contoh kalimat present continuous tense

Pengertian Dan Contoh Kalimat Present Continues Tense

Posted on

Contoh Kalimat Present Continues Tense- Present Continious Tense adalah sebuah tense yang menerangkan kondisi faktual saat ini. Biasanya menggunakan kata kerja is, am, are. Tergantung dengan subyek yang digunakan. Jika subyek yang anda gunakan berbentuk tunggal.

contoh kalimat present continuous tense

Maka menggunakan kata kerja am, ‘m, is atau are. Serta menggunakan bentuk form -ing. Contoh kalimat present continuous tense:

A.I am driving a motorcycle from Jogja to Semarang.

B.She is singing a song with title “Hati yang Terluka”

C.He is taking a bath in the bathroom.

D.They are turning back now!.

E.I’m washing my clothes.

Perhatikan ada beberapa hal yang keliru dilakukan oleh beberapa orang.

Baca Juga  Struktur Dan Pengertian Present Continuous Tense

1.Anda harus memperhatikan subyek yang digunakan. Jika subtyek yang digunakan adalah tunggal seperti aku, dia laki-laki, atau dia perempuan. Maka menggunakan kata kerja is, am, atau ‘m. sementara jika menggunakan subyek singular (banyak).

Seperti they, students, teachers, girls atau subyek-subyek berbentuk jamak. Maka kata kerja yang digunakan adalah “are” sebagai penanda bahwa subyek berbentuk banyak.

2.Penggunaan form -ing dalam contoh kalimat present continious tense. Ini yang sering dilupakan. Present artinya kejadian saat ini. Sementara continuous adalah kejadian yang sedang berlangsung. Jadi bisa dimaknai bahwa present continuous tense adalah menerangkan kondisi kejadian real saat ini yang sedang berlangsung.

Maka, penggunaan form -ing adalah wajib. Seperti: drive menjadi driving. Wash menjadi washing, clean menjadi cleaning. Lalu bagaimana dengan kata kerja yang berbentuk dua kata: take a bath misalnya. Maka tetap menggunakan bentuk form -ing. Menjadi taking a bath.

3.Kesalahan selanjutnya adalah menyamakan dengan past continuous tense. Padahal antara past dan present sudah berbeda dasarnya. Tetapi karena kesalahan ini fatal. Anda perlu memperhatikannya. Kuncinya adalah pada penggunaan is dan are.

Sementara past continuous tense menggunakan was dan were. Apakah keduanya berbeda? Tentu saja karena past continuous tense menerangkan sebuah kejadian di masa lampau dan periode terjadinya juga di masa lampau. Semisal: she was born in Jogja. Tidak mungkin kan, she is born in Jogja.

contoh kalimat present continuous tense

4.Kesalahan selanjutnya adalah tertukar dengan present perfect continuous tense. Kunci perbedaannya sebenarnya ada pada is dan are juga. Kalau present continuous tense menerangkan sebuah peristiwa yang real terjadi sekarang dan berakhir kapan kita tidak tahu.

Sementara present perfect continuous tense menerangkan sebuah peristiwa yang terjadi di masa lampau dan sampai sekarang tetap berjalan. Present perfect continuous tense selalu menggunakan has been atau have beenn. Artinya menjadi kira-kira seperti ini: pernah.

Baca Juga  Rumus Present Tense serta Contoh Penggunaannya

Contoh kalimatnya seperti ini: she has been stayed in Jakarta for 5 years. (dia perempuan pernah tinggal di Jakarta selama 5 tahun). atau diganti menjadi she has been stayed in jakarta from 1995 until 2000 (dia perempuan pernah tinggal di Jakarta dari 1995 sampai 2000).

Demikian beberapa catatan yang mesti anda perhatikan terkait penggunaan present continuous tense, present perfect tense dan juga present perfect continues tense. Pada prinsipnya belajar sebuah grammar membutuhkan kedisiplinan tingkat tinggi. Jika anda belum mengerti dan memahami sebuah grammar.

Baca Juga  Cara Cepat Belajar Bahasa Inggris Otodidak

Cobalah untuk terus menerus mengulang dengan memprakttekkannya. Dicoba dari yang sederhana seperti simple present, kemudian simple past, simple future. Baru kemudian naik ke present continuous tense, past continuous hingga future continuous. Begitu terus sampai pada tense yang rumit.

Sekian untuk artikel contoh kalimat present continious tense, semoga bermanfaat.  Untuk lebih jelasnya anda bisa membuat contoh kalimat present countinious sebagai latihan.

(Visited 137 times, 1 visits today)
Rina Hutapea
Hai pembaca salam kenal dan terima kasih sudah membaca tulisan saya selama ini. Perkenalkan nama saya Felichyta penulis yang masih amatiran di bidang blogger. Bagaimana saya bisa memulai menulis? Awalnya saya suka sekali memasak dan travelling tapi di tengah kesibukan saya tersebut masih banyak waktu luang yang ternyata enak untuk diisi dengan kegiatan menulis. Selain menulis menyenangkan ternyata juga bisa memberikan banyak informasi penting untuk orang lain termasuk kalian. Jika masih banyak kekurangan mohon maaf karena masih belum lama ini juga memulai untuk menulis. Banyak hal yang bisa di share untuk berbagi ilmu di segala bidang. Semoga kedepannya semakin banyak tulisan saya yang membantu dalam kehidupan masing-masing pembaca ya.  Salam kenal..

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *