kampus di jerman

Mengetahui Jenis dan Peringkat Kampus di Jerman

Posted on

Kampus di Jerman– Apa alasan terbesar anda mengambil studi di Jerman? Apakah karena semata-mata negara maju? Padahal banyak negara maju lainnya di eropa barat yang juga sama dengan Jerman. Mungkin anda lebih tertarik dengan sistem pendidikan Jerman yang berbeda dengan negara-negara eropa barat lainnya.

kampus di jerman

Sebagai negara bekas perang dunia pertama dan kedua. Dan bahkan menjadi negara korban perang dingin antara Amerika Serikat dan Uni Soviet. Jerman telah banyak asam garam dalam menata industri, membuat sistem politik terbaik dan bahkan menyambungkan antara dunia pendidikan dengan sektor industri.

Baca Juga  Beasiswa Jerman Paling Di Dicari Mahasiswa Indonesia

Kampus di Jerman pada sebagian besar merupakan kampus riset (applied university) yang berbasis ilmu pengetahuan riset. Riset-riset ini dilakukan berkolaborasi dengan industri agar tercipta beberapa tujuan. Pertama, agar kampus di Jerman mendapat subsidi dana dari industri.

Kedua, industri mendapat manfaat dari hasil yang didapat riset yang telah mereka danai. Kedua kerjasama ini terbukti mengantar sektor pendidikan Jerman menjadi sangat maju.

Selain itu, industri-industri Jerman Juga berkembang pesat. Mereka bahkan telah melakukan inovasi dan paten yang jumlahnya melebihi ratusan kali negara berkembang seperti Indonesia.

Pada sistem jenjang sekolah menengah, Pemerintah Jerman membuka keran magang atau proses transisi menuju kampus. Keran ini disebut dengan ausbildung.

Dimana siswa-siswa sekolah lanjutan dapat magang atau training di industri selama setahun dua tahun untuk memperoleh pengalaman. Bukti sertifikat dari pengalaman ini bisa digunakan untuk mendaftar di kampus-kampus riset yang telah disebutkan di atas.

Selain kampus berbentuk riset (applied university), Jerman juga memiliki kampus sistem politeknik atau vokasi. Sistem kampus ini lebih mirip dengan diploma dan sekolah kejuruan. Selain itu, Jerman juga memiliki kampus dengan tipe sekolah desain dan seni.

Pada dua sekolah terakhir ini, Jerman berusaha memberi porsi bagi mereka yang berminat langsung kerja atau mengembangkan bakat di seni. Sementara applied university biasanya diperuntukkan bagi mereka yang ingin menjadi akademisi, peneliti, guru dan dosen.

Bagi anda yang membutuhkan informasi jenis-jenis kampus di Jerman secara lebih spesifik, termasuk bimbingan menembus kampus di Jerman mengenai syarat masuk, seleksi atau informasi terait kehidupan di Jerman. Dapat mengunjungi Virtu Education di www.virtueducation.org.

kampus di jerman

Virtu education telah lama berpengalaman membimbing siswa dan mahasiswa dalam menembus kampus di Jerman. Termasuk salah satunya memberikan konsultasi kursus bahasa Jerman, pembuatan visa serta tentunya adaptasi budaya di Jerman.

Pada bagian akhir, walauapun kampus-kampus di Jerman tidak sama dengan kampus eropa barat lainnya. Anda bisa juga memilih tujuan studi kampus di Jerman dengan mempertimbangkan tiga lembaga peringkat terpenting, serta menjaid rujukan banyak orang dalam dunia akademisi.

Pertama, QS World Ranking. Perangkingan QS World Ranking menjadi rujukan utama banyak mahasiswa yang akan studi ke Jerman. Di website QS Ranking anda bisa melacak peringkat kampus dari area wilayahnya, peringkat melalui sebuah subyek jurusan tertentu. Jadi anda bisa merangking sebuah jurusan teknik dalam satu area di Jerman atau Eropa Barat.

Kedua, Times Higher Education Supplement. Lembaga ranking ini juga menjadi rujukan banyak akademisi dalam melihat ranking kampus di Jerman. Sama seperti QS, THES mengukur rangking dari sebuah wilayah (asia, eropa, australia) dan bahkan by subject jurusan.

Baca Juga  Bentuk Pemerintahan Jerman: Mulai Kekaisaran Hingga Federasi

Ketiga, webometrics. Walaupun banyak yang tidak menukai sistem perankingan di webomtrics karena berbasis website. Tetapi anda bisa pertimbangkan. Karena webometrics mengukur menggunakan basis website yang disitasi atau dikutip oleh akademisi lain.

Secara singkatnya, webometrics mengukur seberapa terkenalnya sebuah kampus melalui akses websitenya. Karena biasa kampus kampus di luar negeri telah menanamkan hasil publikasi terbaru, artikel ilmiah dan berbagai macam informasi di website mereka.

Nah, artikel artikel ini biasanya banyak dikutip media, dunia praktisi dan masyarakat umum. Pengukuran inilah yang menjadi fokus webometrcis.

Baca Juga  Beberapa Julukan Negara Jerman Yang Paling Terkenal

(Visited 22 times, 1 visits today)
Rianto Subandi
Hai, selamat datang di lapak inspirasi. Lapak ini adalah kumpulan inspirasi yang ditulis sembari menikmati secangkir teh manis dan sepotong senja di sore hari. Selanjutnya, perkenalkan nama saya Rianto, menjadi blogger sejak 2009. Remah remah tulisan saya mengenai inspirasi kehidupan dapat ditelusuri di blog ini atau di kompasiana. selamat menikmati.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *