kursus digital marketing

Kursus Digital Marketing Pilihan Rekan Belajar Terbaik

Posted on

Kursus Digital Marketing – Selain kursus mempelajari bahasa, kini juga marak kursus digital marketing. Hal itu terntu terkait pekerjaan atau pengembangan bisnis. Lalu, apa itu digital marketing dan apa pentingnya belajar marketing online atau belajar internet marketing?

Pengertian Digital Marketing

Digital marketing adalah bentuk pemasaran yang memanfaatkan teknologi digital berbasis internet atau online seperti komputer desktop, ponsel, dan media digital lainnya serta platform untuk mempromosikan produk dan berbagai layanan.

Perkembangan Digital marketing mulai terjadi pada tahun 1990-an dan 2000-an. Ketika itu, komputer dan internet berkembang dan mempengaruhi cara merek dan bisnis dalam menggunakan teknologi untuk aktivitas pemasaran.

Hingga kini, platform digital semakin tak terpisahkan dengan rencana pemasaran dan kehidupan sehari-hari. Selain itu, semakin banyaknya pengguna perangkat digital yang menyebabkan aktivitas fisik berkurang membuat kampanye pemasaran digital menjadi semakin lazim diterima.

Teknik dan Metode dalam Digital Marketing

kursus digital marketing

Digital marketing berjalan menggunakan kombinasi beberapa cara. Hal itu terkait dengan kemampuan sebuah perusahaan atau pelaku untuk mendanai pekerja dan skala marketing yang sedang dilakukan. Beberapa teknik yang sering digunakan ketika kursus digital marketing adalah sebagai berikut.

Baca Juga  Kursus Web Master Serpong

1. search engine optimization (SEO),
2. search engine marketing (SEM),
3. content marketing,
4. influencer marketing,
5. content automation,
6. campaign marketing,
7. data-driven marketing,
8. e-commerce marketing,
9. social media marketing,
10. social media optimization,
11. e-mail direct marketing,
12. display advertising,
13. e–books,
14. optical disks, dan
15. games.

Pemasaran digital meluas ke saluran non-Internet yang menyediakan media digital, seperti televisi, layanan ponsel (SMS dan MMS), panggilan balik di telepon, dan nada dering ponsel. Jika melihat status ketersambungan internet, maka marketing yang memanfaatkan internet disebut sebagai online marketing.

Digital Marketing Channels

kursus digital marketing

Digital Marketing Channels adalah sistem berbasis Internet yang dapat membuat, mempercepat, dan mengirimkan nilai produk dari produsen kepada konsumen, melalui jaringan digital. Digital marketing dijalankan berdasarkan multiple “Digital Marketing Channels” atau perpaduan dari beberapa chanel.

Ada beberapa chanel pemasaran digital yang tersedia hingga saat ini, yaitu sebagai berikut:

1. Affiliate marketing

adalah jenis pemasaran berbasis performance-based marketing di mana sebuah bisnis akan menghargai satu atau lebih afiliasi untuk setiap pengunjung atau pelanggan yang dibawa oleh anggota afiliasi.

2. Display advertising

adalah iklan grafis di situs web Internet, aplikasi atau media sosial melalui spanduk atau format iklan lainnya yang terbuat dari teks, gambar, flash, video, dan audio. Karena kualifikasi yang cukup rumit, chanel ini yang kerap dipelajari dalam kursus digital marketing.

Tujuan utama dari display advertising adalah untuk mengirimkan iklan umum dan pesan merek kepada pengunjung suatu situs. Menurut eMarketer, media sosial Facebook dan Twitter mengambil 33 persen pangsa pasar belanja iklan bergambar pada tahun 2017.

Kampanye tampilan Google mencapai 80 persen pengguna internet global. Display advertising desktop melampaui penayangan iklan pencarian pada tahun 2014, dengan pertumbuhan display advertising mobile lebih tinggi pada tahun 2015.

3. Email marketing

adalah tindakan mengirim pesan komersial menggunakan email, biasanya kepada sekelompok orang. Hal ini tidak menggunakan bentuk tertentu, setiap email yang dikirim ke seseorang yang potensial menjadi pelanggan dapat dianggap sebagai pemasaran email.

Chanel ini melibatkan penggunaan email untuk mengirim iklan, meminta bisnis, atau meminta penjualan atau sumbangan. Strategi pemasaran email biasanya berupaya mencapai satu atau lebih dari tiga tujuan utama, yaitu untuk membangun loyalitas, kepercayaan, atau keterkenalan merek.

4. Search engine marketing

adalah bentuk Internet marketing yang melibatkan promosi situs web dengan meningkatkan visibilitasnya atau ketertemuannya di halaman hasil mesin pencari (SERP) terutama melalui iklan berbayar.

SEM dapat menggunakan optimasi mesin pencari (SEO) atau teknik lainnya, untuk menyesuaikan situs web demi mencapai peringkat yang lebih tinggi di halaman hasil mesin pencari. Hal tersebut berfungsi untuk meningkatkan daftar bayar per klik (PPC).

5. Social Media Marketing

adalah penggunaan platform media sosial dan situs web untuk mempromosikan produk atau layanan. Meskipun istilah e-marketing dan digital marketing masih lebih dominan digunakan di dunia akademis, social media marketing menjadi lebih populer bagi para pelaku pasar digital.

Hal itu karena sebagian besar platform media sosial memiliki alat analitik data internal, yang memungkinkan penjual untuk melacak kemajuan, keberhasilan, dan keterlibatan langsung penjual menganai iklan yang mereka buat. Hal ini kemudian membuat banyak orang belajar facebook ads.

Baca Juga  Kursus Desain Grafis Serpong

6. Social networking service

Social networking service atau disebut juga situs jejaring sosial atau media sosial, adalah platform online yang digunakan untuk membangun jaringan sosial atau hubungan sosial dengan orang lain yang memiliki minat, kegiatan, latar belakang, atau koneksi kehidupan nyata yang serupa.

Karena kemungkinan membangun jaringan sosial yang luas tersebut, platform ini kemudian dimanfaatkan untuk mengenalkan merek atau produk tertentu. Dalam visi khusus, media sosial dapat dijadikan oleh penjual membangun jaringan pembeli dan tidak terkait “visi sosial” yang menjadi visi utama media sosial.

7. In-game advertising

atau disebut juga IGA adalah iklan yang ada di komputer dan video game. IGA berbeda dari advergames atau gim yang dibuat khusus untuk mengiklankan suatu produk. Industri IGA lebih besar dan berkembang pesat memungkinkan iklan dimasukkan dan diberhentikan dari suatu game dalam masa kontrak tertentu.

8. Online public relations

memiliki arti yang mengacu pada penggunaan internet untuk berkomunikasi dengan pelanggan potensial di ranah publik. Misalnya adalah Video advertising atau iklan tampilan online yang memiliki video di dalamnya. Secara umum, iklan yang ada di video advertising diterima sebagai iklan yang terjadi sebelum, selama, dan / atau setelah streaming video di internet itu dilakukan.

Ketika seseorang belajar atau kursus internet marketing, kemampuan public relations ini adalah kemampuan yang diperdalam. Hal itu supaya penyampaian pesan persuasiif pada konsumen dapat berjalan lancar.

Strategi dalam Digital Marketing

kursus digital marketing

Perencanaan digital marketing adalah istilah yang digunakan dalam manajemen pemasaran. Perbedaan antara perencanaan digital marketing dan tradisional marketing adalah penggunaan alat komunikasi dan teknologi berbasis digital seperti Media Sosial, Web, Mobile, dan Scannable Surface.

1. Tahapan Perencanaan Digital Marketing

Perencanaan digital marketing (DMP) memiliki tiga tahap utama, yaitu Opportunity, Strategy and Action. Pendekatan strategis generik ini sering memiliki fase-fase tinjauan situasi, penetapan tujuan, perumusan strategi, serta alokasi dan pemantauan sumber daya.

a) Opportunity

Untuk membuat DMP yang efektif, pertama-tama perlu meninjau pasar dan menetapkan tujuan, yaitu Specific, Measurable, Actionable, Relevant and Time-Bound (Spesifik, Terukur, Dapat Ditindaklanjuti, Relevan, dan Berbatas Waktu).

b) Strategi

Untuk membuat strategi digital yang terencana, perusahaan harus meninjau proposisi digital mereka (apa yang ditawarkan kepada konsumen) dan berkomunikasi dengan menggunakan teknik penargetan pelanggan digital.

Jadi, pemasar harus mendefinisikan proposisi nilai online (OVP). Hal ini mengartikan perusahaan harus menyatakan dengan jelas apa yang mereka tawarkan kepada pelanggan secara online, misalnya positioning merek.

Perusahaan juga harus memilih segmen pasar target dan persona, sehingga dapat mendefinisikan pendekatan yang dapat dilakukan. Setelah melakukan ini secara efektif, bauran pemasaran yang meliputi Produk, Harga, Promosi, dan Tempat. Kini, sebenarnya 4P telah diubah menjadi ke 7P, yaitu ditambah Proses pemasaran, Tempat, dan Penampilan fisik.

c) Action

Tahap ketiga dan terakhir mengharuskan pemasar untuk menetapkan anggaran dan sistem manajemen. Hal ini harus merupakan titik yang terukur, seperti harus mengetahui jangkauan audiens di semua platform digital.

Selain itu, pemasar harus memastikan bahwa anggaran dan sistem manajemen mengintegrasikan media yang dibayar, dimiliki, dan diperoleh perusahaan.

Baca Juga  Pengertian dan Keuntungan Kursus Desain Grafis

2. Memahami Pasar

Salah satu cara pemasar dapat menjangkau konsumen dan memahami proses pemikiran mereka adalah melalui apa yang disebut empathy map. Peta ini penting supaya pemasaran dapat menempatkan diri pada posisi demografi target secara tepat. Empathy map memiliki empat langkah, yaitu.

1. Langkah pertama adalah melalui mengajukan pertanyaan yang akan dipikirkan konsumen dalam demografis konsumen.

2. Langkah kedua adalah menggambarkan perasaan yang mungkin dimiliki konsumen.

3. Langkah ketiga adalah memikirkan apa yang akan dikatakan konsumen dalam situasi yang dihadapi.

4. Langkah terakhir adalah membayangkan apa yang akan coba dilakukan konsumen berdasarkan tiga langkah lainnya.

Analisis Web juga merupakan cara yang sangat penting untuk memahami konsumen. Mereka menunjukkan kebiasaan yang dimiliki seseorang ketika online untuk setiap situs web. Salah satu bentuk khusus dari analitik ini adalah analitik prediktif yang membantu pemasar mencari tahu di mana konsumen berada.

Hal ini menggunakan informasi yang dikumpulkan dari analitik lain, dan kemudian menciptakan prediksi berbeda tentang apa yang akan dilakukan orang sehingga perusahaan dapat menyusun strategi tentang apa yang harus dilakukan selanjutnya, sesuai dengan tren yang ada pada masyarakat.

Karena kerumitan tersebut, maka banyak pemasar memilih untuk kursus digital marketing atau merekrut seseorang yang telah memiliki pengalaman belajar marketing online.

Pekerjaan di Bidang Digital Marketing

kursus digital marketing

Meskipun seseorang yang bergabung ke suatu perusahaan di posisi digital marketing akan diberi digital marketing training, tetapi banyak juga yang sebelumnya mengikuti pelatihan digital marketing untuk menarik minat perusahaan dalam penjaringan tenaga kerja.

Salah satu hal yang membuat kursus digital marketing mulai banyak peminat adalah karena banyak perusahaan yang membuka lowongan pekerjaan digital marketing. Nah, berikut ini adalah beberapa pekerjaan yang terkait dengan digital marketing.

1. Social Media Marketer

Social media marketer akan membantu perusahaan berkomunikasi dengan pelanggan di berbagai platform media sosial. Social media marketer menggunakan analitik yang disediakan media sosial untuk memahami bagaimana pelanggan berinteraksi.

Ketika perilaku pelanggan sudah diketahui, selanjutnya social media marketer akan membuat konten iklan yang menarik. Umumnya, pelaku sosial media market akan memanfaatkan bidang tertentu yang mereka kuasai. Misalnya, remaja perempuan umumnya akan bergerak di bidang kecantikan.

Di sisi penjual atau perusahaan penawar produk, sebenarnya tidak harus menggunakan manusia sebagai pengiklan media sosial. Ada beberapa media sosial yang memiliki platform iklan, seperti facebook. Hal itu yang kemudian membuat penjual dalam skala kecil harus belajar facebook ads supaya tidak mempekerjakan social media marketer.

2. Digital Marketing Manager

Digital project managers memiliki peran penting dalam mengawasi dan mengimplementasikan iklan digital. Posisi ini bertanggung jawab dalam menyusun proyek, membuat timeline, menetapkan milestones, dan mengelola anggaran. Beberapa tugas lain juga bisa diberikan oleh perusahaan.

Oleh karena itu, digital project managers harus memiliki keterampilan organisasi, komunikasi, dan kolaborasi yang sangat baik.

Baca Juga  Pilihan Nyaman Bekerja di Coworking Space Surabaya

3. Content Strategist

Seorang content strategists bertanggung jawab untuk mengembangkan konten yang disesuaikan dengan tujuan dan target audiens. Posisi ini harus dapat menggunakan alat analitik untuk mengetahui topik mana yang melibatkan audiens dan mengarahkan traffic dalam melihat media digital perusahaan.

Oleh karena itu, content strategists harus memiliki keterampilan menulis yang baik dan pemahaman tentang optimasi mesin pencari (SEO).

4. Virtual Reality Developer

Produk-produk Virtual reality (VR) masih dalam masa perkembangan, tetapi kini semakin populer. Dengan demikian, banyak perusahaan memasukkan VR ke dalam iklan digital marketing mereka. Posisi ini adalah pekerjaan dengan kemampuan teknologi tinggi. Oleh sebab itu, pelaku harus memiliki latar belakang yang kuat dalam teknologi dan seni kreatif.

5. SEO and SEM Specialist

Untuk mendapatkan traffic maksimum ke situs web mereka, bisnis harus mendapat peringkat tinggi pada halaman hasil mesin pencari. Pelaku SEO dan SEM harus tahu cara membuat konten yang membuat situs web perusahaan dilihat oleh audiens. Peran-peran ini ini dapat membantu pemasaran secara freelance dan dari jarak jauh, tidak harus menjadi bagian dan bekerja dari kantor.

6. User Experience Designer

User experience designer (UX) tidak hanya memiliki latar belakang teknologi dan desain, tetapi juga memiliki pemahaman yang kuat tentang perilaku manusia dalam berteknologi. Posisi ini mengembangkan situs web, produk, dan aplikasi untuk mendorong konsumen menindaklanjuti pembelian.

Pelaku UX beroperasi dengan seluruh pengalaman berpikir, dengan tujuan akhir meningkatkan penjualan, tingkat retensi pelanggan, dan generasi pemimpin.

7. Data Analysts

Dengan meningkatnya kecerdasan buatan atau artificial intelligence (AI) dan Internet of Things (IoT), produsen dapat mengumpulkan sejumlah data dan informasi. Informasi tersebut akan dikategorikan dan dianalisis sehingga perusahaan dapat menafsirkannya dan menerapkannya pada iklan digital marketing mereka.

8. Email Marketing Specialist

Email marketing specialists bertanggung jawab untuk membuat dan meluncurkan iklan email. Hal itu berfungsi untuk memperbarui database mengenai informasi pelanggan dan berbagai daftar. Seorang Email marketing specialists harus memiliki keterampilan menulis dan mengedit yang baik, khususnya dalam penulisan persuasif.

9. Internet of Things Marketing Specialist

Kini banyak orang menggunakan tablet, telepon pintar, jam tangan pintar, dan perangkat lain berbasis web yang secara otomatis menyimpan data. Marketing specialists IoT akan menggunakan data yang dikumpulkan dari perangkat tersebut untuk membuat iklan sehingga nantinya materi iklan lebih relevan dengan kebutuhan.

10. Bot Developer

Penggunaan virtual assistants dan AI adalah bentuk layanan pelanggan yang populer. Pengembang bot dan spesialis AI tahu cara membuat dan memprogram chatbots untuk meningkatkan pengalaman pengguna dan mendorong pelanggan untuk melakukan pembelian.

Kursus Digital Marketing

kursus digital marketing

Untuk kamu yang ingin belajar belajar internet marketing atau digital marketing, kini sudah dapat mengikuti kelas bimbingan di Codeva. Dengan belajar marketing online melalui Codeva, kita dapat kursus internet marketing pada bidang atau keahlian yang lebih spesifik.

Nah, berikut ini adalah beberapa keuntungan jika kita mengikuti kursus internet marketing di Codeva.

1. Mendapat Pembelajaran dari Instruktur Senior

Ketika kita mengikuti kursus digital marketing di Codeva, maka kita akan diajari oleh seseorang yang telah menjadi profesional. Profesional yang dimaksud bukan hanya profesional dalam bidang ajar-mengajar kursus, melainkan profesional di dunia industri. Dengan begitu, kita akan semakin akrab dengan jobdesk digital marketing dalam lingkup perusahaan.

2. Menerapkan Kelas Kecil

Umumnya, pelatihan digital marketing akan menggunakan metode kelas besar karena tidak membutuhkan konsentrasi yang tinggi. Namun, di Codeva tetap menggunakan kelas kecil yang tidak lebih dari 15 siswa dalam satu kelas. Hal ini karena target belajar yang digunakan adalah secapat-cepatnya.

3. Pengenalan Jaringan Kerja

Sebutlah belajar internet marketing di Codeva sebagai digital marketing training karena siswa nantinya akan dikenalkan pada penerima kerja, serta sebaliknya. Oleh sebab itu, statistik belajar di Codeva yang baik juga akan membuka peluang yang baik pula di dunia kerja.

Codeva juga akan menemukan siswa yang siap menjadi seoang profesional dan jaringan di sebuah acara tertentu. Intinya, ada wadah yang disediakan Codeva untuk siswa dapat mengembangkan dan menikmati hasil belajarnya.

4. Belajar Berbasis Project

Siswa yang kursus internet marketing di Codeva akan menjalankan sebuah project, bukan hanya seperti kursus biasa. Hal tersebut akan berguna ketika siswa yang mengikuti kursus digital marketing di Codeva akan melamar kerja. Hasil kursus di Codeva dapat digunakan sebagai portofolio.

Kontak dan Alamat Codeva

Jika tertarik kursus digital marketing di Codeva, kamu bisa membuka codeva.co.id untuk mendapatkan informasi lebih lanjut. Selain itu, bisa juga datang ke main office Codeva di Mega Kuningan atau di beberapa cabangnya berikut.

Mega Kuningan – Bellagio Mall Lt UG, Mega Kuningan Barat Kav. E4, Jakarta Selatan.
Consultant Number: ‎081197202000
Customer Service Number: (021) 30020942

Kelapa Gading – Jl. Boulevard Timur Blok NC1 No. 32, Kelapa Gading (Seberang Al-Azhar School).
Consultant Number: ‎081197202000
Customer Service Number: (021) 30020942

Serpong – Next to Summarecon Mall Serpong Jl Kelapa Gading Selatan Blok AH 10, Serpong, Tangerang.
Consultant Number: ‎081197202000
Customer Service Number: (021) 30020942

Central Park Tanjung Duren – Podomoro City, Central Park, Garden Shopping Arcade, Jakarta Barat.
Consultant Number: ‎081197202000
Customer Service Number: (021) 30020942

Bandung – Jl. Pajajaran, Bandung, Jawa Barat.
Consultant Number: ‎081197202000
Customer Service Number: (021) 30020942

Surabaya – Plaza Graha Famili Block D (Samping SMA Kristen Petra 1) JL. Mayjen Yono Suwoyo, Surabaya.
Consultant Number: ‎0811 9720 2000

Itulah tadi uraian mengenai kursus digital marketing dan tempat belajar marketing online terbaik di Indonesia. Ketika belajar internet marketing, tentukan chanel digital marketing yang ingin dipelajari dan tujuan pekerjaan yang ditargetkan.

(Visited 8 times, 1 visits today)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *