Alasan Kuliah di New Zealand

Posted on

Kuliah di New Zealand – Kuliah ke luar negeri menjadi tren yang kini semakin banyak diminati oleh mahasiswa Indonesia. Selain karena kualitas pendidikan di luar negeri lebih baik, pengalaman selama kuliah di luar negeri juga sangat penting.

Salah satu tujuan yang kini populer bagi mahasiswa Indonesia adalah New Zealand atau Selandia Baru. Nah, bagi kamu yang masih ragu menentukan kampus, berikut ini adalah beberapa alasan kenapa menarik untuk kuliah di New Zealand.

1. Mahasiswa Indonesia Diprioritaskan

Dapat dibilang bahwa keinginan kuliah di New Zealand adalah hal baru bagi siswa Indonesia. Jumlah mahasiswa yang menuju ke sana juga belum sebanyak komunitas mahasiswa di negara lain. Akan tetapi, presentasenya terus berkembang dari tahun ke tahun.

Hingga kini ada sekitar seribu mahasiswa yang kuliah di New Zealand, termasuk Rara Sekar personil Banda Neira. Meskipun begitu, New Zealand memasukkan mahasiswa asal Indonesia sebagai 20 besar prioritas.

2. Memiliki Kampus Berkualitas

Di seluruh Selandia Baru sendiri terdapat 8 universitas dan 18 institut teknologi serta politeknik. Semua kampus di New Zealand bertaraf Internasional dan termasuk ke dalam Top 500 universitas terbaik di dunia menurut QS Ranking.

Delapan universitas yang ada di Selandia Baru dengan urutan terbaiknya adalah sebagai berikut.

1. University of Auckland, menempati posisi terbaik dunia ke 81.
2. University of Canterbury, menempati posisi terbaik dunia ke 214.
3. University of Otago, menempati posisi terbaik dunia ke 169.
4. Massey University, menempati posisi terbaik dunia ke 340.
5. Lincoln University, menempati posisi terbaik dunia ke 343.
6. University of Waikato, menempati posisi terbaik dunia ke 324.
7. Victoria University of Wellington, menempati posisi terbaik dunia ke 228.
8. Auckland University of Technology, menempati posisi terbaik dunia ke 441-450.

3. Lingkungan yang Ramah

Bukan rahasia lagi bahwa Selandia Baru memiliki alam yang indah, sehingga bisa menjadi daya tarik tersendiri bagi mahasiswa yang memang ingin “keluar rumah”. Selain itu, penduduk negara ini juga dikenal sangat bersahabat kepada para pendatang.

Selandia Baru adalah negara yang dikenal sangat aman dan hampir tidak ada kriminalitas. Hal ini yang membuat warga dari luar negara pun terjamin kenyamanannya.

4. Pendidikan Praktikal

Gaya belajar yang diterapkan di kampus-kampus Selandia Baru termasuk sangat praktikal. Teori yang didapat oleh mahasiswa bisa langsung dipraktikkan secara langsung. Hal itu ditunjang dengan status Selaindia Baru yang dikenal memiliki kapabilitas dalam bidang pertanian, makanan, health, teknologi informasi, serta pariwisata.

5. Banyak Pekerjaan untuk Mahasiswa

Tidak jarang terjadi alasan yang membuat banyak mahasiswa internasional datang adalah tersedianya kesempatan untuk kuliah sambil bekerja. Meskipun hanya dihuni oleh sekitar 4,7 juta jiwa, tetapi banyak pekerjaan di Selandia Baru.

Pemerintah Selandia Baru memang memiliki kebijakan yang menyebutkan bahwa para mahasiswa diperbolehkan bekerja sampai 20 jam per minggu semasa belajar dan selama 40 jam per minggu selama liburan.

Ketika kuliah di New Zealand, para mahasiswa bisa dengan mudah mendapatkan pekerjaan untuk membiayai kebutuhan hidup sehari-hari. Pekerjaan yang tersedia juga beragam, tidak hanya sesederhana seperti menjaga toko, tetapi juga yang lebih profesional sesuai dengan ilmu yang sedang dipelajarinya.

6. Banyak Subsidi Pendidikan

Biaya kuliah di New Zealand sangat bervariasi, bergantung pada jurusan yang diambil. Namun, rata-rata biaya kuliah jenjang bachelor di sana adalah sekitar 25.000 dolar New Zealand per tahun.

Ada banyak tersedia beasiswa ke Selandia Baru. New Zealand Asean Scholarships menawarkan 60 slot setiap tahunnya dan Lembaga Pengelolaan Dana Pendidikan (LDPP) mengalokasikan 2000 beasiswa pascasarjana setiap tahun di empat universitas yakni University of Auckland, University of Canterbury, Victoria University of Wellington, dan University of Otago

Untuk program PhD, pemerintah Selandia Baru juga memberikan subsidi khusus untuk para mahasiswa lokal dan internasional.

Itulah tadi beberapa alasan kenapa kuliah di New Zealand bisa menjadi lebih menguntungkan ketimbang di negara lainnya. Yang perlu kamu pastikan adalah jurusan yang sesuai dengan minat dan bakat.

(Visited 16 times, 1 visits today)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *