Yuk Isi Form di Bawah, Tim Kami Siap Melayani Anda

Fungsi sertifikasi di bidang IT sesungguhnya begitu penting sebagai pembuktian secara legal bahwa Anda benar-benar ahli dalam bidang IT. Pembuktian tersebut sebagai referensi ketika Anda masuk dalam dunia kerja. Meskipun Anda ahli dalam bidang IT namun jika tidak ada pembuktian yang menjelaskan mengenai keahlian Anda tersebut maka orang tidak akan mudah percaya, apalagi jika Anda melamar pekerjaan di sebuah perusahaan besar.

Fungsi sertifikasi di bidang IT juga akan Anda rasakan ketika Anda telah diterima bekerja. Anda tentu akan melaksanakan tugas dan tanggung jawab secara profesional sebagaimana keahlian yang Anda sandang. Selain itu karir dan pendapatan juga akan meningkat karena perusahaan pasti lebih menghargai profesi Anda. Anda juga akan mendapatkan pengakuan dari rekan-kerja seprofesi di perusahaan tempat Anda bekerja maupun dari perusahaan lain karena mereka menilai bahwa Anda berprestasi dan begitu berharga.

Kali ini saya mencoba membahas beberapa sertifikasi IT yang ada saat ini. Kalau kita merujuk pada wikipedia, pengertian dari sertifikasi adalah suatu penetapan oleh suatu organisasi kepada seseorang untuk menunjukan bahwa orang tersebut mampu melakukan tugas spesifik. Dengan adanya sertifikasi memberikan siapa saja peluang untuk diakui skill nya. Pengambilan sertifikasi ini biasa dijadikan untuk pemenuhan syarat melamar suatu pekerjaan. Tidak hanya itu, beberapa perusahaan pun menjalankan program sertifikasi untuk sumber daya internal perusahaannya dalam upaya peningkatan mutu.

Bagaimana dengan dunia IT? banyak sekali program sertifikasi IT yang ada saat ini. Terdapat sertifikasi yang beragam sesuai dengan profesi IT manakah yang kita tempuh. Mulai dari bidang jaringan, IT management sampai kepada kemampuan programming. Semua sertifikasi ini digarap dan dikeluarkan oleh para vendor teknologi atau suatu organisasi.

Semuanya dalam rangka pengujian fasih apa tidaknya kita dalam menggunakan tool suatu vendor untuk menunjang pekerjaan kita kelak. Bagi teman-teman yang ingin tahu, mari kita simak beberapa program sertifikasi BIM yang ada saat ini. Saya membagi sertifikasi berdasarkan vendor/organisasi yang mengeluarkannya.

CISCO

Terdapat banyak sekali program sertifikasi untuk CISCO. Sertifikasi dikategorikan dalam beberapa kelompok peserta seperti entry level, associate, professional, expert, sampai kepada level architect. Berikut ini beberapa contoh sertifikasi yang tersedia :

  • CCENT, sertifikasi ini memvalidasi kemampuan peserta dalam menginstall, mengoperasikan, dan troubleshooting jaringan pada perusahaan cabang. Termasuk testing dalam keamanan jaringan.
  • CCT, sertifikasi ini mengetes peserta dalam hal mendiagnosa, restore, memperbaiki sistem jaringan yang menggunakan Cisco pada suatu perusahaan.
  • CCDA, sertifikasi ini lebih bersifat advance. Disini peserta akan diuji pengetahuannya mengenai cara mendesain jaringan perusahaan dengan performance yang baik dan skalabel.

Demikian mengenai pentingnya Fungsi sertifikasi di bidang IT dalam dunia kerja. Semoga bisa memberi gambaran bagi Anda yang saat ini tengah menempuh studi di jurusan IT dan memerlukan informasi mengenai sertifikasi IT serta manfaatnya.