Level Bahasa Jerman

6 Level Bahasa Jerman

Posted on

Level Bahasa Jerman – Berbeda dengan tes kecakapan bahasa asing lainnya, tes kecakapan bahasa Jerman memiliki level tertentu. Kita harus menentukan level yang kita miliki sebelum akhirnya melakukan pembelajaran dan mengikuti tes.

Setiap orang harus memulai belajar dari level yang paling bawah, lalu baru naik ke tingkat yang lebih tinggi satu per satu level. Ada 6 level bahasa Jerman yang memiliki ciri atau tanda kemampuan tertentu dari seseorang.

Baca juga ” Makanan Khas Jerman untuk Oleh-Oleh

Enam level dalam bahasa Jerman tersebut adalah A1 (beginner), A2 (elementary), B1 (intermediate), B2 (upper intermediate), C2 (hightly competent). Nah, berikut ini adalah penjelasan dari masing-masing level bahasa Jerman tersebut.

Level A1
Seseorang yang memiliki sertifikat A1 adalah seseorang yang belajar dan mengikuti tes sehingga memiliki beberapa kemampuan seperti mengenali, memahami, dan menggunakan kalimat-kalimat sederhana.

Dalam menggunakan kalimat sederhana tersebut, penutur dapat menjelaskan hal-hal konkrit dalam kehidupan sehari-hari. Ciri yang lain adalah penutur tersebut dapat atau mampu memperkenalkan diri sendiri dan memperkenalkan orang lain, serta mampu bertanya mengenai orang lain.

Pertanyaan-pertanyaan yang dimaksud adalah pertanyaan-pertanyaan dasar seperti di mana orang tersebut tinggal, siapa saja orang yang dikenal, apa yang dimiliki oleh lawan bicara, atau dapat menjawab pertanyaan tersebut yang ditujukan pada dirinya.

Orang yang lulus atau memiliki sertifikat level A1 lazimnya sudah dapat berkomunikasi secara sederhana walaupun akan kesulitan apabila lawan bicara berbicara dengan cepat atau melafalkan kata kurang jelas.

Bahan-bahan yang harus dipelajari adalah seperti Begrüßen und vorstellen, Pläne, Wetter, Personenbeschreibung, Reisen, Verkehrsmittel, Einkaufen, Wohnungssuche Zeitung und Fernsehen, Restaurant, Krankenhaus, Arbeitssituation, Arbeitssuche, Verdienst, Geschäftskorrespondenz, dan Telefonieren und SMS,

Level A2
Seseorang yang belajar dan lulus tes sertifikat level bahasa Jerman A2 lazimnya dapat mengenali dan memahami kalimat yang berkaitan dengan pokok pembicaraan. Artinya, penutur tersebut dapat mengambil informasi mengenai apa yang sedang dibicarakan.

Baca Juga  Festival Budaya Jerman yang Wajib Dikunjungi Wisatawan

Seseorang yang sudah memiliki sertifikat level bahasa Jerman A2 akan dapat berkomunikasi dalam situasi sehari-hari. Orang dengan kemampuan ini biasanya memiliki ciri dapat bertukar informasi secara langsung.

Seseorang pada level ini juga sudah dapat mengucapkan kalimat sederhana meskipun sedikit berbau akademis, sangat dekat dengan kehidupan nyata, dan hal-hal yang berhubungan dengan kebutuhan primer.

Level Bahasa Jerman

Level B1
Seseorang yang belajar bahasa Jerman dan telah lulus sertifikat level bahasa Jerman B1 sudah dapat menangkap pokok pembahasan dari suatu pembicaraan. Orang-orang ini dapat memahami pembicaraan meskipun akan lebih cenderung menggunakan bahasa Jerman yang standar atau yang paling mudah dimengerti.

Tidak hanya mengenai kehidupan sehari-hari, seseorang yang memiliki atau lulus sertifikat B1 sudah dapat menceritakan pengalaman, kejadian, impian, atau tujuan hidup beserta penjelasan sejarah singkat.

Materi yang harus dipelajari dan harus dihadapi dalam tes adalah seperti Hauptstadt, Bundesländer, EU, dan “typisch deutsch”. Dalam tesnya, tidak jarang juga kita harus mampu membuat surat secara formal atau pun informal.

Level B2
Level bahasa Jerman pada tingkatan ini umumnya menjadi standar bagi seseorang yang ingin bekerja sosial di Jerman. Seseorang yang telah lulus pada tingkat ini akan dapat memahami inti dari sebuah teks berbahasa lumayan rumit, baik teks yang bertema konkrit atau pun abstrak.

Selain itu seseorang yang telah lulus pada level ini akan dapat memahami sebuah diskusi dengan pokok pembahasan tertentu, terlebih apabila hal itu merupakan bidang kompetensinya. Penutur level B2 juga dapat memberi penjelasan pada suatu permasalahan dengan alasannya yang cukup jelas.

Untuk lulus sertifikat level B2, seseorang harus dapat berkomunikasi dengan lancar bersama native speaker bahasa Jerman. Artinya, penutur sudah dapat mengungkapkan sesuatu secara jelas dan menangkap pembicaraan atau respon dari lawan tutur secara jelas pula.

Baca Juga  Ini yang Harus Kamu Lakukan untuk Kuliah Kedokteran di Jerman

Nantinya, penilaian meliputi materi Leseverstehen und Sprachbausteine, Schriflicher Ausdrück, Hörverstehen, dan Mündliche Prüfung (tes membaca, mendengar, menulis, dan berbicara).

Level C1
Level bahasa Jerman C1 adalah level dalam kompetensi tinggi. Seseorang yang ingin mendapatkan sertifikat C1 harus sudah dapat memahami berbagai teks panjang yang rumit. Penutur juga harus dapat menangkap makna, baik makna leksikal atau pun pragmatis, dari sebuah teks.

Seseorang yang sudah berada pada level ini biasanya juga dapat dengan spontan atau lancar mengemukakan pendapatnya tanpa bermasalah dengan diksi.

Tidak hanya dalam kehidupan sehari-hari, seseorang yang lulus tes C1 akan mampu berbicara dalam bahasan kehidupan sosial, kehidupan kerja, atau pendidikan.

Level C2
Level bahasa Jerman tingkat ini adalah level yang paling tinggi. Umumnya dimiliki oleh seseorang yang sudah pernah tinggal di Jerman. Seseorang pada level ini sudah dapat dengan mudah memahami teks yang dibaca atau tuturan yang didengar.

Pada level ini, penutur juga sudah dapat merangkum sebuah informasi dari sumber manapun, baik lisan maupun tulisan. Untuk lulus tes pada level ini seseorang harus dapat menjabarkan sebuah keterangan dan penjelasan yang berhubungan dengan pokok pembahasan.

Itulah tadi uraian mengenai level bahasa Jerman yang harus kamu ketahui. Kita tidak dapat melompat dalam mengikuti tes. Seseorang yang belum mengikuti tes B1 tidak akan diizinkan untuk mengambil tes C1.

(Visited 10 times, 1 visits today)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *