kelebihan python

Pelajari Kekurangan dan Kelebihan Python Programming ini

Posted on

Kelebihan python – Hari ini kita hidup di dunia yang semuanya dibantu oleh teknologi. Ada banyak teknologi memukau yang sangat membantu dan mempermudah pekerjaan manusia.

Mulai dari membeli tiket pesawat, memesan makanan, hingga jual beli, semua bisa dilakukan secara virtual. Jadi teknologi tidak hanya digunakan industri saja, tapi sudah menyentuh masyarakat umum.

Nah untuk mendesain teknologi, salah satu yang dibutuhkan adalah bahasa pemrograman. Lewat untaian instruksi atau coding, bahasa pemrograman akan memerintah komputer, hardware, mesin, atau perangkat lainnya untuk melakukan tugas yang kita inginkan.

Nah bahasa pemrograman jumlahnya sangat banyak, mungkin bisa ratusan. Tapi sampai sekarang hanya beberapa yang survive, misalnya JavaScript, Java, Python, PHP, C++.

Diantara bahasa pemrograman tersebut, kita tidak bisa fanatik pada satu bahasa saja atau mengklaim salah satu bahasa sebagai yang terbaik.

Karena setiap bahasa pemrograman dibuat dengan tujuan sendiri-sendiri. Dan semuanya pasti memiliki kekurangan dan kelebihan.

Kelebihan Python

Dari sekian banyak bahasa pemrograman, salah satu yang sedang populer dan perkembangannya sangat cepat adalah Python. Nah kali ini kita akan membahas mengenai kelebihan Python. Kenapa sih harus Python?

kelebihan python

1. Interpreter

Di dunia programmer kita sering mendengar istilah compiler dan interpreter. Compiler mengacu pada suatu program yang menerjemahkan bahasa tingkat tinggi atau source code menjadi bahasa mesin.

Kita perlu melakukan compiler karena mesin komputer hanya mengerti bahasa mesin yang terdiri dari “0” dan “1”. Misalnya “101100110100110”.

Beberapa bahasa pemrograman memerlukan waktu untuk melakukan proses compiler, misalnya bahasa C++, Visual Basic, Pascal, dan Visual Delphi.

Sedangkan interpreter mengacu pada kemampuan untuk menerjemahkan kode program ke bahasa mesin secara langsung.

Dan Python termasuk salah satu bahasa pemrograman bertipe interpreter. Jadi kita tidak perlu proses compiler terlebih dulu. Ini membuat pembuatan program relatif lebih cepat dan langsung bisa diuji.

[irp posts=”2290″ name=”Pengertian dan Keuntungan Kursus Desain Grafis”]

2. Mudah dimengerti

Dibanding bahasa pemrograman lainmya, sintak yang digunakan Python sangat manusiawi atau user friendly. Kamu tidak akan menemui bahasa yang menyeramkan dan sulit dipahami.

Karena keyword di Python memang menggunakan kosakata yang sering kita gunakan. Karena salah satu tujuan Python memang untuk memudahkan tugas programmer. Menulis coding di Python mirip kalau kita menuliskan kalimat bahasa Inggris.

Selain itu, penulisan coding di Python juga lebih singkat. Misalnya saja kamu biasa menulis 4 atau 5 baris di bahasa pemrograman lainnya, di Python cukup satu baris saja. Makanya tidak heran kalau Python lebih mudah digunakan serta lebih cepat mengeksekusi perintah.

3. Dukungan library sangat luas

Library atau pustaka merupakan kumpulan program yang sudah ada pada bahasa pemrograman. Adanya library membuat kita tidak perlu membuat program sendiri, tapi cukup menggunakan program atau fungsi yang telah tersedia.

Nah salah satu keunggulan Python karena tersedia banyak library gratis. Python merupakan bahasa pemrograman berbasis komunitas dan menjadi besar karena banyaknya library yang dibuat oleh komunitasnya.

Untuk mengetahui library apa saja yang ada di Python, mulai sekarang kamu bisa mengeksplorenya. Kamu perlu tahu apa itu library Django, NumPy, TensorFlow, Matplotlib, Pandas, dll.

Kelengkapan library yang dimiliki Python membuat kamu tidak perlu menulis program dari nol. Sehingga bisa menghemat waktu dan lebih efisien.

4. Terintegrasi ke C dan C++

Ada beberapa fungsi yang masih kurang di Python, sehingga harus dibuat di C atau C++. Tapi jangan khawatir, karena Python juga bisa digunakan sebagai alat ekstensi. Sehingga kamu menuliskan program di C atau C++, tapi bisa dipanggil di Python atau sebaliknya.

5. Compatible di banyak OS

Python secara default memang terpasang di Linux. Dan karena open source, kamu bisa mendowload Python dengan gratis.

Tapi Python juga termasuk bahasa pemrograman multi-platform. Sehingga kita bisa menjalankan di platform lainnya seperti Windows, UNIX, dan Mac OS X. Dan kamu tidak perlu merubah code program untuk running di OS yang berbeda.

6. Prospek ke depan cerah

Salah satu yang harus dipertimbangkan dalam belajar bahasa pemrograman adalah prospek di masa depan. Pikirkan seberapa lama bertahan. Jangan sampai kamu belajar sesuatu yang cepat hilang.

Contohnya saja Delphi atau Pascal yang sangat populer di tahun 90-an, tapi sekarang hampir ditinggal semua orang. Sangat jarang programmer yang menggunakannya.

Nah kalau melihat Python yang librarynya banyak digunakan di sistem operasi Linux, sepertinya hampir mustahil Python akan punah.

7. Object oriented

Konsep object oriented programming mengacu pada pemrograman yang berorientasi pada objek. Setiap permasalahan pemrograman bisa dilihat sebagai objek yang terdiri dari gabungan objek yang lebih kecil lagi.

Nah ternyata bahasa Python juga support untuk object oriented programming. Bagi programmer yang terbiasa dengan mindset object oriented (apa-apa dijadikan objek), mereka bisa pindah ke Python dengan sangat mudah.

[irp posts=”1358″ name=”Kursus Web Master Serpong”]

8. Support untuk big data

Untuk tujuan big data, Python termasuk kelompok bahasa pemrograman terbaik. Karena memang ada banyak library Python yang sangat membantu dalam data science.

Bahkan Python sudah mengalahkan bahasa R sebagai bahasa terpopuler di dunia big data. Alasan utamanya, karena Python memiliki keunggulan dalam hal logika otomasi.

9. Karir masa depan

Nah kalau kalian sangat ahli dalam bahasa Python, jangan khawatir dengan pekerjaan. Karena ada banyak banget pekerjaan yang membutuhkan.

Seperti Data Scientist, Backend Developer, Python Engineer, dan masih banyak lagi. Jadi skill Python yang dimiliki akan membantumu mendapat pekerjaan yang sangat bagus sekaligus mempercepat pengembangan karir.

Atau kalau kamu ingin kerja remote, ada banyak kesempatan yang tersedia untuk programmer yang menguasai Python.

Kekurangan Python

kelebihan python

Rasanya tidak adil kalau hanya mengulas kelebihan Python. Nah agar fair, kita juga perlu membahas kekurangannya.

1. Eksekusi program bisa lebih lambat

Sebagai bahasa interpreter, kita memang bisa membuat program dengan lebih cepat. Tapi di sisi lain juga menjadi kelemahan. Karena eksekusi Python bisa lebih lambat dibanding bahasa lainnya. Terutama untuk program berukuran besar.

2. Lemah di komputasi mobile

Python memang bisa bekerja di sistem operasi mobile, seperti Android, Palm, atau Symbian OS. Tapi sampai saat ini Python termasuk buruk untuk dijalankan di smartphone, aplikasi mobile, atau dalam pengembangan game. Mungkin saja ada library untuk komputasi mobile, tapi implementasinya sangat susah.

3. Database Access

Bagi pengembang aplikasi, database memiliki kedudukan sangat penting. Dan Python sebenarnya memiliki library untuk web base luar biasa seperti Django dan Flash.

Sayangnya library database access di Python masih sangat kuno. Apalagi kalau dibanding JDBC dan ODBC yang sering digunakan di bahasa Java.

Itu tadi beberapa kelebihan Python dan kekurangannya. Seperti sudah dikatakan sebelumnya bahwa tidak ada bahasa pemrograman yang bisa melakukan semuanya dengan sempurna.

Akan lebih baik kalau kamu menguasai berbagai bahasa pemrograman. Karena tiap bahasa akan saling melengkapi. Nah sekian dulu dan terima kasih.