kursus android

Tempat Terbaik Kursus Android di Indonesia

Posted on

Kursus Android – Pemrograman android adalah pemrograman untuk membuat aplikasi yang bekerja pada sistem operasi android. Karena sistem operasi android kini masih banyak bekerja pada perangkat mobile, maka bisa diartikan bahwa pemrograman android adalah pemrograman yang nantinya digunakan pada perangkat mobile.

Sistem operasi android sendiri merupakan sistem operasi yang terus diperbarui. Hingga tahun 2020, versi terbaru sistem operasi android telah sampai pada versi 10 atau yang diberi nama Android Q. Dengan begitu, pemrograman android juga harus memperhatikan perkembangan android itu sendiri.

Sistem operasi android adalah sistem operasi yang open source, sehingga banyak pihak yang bisa mengembangkan aplikasi di dalamnya. Selain itu, karena android menjadi sistem operasi yang paling populer (karena memiliki harga perangkat terjangkau), minat pengembangannya pun tinggi. Hal inilah yang kemudian membuat banyak orang ingin mempelajari pemrograman android.

Berbeda dengan pemrograman website, masih sangat awamnya masyarakat terhadap pemrograman android membuat banyak orang mengambil kursus android. Hal itu dikarenakan juga banyak materi yang belum bisa didapatkan secara mudah dan lengkap.

Baca Juga  Kursus Digital Marketing Pilihan Rekan Belajar Terbaik

Hal-Hal yang Akan Dipelajari Ketika Kursus Android

Ketika belajar mandiri, umumnya seseorang yang belajar buat aplikasi android akan langsung membedah Android Studio. Namun, ketika kita mengambil kursus android, beberapa hal yang akan dipelajari secara sistematis adalah sebagai berikut.

1. Pemahaman mengenai pemrograman pada Operating System Android.
2. Pemahaman penggunaan Intent dan Activity pada Software Android Studio
3. Pemahaman penggunaan berbagai layout yang sering digunakan pada aplikasi di android.
4. Pemahaman mengenai widget-widget yang ada di dalam software Android Studio.
5. Pemahaman dan penerapan berbagai Material Design di dalam aplikasi android.
6. Melakukan praktek membuat aplikasi android sederhana menggunakan software Android Studio
7. Merawat dan meng-update aplikasi android.

Bahasa Pemrograman yang Digunakan

kursus android

Pada dasarnya sebuah aplikasi android dibangun atas dasar kumpulan kode yang disebut sebagai bahasa pemrograman. Ketika belajar pemrograman android, kita harus memahami berbagai bahasa pemrograman khusus android. Nah, berikut ini adalah beberapa bahasa pemrograman yang biasa digunakan dalam pembuatan aplikasi android.

1. TypeScript

Bahasa pemrograman TypeScript adalah bahasa pemrograman yang dikembangkan oleh Microsoft. Bahasa ini dimaksudkan untuk melengkapi beberapa kekurangan yang ada pada bahasa pemrograman JavaScript. Keunggulan bahasa pemrograman ini adalah dapat membuat sebuah aplikasi android yang kompleks dan besar dengan lebih mudah.

Bahasa pemrograman TypeScript dapat digunakan untuk membuat aplikasi berbasis sistem operasi android dan juga sistem operasi Ios. Selain itu, bisa juga digunakan untuk membuat aplikasi web atau pemrograman web.

2. Java

Berdasarkan data Tiobex Index, Java sempat menjadi bahasa pemrograman paling banyak digunakan walaupun kemudian disusul oleh Phyton dan JavaScript. Meskipun begitu, Java tetap menjadi bahasa pemrograman yang paling banyak diketahui. Ada jutaan aplikasi berbasis android yang menggunakan bahasa Java, bahkan yang terhitung baru dibuat.

Beberapa software yang digunakan untuk membuat aplikasi android berbahasa pemrograman Java adalah yang termasuk paling banyak digunakan, seperti Android Studio dan Eclipse. Eclipse adalah bahasa yang pernah didukung penuh oleh Google, sebelum akhirnya Google lebih mengunggulkan Android Studio.

3. C++

Bahasa pemrograman C++ adalah salah satu bahasa yang paling lama digunakan, setelah Java. Seseorang yang belajar pemrograman android lazimnya akan mengenal bahasa ini. Ada banyak sekali developer yang menggunakan bahasa pemrograman ini. Software yang bisa digunakan untuk membangun bahasa C++ ini adalah IDE Android Studio.

4. Kotlin

Bahasa pemrograman Kotlin menjadi bahasa dengan tingkat kepercayaan tinggi karena dikembangkan oleh perusahaan yang mengembangkan IDE, seperti Android Studio, PhpStrome, dan lainnya. Bahasa ini dibuat untuk memperbaiki beberapa kekurangan bahasa Java. Bahasa ini banyak dipilih karena bisa lebih simple ketimbang Java.

Dalam pembuatan aplikasi android, bahasa Kotlin dapat dijalankan bersama bahasa pemrograman Java. Bahkan, kita dapat memanfaatkan library milik Java. Namun, umumnya seseorang yang belajar buat aplikasi android akan bisa menggunakan bahasa Kotlin ini apabila sudah memahami Java di tingkat menengah.

Dalam pembuatan aplikasi android menggunakan bahasa pemrograman Kotlin, software yang dimanfaatkan adalah seperti Android Studio, Eclipse, dan Intellij IDEA.

5. Dart

Selain Kotlin, Dart juga menjadi bahasa pemrograman yang paling bisa dipercaya. Pasalnya, bahasa pemrograman ini dikembangkan oleh Google. Walaupun begitu, Dart bukan satu-satunya bahasa pemrograman yang dikembangkan oleh Google, masih ada Golang dan yang lainnya.

Keunggulan Dart adalah dapat digunakan untuk belajar buat aplikasi android di berbagai platform, seperti server, website, mobile, dan Internet of Things (IoT). Untuk menggunakan bahasa yang dirilis secara open source ini, kita akan membutuhkan software Tools Flutter.

kursus android

6. C Sharp

Banyak tempat kursus android Jakarta yang mengajarkan bahasa pemrograman ini pada siswanya. Hal itu karena pada umumnya apabila seseorang sudah menguasai bahasa pemrograman C# ini, maka bisa lebih mudah belajar pemrograman android. Bahasa pemrograman ini juga dapat digunakan di Windows dan MAC.

Untuk seseorang yang menggunakan sistem operasi Windows, akan menggunakan Xamarin Microsoft Visual Studio untuk mengerjakan bahasa C#. Sementara pemrograman di Mac akan menggunakan Xamarin Studio.

7. JavaScript

Bahasa pemrograman ini sebenarnya lebih banyak digunakan untuk pemrograman web, bahkan menjadi yang paling populer saat ini. Namun, dengan menggunakan framework berbasis android, maka bahasa JavaScript dapat digunakan untuk pembuatan aplikasi android.

Beberapa framework yang biasa digunakan untuk Javascript Android adalah seperti PhoneGap, React Native, dan Ionic. Untuk menjalankan beberapa framework tersebut, kita harus juga memiliki CSS, HTML5, dan JavaScript Modern.

Kursus Membuat Aplikasi Android

Banyaknya materi yang harus dipelajari dalam pembuatan aplikasi android menjadikan pilihan untuk mengambil kelas kursus android adalah langkah yang memang tidak keliru. Untunglah kini sudah ada kursus android studio Jakarta dan training android Jakarta, yaitu di Codeva.

Codeva adalah salah satu lembaga kursus siap kerja yang ada di kota-kota besar di Indonesia. Codeva membuka berbagai kelas bimbingan, terutama yang menyangkut dunia teknologi, seperti Motion Graphics, Digital Marketing, Full Stack Development, dan termasuk kursus android.

Codeva memiliki cabang di beberapa titik di Jakarta, seperti di Kelapa Gading dan Central Park Tanjung Duren. Kantor utama Codeva di Jakarta adalah di Mega Kuningan Barat, yaitu di Bellagio Mall Lantai UG Suite 26-27.

Di luar Jakarta, Codeva ada di Bandung dan Tangerang. Sementara itu, cabang terbarunya ada di Surabaya, yaitu di Plaza Graha Famili Block D, Jalan Mayjen Yono Suwoyo atau di sebelah SMA Kristen Petra 1.

Jika tertarik untuk mengambil kursus android studio Jakarta dan training android Jakarta di Codeva, tetapi tidak bisa hadir di kantor-kantornya, kamu bisa mengunjungi website resmi Codeva di Codeva.co.id atau menghubungi 0811 9720 2000 untuk konsultasi.

(Visited 7 times, 1 visits today)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *