Kumpulan Idiom Bahasa Inggris

Posted on

Kumpulan Idiom Bahasa Inggris – Ada banyak idiom bahasa Inggris yang jika tidak kita sadari maka akan sulit diartikan secara harfiah. Oleh karena itu, kita harus mengenali idiom-idiom ini. nah, berikut ini adalah beberapa idiom bahasa Inggris yang umum diucapkan.

1.Break a leg

Kita bisa mengatakan “break a leg” kepada seseorang sebelum mereka akan melakukan ujian atau sesuatu yang menantang lainnya. Idiom bahasa Inggris ini berarti “semoga sukses”.

2.Give someone the benefit of the doubt

Kita bisa menggunakan frasa ini jika ada seseorang mengatakan sesuatu tetapi tidak yakin. Dengan begitu, seseorang yang kita ajak bicara bisa lebih yakin.

3.Back to the drawing board

Ungkapan ini berarti memulai dari awal. Misalnya, jika kita tidak lulus ujian bahasa Inggris, artinya kita akan mencoba beberapa pelajaran lagi dan mencoba lulus ujian lagi.

4.Get your act together

Jika guru mengatakan kepada kita untuk “Get your act together”, ia mengharapkan bahwa kita perlu berusaha lebih keras.

5.Hang in there

Jika ada teman yang sedang melakukan sesuatu dan belum sepenuhnya tercapai, kita dapat merespons dengan “Hang in there”, yang berarti “terus berusaha dan jangan menyerah”.

6.Hit the sack/hay

Setelah seharian berusaha, lazimnya seseorang akan lelah. Kita dapat mengucapkan idiom ini karena itu berarti “kita akan tidur”.

7.No pain, no gain

Ungkapan ini berarti bahwa jika Anda menginginkan sesuatu yang sangat buruk, Anda harus bersedia untuk melakukannya.

8.On the ball

Jika kita duduk di kelas dan tidak mengerti apa yang dikatakan oleh guru, kita bisa mengatakan “on the ball”. Itu berarti bahwa kita tidak memperhatikan kelas namun sedang berjuang untuk memahami.

Baca Juga  Pengertian Kalimat Gerund, Fungsi, dan Contoh Kalimat Gerund

9.So far so good

Ungkapan ini mengartikan bahwa segalanya sedang berjalan dengan baik saja. Biasanya idiom ini didahului dengan kalimat atau ungkapan yang bernilai negatif atau ketidakpuasan.

10.Wrap your head around something

Jika kita mendengar seseorang berkata, “Can you wrap your head around this?” Mereka akan bertanya apakah kita memahami sesuatu yang sedikit rumit.

11.Your guess is as good as mine

Jika kita dan teman sedang tersesat di kota dan ingin menanyakan arah mana yang tepat, kita bisa mengatakan “your guess is as good as mine”. Itu berarti kita tidak tahu, sama seperti teman kita yang tidak tahu

12.Call it a day

Guru kita mungkin mengatakan di akhir pelajaran bahasa Inggris, “Let’s call it a day”, yang berarti guru mengatakan untuk berhenti bekerja dan menyelesaikan pelajaran.

13.Bite the bullet

Jika kita sedang melaksanakan ujian, kita mungkin mengatakan kalimat idiom bahasa Inggris ini, yang berarti kita ingin menyelesaikannya.

14.Hit the nail on the head

Kita dapat mengatakan kepada seseorang “you’ve hit the nail on the head” jika dia mengucapkan kata yang benar. Kalimat idiom bahasa Inggris ini berarti seseorang mengatakan atau melakukan sesuatu yang benar.

15.Better late than never

Ungkapan ini berarti bahwa lebih baik datang terlambat daripada tidak sama sekali. Namun, tentu kita tidak boleh datang terlambat dan mengucapkan kalimat ini kepada guru!

Itulah tadi beberapa idiom bahasa Inggris yang umum diucapkan oleh native speaker. Selain itu, masih ada banyak lagi idiom, terlebih dalam bahasa slang Inggris.

(Visited 25 times, 1 visits today)

Baca Juga  Ucapan Selamat Wisuda dalam Bahasa Inggris yang Paling Berkesan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *