Keadaan Alam Jerman Yang Mempengaruhi Sumber Daya Alam

Posted on

Keadaan Alam Jerman – Jerman adalah rumah bagi salah satu ekonomi terbesar di dunia. Negara ini memiliki kekayaan sumber daya alam yang berkisar dari deposit batu bara hingga gas alam. Keadaan alam Jerman sanga berpengaruh terhadap Sumber daya alam yang berkontribusi signifikan terhadap ekonomi nasional baik melalui pembangkitan energi atau menyediakan bahan untuk ekspor.

Revolusi industri di Jerman menandai dimulainya eksploitasi sumber daya alam secara intensif berkat pengembangan permesinan. Dan pastinya keadaan alam Jerman juga mempengaruhi. Berikut ini akan kami jelaskan sumber daya alam apa saja yang ada di Jerman sesuai keadaan alam Jerman :

1. Batu bara

Jerman memiliki beberapa cadangan batubara terbesar di dunia, dan memimpin dunia dalam produksi lignit. Cadangan batubara Jerman diperkirakan mendekati 5% dari total dunia. Jerman memiliki tambang lignit terbesar di Eropa, tambang Garzweiler. Batubara sangat penting bagi perekonomian Jerman karena telah menjadi sumber energi utama negara itu sejak revolusi industri. Batubara keras memicu pertumbuhan ekonomi negara itu setelah berakhirnya Perang Dunia Kedua.

Beberapa deposit batubara Jerman sulit untuk diekstraksi karena lokasi atau kedalamannya. Pemanenan simpanan semacam itu sangat mahal, sehingga seringkali pemerintah Jerman tidak menganggap penambangan simpanan itu layak secara ekonomi.

2. Gas alam

Sejak 2003, jumlah gas alam yang diproduksi di Jerman terus menurun. Cadangan gas alam Jerman berada di peringkat ke-50 di dunia dengan perkiraan kapasitas 175.600 juta m3 menurut data dari The World Factbook. Studi yang dilakukan oleh ahli geologi Jerman menunjukkan bahwa cadangan negara itu hampir habis.

Jerman hanya 8% swasembada dalam produksi gas alam dan harus mengimpor sisa pasokannya. Permintaan gas alam di Jerman tinggi dengan sedikit lebih dari 22% dari kebutuhan energi utama negara dipenuhi oleh gas alam.

Baca Juga  Kota-kota Besar yang ada di Jerman

Jerman mengimpor lebih banyak gas alam daripada negara lain di dunia dengan Rusia, Norwegia, dan Belanda memasok sebagian besar impor negara itu. Konsumen utama gas bumi adalah rumah dan usaha kecil terutama untuk pemanas. Pada 2017, sekitar 13,1% gas alam digunakan untuk pembangkit listrik. Infrastruktur Jerman hanya memungkinkan untuk impor gas alam melalui jaringan pipa.

3. Kayu

Kayu adalah salah satu sumber daya alam yang paling penting di Jerman dengan negara ini berada di peringkat kelima dalam ekspor kayu internasional. Jerman memiliki sekitar 150.000 perusahaan kayu dengan lebih dari 1,2 juta orang bekerja di sektor ini. Pertumbuhan dalam industri kayu Jerman terutama disebabkan oleh pertumbuhan industri konstruksi karena kayu merupakan bahan konstruksi favorit. Pertumbuhan industri furnitur di Jerman juga berkontribusi pada pertumbuhan industri kayu.

4. Tanah subur

Data dari Bank Dunia menunjukkan bahwa di bawah 34% tanah di Jerman dapat ditanami. Dampak pertanian terhadap ekonomi Jerman tidak dapat diremehkan karena pada kuartal pertama tahun 2018 itu memberikan sekitar 4,3 miliar euro bagi perekonomian.

Keadaan alam Jerman yang subur bisa menumbuhkan berbagai macam tanaman ditanam di tanah subur Jerman mulai dari sereal hingga buah-buahan dan sayuran. Di sekitar sebagian besar kota-kota besar Jerman, buah-buahan dan sayuran ditanam terutama untuk dijual ke kota-kota. Berbagai wilayah di Jerman menghasilkan tanaman yang berbeda karena variasi kondisinya.

(Visited 101 times, 1 visits today)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *