cpns untuk lulusan sma

Infromasi Penting bagi CPNS untuk Lulusan SMA

Posted on

CPNS untuk Lulusan SMA – Setiap kali pemerintah membuka penerimaan CPNS, pelamar tidak pernah sepi, termasuk CPNS untuk lulusan SMA. Ada ratusan ribu yang ingin menjadi PNS. Hal itu tentu karena PNS adalah karir yang dianggap memiliki masa depan cerah, walaupun faktanya pandangan tersebut adalah subyektif.

Karir PNS tidak hanya disediakan untuk jenjang S1 dan S2 saja, melainkan juga untuk jenjang D3 dan SMA atau SMK. Tentu saja nantinya jenis pekerjaannya berbeda. Sesuai dengan tujuan pendidikan, jenis pekerjaan untuk CPNS lulusan SMA atau sederajat akan lebih banyak ke bagian lapangan atau eksekusi langsung.

Formasi CPNS untuk Lulusan SMA

Selalu ada formasi yang dibuka bagi lulusan SMA setiap kali periodenya. Pada pembukaan 2019/2020 kali ini, beberapa formasi yang disediakan untuk CPNS SMA atau sederajat di semua instansi adalah sebagai berikut.

1. Kemenkumham

Instansi ini menyediakan sebanyak 3.532 formasi untuk kandidat CPNS SMA sederajat atau lulusan SMK/MA.

2. Kejaksaan Agung

Instansi ini siap membuka total sebanyak 2.000 formasi untuk CPNS SMA sederajat.

3. Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK)

Instansi ini menyiapkan sebanyak 80 formasi yang dibuka bagi lulusan SMK.

4. Kementerian Pertanian (Kementan)

Instansi ini menyiapkan sebanyak 45 formasi.

5. Kemendikbud

Instansi ini menyiapkan sebanyak 11 formasi yang terbagi menjadi 3 jabatan, yaitu 3 formasi pengadministrasi keuangan, 2 formasi teknisi laboratorium, dan 6 formasi pada teknisi pemetaan penggambaran.

6. Badan Intelejen Negara

Instansi ini bersiap menerima 200 lulusan SMA atau sederajat untuk Sub Direktorat Liaison Direktorat Kerja Sama Internasional, Deputi Bidang Intelijen Luar Negeri.

Pendaftaran untuk semua instansi tersebut dilakukan dengan langkah yang sama. Beberapa perbedaan bisa saja terjadi di tahap akhir, sesuai kebijakan masing-masing instansi yang menaungi.

Langkah Pendaftaran CPNS Lulusan SMA

cpns untuk lulusan sma

Ada banyak pelamar CPNS untuk lulusan SMA yang gagal sejak pendafataran di awal. Hal itu biasanya dikarenakan kesalahan langkah atau kekurangan dokumen persyaratan. Nah, berikut ini adalah langkah-langkah pendaftaran CPNS untuk SMA, menilik pendaftaran pada tahun sebelumnya.

1. Buka situs resmi pendaftaran PNS di sscasb.bkn.go.id. Situs ini menjadi satu-satunya portal SSCN dan di dalamnya akan ada link download keterangan “Alur Registrasi” atau “Buku Petunjuk Pendaftaran SSCN”.
2. Buat akun SSCN dengan nama dan data asli. Nantinya kita harus memasukkan NIK, Nomor KK, email, password, dan pass photo 120 kb-200kb.
3. Setelah memiliki akun SSCN, kita bisa Log In di halaman yang sama.
4. Selanjutnya, mulai “Daftar Instansi”. Kini, satu pelamar hanya dapat melakukan pendaftaran pada satu instansi saja. Di bagian ini kita akan memasukkan foto sedang memegang KTP, biodata, dan formulir yang diminta masing-masing instansi.
5. Silahkan cek “resume”.
6. Selanjutnya, kirim “data”.
7. Apabila sudah yakin, maka tahap terakhir sebelum mengikuti tes adalah mencetak “Kartu Pendaftaran SSCN”.

Untuk melakukan pendaftaran CPNS SMA tersebut, kita akan membutuhkan beberapa berkas yang sudah didigitalisasi atau di scan, yaitu dengan ukuran sebagai berikut.

1. File KTP berformat .jpg tidak lebih dari 200 kb
2. File Pass Photo berwarna berformat .jpg tidak lebih dari 200 kb
3. File Ijazah berformat .pdf tidak lebih dari 700 kb
4. File Transkrip Nilai berformat .pdf tidak lebih dari 500 kb
5. File Resume berformat .pdf tidak lebih dari 300 kb
6. Jika ada tambahan dokumen lain, maka bobot file-nya tidak disarankan lebih dari 700 kb.

Baca Juga  Cara Membaca Hasil SKD CPNS Kemenag

Syarat Melamar CPNS Lulusan SMA

Beberapa persyaratan bisa dimunculkan oleh masing-masing instansi atau berdasarkan jalur tertentu. Namun, secara umum, beberapa persyaratan mendaftara CPNS untuk lulusan SMA adalah sebagai berikut.

1. Berusia tidak kurang dari 18 tahun dan tidak lebih dari 35 tahun ketika mendaftar. Ukuran ini adalah ukuran yang sangat presisi baik bulan atau pun tahun.
2. Pelamar bukan seseorang yang pernah diberhentikan dari instansi Pegawai Negeri Sipil mana pun.
3. Belum pernah memiliki stastus sebagai Pegawai Negeri Sipil di instansi mana pun, termasuk di keanggotaan TNI dan POLRI.
4. Pelamar tidak memiliki catatan buruk di lembaga pengadilan atau lembaga yang memiliki kekuatan hukum, terutama tidak pernah dipenjara selama dua tahun atau lebih.
5. Membuktikan diri sehat secara jasmani dan rohani.
6. Mempunyai kualifikasi pendidikan yang sesuai dengan yang disyaratkan.
7. Pelamar tidak terlibat dalam pengurusan partai politik atau politik praktis.
8. Mampu dan bersedia untuk ditempatkan di seluruh daerah Republik Indonesia sesuai kebutuhan.

Tips Mendaftar CPNS SMA

Tidak bisa dipungkiri bahwa pendaftaran CPNS tidak selalu menguntungkan pada seseorang yang memiliki berkas dan kemampuan yang kompeten. Ada banyak sekali seseorang yang sebenarnya memiliki “kesiapan kerja” kurang baik, tetapi justru lolos seleksi CPNS untuk lulusan SMA. Sebaliknya, ada banyak juga seseorang yang memiliki kualifikasi baik, tetapi gagal.

Gagalnya seleksi CPNS untuk lulusan SMA bisa terjadi sejak awal pendaftaran. Oleh karena itu, pastikan kamu sudah menerapkan beberapa tips berikut ini.

1. Jangan melakukan pendaftaran menggunakan perangkat mobile. Pilih gunakan perangkat komputer yang memang dianjurkan oleh BKN. Perangkat mobile kerap salah melakukan input, seperti mengunggah file lain karena bug, tidak berhasil mengunggah file meskipun diketerangan telah berhasil, dan lainnya.
2. Unduh dan baca lembar panduan. Jangan malas untuk membaca panduan yang akan disediakan di portal pendaftaran. Jika ada pertanyaan yang membingungkan, maka jangan ragu untuk menghubungi nomor bantuan yang telah dicantumkan BKN.
3. Perhatikan ukuran file berkas yang akan diunggah. Biasanya, keterangan ukuran yang ada pada perangkat dektop tidak cukup presisi. Misalnya, file dengan keterangan 200 kb sebenarnya memiliki bobot asli 214 kb sehingga sulit diunggah. Jika file yang disyaratkan tidak boleh lebih dari 200 kb, maka sebaiknya kompres hingga 175 kb saja.
4. Hati-hati saat mengompres file. Jangan hanya mementingkan ukuran file saja, tetapi pastikan file dapat terlihat sangat jelas. Hal ini sangat penting karena apabila file kita tidak dapat jelas terbaca, maka tetap akan tertolak meskipun sudah dapat diunggah.

Tips Menghadapi Tes CPNS SMA

Jika kita berhasil lolos seleksi berkas, maka selanjutnya kita akan menghadapi berbagai tes dalam dua tahapan. Beberapa tes yang akan dihadapi adalah seperti psikotes, tes kemampuan umum (TKU), tes kemampuan bidang 5 departemen (TKB), dan tes wawancara.

Baca Juga  Manfaat Mengikuti Bimbel CPNS untuk Lolos Seleksi CPNS

1. Tips Mengerjakan Psikotes

Psikotes menjadi penting karena digunakan oleh instansi untuk melihat apakah pelamar memiliki kriteria dan standard yang sesuai dengan yang dibutuhkan oleh instansi pemerintah tersebut. Meskipun terlihat mudah, namun bagian tes ini sebenarnya banyak menggugurkan pelamar CPNS untuk lulusan SMA. Nah, berikut ini adalah beberapa bagian soal yang ada dalam psikotes.

a. Bagian soal numerik, yaitu bagian ujian yang akan menguji ketelitian, ketepatan, dan juga kecepatan pelamar dalam berhitung angka. Bentuk-bentuk soal yang akan muncul biasanya adalah menghitung cepat, deret angka, dan beberapa materi matematika dasar lainnya.
b. Bagian soal spasial, yaitu bagian ujian yang akan menuntut pelamar untuk dapat membayangkan kemudian menggambarkan sebuah objek. Bentuk soal yang ada dalam bagian ini adalah pemunculan gambar.
c. Bagian soal reasoning, yaitu bagian ujian yang menuntut pelamar untuk dapat menyelesaikan sebuah masalah tertentu.
d. Bagian soal memori atau kemampuan mengingat, yaitu bagian ujian yang menuntut pelamar untuk dapat menunjukkan daya ingat dan krativitas dalam berpikir, guna menyelesaiakan suatu masalah.

2. Tips Mengerjakan Tes Kemampuan Umum (TKU)

Tes ini diterapkan untuk mengetahui potensi pelamar untuk mengerjakan tugas kerja sesuai standard dan aturan masing-masing instansi. Tes TKU akan berisi materi soal mengenai bahasa Indonesia dan Inggris, pengetahuan umum, tata negara, kebijakan pemerintah, sejarah, serta falsafah dan ideologi negara.

Umumnya, ada banyak pelamar yang sebenarnya tidak cukup menguasai pengetahuan umum yang dibahas dalam bagian ujian ini. Oleh sebab itu, bagian ini juga banyak menggugurkan kandidat CPNS untuk lulusan SMA. Apabila demikian, bisa mencoba langsung mengerjakan bagian tata negara. Apabia bagian materi tata negara sudah terselesaikan, lanjutkan ke bagian materi yang lain di dalam TKU ini.

3. Tips Mengerjakan Kemampuan Bidang (TKB)

Karena ada lima departemen yang akan menerima CPNS untuk lulusan SMA di semua bagian, maka tes ini juga sering disebut sebagai Tes Kemampuan Bidang 5 Departemen. Dalam tes ini, pelamar akan diuji pengetahuannya mengenai departemen yang dilamarnya. Misalnya, seseorang yang melamar CPNS di bawah Departemen Agama harus mengetahui berbagai hal mengenai Departemen Agama Indonesia.

cpns untuk lulusan sma

4. Tips Menghadapi Wawancara

Apabila pelamar CPNS untuk lulusan SMA sudah berhasil melewati TKU dan TKB, selanjutnya berhak untuk mengikuti sesi wawancara. Sebenarnya, kemungkinan untuk lolos ke status CPNS sudah sangat tinggi apabila sudah sampai di tahap ini. Namun, bagian wawancara ini juga tidak boleh disepelekan, terutama untuk posisi yang banyak peminatnya.

Pelamar harus dapat menjawab atau merespons pewawancara dengan baik. Berikut ini adalah beberapa pertanyaan yang akan muncul, selain juga beberapa pertanyaan tambahan yang tidak dapat ditebak.

a. Pengalaman kerja apa saja yang dimiliki oleh pelamar sebelum akhirnya memutuskan untuk melamar CPNS.
b. Dari pertanyaan pertama di atas, biasanya akan dilanjutkan dengan pertanyaan mengenai alasan kenapa pelamar akhirnya melamar CPNS.
c. Target apa saja yang ingin dicapai oleh pelamar apabila akhirnya diterima sebagai Pegawai Negeri Sipil.
d. Sebutkan kekurangan dan kelebihan pelamar dalam bidang pekerjaan. Mengenai kekurangan, apa solusi yang sedang diusahakan?

Beberapa pertanyaan mengenai kemampuan khusus yang dimiliki pelamar umumnya juga akan ditanyakan, seperti pada bidang musik atau olahraga. Hal itu juga bisa merujuk pada bidang pendidikan. Misalnya, jika pelamar merupakan lulusan SMA jurusan IPA, pewawancara akan bertanya mengenai hal-hal seputar ilmu sains. Agar lancar menghadapi wawancara, persiapkan hal-hal berikut.

a. Pelajari hal-hal mengenai departemen yang menaungi bagian yang dilamar. Misalnya, jika kita melamar CPNS untuk lulusan SMA yang dinaungi oleh Departemen Keuangan Indonesia, maka pastikan tahu mengenai struktur departemen tersebut. Selain itu, ketahui hal-hal dasar seperti kondisi ekonomi Indonesia, sumber pendapatan negara, dan lainnya.

b. Meskipun pewawancara akan memperhatikan apa yang akan kita jawab, tetapi penampilan juga tidak kalah penting. Cukup berpenampilan rapi dan tidak berlebihan. Yang utama, pastikan wajah atau badan terlihat sehat. Hal ini penting karena membuktikan kesiapan mental pelamar.

c. Berbicara dengan tenang, sistematis, dan jelas. Gaya bicara tenang akan sia-sia apabila pelafalan yang dilakukan tidak baik atau inti jawaban tidak sistematis. Jangan terlalu banyak juga menggunakan istilah asing, apalagi bahasa Inggris. Kecuali diminta untuk menggunakan bahasa Inggris, lebih pilihlah bahasa Indonesia.

d. Budaya yang dibangun oleh Pegawai Negeri Sipil adalah kedisiplinan dan produktif, bukan menciptakan ide-ide baru. Hal itu bukan rahasia lagi. Oleh sebab itu, tidak perlu memamerkan sudut pandang baru dan keinginan mengubah hal-hal yang sudah ada walaupun sebenarnya itu adalah hal yang baik.

e. Jika pewawancara mengakhiri sesi dengan tawaran pertanyaan, maka berikan setidaknya satu pertanyaan. Hal ini menjadikan kita wajib mempersiapkan pertanyaan untuk digunakan nantinya. Berilah pertanyaan yang “memuji” departemen dan bukan pertanyaan “menyerang” kekurangan departemen.

Cara Penilaian Tes Seleksi CPNS

Tentu saja ada penilaian Psikotes, TKU, dan TKB tidak dilakukan secara sembarangan. Karena ujiannya menggunakan sistem CAT, maka penilaiannya pun akan secara otomatis dapat dilihat begitu pengerjaan soal diselesaikan. Sistem aplikasi akan menghitung bagian soal yang dijawab benar, bagian soal yang dijawab salah, dan bagian soal yang tidak dijawab.

Perlu diketahui bahwa penilaian dalam soal ujian CPNS ini menggunakan peraturan di mana jawaban benar akan diberi 5 poin, sementara soal yang tidak dijawab dan soal yang dijawab salah akan mendapat poin 0. Oleh karena itu, pastikan untuk menjawab semua soal, meskipun mencoba keburuntungan.

Dalam setiap bagian yang berisi 40 soal, poin maksimal yang mungkin didapatkan oleh pelamar adalah 200 poin. Sementara jika ditotal poin pada tiga bagian, yaitu bagian psikotes, TKU, dan TKB maka akan diperoleh 600 poin. Kita tidak bisa serta merta melihat jumlah poin yang didapatkan. Kita harus mengetahui passenggrade di setiap bagian.

Misalnya, apabila kita mendapatkan poin total 450 bisa saja tidak lolos sementara yang hanya mendapatkan total poin 350 justru dapat lolos ke tahap selanjutnya. Hal itu terjadi apabila ada bagian soal yang tidak memenuhi passenggrade. Misalnya, dari 450 poin tersebut berasal dari 50 psikotes, 200 TKU, dan 200 TKB. Karena passenggrade psikotes 55 (misalnya), maka peserta dinyatakan tidak lolos.

Sementara itu, apabila total 350 poin didapatkan dari 110 psikotes, 120 TKU, dan 120 TKB (dengan asumsi passenggrade di masing-masing bagian adalah 100) justru akan lolos. Hal ini membuktikan pentingnya bahwa kita hanya perlu untuk mengerjakan secukupnya di semua bagian, untuk menghindari kehabisan waktu dan justru meninggalkan satu bagian soal.

Meskipun begitu, pada akhirnya hanya akan diambil sebanyak 3 peringkat terbaik untuk dapat masuk ke sesi selanjutnya. Pemeringkatan tersebut dilihat dari total poin yang didapatkan. Dengan kata lain, meskipun kita lolos passenggrade, tatapi kalah nilai dengan orang lain, kita akan digugurkan.

Itulah tadi penjelasan mengenai Calon Pegawai Ngeri Sipil, langkah pendaftaran, syarat melamar CPNS untuk lulusan SMA, dan bagian-bagian soal yang akan muncul serta tips mengerjakannya. Untuk mempersipkan ujian CPNS lebih matang, kamu bisa mengikuti kursus CPNS yang kini sudah banyak di kota-kota besar seluruh Indonesia.

(Visited 5 times, 1 visits today)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *