kursus web programming

Kursus Web Programming Yang Penting Untuk Diikuti

Posted on

Kursus Web Programming – Kini semakin banyak orang yang tertarik dengan web programming hingga banyak yang mengikuti kursus web programming. Namun, apa sebenarnya web programming dan kenapa penting untuk mengikuti kursus pemrograman web?

Pengertian Web Programing dan Posisinya di Internet

Web programing adalah cara, proses, atau pembuatan web. Web sendiri dapat diartikan sebagai halaman yang ada di internet, yang memuat tulisan, gambar, dan grafik. Kumpulan dari web (homepage, halaman post, halaman about, dsb) disebut website atau situs website.

Dalam penalaran yang lebih luas, kumpulan dari website disebut sebagai word wide web. Ketika kita mencari sebuah informasi, misalnya informasi mengenai “manfaat buah pisang”, maka kita akan menemukan sebuah daftar web atau halaman di google.

Ketika kita mengklik salah satu dari list judul di google, kita akan masuk ke website. Aktivitas yang kita lakukan sejak mengetikkan kalimat “manfaat buah pisang” di google hingga menemukannya di sebuah halaman itu terjadi di word wide web.

Word wide web atau www adalah satu “loker” dari ruang loker internet. Sebagian besar ruang internet diisi oleh word wide web. Namun, ada banyak bagian lain yang diisi oleh selain word wide web yang tidak dapat diakses oleh seorang awam.

Tahapan Kursus Web Programming

kursus web programming

Web programming dilakukan melalui beberapa tahapan atau melalui pemahaman beberapa unsur. Secara singkat, unsur atau tahapan yang harus diketahui dan dilakukan adalah HTML, CSS/PHP, MySQL, dan JavaScript.

1. HTML
Inti dari pemrograman web atau halaman website adalah HTML.

2. Memilih antara CSS atau PHP
Jika ingin mendalami atau memprioritaskan web design, maka dapat mempelajari CSS. Namun, apabila membutuhkan halaman web yang memuat form, laporan yang memungkinkan pengunjung memasukkan data, atau gaya halaman yang digunakan untuk menyimpan data, maka pelajari PHP.

CSS memang lebih rumit dibanding HTML, namun kedudukan keduanya adalah sama. Keduanya bukan termasuk sebagai “bahasa pemrograman” melainkan hanya “bahasa kode” yang memuat perintah sederhana. Sementara itu, PHP sudah termasuk bahasa pemrograman komputer.

PHP sudah dapat digunakan untuk membuat program web, seperti mengatur alur logika dalam web (jika diklik apa maka akan muncul apa), memproses hasil form HTML, dan berkomunikasi dengan database. Oleh sebab itu, bagian PHP akan memakan waktu 80% pengerjaan sebuah web programming.

Lihat juga: Kursus Digital Marketing

3. Database
Ketika kita membuat PHP di halaman atau web, maka kita membutuhkan database. Database ini seperti lumbung yang berisi data-data misalnya informasi user, catatan-catatan, dsb. Ada banyak database yang dapat digunakan, namun yang paling populer adalah MySQL.

4. Animasi
Animasi yang dimaksud dalam web programming adalah efek-efek yang terjadi apabila kita melakukan sesuatu dalam web tersebut. Misalnya, sebuah tulisan berubah warna apabila kita sentuh dengan kursor pointer.

Salah satu bahasa pemrograman yang populer digunakan untuk meng-animasiweb adalah JavaScript. Fungsi utamanya adalah supaya halaman atau web menjadi lebih interaktif. Java Script menggunakan object oriented programming atau OOP.

Baca Juga  Tempat Penitipan Anak sebagai Sarana Belajar yang Efektif

Sampai di sini, kita usdah dapat membuat sebuah web secara utuh. Namun, apabila mengambil kursus web programming, maka kita akan diberi tambahan lebih banyak materi. Materi yang biasanya menjadi tambahan kursus web developer adalah seperti framework, CMS, plugin, dan lainnya.

Framework, plugin, dan beberapa yang telah disebutkan tadi adalah kompulan kode yang dapat digunakan untuk menghasilkan bagian web secara lebih cepat. Seseorang yang pernah masuk dasboard blogger pastilah akrab dengan plugin, yang jika ditambahkan maka akan langsung muncul di halaman. Seperti itulah kira-kira cara kerjanya.

Kursus Web Programming dan Keuntungannya

Karena belajar web programming tidak sederhana, maka banyak orang yang memilih untuk mengikuti kursus pemrograman web, terutama kursus full stack developer. Lagipula, ada banyak keuntungan mengikuti kursus web programming.

Selain mempelajari hal-hal dasar seperti HTML, CSS/PHP, MySQL, dan JavaScript, ketika kursus full stack developer kita akan berkesempatan untuk memahami hal-hal berikut.

kursus web programming

1. HTTP – memahami proses apa saja yang terjadi di sisi server maupun client ketika halaman web terbuka.

2. HTML dan CSS – memformat tampilan web dengan lebih mudah dan lebih menarik.

3. Javascript – menjadikan web yang dibuat menjadi lebih interaktif seperti popup window, autocomplete, dan datepicker.

4. Server Side Programming – belajar pilihan bahasa pemrograman seperti Perl, Ruby, PHP, JSP, Python, NodeJS, Haskell, Scala, dan Go.

5. Database – belajar Database Management System (DBMS) untuk menyimpan data user, artikel, transaksi penjualan, dan lain-lain menggunaka MySQL, PostgreSQL, MariaDB, Oracle, dan Microsoft SQL.

6. Web Server – mempelajari Apache dan Nginx.

7. Web Hacking – mempelajari trik-trik membangun dan mengelola web SQL Injection dan Cross Site Scripting (XSS).

8. Linux – Linux membuat web programmer peduli pada pentingnya kapitalisasi nama file hingga setting permission folder ketika menyimpan file hasil upload.

9. Framework – belajar menjaga coding tetap terstruktur rapi dan memiliki standar yang sama terutama bila aplikasi web dikerjakan bersama. Yang biasa digunakan adalah PHP (Laravel, Symfony, Yii), Python (Django), Ruby (Ruby On Rails).

10. Advance Javascript – Javascript tingkat lanjut seperti jQuery penting untuk melakukan manipulasi pada halaman web seperti membuat textfield menjadi autocomplete.

11. Responsive Layout – disebut juga advance CSS untuk membuat aplikasi web nyaman dibuka di layar perangkat mobile.

12. Revision Control – mencatat perubahan-perubahan yang terjadi pada coding.

13. RESTful Web Services – belajar mengintegrasi aplikasi mobile, aplikasi desktop atau dengan aplikasi web lain menggunakan Slim Framework, Silex atau lainnya.

14. Unit Testing – memastikan perubahan pada salah satu komponen aplikasi tidak akan merusak proses pada komponen lainnya dalam web.

Baca Juga  Cara Lulus CPNS Serta Uraian Yang Dapat Meningkatkan Kesuksesan

Lihat juga: Kursus Web Master Serpong

Kursus di Codeva

Selain akan mempelajari materi-materi secara lengkap, ada beberapa kelebihan teknis yang akan kita dapatkan ketika mengikuti kursus full stack developer di Codeva. Nah, berikut ini adalah beberapa di antaranya.

1. Didampingi Instruktur Profesional
Ketika kita mengikuti kursus web programming di Codeva, maka kita akan didampingi oleh seseorang yang telah menjadi profesional. Pengajar profesional yang dimaksud bukan hanya profesional dalam bidang ajar-mengajar kursus, melainkan juga di dunia industri. Oleh sebab itu, siswa di Codeva lebih akrab dengan lingkup perusahaan.

2. Menggunakan Pembelajaran Kelas Kecil
Kelas kursus web developer kebanyakan menggunakan metode kelas besar karena dianggap tidak membutuhkan konsentrasi yang tinggi. Namun, Codeva tetap menggunakan bentuk pembelajaran kelas kecil atau tidak lebih dari 15 siswa per kelas.

3. Pengenalan Siswa kepada Jaringan Kerja
Siswa kursus pemrograman web Codeva akan dikenalkan pada jaringan penerima kerja, atau sebaliknya. Oleh karena itu, semakin baik statistik belajar di Codeva akan membuka peluang yang lebih besar untuk kerja.

Codeva mempertemukan siswa yang telah siap menjadi profesional dengan jaringan penerima kerja di sebuah acara tertentu. Artinya, ada wadah yang disediakan oleh Codeva supaya siswa dapat mengembangkan dan menikmati hasil kursus full stack developer -nya.

4. Belajar dan Mengerjakan Project
Siswa yang kursus web developer di Codeva akan mengerjakan sebuah project-nya sendiri. Hal ini tentu menguntungkan, karena berguna sebagai potofolio ketika siswa yang mengikuti kursus web programming melamar kerja.

Alamat Utama Codeva dan Cabangnya

kursus web programming

Kamu dapat mencari informasi lebih lanjut di codeva.co.id atau datang langsung ke kantornya di beberapa kota besar di Indonesia. Kantor utama Codeva berada di Jakarta Selatan, yaitu di Mega Kuningan. Selain itu, beberapa kantor cabangnya adalah di alamat-alamat berikut.

Mega Kuningan – Bellagio Mall Lantai UG, Mega Kuningan Barat Kav. E4, Jakarta Selatan.
Customer Service: (021) 300 20942
Consultant: ‎081197 202 000

Kelapa Gading – Jalan Boulevard Timur Blok NC1 Nomor 32 (Seberang Al-Azhar School), Kelapa Gading.
Customer Service: (021) 300 20942
Consultant: ‎081197202 000

Serpong – (Next to Summarecon Mall Serpong) Jalan Kelapa Gading Selatan Blok AH 10, Serpong, Tangerang.
Customer Service: (021) 300 20942
Consultant: ‎081197202 000

Central Park Tanjung Duren – Podomoro City Central Park, Garden Shopping Arcade, Jakarta Barat.
Customer Service: (021) 300 20942
Consultant: ‎081197202 000

Bandung – Jalan Pajajaran, Bandung, Jawa Barat.
Customer Service: (021) 300 20942
Consultant: ‎081197202 000

Surabaya – Plaza Graha Famili Block D (Samping SMA Kristen Petra 1), Jalan Mayjen Yono Suwoyo, Surabaya.
Consultant: ‎081197202 000

(Visited 3 times, 1 visits today)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *