Contoh Presentasi Bahasa Inggris Pembukaan dan Penutup

Posted on

Contoh Presentasi Bahasa Inggris – Untuk melaksanakan presentasi yang baik, kita harus menggunakan kalimat penyampaian yang baik pula. Hal itu tentunya sudah didukung dengan materi yang baik pula. Nah, berikut ini adalah beberapa kalimat presentasi (presentasi bahasa Inggris, contoh presentasi bahasa Inggris, pembukaan presentasi bahasa Inggris, penutup presentasi bahasa Inggris) yang baik untuk digunakan.

Pembukaan dalam Presentasi

Pembukaan adalah bagian terpenting dari presentasi yang kita lakukan. Bagian ini merupakan kesan pertama yang kita buat kepada audiens. Oleh sebab itu, bagian ini merupakan kesempatan pertama untuk membuat mereka percaya dan segera mendengarkan kita.

Baca juga ” Cara Mendapatkan Beasiswa S2 Luar Negeri

Pembukaan (presentasi bahasa Inggris, contoh presentasi bahasa Inggris, pembukaan presentasi bahasa Inggris, penutup presentasi bahasa Inggris) dapat kita lakukan secara singkat dengan salam. Namun, supaya lebih menarik, dapat juga kita lakukan dengan beberapa tahap tuturan, yaitu:

I. Sambut Audience dan Perkenalan

Presentasi sebaiknya dimulai dengan sambutan hangat dan perkenalan diri. Itu karena tentu saja semua orang yang hadir ingin tahu siapa kita yang sedang bicara. Dalam hal ini, kita harus menyebutkan nama, posisi pekerjaan, atau keahlian.

Beberapa contoh kalimat pembukaan (presentasi bahasa Inggris, contoh presentasi bahasa Inggris, pembukaan presentasi bahasa Inggris, penutup presentasi bahasa Inggris) yang bisa digunakan adalah sebagai berikut:

1. Welcome to (…nama perusahaan atau acara…). My name is (…nama…) and I am the (…informasi jabatan atau latar belakang pekerjaan…).
2. Thank you for coming today. I’m (…nama…) and I’m looking forward to talking with you today about (…topik kita…).
3. Good afternoon / morning ladies and gentlemen. I’d like to quickly introduce myself. I am (…nama…) from (…perusahaan atau posisi…). (digunakan untuk gaya formal)
4. On behalf of (…nama perusahaan…), I’d like to welcome you today. For those of you who don’t already know me, my name is (…nama…) and I am (…jabatan atau latar belakang pekerjaan…) (digunakan untuk gaya formal)
5. Hi everyone. I’m (…nama dan latar belakang…), I’m glad to be here with you today. Now let’s get started. (untuk gaya informal)

II. Ambil Perhatian Audience
Ketika melakukan presentasi (presentasi bahasa Inggris, contoh presentasi bahasa Inggris, pembukaan presentasi bahasa Inggris, penutup presentasi bahasa Inggris), sangat baik untuk kita menarik perhatian di awal. Hal itu bisa dilakukan dari kalimat-kalimat berikut:

1. Did you know that (…masukkan fakta menarik atau pernyataan mengejutkan…)?
2. Have you ever heard that (…masukkan fakta menarik atau pernyataan mengejutkan…)?
3. Before I start, I’d like to share a quick story about (…ceritakan kisah kita…)…
4. I remember (…ceritakan kisah, pengalaman, atau ingatan kita…)…
5. When I started preparing for this talk, I was reminded of (…ceritakan kisah kita, bagikan kutipan atau pengalaman kita…)…

Baca Juga  Profil Lengkap Universitas Warwick

III. Jelaskan Secara Singkat Mengenai Tujuan atau Topik Presentasi
Beri kejelasan kepada audiens mengenai topik atau tujuan utama dari presentasi (presentasi bahasa Inggris, contoh presentasi bahasa Inggris, pembukaan presentasi bahasa Inggris, penutup presentasi bahasa Inggris) kita. Hal ini menunjukkan seberapa penting informasi yang akan kita sampaikan dan seberapa berhubungannya dengan audience.

1. This morning I’d like to present our new (…produk atau layanan…).
2. Today I’d like to discuss (…topik…)
3. Today I’d like to share with you (…topik…)
4. What I want to share with you is (…topik…)
5. My goal today is to help you understand (…topik…)
6. During my talk this morning/afternoon, I’ll provide you with some background on (…topik utama…) and why it is important to you.
7. I will present my findings on (…topik…)
8. By the end of my presentation, I’d like for you to know (…topik…)
9. I aim to prove to you / change your mind about (…topik…)
10. I’d like to take this opportunity to talk about (…topik…)
11. As you know, this morning/afternoon I’ll be discussing (…topik…)

Selain memberitahu mengenai topik yang akan dibicarakan, kita juga dapat memberitahu bagian-bagian presentasi (presentasi bahasa Inggris, contoh presentasi bahasa Inggris, pembukaan presentasi bahasa Inggris, penutup presentasi bahasa Inggris). Beberapa kalimat yang bisa digunakan adalah sebagai berikut.
12. First, I’m going to present (…bagian topik…) Then I’ll share with you (…bagian topik…) Finally, I’ll ask you to (…bagian topik…)
13. The next thing I’ll share with you is (…bagian topik…)
14. In the next section, I’ll show you (…bagian topik…)
15. Today I will be covering these 3 (or 5) key points (…bagian topik…)
16. In this presentation, we will discuss/evaluate (…topik…)
17. By the end of this presentation, you’ll be able to (…bagian topik…)
18. My talk this morning is divided into (…number…) main sections. First, (…bagian topik…) second, (…bagian topik…) third (…bagian topik…) and Finally(…bagian topik…)

contoh presentasi bahasa inggris

IV. Ingatkan Kapan Sesi Pertanyaan Dimulai
Dalam setiap presentasi, tentu akan ada audience yang ingin bertanya. Nah, hal ini bisa kita persiapkan sejak awal (presentasi bahasa Inggris, contoh presentasi bahasa Inggris, pembukaan presentasi bahasa Inggris, penutup presentasi bahasa Inggris) dimulai.

Untuk itu, sebelum presentasi dimulai, silakan gunakan beberapa kalimat (presentasi bahasa Inggris, contoh presentasi bahasa Inggris, pembukaan presentasi bahasa Inggris, penutup presentasi bahasa Inggris) berikut ini.
Contoh:

1. If you have any questions, please don’t hesitate to interrupt me(Jika Anda memiliki pertanyaan, jangan ragu mengganggu saya). I’m happy to answer any questions as we go along(Saya senang menjawab pertanyaan apa pun saat kita melanjutkan).
2. Feel free to ask any questions, however, I do ask that you wait until the end of the presentation to ask(Jangan ragu untuk bertanya, namun saya meminta Anda menunggu sampai akhir presentasi untuk bertanya).
3. There will be plenty of time for questions at the end(Akan ada banyak waktu untuk pertanyaan di akhir).
4. Are there any questions at this point? If not, we’ll keep going(Apakah ada pertanyaan pada saat ini? Jika tidak, kami akan terus berjalan).
5. I would be happy to answer any questions you may have now(Saya akan dengan senang hati menjawab pertanyaan apa pun yang mungkin Anda miliki sekarang).

Baca Juga  Contoh Surat Undangan dalam Bahasa Inggris

Penutupan Presentasi
Kita dapat menutup (presentasi bahasa Inggris, contoh presentasi bahasa Inggris, pembukaan presentasi bahasa Inggris, penutup presentasi bahasa Inggris) secara baik dengan beberapa penutupan berikut.

I. Beri Ringkasan
Contoh kalimat (presentasi bahasa Inggris, contoh presentasi bahasa Inggris, pembukaan presentasi bahasa Inggris, penutup presentasi bahasa Inggris) untuk memberi ringkasan adalah sebagai berikut.

1. To quickly recap, I’d like you to remember these key points (…kesimpulan…).
2. In conclusion, (…kesimpulan…).
3. I’d like to bring this presentation to a close with (…kesimpulan…).
4. I’d like to close this talk with (…kesimpulan…).
5. This concludes [judul presentasi] so let’s move on to the final comments.

II. Berterima Kasih pada Audience
Contoh kalimat (presentasi bahasa Inggris, contoh presentasi bahasa Inggris, pembukaan presentasi bahasa Inggris, penutup presentasi bahasa Inggris) untuk berterima kasih adalah sebagai berikut.

6. I sincerely appreciate your attention this evening/ this morning/ today.
7. Thank you so much for your interest and attention.
8. If there is one thing I would like you to remember from today’s presentation it’s (..kesan baik…)

III. Menyebutkan Kontak Informasi
Contoh kalimat (presentasi bahasa Inggris, contoh presentasi bahasa Inggris, pembukaan presentasi bahasa Inggris, penutup presentasi bahasa Inggris) untuk menyebutkan kontak informasi adalah sebagai berikut.

9. If you would like more information, here is a list of useful link/ resources/ websites.
10. If anyone who like more information or has questions, please feel free to contact me at (…tambahkan kontak informasi…)
11. Here is a list for further reading on this topic. (tambahkan kontak berupa alamat web atau selembaran kertas)

Itulah tadi contoh kalimat presentasi (presentasi bahasa Inggris, contoh presentasi bahasa Inggris, pembukaan presentasi bahasa Inggris, penutup presentasi bahasa Inggris) yang sering digunakan.

(Visited 9 times, 2 visits today)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *