kursus bootcamp coding

Pengertian dan Manfaat Kursus Bootcamp Coding

Posted on

kursus bootcamp coding – Untuk belajar pemrograman, banyak orang kini memilih mengikuti kursus Bootcamp Coding. Namun, sebenarnya kursus dan Coding Bootcamp memiliki sedikit perbedaan. Jadi, apa itu kursus Bootcamp Coding?

Pengertian Coding Bootcamp

Coding Bootcamp atau Bootcamp Coding adalah sebuah program pelatihan ilmu informatika, yang berisikan materi relevan untuk kebutuhan dunia industri. Oleh sebab itu, fungsi utama dari Bootcamp Coding adalah membuka peluang karir yang lebih besar di bidang informatika.

Baca Juga  Kursus Digital Marketing Pilihan Rekan Belajar Terbaik

Apa yang Dipelajari di Coding Bootcamp

Seperti namanya, siswa akan belajar coding. Namun, dilihat dari jenisnya, banyak program yang ditawarkan oleh kursus Bootcamp Coding, di antaranya adalah seperti pemograman software, website, Android, atau IoS.

Oleh sebab itu, materi belajar akan sesuai dengan program yang diambil. Misalnya, yang paling populer adalah Coding untuk Web Developer. Maka, materi-materi yang akan dipelajari adalah seperti:

1. Frontend Web Developer

Jika ingin menjadi seseorang yang mendesain dan membangun antarmuka web, maka yang akan dipelajari adalah Hypertext Markup Language (HTML), Cascading Style Sheets (CSS), JavaScript, dan lainnya.

2. Backend Web Developer

Jika ingin menjadi seseorang yang membuat program atau “sesuatu” yang ada di dalam web, maka yang dipelajari adalah PHP, Python, Node.js, Structured Query Language (SQL) dan lainnya. Bagian ini adalah bagian yang tidak terlihat pada tampilan, tetapi bekerja apabila user memberi inisiasi.

3. Fullstack Web Developer

Jika ingin memiliki keahlian untuk mengerjakan apa yang frontend dan backend web developer dapat lakukan, maka yang dipelajari tentu apa yang dipelajari Frontend web developer dan Backend web developer.

kursus bootcamp coding

Ketika mengikuti kursus Bootcamp Codin, kita juga akan belajar beberapa bahasa pemrograman atau pun bahasa kode, seperti di antaranya adalah:

1. Bahasa pemrograman C, yaitu untuk memprogram sistem dan jaringan komputer. Selain itu, bahasa C juga sering digunakan untuk mengembangkan software aplikasi.

2. Bahasa pemograman JAVA, yaitu bahasa pemrograman yang dapat dijalankan di berbagai jenis komputer, termasuk telepon genggam atau smartphone.

3. Bahasa pemograman PYTHON, yaitu bahasa pemrograman dinamis yang mendukung pemrograman berorientasi obyek dan dapat berjalan di berbagai platform sistem operasi.

4. Bahasa pemograman RUBY, yaitu bahasa skripting yang berorientasi obyek dan bertujuan menggabungkan kelebihan semua bahasa pemrograman scripting yang ada.

5. Bahasa pemograman SQL, yaitu bahasa yang dipergunakan untuk mengakses data dalam basis data yang relasional.

6. Bahasa pemograman ColdFusion, yaitu server aplikasi dan framework pengembangan perangkat lunak untuk pengembangkan perangkat lunak komputer, terutama situs web dinamis.

7. Bahasa pemograman PHP, yaitu bahasa pemrograman script paling populer untuk mengolah data form dari web. Menggunakan PHP berarti mengharuskan kita untuk menggunakan database yang umumnya adalah SQL.

8. Bahasa pemograman HTML, yaitu bahasa markup yang digunakan untuk membuat sebuah halaman web dan menampilkan berbagai informasi melalui browser Internet.

9. Bahasa pemograman COBOL, yaitu bahasa pemrograman untuk menyelesaikan masalah-masalah seperti sistem pengelolaan keuangan, laporan pengeluaran sebuah perusahaan, dan masalah perdagangan lain.

10. Bahasa pemograman Microsoft Visual Basic, yaitu bahasa pemrograman untuk membuat program perangkat lunak berbasis Microsoft Windows.

Baca Juga  Tempat Kursus Data Science Terbaik Yang Perlu Kamu Coba

11. Bahasa pemograman Visual C++, yaitu salah satu bagian dari paket Microsoft Visual Studio.

12. Bahasa pemograman DELPHI, yaitu bahasa yang digunakan untuk pengembangan aplikasi desktop danenterprise berbasis database.

13. Bahasa pemograman C++, yaitu pemrograman berorientasi objek untuk menyelesaikan masalah dengan menjelaskan Class-Class.

14 . Bahasa Pemrograman ASP, yaitu bahasa pemograman web untuk membuat halaman web dinamis.

15. Bahasa Pemrograman XML, yaitu bahasa markup untuk mendeskripsikan berbagai macam data.

16. Bahasa Pemrograman WML, yaitu bahasa pemrograman yang digunakan dalam aplikasi wireless sehingga berjalan pada protocol nirkabel.

17. Bahasa Pemrograman PERL, yaitu bahasa pemrograman untuk mesin dengan sistem operasi Unix seperti SunOS, Linux, BSD, HP-UX, atau sistem operasi seperti DOS, Windows, PowerPC, BeOS, VMS, EBCDIC, dan PocketPC.

18. Bahasa Pemrograman CFM, yaitu bahasa yang dibuat menggunakan tag ColdFusion dengan software Adobe ColdFusion atau BlueDragon atau Coldfusion Studio.

19. Bahasa Pemrograman Javascript, yaitu bahasa scripting untuk mengembangkan web. JavaScript berbeda dengan Java.

20. Bahasa Pemrograman CSS, yaitu bahasa stylesheet yang digunakan untuk mengatur tampilan suatu web yang ditulis dalam bahasa markup.

Cara Pembelajaran di Kursus Bootcamp Coding

kursus bootcamp coding

Teknis pembelajaran di Bootcamp Indonesia umumnya menggunakan cara praktek langsung dengan bantuan instruktur berpengalaman. Kelas Bootcamp biasanya hanya terdiri dari 15–20 orang sehingga transfer ilmu menjadi lebih efektif.

Kurikulum yang digunakan oleh Bootcamp Indonesia dirancang oleh pengajar yang lazimnya juga seorang profesional yang berpengalaman. Oleh sebab itu, siswa yang mengikuti Bootcamp dapat benar-benar siap masuk dunia kerja setelah lulus.

Waktu yang digunakan untuk mengikuti Bootcamp terbilang singkat, yaitu 12 sampai 24 minggu. Meskipun begitu, konsentrasi dan kedisiplinan harus dilakukan sebaik-baiknya.

Keuntungan Mengikuti Kursus Bootcamp Coding

Siswa yang mengikuti kursus Bootcamp Coding akan dibekali dengan skill yang dibutuhkan dalam dunia kerja, termasuk cara membuat resume dan cara menjalani interview kerja. Nantinya, akan ada perusahaan partner Bootcamp yang siap merekrut ketika selesai.

Selain itu, ada beberapa keuntungan lain mengikuti Bootcamp Coding. Keuntungan ini bisa dibandingkan dengan keuntungan jika mengambil pendidikan di universitas atau kursus coding biasa.

1. Keuntungan Biaya
Faktanya, besaran biaya untuk mengikuti Bootcamp rata-rata tidak sampai sepertiga dari biaya yang harus dikeluarkan oleh mahasiswa untuk kuliah. Meskipun begitu, pendapatan materi belajarnya tidak akan kalah.

Siswa di Bootcamp tetap akan mendapatkan materi, tetapi lebih banyak praktek. Pengetahuan yang didapatkan dari Bootcamp Jakarta atau Bootcamp Indonesia dapat dipraktekkan langsung.

2. Keuntungan Waktu
Dibandingkan dengan kursus biasa, Bootcamp Coding memiliki cara belajar yang ebih disiplin. Sementara dibandingkan perguruan tinggi, Bootcamp tentu jauh lebih singkat. Bootcamp Indonesia hanya berlangsung selama beberapa minggu saja untuk menghasilkan lulusan yang siap kerja.

3. Keuntungan Kurikulum
Jika perguruan tinggi adalah lebih cocok untuk seseorang yang ingin mendapatkan gelar formal, maka kursus Bootcamp Coding lebih cocok untuk seseorang yang ingin cepat kerja. Pembelajaran yang dilakukan di Bootcamp akan disimulasikan seperti permasalahan di pekerjaan asli.

Praktek atau “learning by doing” di Bootcamp Coding akan membuat penyerapan pengetahuan menjadi lebih efektif dan cepat.

4. Keuntungan Peluang Karir
Seperti pendidikan informal lainnya, kursus Bootcamp Coding memang tidak memberikan gelar pada siswanya, walaupun tetap ada sertifikat kelulusan. Namun, kemampuan yang akan didapatkan dari Bootcamp Coding penting untuk membuka peluang bekerja di korporat atau mendirikan start-up.

Karena banyak keuntungan yang bisa diperoleh dari Coding Bootcamp, banyak orang kemudian mencari tempat kursus Bootcamp Coding terbaik, terutama Bootcamp Jakarta atau Bootcamp Indonesia. Untungnya juga kini sudah ada Codeva.

Baca Juga  Kursus Web Programming Yang Penting Untuk Diikuti

Mengikuti Coding Bootcamp di Codeva

Hampir semua kelas kursus yang disediakan oleh Codeva memiliki gaya seperti bootcamp. Oleh sebab itu, Coding Bootcamp di Codeva terjamin kualitasnya. Beberapa keuntungan jika mengikuti Coding Bootcamp di Codeva adalah sebagai berikut.

1. Instruktur adalah Profesional Industri
Siswa Coding Bootcamp di Codeva akan diajari oleh seorang instruktur profesional. Bukan hanya profesional di bidang pengajaran kursus, tetapi juga di bidang industri yang kita pilih. Misal, kita memilih Coding Bootcamp di bidang sofware, maka kita akan diajari oleh seorang profesional sofware.

Dengan begitu, siswa di Codeva akan sangat akrab dengan lingkungan perusahaan. Hal ini tentu sejalan dengan prinsip-prinsip bootcamp secara umum.

2. Kelas Kelompok Kecil
Meskipun umumnya Coding Bootcamp memasukkan sekitar 20 siswa di setiap kelas, Coding Bootcamp di Codeva hanya memasukkan 15 siswa saja. Hal ini dilakukan supaya transfer ilmu oleh instruktur lebih intens ke setiap siswa.

3. Belajar Sekaligus Mengerjakan Project Pribadi
Ketika kita mengikuti kursus Bootcamp Coding di Codeva, kita akan dipersilahkan untuk mengerjakan project pribadi. Hal itu tentunya diawasi dan diajar oleh instruktur. Keuntungannya adalah hasil project tersebut dapat digunakan sebagai portofolio.

4. Menyediakan Wadah Peluang Kerja
Dalam agenda waktu tertentu, Codeva akan membuat acara khusus yang mempertemukan antara siswanya dengan para penerima kerja. Oleh sebab itu, ketika lulus Coding Bootcamp di Codeva, siswa bisa menjadi seorang profesional langsung.

kursus bootcamp coding

Kontak Hubung Codeva

Untuk mengikuti kursus Bootcamp Coding di Codeva, kamu bisa membuka codeva.co.id untuk mendapatkan informasi lebih lengkap. Selain itu, bisa juga datang ke kantor utama Bootcamp Jakarta Codeva di Mega Kuningan, atau di alamat-alamat cabang berikut.

1. Mega Kuningan – Bellagio Mall Lt UG, Mega Kuningan Barat Kav. E4, Jakarta Selatan.
Consultant/Customer Service Number: ‎081197202000/ (021) 30020942

2. Kelapa Gading – Jalan Boulevard Timur Blok NC1 No. 32, Kelapa Gading (Seberang Al-Azhar School).
Consultant/Customer Service Number: ‎081197202000/ (021) 30020942

3. Serpong – Next to Summarecon Mall Serpong Jalan Kelapa Gading Selatan Blok AH 10, Serpong, Tangerang.
Consultant/Customer Service Number: ‎081197202000/ (021) 30020942

4. Central Park Tanjung Duren – Podomoro City, Central Park, Garden Shopping Arcade, Jakarta Barat.
Consultant/Customer Service Number: ‎081197202000/ (021) 30020942

5. Bandung – Jalan Pajajaran, Bandung, Jawa Barat.
Consultant/Customer Service Number: ‎081197202000/ (021) 30020942

6. Surabaya – Plaza Graha Famili Block D (Samping SMA Kristen Petra 1), Jalan Mayjen Yono Suwoyo, Surabaya, Jawa Timur.
Consultant/Customer Service Number: ‎0811 9720 2000

Itulah tadi uraian mengenai kursus Bootcamp Coding dan tempat Bootcamp Jakarta atau Bootcamp Indonesia terbaik. Pastikan untuk menentukan tujuan terlebih dahulu sebelum mengikuti Bootcamp.

(Visited 5 times, 1 visits today)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *