Gaji Kerja di Jerman

Syarat dan Gaji Kerja di Jerman

Posted on

Gaji Kerja di Jerman – Ada banyak pekerjaan di Jerman untuk anak muda. Dua diantaranya adalah Au Pair dan FSJ. Nah, berikut ini uraian mengenai kedua pekerjaan tersebut (syarat bekerja di Jerman, bekerja di Jerman, gaji kerja di Jerman).

Berikut Syarat Kerja di Jerman

1. Au Pair dan Gaji Kerja di Jerman

Au Pair adalah sebutan untuk warga muda asing, yang umumnya adalah perempuan, yang membantu pekerjaan rumah atau perawatan anak dengan imbalan utama berupa ruang tinggal dan makan.

Au Pair juga digunakan untuk menyebut pekerjaan semacam asisten rumah tangga, tetapi hanya melakukan beberapa pekerjaan saja. Au Pair lebih mirip konsepnya dengan anak angkat untuk sementara waktu.

Au Pair juga kerap disebut sebagai bagian dari program pertukaran budaya. Hal itu karena reguasi resmi Au Pair hanya mengharuskan bekerja selama 30 jam dalam seminggi. Dengan begitu, ada banyak sekali waktu untuk mempelajari lingkungan sosial, budaya, dan bahasa masyarakat di sekitar.

Baca Juga :Bahasa Jerman Sehari Hari dan Cara Membacanya

  • Tugas Kerja Au Pair

Keluarga yang menerima pekerja Au Pair umumnya memiliki anak kecil yang sudah lebih dari balita. Oleh sebab itu, pekerjaan yang ditangani oleh Au Pair adalah pekerjaan yang berhubungan dengan anak tersebut.

Secara lazim, pekerjaan Au Pair (syarat bekerja di Jerman, bekerja di Jerman, gaji kerja di Jerman) adalah sebagai berikut:

1. membangunkan anak dan mengajak ke sekolah.
2. menjemput anak ke sekolah.
3. membantu dan mengawasi anak-anak ketika mengerjakan PR dari sekolah.
4. mengajak anak-anak bermain jika orang tuanya sibuk.
5. menyiapkan dan memperhatikan pola makan anak.
6. membersihkan pakaian anak dan tempat tidur anak.

  • Syarat Menjadi Au Pair

Tidak ada syarat-syarat khusus (syarat bekerja di Jerman, bekerja di Jerman, gaji kerja di Jerman) yang harus dipenuhi untuk bekerja sebagai Au Pair. Beberapa berkas yang dibutuhkan adalah berkah umum, seperti sehat secara fisik dan rohani dan dapat berbahasa Jerman dasar.

Kriteria (syarat bekerja di Jerman, bekerja di Jerman, gaji kerja di Jerman) yang umumnya dibutuhkan oleh keluarga penerima Au Pair adalah seperti:
1. berusia setidaknya 18 tahun dan tidak lebih dari 25 tahun.
2. belum pernah menikah dan belum pernah memiliki anak.
3. menunjukkan sertifikat penguasaan bahasa Jerman setidaknya pada level B1, atau mengajukan permohonan bantuan untuk kursus bahasa sebelum keberangkatan.
4. pernah berkegiatan sosial atau memiliki pengalaman di bidang rumah tangga dan pengurusan anak.

  • Gaji Kerja di Jerman Au Pair
Baca Juga  Merk Mobil Asal Jerman Paling Populer Di Dunia

Di luar biaya kehidupan sehari-hari seperti biaya makan dan tempat tinggal, uang yang diberikan oleh host family setiap bulan kepada pekerja Au Pair sebenarnya tidak disebut sebagai gaji. Uang tersebut hanya dikatakan sebagai uang saku.

Tentu itu karena jumlahnya kecil. Uang saku yang diberikan oleh host family rata-rata hanya sebesar 260 Euro perbulan. Jumlah tersebut sebenarnya sangatlah kecil, walaupun jika dirupiahkan jumlahnya bisa menjadi Rp4.000.000 atau setara dengan pekerjaan kelas menengah di Indonesia.

Upah Au Pair (syarat bekerja di Jerman, bekerja di Jerman, gaji kerja di Jerman) dikatakan kecil karena upah para pekerja di Jerman adalah sekitar 5.000 hingga 10.000 Euro. Meskipun begitu, seorang Au Pair bebas biaya asuransi kesehatan dan beberapa yang lainnya oleh host family.

2. FSJ atau Freiwilliges Soziales Jahr

Freiwilliges Soziales Jahr atau yang lebih dikenal dengan singkatan FSJ adalah sebuah program kerja sosial lintas negara yang diadakan oleh Jerman. Jenis pekerjaan ini ditujukan utama untuk anak-anak muda yang berusia lebih dari 18 tahun dan kurang dari 26 tahun dari luar.

Meskipun pekerjaan ini dapat diambil oleh orang Jerman lokal, tetapi umumnya (syarat bekerja di Jerman, bekerja di Jerman, gaji kerja di Jerman) lebih banyak dilakukan oleh anak-anak muda dari negara lain.

Freiwilliges Soziales Jahr memiliki beberapa bidang FSJ di Bidang sosial, FSJ im ökologischen Bereich (FŐJ) atau alam, FSJ im Sport, FSJ in der Denkmalpflege (FDJ), FSJ Kultur, dan lainnya.

Bidang-bidangnya lebih profesional, umumnya dilakukan oleh para tenaga kerja lokal. Sementara beberapa bagian Freiwilliges Soziales Jahr yang dibuka lebar untuk pekerja asal negara lain adalah pada bidang-bidang perawatan dan sosial.

  • Syarat FSJ
Baca Juga  Perbedaan Waktu Indonesia Dan Jerman 5 Atau 6 Jam ?

Freiwilliges Soziales Jahr yang lebih menyerupai sukarelawan atau volunter ini umumnya hanya dapat dilakukan selama satu tahun saja. Beberapa syarat (syarat bekerja di Jerman, bekerja di Jerman, gaji kerja di Jerman) yang harus dipenuhi tidaklah sulit.

Selain syarat-syarat (syarat bekerja di Jerman, bekerja di Jerman, gaji kerja di Jerman)yang diminta khusus oleh penyalur kerja atau pembuka lowongan kerja FSJ, umumnya pekerja FSJ hanya diwajibkan untuk:

1. memiliki sertifikat kemampuan bahasa Jerman dasar,
2. memiliki paspor dan visa,
3. tidak lebih dari 27 tahun,
4. pernah mengikuti acara sosial

Gaji Kerja di Jerman

  • Gaji Kerja di Jerman Sebagai Freiwilliges Soziales Jahr

Gaji yang akan diberikan kepada FSJ umumnya adalah sekitar 330 Euro. Jika dirupiahkan, maka jumlahnya hanya sekitar Rp5.300.000 saja. Namun, hal itu akan bergantung penuh pada tempat kerja kita.

Ada beberapa tempat kerja yang menambah jumlah uang gaji tersebut, tetapi tidak bertanggung jawab pada pemberian fasilitas tempat tinggal dan uang makan.

Sebaliknya, beberapa tempat kerja yang mengurangi uang gaji tetapi sudah membebaskan biaya tempat tinggal dan uang makan atau transportasi sehari-hari.

Beberapa orang yang sudah pernah bekerja sebagai Freiwilliges Soziales Jahr ini hanya akan mendapatkan uang bersih per bulan sebesar 150 Euro atau sebesar Rp2.500.000. Meskipun begitu, bekerja sebagai Freiwilliges Soziales Jahr banyak digemari karena memungkinkan seseorang untuk memiliki langkah yang lebih panjang

Itulah tadi uraian mengenai pekerjaan di Jerman (syarat bekerja di Jerman, bekerja di Jerman, gaji kerja di Jerman). Kamu akan sangat cocok mengambil pekerjaan tersebut jika akan mempersiapkan pendidikan di tahun mendatang di Jerman.

(Visited 4 times, 1 visits today)
Avatar
Halo. Selamat datang di pascal-edu.com. Terimakasih telah membaca tulisanku ya, semoga bermanfaat ^^

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *