coworking space surabaya

Pilihan Nyaman Bekerja di Coworking Space Surabaya

Posted on

Coworking Space Surabaya – Akhir-akhir ini telah terjadi perubahan tren bekerja di kota-kota besar, dimana banyak orang senang bekerja di ruang sewaan yang digunakan bersama-sama. Tempat kerja yang disebut coworking space tersebut di Indonesia memang relatif masih baru.

Tapi konsepnya sebenarnya sudah ada sejak 2005, yaitu saat perusahaan developer Amerika bernama Brad Neuberg menggunakan tempat kerja yang dinamakan coworking space. Selain sebagai kantor, tempat kerja tersebut juga digunakan untuk makan siang, meditasi, dan bersepeda.

Lalu apa sebenarnya pengertian coworking space itu?

coworking space surabaya

Coworking space atau ruang bersama bisa diartikan sebagai sebuah tempat dimana tiap orang dari pekerjaan atau perusahaan yang berbeda-beda bekerja di satu tempat. Jadi perbedaan utama dengan “kantor biasa” terletak pada latar belakang orang yang datang dari berbagai macam perusahaan atau organisasi.

Coworking space sendiri berkonsep open space, sehingga tidak ada sekat yang memisahkan antar individu atau komunitas. Mereka bisa berinteraksi secara langsung satu dengan lainnya.

Dan pengguna coworking ternyata tidak hanya perusahaan saja, tapi ada banyak freelancer atau individu lebih suka bekerja di coworking space. Mereka memang bisa saja bekerja di rumah, tapi mereka memutuskan datang ke coworking space karena memerlukan tempat yang memacu semangat kerja tapi tetap asyik dan santai.

Manfaat coworking space

Oke, sepertinya kita semua sudah paham apa itu coworking space. Selanjutnya, apa sih untungnya bekerja di coworking space? Dan alasan apa yang membuat kita harus bekerja di coworking space dibanding kantor konvensional?

  1. Relasi lebih luas

Harus diakui konsep open space dan banyaknya enterpreneur berkumpul membuat coworking space menjadi tempat yang pas untuk memperluas jaringan. Ada pebisnis pemula, profesional, desainer, pekerja lepas, blogger, dan juga mahasiswa.

Kita juga bisa bertemu dengan banyak orang dengan latar belakang usaha yang berbeda-beda. Dengan seringnya berdiskusi dan bertukar pikiran, tidak mustahil ada yang bisa diajak berkolaborasi dalam mengembangkan usaha. Obrolan singkat seringkali memunculkan ide yang tidak terpikirkan sebelumnya.

Baca Juga  Meeting Room Surabaya Cocok untuk Milenial Rapat

2. Lebih hemat biaya

Dapat dipastikan bekerja di coworking space akan menghemat biaya. Bayangkan berapa budget yang harus disiapkan perusahaan untuk menyewa kantor konvensional? Biaya akan membengkak kalau kantor tersebut berlokasi di kota besar seperti Jakarta atau Surabaya. Belum lagi biaya listrik, internet, hingga kebersihan kantor.

Nah kalau kita mau menyewa coworking space Surabaya, satu privat office bisa disewa dengan tarif 1,7 Juta hingga 2 Juta-an. Dengan biaya segitu, member sudah sudah bisa mendapat fasilitas meja kursi yang cukup untuk beberapa orang, wifi, ruang lounge, resepsionis, layanan kebersihan, sampai meeting room gratis.

Sedangkan bagi individu, mereka bisa menyewa coworking space yang tarif hariannya di bawah 50 ribu. Nah masih lebih murah dibanding seharian numpang bekerja di cafe kan?

3. Sharing knowledge

Satu lagi manfaat bekerja di coworking space yang tidak bisa dinilai dengan uang adalah kita bisa mendapat tambahan pengetahuan dari member yang background pendidikan dan pengalaman kerjanya berbeda-beda. Walaupun kita termasuk tipe introvert, lingkungan kerja yang terbuka bisa mengubah menjadi orang yang supel.

Sudah pasti hubungan seperti ini saling menguntungkan. Kalau kita tidak tahu mengenai sesuatu, kita bisa bertanya pada member lain yang lebih berilmu.

4. Lebih termotivasi

Bagi enterpreneur mandiri atau pekerja lepas, bekerja tanpa partner bisa membuat kita merasa kesepian. Karena memang sudah sifat manusia untuk bersosialisasi dan terhubung dengan orang lain. Nah dengan bekerja di coworking space, kita bisa bertemu dengan member lain yang bisa memberikan motivasi lebih.

5. Fleksibel

Menyewa coworking space membuat kita bisa bekerja di tempat yang lebih fleksibel. Karena pengelola biasanya menawarkan sewa bulanan, bahkan ada yang harian lho. Ikatan dalam jangka waktu pendek membuat kita lebih mudah berpindah dari satu coworking space satu ke tempat lainnya.

6. Fasilitas komplet

Jangan salah ya, ada banyak coworking space yang menyediakan fasilitas yang tidak kalah dengan perkantoran lho. Selain tempat kerja yang nyaman, kita bisa memanfaatkan internet dan meeting room yang disediakan pengelola.

Bahkan ada yang menyediakan tenaga resepsionis yang akan membantu surat menyurat perusahaan. Sudah pasti tarif sewanya sebanding dengan fasilitas yang diberikan.

7. Lebih menyegarkan

Bekerja di kantor konvensional membuat kita berada di ruangan yang sama dan bertemu dengan orang yang sama dalam jangka waktu lama. Suasana seperti itu cenderung membosankan.

Nah suasana kerja di coworking space benar-benar berbeda. Kita dengan mudah menemukan suasana baru atau bertemu dengan orang-orang berbeda.

Coworking space yang bagus juga memberikan berbagai fasilitas yang menyegarkan otak seperti taman di dalam ruangan, pemandangan yang unik, serta meja kursi yang nyaman.

Dengan suasana yang dinamis seperti itu, tidak heran kalau kreativitas lebih mudah terpacu. Akibat positifnya, produktivitas kerjapun akan meningkat.

8. Memisahkan urusan kerja dan rumah tangga

Bekerja di rumah memang menyenangkan. Tapi terlalu lama bekerja di rumah juga membuat jenuh lho. Belum lagi kalau pekerjaan terganggu gara-gara ada urusan rumah yang tidak bisa ditinggalkan. Misalnya anak rewel, istri minta diantar ke pasar, tetangga minta bantuan, dll.

Nah bekerja di coworking space surabaya akan membuat kita lebih fokus pada pekerjaan. Dan ini pastinya membuat klien lebih puas pada tugas yang diberikan pada kita.

Baca Juga  Menjalankan Usaha dari Virtual Office Surabaya Dengan Mudah

Siapa saja yang bisa berkantor di coworking space

Selama ini coworking space identik dengan perusahaan rinitisan atau startup. Anggapan yang tidak salah, karena pengusaha startup memang menginginkan tempat kerja yang fleksibel dan tidak menguras budget terlalu banyak. Bahkan lebih dari 80% pengguna coworking space merupakan perusahaan startup.

Tapi sebenarnya coworking space bisa lebih dari itu. Bagi siapa saja yang ingin bekerja di tempat berbiaya murah, mereka bisa memanfaatkan coworking space. Misalnya freelancer, remote workers, wiraswastawan, penulis, desainer, atau dosen dan mahasiswa yang ingin merasakan suasana kerja berbeda.

Tidak itu saja, pebisnis konvensionalpun juga bisa menjadikan coworking space surabaya sebagai tempat diskusi atau pertemuan dengan klien.

Bahkan banyak yang meyakini kalau konsep coworking space ini akan menjadi kantor masa depan. Karena para karyawan yang bekerja di kantor konvensional cenderung cepat bosan dan kinerja yang menurun. Nah konsep coworking space menawarkan keleluasaan dalam bekerja, sehingga lebih enjoy melakukan tugasnya.

Memilih coworking space  surabaya yang nyaman

coworking space surabaya

Banyaknya perusahaan startup di kota Surabaya membuat coworking space tumbuh subur. Karena itu ada banyak coworking space yang bisa disewa harian, bulanan, atau tahunan. Nah sebelum menentukan coworking space Surabaya, ada baiknya kita perhatikan beberapa hal berikut ini.

• Lokasi

Lokasi pastinya menjadi pertimbangan utama dalam memilih coworking space. Selain lokasi yang strategis, usahakan tidak terlalu jauh dari tempat tinggal tim kita. Lokasi yang susah dijangkau justru berdampak pada kinerja tim yang terganggu

• Lingkungan

Dimanampun bekerja, kita pasti mencari tempat kerja yang nyaman. Karena itu, pilihlah coworking coworking space yang desain dan interiornya membuat kita betah berlama-lama di situ.

Selain itu, usahakan yang bekerja di situ sama-sama orang yang berpikiran kreatif, bersahabat, dan mau berkembang. Sehingga kita bisa saling membantu dan membangun bisnis bersama.

• Fasilitas

Fasilitas yang lengkap dan sesuai kebutuhan akan memudahkan pekerjaan kita. Karena itu, sangat penting untuk cek terlebih dulu fasilitas apa saja yang akan kita dapatkan.

Makin lengkap fasilitas, tarifnyapun makin mahal. Kalau ternyata budget kita minim, tetap saja kita harus memilih coworking yang memberikan beberapa fasiltas standar. Misalnya internet High Speed Internet, meja kursi, loker pribadi, dan printer.

• Tarif

Coworking space biasanya menawarkan beberapa paket dengan tarif sewa yang berbeda-beda. Nah tugas kita adalah memilih yang fasilitasnya sesuai kebutuhan dan tarifnya sesuai budget. Karena itu, tidak ada salahnya untuk teliti dalam menentukan pilihan. Jangan sampai uang yang keluar tidak sesuai dengan manfaat yang didapat.

• Service pengelola

Faktor tambahan yang juga diperhatikan adalah kualitas layanan yang diberikan pengelola. Untuk membuktikan kualitas pelayanannya, mau tidak mau harus datang langsung ke lokasi.

Lalu perhatikan apakah pengelola bersikap ramah, apakah ruangan terjaga kerbersihannya, dll. Siapapun pasti suka dengan coworking space yang memberikan service maksimal.

Nah demikian tadi keuntungan serta hal-hal yang harus diperhatikan dalam memilih coworking space Surabaya. Perubahan mindset orang bekerja membuat coworking space diperkirakan akan terus menjamur. Gimana, sudah menentukan coworking space surabaya pilihan kalian?

(Visited 28 times, 1 visits today)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *