kursus data science

Tempat Kursus Data Science Terbaik Yang Perlu Kamu Coba

Posted on

Kursus Data Science – Salah satu kemampuan yang mulai dipelajari oleh banyak orang adalah kemampuan data science. Hal itu terkait banyaknya lowongan pekerjaan untuk menjadi data scientist. Oleh sebab itu, banyak orang kini mencari tempat kursus Data Science. Namun, apa itu sebenarnya Data Science?

Pengertian Data Science

Data Science adalah bidang antar-disiplin yang menggunakan metode, proses, algoritma dan sistem ilmiah untuk mengekstraksi informasi dari beberapa data, baik data struktural atau pun tidak terstruktur.

Meskipun pada dunia industri tugas seorang Data Scienctist dan Data Analyst kerap sama, namun sebenarnya keduanya berbeda. Data Scientist akan memproses data untuk menemukan sebuah solusi, sementara Data Analyst menerjemahkanan data angka supaya mudah dimengerti.

Baca Juga  Kursus Digital Marketing Serpong

Tugas Data Scientist

Seseorang yang mengerjakan Data Science, atau Data Scienctist, bertugas untuk melakukan proses analisis data menggunakan berbagai cara dan algoritme. Hal itu dilakukan untuk menemukan solusi dari suatu masalah yang rumit tanpa ada rumus pemecahan sebelumnya.

Pada penguraian masalah, Data Scientist akan mengombinasikan beberapa pasang data dan mengungkap suatu pola pada masalah tersebut. Misalnya adalah pada kebiasaan dan preferensi seorang konsumen.

Suatu pola yang ditemukan nantinya akan digunakan sebagai acuan dalam memprediksi pergerakan bisnis suatu produk. Misalnya Lazada atau Tokopedia, mereka menggunakan data penggunanya untuk menentukan produk apa yang akan disarankan pada pembukaan aplikasi atau web selanjutnya.

Untuk dapat menjalankan rekomendasi produk tersebut tentu dibutuhkan keahlian khusus. Tidak heran jika kursus data science adalah hal yang kini banyak dicari. Seorang data science harus memiliki pengetahuan statistika, pemrograman, dan pengetahuan bisnis yang baik.

Statistik dianggap inti dari Data Scientist, bahkan beberapa ahli menyebut bahwa data science adalah nama lain dari statistik. Disamping itu, kemampuan pemrograman juga dibutuhkan supaya dapat mengubah kumpulan data berbentuk bahasa pemrograman menjadi lebih mudah dibaca atau dipahami oleh orang awam.

Seorang Data Science juga memerlukan pengetahuan bisnis yang baik supaya dapat memenuhi tujuan perusahaan. Hal ini karena secara umum, seorang data science akan menghasilkan data berupa sistem rekomendasi untuk para calon konsumen.

kursus data science

Pekerjaan Terkait Data Science

Ketika kita memiliki kemampuan Data Sciene secara formal, baik pendidikan tinggi atau mengikuti kursus Data Science Indonesia, kita bisa mendapat peluang beberapa pekerjaan. Selain menjadi seorang Data Scientist, pekerjaan lain yang dapat diambil adalah

1. Machine Learning Scientist, yaitu pembelajaran mesin meneliti metode baru analisis data dan membuat algoritma tertentu.
2. Analis Data, yaitu kemampuan menggunakan set data besar untuk mengumpulkan informasi yang memenuhi kebutuhan perusahaan yang menaungi.
3. Konsultan Data, yaitu posisi yang berkemampuan untuk menentukan penggunaan terbaik sebuah informasi yang dihasilkan dari analisis data.
4. Arsitek Data, yaitu posisi yang berkemampuan untuk membangun solusi data yang dioptimalkan untuk kinerja dan desain aplikasi.
5. Arsitek Aplikasi, yaitu posisi yang melacak bagaimana aplikasi digunakan di seluruh bisnis dan bagaimana hal itu berinteraksi dengan pengguna dan aplikasi lain.

Hal yang Dipelajari di Kursus Data Science

Ketika kita mengikuti kursus Data Science, maka materi pembelajaran akan disiapkan oleh masing-masing lembaga kursus. Namun, secara umum tempat kursus Data Science Indonesia akan mengajarkan beberapa materi berikut.

1. Analitik Data Bisnis menggunakan Excel

Materi kursus Data Science ini sangat berguna bagi seseorang yang tidak memiliki latar belakang IT. Umumnya siswa akan diajari mengenai analytic thinking dan problem-solving attitude. Selain itu, pembelajaran juga akan menyasar pada descriptive analytic, predictive analytic dan prescriptive analytic supaya siswa dapat lebih bijak ketika menganalisis data.

2. Analisis dan Visualisasi Data Menggunakan R

Siswa kursus Data Science akan menganalisa distribusi data menggunaka teknik statistik, menggunakan DataFrame dan mempraktekkan teknik pengilahan data menggunakan Phython packages (Pandas, NumPy, SciPy) atau R Packages (data.table, plyr, stringr, reshape2).

Selain itu, penting jug untuk mendapat pembelajaran mempraktekkan visualisasi data menggunakan Python packages (matplotlib, plotly) atau R packages (ggplot2, Shiny).

Baca Juga  Cara Memilih Tempat Kursus Bahasa Inggris di Jakarta

3. Manajemen Big Data (Hadoop)

Tempat kursus Data Science Jakarta umumnya akan memberi pelajaran mengenai pentingnya teknologi big data dan aplikasinya di industri yang berbeda-beda.

