Pengertian, Info, dan Manfaat Magang yang Harus Diketahui

Posted on

Magang biasanya menjadi salah satu syarat bagi siswa atau mahasiswa dari sekolahnya untuk bisa menyelesaikan proses pendidikan yang sedang ditempuh. Sementara itu, bagi pekerja atau karyawan biasanya menjadi salah satu bentuk awalan dan persyaratan sebelum akhirnya pihak perusahaan menyetujui kontrak. Lalu, apa sebenarnya pengertian magang menurut pascal edu?

Pengertian Magang dan Landasan Dasar

Pengertian magang merupakan pelatihan kerja atau training yang diberikan oleh suatu instansi perusahaan atau lembaga tertentu kepada pelajar, mahasiswa, atau calon karyawan sebelum terjun ke dunia kerja secara nyata. 

Istilah magang juga diartikan sebagai “belajar dengan berbuat” atau “learning by doing” yang merupakan upaya pengenalan dunia kerja dengan praktek langsung di tempat kerja. Pihak sekolah biasanya sudah bermitra atau bekerja sama dengan lembaga pemerintah maupun perusahaan swasta untuk penempatan magang siswa/siswi sekolahnya. 

Secara hukum, masalah magang sudah diatur dalam peraturan UU Nomor 13 tahun 2003 tentang Ketenagakerjaan. Dalam peraturan undang undang tersebut, arti pemagangan merupakan bagian dari sistem pelatihan kerja yang diselenggarakan secara terpadu di bawah bimbingan dan pengawasan instruktur yang lebih berpengalaman. 

Dalam pelaksanaannya, perusahaan atau instansi pemerintah tempat magang harus memberikan kontrak atau perjanjian kerja magang. Sehingga program kegiatan magang ini merupakan kesepakatan bersama antara peserta magang dengan perusahaan yang dilaksanakan atas perjanjian tertulis. 

Dalam perjanjian tersebut, sekurang-kurangnya harus memuat pembiayaan, hak dan kewajiban peserta magang dan perusahaan, jangka waktu, jumlah peserta magang, hingga jenis program dan bidang kejuruan. 

Tujuan Magang bagi Calon Karyawan

Kegiatan magang dilakukan dengan menyesuaikan latar belakang studi pendidikan mahasiswa atau siswa sekolah. Dengan begitu, mereka akan lebih siap saat terjun di dunia kerja nantinya. Selain itu, berikut ini adalah beberapa tujuan magang yang perlu kamu ketahui.

  1. Menambah Pengetahuan dan Wawasan

Tak bisa dipungkiri bahwa teori yang diajarkan di sekolah tidak selamanya sama persis dengan apa yang ada di praktek lapangan. Sehingga adanya kegiatan magang ini diharapkan dapat menambah pengetahuan dan wawasan untuk siswa, mahasiswa, maupun karyawan saat memasuki dunia kerja. 

Mereka dapat mencoba banyak hal baru saat bekerja, bertanya apa saja dengan senior/atasan mereka, melihat bagaimana karyawan di tempat kerja melakukan pekerjaannya, dan menganalisa setiap proses pekerjaan yang dilakukan di intansi pemerintah maupun perusahaan swasta tersebut. 

  1. Meningkatkan Kualitas Peserta Magang

Jika di sekolah siswa atau mahasiswa mendapat teori pelajaran dari guru dan dosen mereka, saat magang mereka bisa mencoba mempraktekkan teori yang pernah diajarkan tersebut. Belajar teori biasanya hanya bersifat hafalan dan pemahaman, sedangkan dengan melakukan kegiatan magang siswa dan mahasiswa akan menghadapi hal yang lebih kompleks secara langsung. 

Seperti praktek kerja di dunia kerja, melihat permasalahan nyata yang ada, mencari solusi atas permasalahan yang ditemukan, mengaplikasikan teori ilmu yang didapatkan di bangku sekolah, serta belajar bagaimana berkomunikasi dengan baik saat bekerja di lapangan. 

  1. Memaksimalkan Potensi Siswa/Mahasiswa

Teori yang tidak didukung dengan praktek yang memadai secara langsung tentu akan pincang dan kurang afdhol dalam proses pembelajarannya. Sehingga adanya kegiatan magang ini sangat diperlukan untuk memaksimalkan potensi yang dimiliki siswa/mahasiswa yang secara teori sudah hafal di luar kepala kemudian mengajak mereka untuk praktek secara langsung di lapangan. 

Secara tidak langsung siswa/mahasiswa akan dilatih untuk bekerja di lapangan dan menerapkan teori yang didapatkan. Mereka pun dapat mengembangkan kompetensi yang dimiliki agar lebih berkembang lebih luas lagi saat berada di luar kelas. 

  1. Membangun Hubungan yang Baik antara Pihak Sekolah dengan Perusahaan 

Selain memberikan dampak positif untuk siswa dan mahasiswa maupun calon karyawan yang dibuktikan dengan sertifikat bukti sudah mengikuti proses magang, kegiatan magang juga bermanfaat bagi pihak sekolah. 

Baik pihak perusahaan maupun sekolah dapat saling bekerja sama dan menjalin hubungan baik satu sama lain. Sebagai contoh pihak sekolah mendapatkan keuntungan relasi dari perusahaan sebaliknya perusahaan akan mendapatkan link calon pekerja yang berkompeten jika sewaktu-waktu membutuhkan. 

  1. Peserta Magang Bisa Lebih Mudah Mendapatkan Pekerjaan

Saat mengikuti kegiatan magang, bagi siswa atau mahasiswa akan mendapatkan pengalaman berharga yang mungkin tidak didapatkan di bangku sekolah. Mereka dapat menunjukkan kompetensi dan keahlian yang dimiliki dengan kinerja yang bagus selama mengikuti kegiatan magang. 

Jika pihak perusahaan senang dengan kinerja siswa atau mahasiswa tersebut, maka mereka tidak akan sungkan-sungkan untuk menawari pekerjaan jika sudah lulus nantinya. Pengalaman magang juga bisa menjadi salah satu kompetensi yang dicantumkan pada CV atau resume saat melamar kerja sebagai bahan pertimbangan perusahaan. 

Jika penilaian kinerja selama magang bagus, maka tidak menutup kemungkinan akan menjadi poin plus sendiri sehingga siswa atau mahasiswa tersebut bisa dengan mudah diterima di perusahaan yang dia lamar. 

  1. Mendapatkan Penghasilan Tambahan

Meskipun statusnya bukan pekerja kontrak maupun pekerja tetap di intansi pemerintah atau perusahaan swasta tempat magang, bukan berarti mereka tidak mendapatkan penghasilan sama sekali. 

Memang upah atau fee yang diberikan bukanlah gaji tetap layaknya pekerja lainnya, namun bagi mahasiswa uang tersebut bisa menjadi motivasi dan penghasilan tambahan yang memberikan kepuasan tersendiri. Namun, perlu diingat bahwa tidak semua perusahaan tempat magang memberikan insentif atau upah karena itu tergantung dari kebijakan masing-masing perusahaan atau instansi pemerintah. 

Magang di Jerman

Program magang tidak hanya dilakukan di Indonesia, jika kamu membutuhkan info magang di luar negeri maka salah satu negara yang memberikan kesempatan kepada warga negara asing untuk magang di negaranya adalah Jerman. Istilah magang di Jerman dikenal dengan nama Ausbildung. 

Program magang Jerman ini merupakan salah satu langkah terbaik yang sangat disarankan untuk diambil sebelum menempuh pendidikan Bachelor dan Master khususnya yang tidak memiliki kemampuan secara finansial untuk langsung melanjutkan pendidikan di universitas. 

Program Ausbildung merupakan pelatihan keahlian atau profesi di Jerman yang memberikan kesempatan kepada pesertanya untuk magang di perusahaan Jerman sesuai dengan bidang pekerjaan yang diminati dan keahlian yang dimiliki. 

Selama mengikuti program Ausbildung, setiap pesertanya akan mendapatkan penghasilan tambahan sesuai dengan gaji profesional di bidangnya. Dalam proses belajar atau magang melalui pendidikan Ausbildung, kamu akan diberikan waktu lebih banyak untuk praktek di lapangan dibandingkan dengan belajar secara teori di kelas. 

Lamanya pendidikan Ausbildung pun berkisar dalam waktu 3 tahun secara gratis dan setelah lulus akan mendapatkan sertifikat atau ijazah layaknya sekolah yang setara dengan D3. Tentu ini menjadi kesempatan emas buat kamu yang ingin menambah wawasan dan kompetensi di bidang keahlian yang diminati. 

Itulah uraian mengenai pengertian, tujuan, dan informasi mengenai magang. Dalam mengambil magang, pastikan untuk memilih tempat yang memiliki kompetensi tinggi. Pastikan surat tanda selesai magang dapat digunakan untuk melamar pekerjaan yang sesuai keinginan.