cpns kemenag

Cara Membaca Hasil SKD CPNS Kemenag

Posted on

CPNS KEMENAG – Kementerian agama republik Indonesia adalah salah satu lembaga negara di tingkat pusat yang sering membuka formasi CPNS di tahun-tahun sebelumnya dan tahun sekarang ini.

Alasan mendasar CPNS Kemenag selalu dibuka karena adanya gelombang pensiun setiap tahunnya, serta wilayah kerja kementerian agama yang terbentang dari sabang sampai merauke hingga jenjang pendidikan dari madrasah hingga perguruan tinggi.

Inilah yang menjadi jawaban mengapa formasi CPNS Kemenag selalu lebih variatif ketimbang dengan cpns formasi kementerian lain. Jika anda bandingkan CPNS Kemenag dengan CPNS Kemendikbud, maka perbedaannya bisa dilihat secara tajam.

Formasi cpns kemendikbud biasanya bberada di rentang formasi analis jabatan, beberapa guru dan beberapa peneliti. Sementara jika anda lihat formasi cpns kemenag maka akan ditemukan formasi guru, formasi dosen, formasi peneliti dan formasi pejabat struktural. Banyak sekali kan? Belum ditambah formasi penyuluh bidang agama.

Pembukaan formasi cpns kemenag yang banyak ini karena kemenag memiliki kantor wilayah kementerian agama di 32 provinsi di Indonesia dimana masing-masing mengawasi sekolah agama dan juga mengawasi rekrutmennya.

Belum termasuk dengan kampus-kampus PTKIN atau kampus kampus perguruan tinggi islam negeri dan perguruan tinggi kristen atau katolik yang dimiliki oleh kementerian agama. Seluruh staf, pengajar dan formasi yang dibuka melalui PTKIN atau sejenisnya harus melalui kementerian agama.

Formasi CPNS Kemenag Yang Sering Dibuka

cpns kemenag

Karena menaungi banyak bidang, banyak departemen dan banyak sektor sektor yang berhubungan dengan wilayah kerjanya terkait dengan urusan keagamaan, maka berikut ini adalah formasi cpns kemenag yang sering ditawarkan kepada publik. Anda bisa mempersiapkan untuk pendaftarannya setiap tahunnya:

1. Guru, baik guru madrasah aliyah negeri atau madrasah aliyah khusus merupakan formasi cpns kemenag yang paling sering dibuka. Tugas pokok dan fungsi guru di bawah naungan kantor wilayah kementerian agama ini akan bekerja sesuai dengan formasi yang anda lamar, misal anda melamar guru agama Islam di MAN 1 Kediri, maka akan ditempatkan disana untuk mengajar pendidikan agama Islam.

2. Dosen di perguruan tinggi keagamaan negeri, misalnya adalah dosen di IAIN, UIN atau perguruan tinggi sejenisnya. Merupakan formasi cpns kemenag kedua yang sering dibuka. Formasi ini bahkan bisa lebih banyak ketimbang formasi cpns kemenristekdikti yang menaungi kampus-kampus negeri. Karena formasi cpns kemenag untuk dosen mengajar di kampus, maka syarat utamanya harus berijazah s2 atau s3.

3. Analisis kepegawaian adalah formasi cpns kemenag selanjutnya yang sering dibuka, baik bekerja di kementerian agama pusat (jakarta) atau ditempatkan di daerah daerah kantor wilayah terkait. Analisis kepegawaian ini adalah pejabat strukturral administrasi yang membantu tugas pokok operasional kementerian agama.

4. Peneliti dan widyaiswara adalah formasi cpns selanjutnya yang juga sering dibuka. Di tempatkan di pusdiklat atau balai penelitian kementerian agama baik di jakarta, semarang atau beberapa daerah lainnya.

5. Penyuluh keagaaman ini juga merupakan bagian dari cpns kemenag yang sering dibuka untuk umum. Biasanya syarat yang diminta adala mereka yang merupakan lulusan sarjana pendidikan agama Islam atau terkait untuk menjadi juru dakwah atau petugas di kantor kantor agama di struktur yang lebih kecil.

Baca Juga  Pengertian dan Keuntungan Kursus Desain Grafis

Tipe-Tipe Ijazah Yang Dibutuhkan Pada Seleksi Pendaftaran CPNS Kemenag

Penggolongan ini akan memudahkan anda untuk mendaftar formasi cpns kemenag yang sesuai dan cocok dengan karakter atau tipe ijazah yang anda punya:

1. Jika anda mempunyai ijazah s2 atau ijazah s3, maka bisa melamar posisi dosen atau widyaiswara ataupun peneliti di formasi cpns kemenag. Formasi ini harus disesuaikan dengan disiplin ilmu yang dibutuhkan. Jika anda alumni ilmu hadist biasanya hanya diperbolehkan melamar rekrutmen dosen ilmu hadist, sementara untuk widyaiswara dan peneliti lebih fleksibel.

2. Jika anda mempunyai ijazah s1, maka formasi cpns kemenang yang akan anda lamar biasanya jauh lebih banyak seperi guru di madrasah, penyuluh keagamaan ataupun analisis kepegawaian. Yang perlu anda lakukan adalah menyesuaikan syarat yang diminta dengan ijazah yang anda miliki, jangan sampai salah memahami persoalan syarat syarat dalam seleksi cpns kemenag.

Tahapan Seleksi CPNS Kemenag

cpns kemenag

Tahapan seleksi cpns kemenag sama halnya dengan tahapan seleksi umum, namun anda perlu memperhatikan beberapa hal berikut ini agar tidak ketinggalan:

1. Tahapan administrasi biasanya banyak diremehkan. Biasanya hanya upload berkas dan kemudian isi fomulir lalu tinggal menunggu verifikasi. Kesalahan terbanyak dalam proses ini di cpns kemenag adalah jenjang ijazah yang diminta tidak sesuai. Misalnya syarat utamnya harus S1 Komunikasi Penyiaran Islam, tetapi pelamar S1 Tafsir Hadist masih saja ngeyel mendaftar. Ini bisa langsung gugur di tahap awal.

2. Tahapan seleksi kompetensi dasar (SKD) dan seleksi kompetensi bidang (SKB). sistem seleksi ini berbasis CAT dengan komputer yang tersambung dengan internet, sehingga hasil yang anda ketahui akan langsung keluar dan bisa menjadi penentu apakah anda lolos ke tahap selanjutnya atau tidak.

3. Tahapan selanjutnya biasanya adalah wawancara. Pada seleksi cpns kemenag ini seleksi wawancara biasanya untuk menjaring minat dan kapasitas kepribadian calon pelamar untuk melihat sejauh mana motivasi bekerja menjadi pns.

4. Akan tetapi satu hal yang mesti anda perhatikan, seleksi wawancara cpns kemenag ini juga menjadi jaring seleksi calon-calon yang memiliki pemikiran keagamaan ekstrim, radikal dan anti pemerintahan akan langsung tercoret dengan sendirinya. Rekrutmen cpns kemenag tidak akan mentolerir karakter pelamar dengan tipe tipe seperti di atas, dipastikan akan langsung dicoret.

5. Selanjutnya bagi mereka yang melamar posisi guru dan dosen cpns kemenag ada proses yang dinamakan seleksi mengajar atau micro teaching yang menjadi penilaian proses ajar mengajar di kelas.

6. Tahapan setelah wawancara, para cpns kemenag yang lolos akan diberikan surat undangan untuk pemberkasan, pemberkasan ini adalah hal yang wajib untuk mengkonfirmasi apakah anda benar benar memiliki dokumen dokumen yang sah yang anda miliki.

7. Setelah dari pemberkasan, para calon pns akan diberikan proses pendidikan dan latihan di pusdiklat kementerian agama, menjalani serangkaian training dan kemudian dikukuhkan sebagai calon pegawai negeri sipil. Setahun kedepan akan bekerja dan dievaluasi untuk diangkat menjadi pegawai negeri sipil.

Baca Juga  Inilah Rincian Formasi CPNS Kemendikbud Yang Sering Dibuka

Cara Membaca Hasil SKD CPNS Kemenag

Nah, pada bagian akhir ini, adalah informasi tambahan mengenai cara membaca hasil seleksi SKD dan SKB Formasi cpns kemenag yang seringkali beberapa orang masing bingung cara memahaminya.

1. Tes SKD maupun SKB merupakan angka passing grade yang akan menentukan apakah anda akan lolos pada tahap seleksi selanjutnya, masuk ke dalam tiga besar, atau tidak masuk sama sekali. Peringkatan ini bertujuan untkuk mengambil 30% pelamar atau tiga besar yang akan masuk ke proses seleksi selanjutnya.

2. Bagi anda yang pernah mengikuti seleksi SKD atau SKB tahun sebelumnya bisa memakai hasilnya untuk diikutkan dalam proses perangkingan yang dilakukan dalam seleksi cpns kemenag tahun selanjutnya.

(Visited 3 times, 1 visits today)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *