Kedutaan Perancis Ikut Mendukung Hubungan Indonesia-Perancis

Posted on

Kedutaan Perancis – Sebagaimana negara lain, Perancis memiliki kantor kedutaan besar di seluruh dunia. Kedutaan besar ini menjadi perwakilan diplomatik pemerintah Perancis di negara tersebut. Kantor kedutaan Perancis memiliki tugas utama untuk menjaga dan melindungi hubungan antara Perancis dan negara tuan rumah. Mereka memberikan pelayanan pada semua urusan yang berhubungan dengan kedua negara tersebut.

Adapun dengan Indonesia, hubungan kedua negara sebenarnya sudah ada sejak Indonesia masih bernama Hindia Belanda. Setelah merdeka, hubungan antara Indonesia dan Perancis baru terjalin lagi pada 1950 yang ditandai dengan membuka kedutaan Perancis di Indonesia. Duta Besar Perancis untuk Indonesia saat ini dijabat oleh Jean-Charles Berthonnet, seorang Diplomat senior dengan gelar Doctor bidang kebijakan Ekonomi.

Perancis membuka 7 kantor perwakilan di Indonesia. Satu kantor kedutaan besar ada di Jakarta serta 6 kantor konsulat yang ada di Surabaya, Bandung, Balikpapan, Yogyakarta, Denpasar, dan Medan. Sedangkan Indonesia membuka 2 kantor perwakilan di Perancis, yaitu kantor kedutaan besar di Paris dan kantor konsulat di Marseille.

Kerjasama antara Indonesia dan Perancis terjadi dalam berbagai bidang, tapi difokuskan pada 7 hal, yaitu bidang ekonomi kreatif, pendidikan, maritim, pembangunan kota berkelanjutan (sustainable cities development), energi, pertahanan, serta infrastruktur.

Dalam bidang pendidikan, kerjasama terwujud dengan banyaknya mahasiswa Indonesia yang kuliah di Perancis, terutama program S2 dan S3. Saat ini, ada 425 pelajar Indonesia yang melanjutkan studi di Perancis. Perancis memang pantas menjadi salah satu negara tujuan studi karena memiliki standar kualitas pendidikan sangat tinggi. Bahkan beberapa Universitas di Perancis masuk dalam 100 besar peringkat Universitas dunia.

Kerjasama pendidikan juga diwujudkan dengan adanya kerjasama antara Universitas dari Indonesia dengan Universitas Perancis. Selain kerjasama dalam pendidikan tinggi, ada juga kerjasama antar sekolah kejuruan (vocational secondary education) yang diwujudkan dengan program magang di Perancis bagi beberapa guru sekolah kejuruan.

Kerjasama yang saling menguntungkan juga terjadi di bidang Pariwisata. Kedua negara memang dikenal sebagai destinasi wisata dunia. Perancis merupakan tujuan wisata nomor satu dunia. Sekitar 90 orang asing berkunjung ke Perancis untuk menikmati berbagai objek wisata yang ada di sana. Indonesia masih menjadi negara Asia Tenggara terbanyak yang berkunjung ke Perancis. Pada tahun 2017 saja, ada sekitar 150 ribu wisatawan Indonesia yang datang ke Perancis.

Perancis menjadi juga menjadi pangsa pasar wisata yang sangat besar. Tiap tahun terdapat 274 ribu orang Perancis yang datang ke Indonesia, walau tujuan utama masih Bali. Orang Perancis memang merasa Enjoy dan terkesan dengan suasana Indonesia, bahkan ada sekitar 4200 orang yang mukim di Indonesia. Nah, kedutaan Perancis memiliki kepentingan melindungi warga Perancis yang ada di Indonesia.

Perancis memang negara yang menarik. Mereka memiliki sejarah yang panjang dalam peradaban dunia dan ilmu pengetahuan. Kerjasama antara Indonesia dan Perancis diperkirakan akan terus meningkat. Peluang untuk ikut mengambil kesempatan terbuka kalau kita memiliki kemampuan bahasa Perancis. Nah, siapkan dirimu dari sekarang dengan mempelajari bahasa Perancis.