Selain itu, siswa juga akan belajar memahami big data architecture dan Apache Hadoop Ecosystem (HDFS, MapReduce, YARN, HBase, Mahout, Hive, Pig), menginstall single-node cluster menggunakan Cloudera distribution, mempraktekkan penyimpanan dan pemrosesan data menggunakan HDFS dan MapReduce, serta menggunakan bahasa NoSQL, SQL, dan PostgreSQL

4. Analisis dan Visualisasi Data Menggunakan Python

Materi selanjutnya yang umumnya akan didapat dari tempat kursus Data Science adalah analisis distribusi data menggunakan teknik statistik, menggunakan DataFrame, dan mempraktikkan teknik-teknik pengolahan data.

Teknik pengolahan data tersebut dapat menggunakan Python packages (Pandas, NumPy, SciPy) atau R packages (data.table, plyr, stringr, reshape2). Selanjutnya, mempraktekkan visualisasi data menggunakan Python packages (matplotlib, plotly) atau R packages (ggplot2, Shiny).

5. Machine Learning dengan Python

Tempat kursus Data Science terbaik akan memberi materi belajar mengenai Artificial Intelligence, Machine Learning, dan Deep Learning.

Selain itu, penting juga belajar membangun hipotesis dan melakukan eksperimen modeling, mempraktekkan jenis-jenis Machine Learning Algorithms (regression, classification, dan association) serta mendesain Machine-Learning Algorithm untuk mengimplementasikannya.

Kursus Data Science di Codeva

kursus data science

Selain akan mempelajari materi-materi mengenai Data Science secara lengkap, ada beberapa kelebihan yang akan didapatkan ketika mengikuti kursus Data Science di Codeva. Nah, berikut adalah beberapa kelebihan mengikuti kursus Data Science terbaik ini.

1. Dibimbing oleh Instruktur Profesional

Ketika kita mengikuti kursus Data Science Indonesia Codeva, maka kita akan didampingi oleh seseorang yang merupakan profesional. Pembimbing profesional Codeva yang dimaksud bukan hanya profesional dalam bidang mengajar kursus, melainkan profesional di industri kerja. Oleh sebab itu, siswa di Codeva akan lebih siap untuk lingkungan perusahaan.

2. Menerapkan Kelas Kecil

Kelas kursus Data Science Jakarta kebanyakan menggunakan metode kelas besar karena dianggap tidak membutuhkan interaksi penuh antara siswa dengan instruktur. Namun, tempat kursus Data Science Codeva menggunakan pembelajaran tidak lebih dari 15 siswa di setiap kelasnya.

3. Menghubungkan Siswa kepada Jaringan Kerja

Setiap siswa yang kursus Data Science di Jakarta atau di Codeva ini akan dikenalkan pada jaringan penerima kerja, atau juga sebaliknya. Dengan arti lain, semakin baik statistik belajar seorang siswa di Codeva akan juga akan membuat peluang kerja menjadi yang lebih besar terbuka.

Dalam agendanya, Codeva selalu mempertemukan siswa “yang mampu” dengan jaringan penerima kerja dalam acara yang khusus digelar. Dengan begitu, ada wadah yang disediakan oleh Codeva supaya siswa dapat mengembangkan dan menikmati hasil kursus Data Science terbaik ini.

4. Belajar Sambil Mengerjakan Project

Siswa yang kursus Data Science di Codeva akan belajar materi dan praktik. Praktik dilakukan bersama mengerjakan sebuah project-nya pribadi. Hal tersebut tentu menguntungkan siswa karena hasilnya berguna sebagai potofolio ketika siswa kursus Data Science Indonesia ini akan melamar kerja.

Alamat Utama Codeva dan Cabangnya

Untuk mengikuti kursus data science di Codeva, kamu dapat membuka codeva.co.id untuk mencari informasi lebih lanjut. Selain itu, bisa juga datang ke kantornya di beberapa kota besar di Indonesia, yaitu di alamat-alamat berikut.

Jakarta Selatan – Bellagio Mall Lantai UG, Mega Kuningan Barat Kav. E4, Mega Kuningan.
Customer Service/Consultant: (021) 300 20942/ ‎081197 202 000

Jakarta Utara – Jalan Boulevard Timur Blok NC1 Nomor 32 (Seberang Al-Azhar School), Kelapa Gading.
Customer Service/Consultant: (021) 300 20942/ ‎081197 202 000

Tangerang – (Next to Summarecon Mall Serpong) Jalan Kelapa Gading Selatan Blok AH 10, Serpong.
Customer Service/Consultant: (021) 300 20942/ ‎081197 202 000

Jakarta Barat – Podomoro City Central Park, Garden Shopping Arcade, Central Park Tanjung Duren.
Customer Service/Consultant: (021) 300 20942/ ‎081197 202 000

Jawa Barat – Jalan Pajajaran, Bandung.
Customer Service/Consultant: (021) 300 20942/ ‎081197 202 000

Jawa Timur – Plaza Graha Famili Block D, Jalan Mayjen Yono Suwoyo (Samping SMA Kristen Petra 1), Surabaya.
Customer Service/Consultant: ‎081197 202 000

Itulah tadi uraian mengenai pengertian Data Sciene dan kursus Data Science terbaik. Karena jenis pekerjaan yang berhubungan dengan Data Sciene sedang banyak dicari, maka pastikan untuk memilih tempat kursus data science di Jakarta terbaik atau bahkan tempat kursus data science Indonesia yang menjalankan pembelajaran secara cepat.

(Visited 23 times, 1 visits today)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *