cpns kemendikbud

Inilah Rincian Formasi CPNS Kemendikbud Yang Sering Dibuka

Posted on

CPNS Kemendikbud – Kemendikbud atau biasa disebut dengan kementerian pendidikan dan kebudayaan merupakan salah satu kementerian pemerintah pusat Republik Indonesia yang sering membuka lowongan cpns setiap kali ada pembukaan.

Jika lowongan formasi cpns hanya ditawarkan secara terbatas oleh pemerintah daerah dan beberapa kementerian, maka kementerian pendidikan dan kebudayaan setiap pembukaan lowongan cpns akan menawarkan formasi dari 50 hingga 100 kursi.

Faktor utamanya adalah pegawai kemendikbud atau biasa disebut dengan cpns kemendikbud adalah organ negara yang mengurusi nyaris 90% bidang pendidikan dan kebudayaan di negara ini. Baik di tingkat koordinasi dari sekolah dasar, sekolah menengah, sekolah menengah atas dengan pemerintah daerah. Maupun operasional lapangan melalui berbagai kantor operasional di daerah.

Walaupun jenjang sekolah dasar hingga sekolah menengah telah dialihkan ke provinsi dan kota kabupaten, tetapi soal penganggaran bantuan operasional sekolah (bos), tunjangan sertifikasi guru, biaya sertifikasi guru hingga gaji guru yang berstatus cpns kemendikbud maupun pns kemendikbud tetaplah diurus oleh pegawai kemendikbud.

Selain itu kemendikbud juga mengurusi fungsi kebudayaan di Indonesia dari sabang sampai merauke. Di setiap provinsi, balai arkeologi, sejarah dan antropologi merupakan kantor operasional daerah yang dibawah naungan kemendikbud. Ini berarti bahwa cpns kemendikbud tidak hanya bertugas di jakarta tetapi juga bertugas di daerah-daerah.

Apa itu cpns kemendikbud?

cpns kemendikbud

Cpns kemendikbud adalah calon pegawai yang akan bertugas dan berdinas di kemendikbud jakarta, atau formasi tertentu yang dipilih untuk bertugas di kantor operasional daerah (semisal balai arkeologi, museum atau balai dinas sejarah).

Jumlah pegawai kemendikbud di jakarta saja mencapai ratusan orang, berarti jika di tambah satu (ini baru satu saja), balai arkeologi di 32 provinsi di Indonesia, maka bisa dijumlahkan ada sekitar seribuan pegawai kemendikbud di Indonesia. Belum termasuk dengan balai nilai sejarah dan tradisional serta balai antropologi dan museum.

Fakta ini tidak mengherankan kenapa pembukaan cpns kemendikbud setiap tahunnya selalu ada, karena jumlah pegawai kemendikbud yang besar setiap tahunnya akan diiringi dengan masa pensiun yang banyak dan kekurangan pegawai yang harus terus diisi.

Karena membawai bidang pendidikan dan kebudayaan, maka cpns kemendikbud sebagian besar sekitar 90% adalah lulusan sarjana di bidang sosial humaniora atau ilmu budaya. Sementara sisanya 10% adalah pegawai pranata administrasi seperti pranata komputer, pranata sekretaris, pranata bidang hukum hingga tugas tugas teknis lainnya.

Baca Juga  Belajar Bahasa Inggris Bisnis dan Pilihan Tempat Kursus

Tugas, pokok dan fungsi kemendikbud

Apa saja tugas pokok dan fungsi kementerian pendidikan dan kebudayaan? Jika anda ingin melamar cpns kemendikbud, maka memahami tupoksi (tugas, pokok dan fungsi) kemendikbud adalah hal mendasar yang harus anda pahami, biasanya akan ditanyakan pada saat seleksi skd, skb atau wawancara.

Seorang cpns kemendikbud harus paham bahwa kemendikbud adalah tangan kanan negara dalam mengurusi bidang pendidikan dasar dan menengah hingga bidang kebudayaan. Ini berarti seorang cpns kemendikbud akan bertugas mengontrol jalannya operasional pendidikan di Indonesia serta fungsi penerangan dan operasional pengawasan seni budaya di Indonesia.

Kemampuan ini akan dikerjakan cpns kemendikbud yang tentunya sedari awal mendaftar sudah diminta untuk menunjukkan kemampuannya di bidang sosial humaniora atau ilmu budaya. Para cpns kemendikbud yang bekerja di sub-bidang pendidikan biasanya akan disyaratkan gelar sarjana pendidikan di bidang pelajaran tertentu.

Sementara bagi cpns kemendikbud yang akan bertugas di balai arkeologi, balai sejarah, museum sejarah hingga pengawasan di daerah akan disyaratkan memiliki gelar di bidang sejarah, sosial, antropologi, humaniora, arkeologi, linguistik, sastra atau bidang teknis terkait seperti arsip, hukum dan komputer.

Berikut rincian beberapa jurusan yang biasanya diminta ketika ada pembukaan cpns kemendikbud:

1. Sarjana pendidikan (biasanya secara spesifik akan ditentukan sarjana pendidikan sejarah, sarjana pendidikan kewarganegaraan, sarjana pendidikan sosiologi, sarjana pendidikan antropologi, atau sarjana pendidikan bahasa inggris). formasi cpns kemendikbud yang terkait biasanya adalah guru guru ahli pertama yang formasinya biasanya diambil pemerintah daerah. Akan tetapi nantinya anda sebagai guru tetap akan mendapat hak tunjangan profesi dan uji kompetensi guru dari kemendikbud.

2. Sarjana pendidikan atau sarjana bahasa asing (secara spesifik biasanya diminta sarjana pendidikan bahasa indonesia atau pendidikan bahasa inggris). formasi cpns kemendikbud yang akan ditempatkan di sekolah indonesia luar negeri di bawah naungan kemendikbud.

3. Selanjutnya adalah sarjana ilmu murni spesifik di bidang sejarah, sosiologi, antropologi, arkeologi, linguistik atau sastra yang akan ditempatkan dalam formasi cpns kemendikbud sebagai peneliti di balai arkeologi, sejarah dan museum di daerah. Beberapa museum di daerah masih berada di bawah kontrol kemendikbud misalnya adalah museum benteng vredebug di Jogjakarta.

4. Selanjutnya formasi cpns kemendikbud biasanya akan meminta syarat spesifik di bidang komputer atau ilmu hukum untuk pranata komputer atau ahli hukum yang akan ditempatkan di kantor kemendikbud jakarta.

5. Pada bagian akhir, cpns kemendikbud juga menawarkan posisi bagi lulusan S2 ataupun S3 di bidang manajemen, sosial humaniora atau ilmu budaya untuk posisi widyaiswara. Apa itu widyaiswara? Ini adalah posisi pelatih di pudiklat kemendikbud untuk bidang bidang strategis semacam asesor, tutor dan juga peneliti.

Baca Juga  Inilah Tempat Kursus IELTS Jakarta Pilihan

Formasi CPNS Kemendikbud yang sering dibuka

Nah, agar memudahkan peta strategi anda dalam melamar cpns kemendikbud. Berikut adalah formasi yang seringkali di buka dengan rincian paling atas jumlah prosentasenya paling besar dibuka setiap tahunnya:

1. Formasi cpns kemendikbud paling sering dibuka adalah posisi guru, baik guru di pemerintah daerah (dengan gaji pemerintah daerah, tetapi tunjangan profesi dan bos dari kemendikbud). maupun posisi guru di sekolah indonesia luar negeri. Prosentasi ini biasanya nyaris 60% setiap pembukaan cpns.

2. Prosentase selanjutnya adalah 30% cpns kemendikbud yang bertugas di balai balai daerah sebagai peneliti antropologi, sejarah, sosial budaya, arkeologi maupun peneliti di jakarta.

3. Sementara sisanya masing-masing 10% menjadi 20% adalah formasi cpns kemendikbud untuk posisi pranata umum, pranata komputer, pranata administrasi dan juga widyaiswara (khusus untuk ijazah s2 dan s3).

4. Kenapa dosen tidak masuk kedalam formasi kemendikbud? Sejak lama posisi dosen atau perguruan tinggi telah dipindahkan ke kementerian riset dikti atau kementerian yang membidangi urusan pendidikan tinggi.

cpns kemendikbud

Syarat syarat mendaftar CPNS kemendikbud

Jika anda berminat untuk mendaftar cpns kemendikbud yang terus akan dibuka setiap tahunnya atau dua tahun sekali. Akan lebih baik anda menyiapkan berkasnya dari jauh-jauh hari. Nantinya ketika pengumuman sudah dibuka dan bisa membuat akun di website badan kepegawaian negara anda tinggal menguploadnya:

1. Syarat utama cpns kemendikbud adalah ijazah yang sesuai dengan formasi yang anda lamar. Sesuai dengan yang dijelaskan di atas, jika anda ingin mendaftar posisi guru maka scan ijazah pendidikan wajib diupload beserta dengan transkrip nilainya.

2. Pastikan akreditasi kampus anda telah terverifikasi oleh badan akreditasi nasional perguruan tinggi. Bisa dibuktikan dengan screenshot website di BAN PT atau copy sertifikat dari kampus anda.

3. Surat surat keterangan yang meliputi surat keterangan sehat, surat keterangan bebas narkoba serta surat keterangan tidak terlibat organisasi terlarang.

4. Cpns kemendikbud harus taat dengan pancasila, uud 1945, nkri serta tidak pernah dipecat dari pekerjaan baik di lembaga negara maupun institusi swasta.

(Visited 23 times, 1 visits today)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *