gaji copywriter

Pengertian, Tugas, dan Gaji Copywriter

Posted on

Gaji Copywriter dan Tugasnya – Copywriter adalah sebuah profesi menulis teks dengan tujuan mempromosikan atau memasarkan produk dan jasa dari perusahaan tempat bekerja. Seorang copywriter akan menghasilkan copy atau sebuah naskah yang memiliki sifat persuasif bagi para penerimanya.

Semakin dapat mempengaruhi pembaca, maka kualitas copy (apa itu copywriter, tugas copywriter, gaji copywriter) semakin baik.

Bentuk naskah yang dihasilkan dari copywriting bisa berbeda-beda. Nakah dapat berupa tulisan panjang berbentuk artikel atau pun naskah pendek seperti iklan biasa. Yang pasti, tujuan dari copywriting adalah softselling.

Baca juga ” Contoh Kalimat Saran dalam Bahasa Inggris

Pekerjaan seorang copywriter umumnya terlepas dari masalah analisis konten atau target penjualan barang. Meskipun begitu, penulis tetap dituntut untuk menulis konten yang memiliki analisis baik dan dituntut untuk memberi dampak positif pada penjualan barang atau jasa.

Istilah Terkait
Ada beberapa istilah yang dekat dan kerap dihubungkan dengan copywriting. Misalnya, content writing dan SEO copywriting. Content writing adalah istilah umum untuk menyebut aktivitas menulis konten. Dalam menulis konten, digunakan beberapa teknik, salah satunya adalah teknik copywriting.

Seiring perkembangan zaman teknologi, copywriting kemudian kerap disebut dengan SEO copywriting. SEO copywriting adalah jenis copywriting yang dikerjakan dengan memperhatikan tingkat visibilitas di dalam mesin pencari khususnya google.

Jika di cermati, copywriting (apa itu copywriter, tugas copywriter, gaji copywriter) lebih kental tujuannya sebagai pencitraan sebuah merek atau brand. Isi di dalamnya tidak hanya informasi atau tips-tips tertentu. Kontennya dimaksudkan untuk menggerakkan pembaca.

Copywriting (apa itu copywriter, tugas copywriter, gaji copywriter) juga telah lintas platform. Kita dapat menemui bentuk-bentuk hasilnya di website, caption media sosial, hingga pesan whatsapp. Namun, yang paling umuma adalah pada website.

Tugas Utama Copywriter
Selain target, copywriter (apa itu copywriter, tugas copywriter, gaji copywriter) juga harus memenuhi beberapa tugas utamanya. Nah, berikut ini adalah beberapa contohnya.

1. Copywriter harus menguasai bahasa persuasif untuk mempengaruhi minat beli seseorang membaca.
Dalam hal ini, copywriter berbeda dengan telemarketing. Tentu saja karena copywriter menulis, tidak menelepon. Namun, tugasnya hampir sama yaitu menawarkan sebuah produk.

Untuk menarik minat beli pembaca, maka copywriter harus menulis teks persuasif. Hal itu karena di yakini akan lebih efektif ketimbang cara-cara lain. Umumnya, seorang copywriter tidak dituntut atas target penjualan. Namun, ia dituntut atas target penulisan.

Baca Juga  Memahami Google Adwords Express

2. Copywriter harus dapat membuat iklan take line tagline yang menarik.
Sebelum menjadi definisi umum yang berdiri sendiri, copywriter dahulunya kerap dimasukkan ke dalam divisi iklan. Hal itu karena tugasnya yang menyerupai para pekerja iklan. Salah satunya adalah harus membuat tagline yang menarik.

Tagline berfungsi untuk membuat suatu brand menjadi lebih diingat oleh pembaca. Tagline yang diingat oleh pembaca membuktikan bahwa suatu iklan atau tulisan persuasif telah berhasil.

3. Kopi brother copywriter harus dapat menaikkan traffic website.
Untuk menambah tingkat keterbacaan suatu tulisan, maka kita harus melakukan cara-cara untuk membuat suatu website berada di daftar teratas. Tugas itu juga harus dilakukan oleh seorang copywriter (apa itu copywriter, tugas copywriter, gaji copywriter).

Ada banyak cara untuk melakukannya, tetapi yang kini paling banyak digunakan adalah menggunakan teknik SEO. Apabila seorang copywriter dapat memadukan teknik SEO dan persuasif di dalam tulisannya, maka tentu hal itu akan membuat produk yang dibawa menjadi terbaca dan menggerakkan pembaca.

gaji copywriter

Gaji Rata-Rata Copywriter

Gaji copywriter Indonesia (apa itu copywriter, tugas copywriter, gaji copywriter) umumnya mengikuti UMR yang berlaku di kota tersebut. Namun, hal itu juga akan bergantung pada lama pengalaman kerja seorang copywriter.

Gaji rata-rata nasional seorang copywriter Junior diperkirakan adalah sebesar Rp4.000.000 per bulan. Sementara untuk copywriter senior(apa itu copywriter, tugas copywriter, gaji copywriter), gajinya bisa lebih besar, yaitu 6 juta rupiah atau lebih.

Bahkan, seorang copywriter senior yang telah memiliki pengalaman setidaknya 4 tahun di dunia copywriting Jakarta, umumnya digaji setidaknya 15 juta rupiah per bulan. Meskipun begitu, ada banyak copywriter yang mendapat gaji dibawah UMR. Terutama, copywriter yang bekerja di unit usaha yang belum terlalu terpercaya.

Pekerjaan Copywriting banyak diambil walaupun dengan gaji kecil adalah karena peraturannya yang banyak menggunakan sistem remote. Penulis dapat sesekali saja masuk kantor untuk meeting, lalu selanjutnya dapat dikerjakan di rumah.

Dengan begitu, copywriter umumnya tidak akan memerlukan biaya tambahan untuk transportasi sehari-hari. Gaji yang diterima dapat dikatakan sebagai gaji bersih. Mekipun begitu, peraturan kerja tetap bergantung perusahaan yang menaungi.

Membuat Naskah yang Menarik
Kemampuan menulis naskah copy yang baik adalah kelebihan dari masing-masing penulis. Namun, tetap ada beberapa aspek linguistik yang terlihat dalam tulisan atau naskah copy yang menarik. Nah, berikut ini adalah beberapa unsur yang sebaiknya kamu tambahkan dalam naskah.

Baca Juga  Inilah Dia 12 Cara Mendapatkan Uang di Internet Masa Kini

1. Quote atau Kutipan yang Menarik
Kutipan-kutipan menarik dalam naskah copy akan membuat pembaca mudah mengingat. Apalagi, jika kutipan tersebut merupakan kutipan yang berasal dari tokoh terkenal, maka tulisan akan semakin dipercaya.

Kutipan kutipan yang berasal dari tokoh terkenal juga akan membuat efek persuasif menjadi lebih baik. Namun, jangan terlalu sering memberikan quote atau kutipan yang membuat tulisan menjadi kosong.

2. Headline yang Menarik
Sebelum membaca naskah, semua orang akan memperhatikan judulnya. Hampir semua orang akan tertarik membaca apabila judul naskah tersebut sudah menarik atau provokatif. Dalam dunia copywriting, headline bahkan sangat mempengaruhi terhadap hasil atau angka penjualan.

Jangan gunakan susunan kata yang bertele-tele dan sebaiknya gunakan kalimat yang memaparkan langsung sebuah masalah dan solusi.

3. Diksi yang Sesuai
Untuk menimbulkan efek persuasif, tentu kita harus membuat tulisan yang membuat pembaca seolah-olah sedang mengucapkannya sendiri. Oleh karena itu, pemilihan diksi yang sesuai dengan bahasa sehari-hari sangatlah penting

Ingat juga bahwa pembaca hari ini sudah sangat cerdas dan mendapatkan informasi dari banyak lini. Oleh karena itu, jangan membuat kalimat yang terkesan mengada-ada. Jika dari paragraf pertama saja kita sudah menulis sesuatu yang hampir mustahil, maka pembaca sudah akan berhenti untuk melihat tulisan kita.

4. Paragraf Berbobot
Jangan terlalu boros dalam menggunakan kata-kata, meski redudansi adalah salah satu gaya memperhalus penyampaian maksud persuasif. Umumnya, pembaca ingin segera mendapatkan informasi ketika ia menilik kalimat.

Ketika membuat naskah (apa itu copywriter, tugas copywriter, gaji copywriter), gunakan tiga kalimat pendek dalam satu paragraf. Dalam satu paragraf tersebut hanya boleh mengandung satu gagasan.

Misalnya, jika kita membuat tulisan mengenai produk sabun, maka satu paragraf hanya boleh memuat soal kandungannya. Sementara itu, gagasan mengenai harga dan penjualan sabun harus dibuat di satu paragraf yang lain.

Itulah tadi uraian mengenai penulis copy (apa itu copywriter, tugas copywriter, gaji copywriter). Dalam praktiknya, pekerjaan copywriting bisa sangat berbeda-beda karena memenuhi format yang diberikan oleh perusahaan.

(Visited 8 times, 1 visits today)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *