Generic Structure Descriptive Text

Generic Structure Descriptive Text dan Contohnya

Posted on

Generic Structure Descriptive Text – Setiap teks memiliki generic structure. Generic structure sendiri adalah pola penyusunan paragraf yang ada pada wacana teks. Tujuan penggunaan generic structure (generic structure descriptive text, generic structure descriptive text in english, generic structure descriptive) adalah supaya lebih mampu mencapai tujuan teks tersebut ditulis.

Generic structure puisi secara umum akan berbeda dengan generic structure cerpen. Hal itu disusun oleh penulis yang menyadari generic structure masing-masing cabang sastra. Begitu pula pada teks deskriptif, tentu generic structure-nya berbeda dengan teks naratif atau persuasif.

Baca juga ” Perbedaan Jerman Barat dan Jerman Timur

Untuk memahami struktur generik teks deskriptif (generic structure descriptive text, generic structure descriptive text in english, generic structure descriptive) kita harus memahami apa itu teks deskriptif.

Pengertian Descriptive Text
Descriptive Text atau teks deskriptif adalah salah satu jenis teks yang menggambarkan kepada pembaca mengenai sifat-sifat sesuatu, bisa manusia, hewan, atau benda tertentu. Tujuan yang ingin dicapai oleh teks ini adalah memberikan informasi secara jelas mengenai objek yang digambarkan.

Teks deskriptif bisanya dibentuk (generic structure descriptive text, generic structure descriptive text in english, generic structure descriptive) oleh bagian pendahuluan dan penggambaran sifat suatu obyek.

Ciri-Ciri Descriptive Text
Dalam bahasa Inggris, Descriptive Text memiliki ciri-ciri tertentu sehingga sebenarnya sangat mudah untuk dikenali. Nah, berikut ini adalah ciri-ciri tersebut (generic structure descriptive text, generic structure descriptive text in english, generic structure descriptive).

1. Menggunakan Banyak Adjekiva Kata Sifat
Adjective sebenarnya lebih dari kata sifat. Namun, dalam Descriptive Text bahasa Inggris yang memunculkan banyak adjective, adjective yang kerap digunakan adalah kata sifat. Meskipun begitu, dalam beberapa kasus kata yang menggambarkan suasana juga bisa dimunculkan.

2. Menggunakan Grammar Simple Present Tense
Pada tujuan kalimat, Simple Present Tense umum digunakan untuk menunjukkan suatu fakta atau hal yang benar-benar terjadi. Oleh sebab itu, Descriptive Text umumnya menggunakan Simple Present Tense.

Misalnya, untuk menyusun kata menjadi kalimat dalam Descriptive Text, kita menuliskan “The color of my shoes is white with black strip”. Kalimat tersebut menggunakan kaidah simple present tense.

3. Menggunakan Relating Verb atau Kata Kerja Penghubung
Dalam bahasa Inggris terdapat relating verb atau kata kerja yang menjelaskan kata benda (kata benda yang menjadi subjek kalimat). Contoh dari relating verb adalah seperti is, have, appear, dan lainnya.

Generic Strukture Descriptive Text
Setelah mengetahui tujuan dan apa itu teks deskriptif, selanjutnya kita dapat dengan mudah memahai struktur generiknya (generic structure descriptive text, generic structure descriptive text in english, generic structure descriptive).

Generic strukture Descriptive Text adalah identification dan description. Dalam beberapa kasus, muncul juga conclusion setelah bagian deskription. Berikut ini adalah penjelasan dari masing-masing bagian tersebut.

1. Identification
Bagian identification dalam Descriptive Text terletak pada paragraf pertama. Tujuan dari bagian ini adalah untuk mengidentifikasi objek tertentu yang ingin dideskripsikan. Bagian ini juga sangat penting untuk mengenalkan objek kepada pembaca sehingga memperkuat penerimaan deskripsi di bagian selanjutnya.

Dalam bagian ini, minimal disebutkan identitas seperti nama benda, asal, atau apa hubungannya dengan sifat-sifat yang akan disebutkan di bagian paragraf selanjutnya.

Generic Structure Descriptive Text

2. Description
Bagian description dalam Descriptive Text umumnya terletak pada paragraf kedua atau di bagian setelah pengenalan objek. Isinya adalah berupa kumpulan kata sifat mengenai objek yang sebelumnya telah dikenalkan.

Dalam menuliskan deskripsi, kita tidak boleh asal atau acak. Misalnya, ktiga dalam paragraf tersebut kita membahas mengenai kepribadian seseorang, maka tidak boleh tiba-tiba membahas ciri fisik. Pastikan dalam satu paragraf hanya ada satu gagasan saja.

Pada tahap gramatikal yang lebih baik, kita bahkan akan memiliki aturan untuk menulis suatu sifat secara berurutan. Misal, untuk menulis tinggi, gendut, dan berwarna hitam, kita akan menentukan mana yang lebih dahulu disebut.

3. Conclusion (opsional)
Bagian (generic structure descriptive text, generic structure descriptive text in english, generic structure descriptive) yang menjelaskan tentang kesimpulan ini tidak harus ada. Apabila ada, umumnya teks deskripsi tersebut memuat pesan lain selain hanya menggambarkan suatu objek kepada pembaca.

Kesimpulan yang ada pada bagian konklusi ini bukanlah pengulangan kata atau kalimat dari bagian sebelumnya. Kesimpulan berisi “semacam akibat” yang terjadi karena penjelasan di bagian deskripsi.

Contoh Descriptive Text dan Generic Strukture-nya
Nah, berikut ini adalah salah satu contoh Descriptive Text berjudul “My Old Sister” yang memiliki Generic Strukture (generic structure descriptive text, generic structure descriptive text in english, generic structure descriptive) jelas.

Bagian Identification -> bagian (generic structure descriptive text, generic structure descriptive text in english, generic structure descriptive) ini mengenalkan orang yang dideskripsikan.

My old sister is a cordial, delicate, cherishing, and caring individual. She never raises her voice at anybody. She has lived with me for whatever length of time that I can recollect. She takes care of me when mother and dad go to work.
(Kakak perempuan saya adalah orang yang sangat ramah, lembut, penuh kasih, dan perhatian. Dia tidak pernah mengangkat suaranya pada siapa pun. Dia telah tinggal bersamaku selama yang bisa kuingat. Dia kue merawat saya ketika ibu dan ayah pergi bekerja.)

Bagian Description -> bagian (generic structure descriptive text, generic structure descriptive text in english, generic structure descriptive) ini memberikan keterangan detail mengenai orang yang dideskripsikan.

My old sister is a flawless and clean individual. She has dry dark hair which she as a rule pulls up into a bun. She has dull dark colored eyes that twinkle at whatever point she sees me. I scarcely ever observe them wet.

(Kakak perempuan saya adalah orang yang sangat rapi dan rapi. Dia memiliki rambut hitam yang sangat kering yang biasanya disanggul. Dia memiliki mata coklat gelap yang berkelap-kelip setiap kali dia melihatku. Aku jarang melihatnya basah.)

Sister’s skin is yellow like most Sundanese people. If you look at it from a short distance, you can see a blue pulse line. In fact, the color of the skin on the elbows are also yellow to white.
(Kulit kakak berwarna kuning seperti orang sunda kebanyakan. Jika dilihat dari jarak yang cukup dekat, maka terlihat garis biru nadi. Bahkan, warna kulit di bagian sikutnya pun juga kuning ke arah putih.)

Without using lipstick, her lips are orange. Therefore, he only uses lip balm when he wants to go see a friend. Above her lips, thin hairs grow like a mustache on men.
(Tanpa menggunakan lipstick, bibirnya sudah berwarna oranye. Oleh sebab itu, dia hanya menggunakan pelembab bibir ketika ingin pergi menemui teman. Di atas bibirnya, tumbuh bulu tipis seperti kumis pada laki-laki.)

Old sister likes to recount stories. She for the most part discloses to me brief accounts of her adolescence and communicates them very well with her worn out, old, wrinkled hands. Now and then, she additionally recounts anecdote about granddad who has pass away. My dear old sister consistently commends him. She once disclosed to me that he was the most delightful individual she had ever met.
(Kakak perempuan suka bercerita. Dia biasanya menceritakan kisah singkat tentang dia masa kecil dan mengekspresikannya dengan sangat baik dengan dia lelah, tua, keriput tangan. Terkadang, dia juga bercerita tentang kakek yang telah lulus jauh. Kakakku tersayang selalu mengatakan hal-hal baik tentang dia. Dia pernah mengatakan kepada saya bahwa dia adalah orang terbaik yang pernah dia temui.)

Bagian Clonclusion bagian (generic structure descriptive text, generic structure descriptive text in english, generic structure descriptive) ini pernyataan opsional untuk merangkum ide-ide sebelumnya.

I truly love my old sister. I want to grow like my sister. (Saya benar-benar mencintai kakak perempuanku. Aku ingin tumbuh seperti kakak perempuanku.)

Itulah tadi uraian mengenai Descriptive Text dan Generic Strukture (generic structure descriptive text, generic structure descriptive text in english, generic structure descriptive). Perlu diketahui, bahwa tidak semua teks deskriptif memiliki struktur yang sangat jelas sehingga harus benar-benar dipahami.