daging sapi, sup ini juga bisa dibuat dari daging babi yang dicincang-cincang. Penyajiannya adalah menggunakan roti sebagai karbohidrat.

5. Apfelstrudel
Makanan ini cukup familiar bagi beberapa orang, terutama yang pernah pergi ke Malang. Hal itu karena Apfelstrudel diadopsi menjadi kue Apel Strudel khas Malang.

Pada dasarnya Apfelstrudel memang makanan yang cocok untuk lidah Indonesia. Makanan yang bertekstur lembut ini umumnya menjadi makanan penutup di restoran. Rasa manis asam apel bercampur dengan bubuk kayu manis menjadikan aromanya sangat wangi.

Makanan (makanan khas Jerman, makanan Jerman, oleh oleh khas Jerman) ini cukup bersejarah bagi masyarakat Jerman karena sudah ada sejak tahun 1696.

6. Bienenstich
Satu lagi makanan khas Jerman yang memiliki cita rasa manis dan cocok untuk makanan penutup, yaitu Bienenstich. Kue manis ini terbuat dari vanila, madu, dan kacang almon sebagai pelapis atas. Bahan-bahan tersebut akan menciptakan rasa yang manis dan unik.

Makanan khas Jerman yang telah ada sejak abad ke-15 ini memiliki penamaan yang unik. Bienenstich yang berarti “sengatan” lebah bukanlah berhubungan dengan bahan madu yang ada di dalamnya. Nama ini diambil dari cerita ketika pada abad ke-15 masyarakat Andernach diserang oleh pasukan Linz.

Masyarakat ketika itu melawan dengan melamparkan sarang lebah hingga akhirnya pasukan Linz mundur. Untuk merayakan kemenangan tersebut, masyarakat memanggang lue yang kahirnya diberi nama Bienenstich dan menyantapnya bersama-sama.

7. Leubkuchen
Untuk kamu yang ingin membawa oleh-oleh yang tidak terlalu berat, barangkali bisa mencoba Leubkuchen. Sebutan lain untuk makanan ini adalah roti jahe.

Seperti namanya, selain menggunakan bahan-bahan roti seperti tepung, telur, madu, kacang walnut, kacang badam, kacang hazelnut, Leubkuchen menggunakan bahan jahe. Selain itu, ada juga bahan lemon dan berbagai rempah-rempah.

Leubkuchen cocok dinikmati bersama minuman hangat seperti susu dan teh. Dari bentuknya, makanan (makanan khas Jerman, makanan Jerman, oleh oleh khas Jerman) ini memang yang paling cocok untuk oleh-oleh atau hantaran teman.

Makanan Khas Jerman

8. Schwarzwalder Kirschtorte
Makanan dengan nama panjang ini sebenarnya hampir sama dengan balck forest yang ada di Indonesia. Bahan-bahan yang ada di dalamnya adalah kue coklat yang dilapisi dengan vanilla segar dengan parutan coklat dan buah ceri.

Untuk oleh-oleh adik atau anak kecil, makanan (makanan khas Jerman, makanan Jerman, oleh oleh khas Jerman) ini bisa jadi pilihan yang cocok. Selain itu, daya tahannya pun cukup baik karena menggunakan kayu manis sebagai pengawet alami.

Baca Juga  Menariknya Sistem Pendidikan di Jerman Menjadi Pendidikan Terbaik Dunia

9. Sauerkraut
Banyak makanan khas Eropa yang berfungsi untuk menghangatkan badan, salah satunya adalah Sauerkraut. Makanan yang terbuat dari irisan tipis kol putih dan difermentasi ini memang lazimnya dikonsumsi untuk meningkatkan suhu tubuh pada cuaca dingin.

Selain itu, Sauerkraut juga mengandung vitamin C yang baik untuk antioksidan. Jika kamu menghindari daging dan ingin oleh-oleh (makanan khas Jerman, makanan Jerman, oleh oleh khas Jerman) yang sehat, Sauerkraut bisa jadi pilihan.

10. Kartoffelsalat
Kartoffelsalat adalah makanan yang bebahan kentang rebus dengan campuran daging sapi, bawang bombay, cuka, tomat, mayones, telur dan ditambah dengan saus susu. Makanan ini umumnya disantap sebagai makanan pendamping bagi masyarakat Jerman.

11. Schweinshaxe
Karena mayoritas penduduk Jerman adalah penganut Katolik dan Protestant, tidak heran jika banyak bahan makanannya adalah daging babi. Untuk seseorang yang mengonsumsi daging babi, bisa mencoba Schweinshaxe untuk disantap atau sebagai oleh-oleh.

Schweinshaxe adalah makanan yang berbahan dasar daging babi bagian paha atas. Makanan yang sangat terkenal di Bavaria ini diolah dengan cara dipanggang hingga empuk, tetapi kulitnya sangat renyah. Schweinshaxe biasanya dimakan menggunakan saus.

12. Bir Beralkohol
Untuk Anda yang minum minuman beralkohol, bisa juga mencoba merasakan bir asli Jerman atau membawanya pulang sebagai oleh-oleh. Jerman adalah negara dengan produksi bi dan pencipta jenis bir paling banyak di dunia. Bahkan, setiap Octofest, kita bisa meminum bir lokal secara gratis dan sepuasnya.

13. Maultaschen
Makanan yang berasal dari Negara Bagian Jerman Baden-Württemberg ini mirip dengan pangsit. Bahan-bahan yang digunakan di dalamya adalah seperti daging cincang, bayam, dan bawang. Kadang-kadang di dalamnya juga ada daging asapnya.

Maultaschen bisa dinikmati dengan berbagai cara. Masyarakat Jerman biasa menyajikan makanan khas Jerman (makanan khas Jerman, makanan Jerman, oleh oleh khas Jerman) ini dengan cara merebus, menggoreng, atau menyejikannya seperti sup.

14. Frankfurter Grüne Soße
Seperti namanya, makanan Frankfurter Grüne Soße memang berasal dari Kota Frankfurt. Makanan ini berbahan 7 jenis rempah-rempah khas Jerman yang ditambah kentang dan telur rebus.

Selain dikonsumsi pada hari biasa, makanan khas Jerman (makanan khas Jerman, makanan Jerman, oleh oleh khas Jerman) ini umumnya ada ketika Hari Kamis Putih perayaan Paskah. Selain itu, Frankfurter Grüne Soße juga disediakan ketika hari pertama musim gugur.

Itulah tadi beberapa makanan khas Jerman yang cocok dijadikan untuk oleh-oleh (makanan khas Jerman, makanan Jerman, oleh oleh khas Jerman). Meskipun semuanya menarik, jangan lupakan batasan bagasi pesawat, ya!

(Visited 1 times, 1 visits today)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *