cara monetisasi youtube 1

Syarat dan Cara Monetisasi Youtube Terbaru

Posted on

Cara Monetisasi Youtube – Media sosial di dalam internet kini tidak hanya sekedar wadah untuk mencari jaringan teman, tetapi juga menjadi wadah mencari uang. Youtube misalnya, platform berbagi video ini telah menjadi platform yang digunakan oleh banyak orang untuk mencari uang. Ada beberapa cara untuk menghasilkan uang dari Youtube, salah satunya adalah Monetisasi.

Apa itu Monetisasi

Secara umum, monetisasi dapat diartikan sebagai proses mengubah sesuatu menjadi uang. Lebih lanjut, istilah monetisasi adalah istilah yang memiliki makna berbeda di setiap bidang. Dalam perbankan, misalnya, istilah ini mengacu pada proses mengubah atau menetapkan sesuatu menjadi tender legal. Sementara itu, dalam dunia internet, monetisasi berarti mengubah atau memanfaatkan konten untuk menghasilkan uang.

Bagaimana hal itu dapat terjadi? Iklan adalah inti dari monetisasi. Iklan akan muncul di setiap konten yang memiliki banyak pemirsa. Iklan tersebut muncul bukan dengan gratis, melainkan harus membayar pada platform tempat konten diunggah. Selanjutnya, platform akan meneruskan pembayaran yang dilakukan oleh iklan ke pihak pemilik konten.

Ada banyak konten di internet yang bisa dimonetisasi. Yang paling lama dan banyak menggunakan monetisasi adalah blog atau website, yaitu dengan mengaitkan google adsense. Namun, yang kini sedang banyak diperbincangkan adalah monetisasi youtube atau monetisasi konten video di platform Youtube. Selain ada banyak cara memonetisasi, komisi monetisasi di Youtube tergolong besar.

Cara Monetisasi Youtube

cara monetisasi youtube 2

Youtube adalah sebuah platform berbagi video yang dapat secara gratis diakses, baik bagi pelihat video atau pun pengunggah video. Di sisi pengunggah video, apabila telah mencapai 1.000 subscribers, mencapai 4.000 jam waktu menonton, dan telah diterima sebagai Mitra YouTube, maka akan berhak untuk memonetisasi akun Youtube. Nah, berikut ini adalah beberapa langkah cara monetisasi Youtube.

1. Pertama-tama, untuk melakukan monetisasi adalah harus memiliki akun Youtube. Selanjutnya, setelah login dan berada di laman Youtube, klik pada foto profil di sudut kanan atas layar dan kemudian masuk ke tautan YouTube Studio.

2. Setelah masuk ke dalam YouTube Creator Studio, klik “Monetisasi” dari panel navigasi sebelah kiri. Meskipun ada beberapa cara untuk menghasilkan uang di YouTube, jika kita baru saja diterima dalam Program Mitra, maka kita mungkin hanya akan bisa memanfaatkan iklan video. Iklan yang muncul di video kita akan membayar dengan ketentuan tertentu.

3. Klik pada tautan “Video Advertising”. Pada langkah cara monetisasi youtube ini, di laman yang akan muncul kita dapat mengonfirmasi status monetisasi saat ini, meninjau, dan mengubah pengaturan terbaru.

4. Dalam satu chanel Youtube yang kita miliki, kita bisa memilih video tertentu yang akan dimonetisasi. Jika ingin mengaktifkan monetisasi untuk semua video di dalam kanal, buka “setting” pada panel navigasi sebelah kiri.

5. Kemudian klik “Unggah Default”, diikuti oleh tab “Ekstra”. Selanjutnya di bagian bawah layar akan terlihat opsi iklan konten video. Dengan mengubah pengaturan monetisasi youtube tersebut, semua unggahan video yang akan diunggah nantinya akan menggunakan pengaturan default ini.

6. Jika ingin mengubah pengaturan monetisasi pada masing-masing video, kita dapat melakukannya juga dengan membuka bagian “Video” dari Creator Studio untuk melihat daftar semua video. Salah satu kolom dalam daftar video akan menunjukkan status monetisasi setiap video, yang dapat diaktifkan atau nonaktifkan dengan sekali klik. Di bagian bawah terdapat cara untuk melakukan berbagai pengaturan iklan konten, dari iklan biasa hingga iklan yang tidak dapat di-skip.

7. Setelah melakukan perubahan, jangan lupa untuk menyimpannya. Setelah menyimpan pengaturan terbaru, ikon dolar hijau akan ditampilkan untuk setiap video. Video yang berdurasi pendek akan secara otomatis terpasang iklan. Sementara itu, apabila video yang kita unggah berdurasi 10 menit atau lebih, maka kita akan memiliki opsi tambahan untuk memasang iklan di bagian sebelum, selama, dan setelah video.

Kebijakan Monetisasi di Youtube

Jika ingin memonetisasi video di youtube, maka pengunggah video harus memenuhi kriteria dan mematuhi pedoman konten. Kebijakan tersebut tidak hanya akan berlaku pada satu video saja, tetapi juga bisa dinilai secara menyeluruh. Hal-hal yang akan diperiksa oleh Youtube dalam menyeleksi mitranya adalah sebagai berikut.

1. Tema utama kanal Youtube yang dibuat
2. Video yang paling banyak dilihat
3. Video terbaru
4. Proporsi waktu menonton terbesar
5. Metadata video (termasuk judul, gambar kecil, dan deskripsi)

Beberapa pedoman cara monetisasi youtube tersebut akan digunakan untuk membangun relasi yang baik antara pemirsa, pembuat, dan pengiklan. Sebaliknya, konten video yang melanggar Pedoman Komunitas YouTube akan dinyatakan tidak memenuhi syarat untuk monetisasi dan akan dihapus dari YouTube. Beberapa kriteria video dan kanal Youtube yang tidak akan dapat dimonetisasi atau bahkan dihapus adalah sebagai berikut.

1. Kanal mengandung spam, gelagat penipuan, dan penipuan
2. Konten yang mengandung unsur ketelanjangan dan seksual
3. Konten yang membahayakan keselamatan anak
4. Konten sadis atau berbahaya
5. Konten yang mengandung kebencian
6. Video yang mengandung pelecehan dan cyberbullying

Selain itu, pengunggah video Youtube juga harus menjaga hubungan dengan penontonnya untuk dapat terus me- monetisasi youtube. Hal itu karena jika banyak penonton video melaporkan video sebagai tindakan yang tidak menyenangkan, makan cara monetisasi youtube yang sudah dilakukan akan sia-sia. Dalam tahap ini, menjaga monetisasi adalah dengan menuruti permintaan penonton.

Kebijakan Adsense

Selain mematuhi peraturan Youtube sebagai platform yang menyediakan wadah, kita juga harus mematuhi peraturan Google Adsense. Mengapa demikian? Karena uang yang diberikan oleh Youtube adalah berasal dari Google Adsense. Kebijakan yang diterapkan oleh Google Adsense lebih dari Youtube itu sendiri karena memperhatikan webmaster atau search console. Lalu bagaimana unggahan yang tidak disukai oleh Google Adsense?

1. Konten yang secara eksklusif menampilkan referensi dari bahan lain yang awalnya tidak dibuat sendiri, seperti teks dari situs web atau feed berita.
2. Lagu yang dimodifikasi untuk mengubah nada atau kecepatan, tetapi masih sangat identik dengan versi aslinya.
3. Konten berulang yang sangat mirip.
4. Konten tanpa ide dengan nilai pendidikan, komentar, atau narasi yang rendah.
5. Konten yang templated, atau diproduksi secara massal dan dihasilkan secara terprogram.
6. Tampilan slide gambar atau teks gulir dengan nilai narasi, komentar, atau pendidikan sangat rendah.
7. Konten yang diunggah kembali atau repost dan reupload. Konten yang dianggap reupload adalah konten orang lain yang kita unggah tanpa menambahkan keterangan tertaut.

Cara Lain Menghasilkan Uang di Youtube

cara menghasilkan uang di youtube

Ada beberapa cara untuk menghasilkan uang di Youtube, selain monetisasi Youtube. Meskipun begitu, monetisasi adalah cara yang paling wajib dicoba. Berikut ini adalah beberapa cara menghasilkan pundi uang dari Youtube yang bisa kamu coba.

1. Gunakan Tautan Afiliasi di YouTube

Mempromosikan tautan afiliasi sebuah affiliate merchant dapat menjadi penghasilan besar. Misalnya, jika kita merekomendasikan produk dan akhirnya penonton benar-benar mengunjungi tautan tersebut untuk membeli, kita akan mendapatkan komisi. Cara yang biasa dilakukan adalah dengan menempatkan tautan ini di beberapa baris pertama deskripsi. Selain itu, harus ditambahkan juga bagian penyebutan tentang tautan tersebut di dalam konten video.

2. Menarik Uang Berlangganan dari Penonton

Cara yang satu ini cocok apabila kanal yang kita buat adalah kanal pendidikan atau tips yang langka. Jika kita dapat membuat lingkungan penonton yang setia dan merasa membutuhkan, kita dapat mendorong mereka untuk melakukan crowdfund pada saluran kita. Penonton tidak akan merasa rugi karena akan mendapatkan pengalaman dan pengajaran yang baik.

3. Maksimalkan Youtube Red

Jika pada dasarnya penghasilan diyoutube akan disebabkan oleh iklan, yang satu in berbeda. Yotube Red adalah Youtube tanpa iklan. YouTube Red akan membuat penonton membayar sekitar 9,99 dollar untuk menonton YouTube. Pengunggah video akan mendapatkan uang 55% dari pendapatan. Hal ini didasarkan pada waktu tampilan video. Artinya, dalam YouTube Red, waktu menonton sangatlah penting.

4. Menjadi Influencer Amazon

Program influencer Amazon memungkinkan kita untuk memaksimalkan YouTube untuk menghasilkan uang melalui Amazon. Hal ini sebenarnya termasuk ke dalam program afiliasi. Setelah bergabung dengan program ini, kita dapat meninjau dan merekomendasikan produk dan mengarahkan pemirsa ke Amazon untuk membeli melalui tautan afiliasi. Ketika pemirsa mengklik dan melakukan pembelian Amazon, kita akan memperoleh potongan komisi sebesar 8-10%.

Berapa Uang yang Diberikan oleh YouTube

Dengan menggunakan monetisasi iklan, tautan afiliasi, dan menjual produk sponsor, kita dapat memaksimalkan pendapatan dari Youtube. Namun, berapa jumlahnya? Akan bergantung pada kualitas konten dan juga nasib. Namun, perhitungan secara umumnya adalah sebagai berikut.

Kita dapat menghasilkan uang dari iklan berdasarkan beberapa sistem, yaotu CPM, CPV, dan BPK. Dengan biaya per tayang (CPM), YouTuber akan menghasilkan rata-rata sebesar 7,60 dollar per 1.000 tampilan. Meskipun demikian, berdasarkan kebijakan terbaru Google, pembuat konten hanya akan mendapat 55% sementara Google akan mendapat 45%.

Jika menautkan link afiliasi pada video yang kita unggah, pengiklan akan memberikan pembayaran dengan model yang berbeda. Umumnya, bayaran akan bergantung pada per penjualan atau per lead. Pada cara menghasilkan uang dari Youtube ini, pendapatan kita berhubungan langsung dengan jumlah konversi dan komisi penjualan yang didapatkan dari pengiklan.

Selain memonetisasi dan afiliasi, kita juga dapat menjual penempatan produk yang disponsori di dalam video. Pada cara menghasilkan uang di Youtube ini, YouTubers menghasilkan uang dengan cara menjual, menyebutkan merk, atau memberikan rekomendasi produk tertentu.

Cara lain untuk mendapatkan uang dari Youtube selain monetisasi Youtube adalah dengan menggalang uang dari para subscriber. Dengan kata lain, kita harus dapat merayu dengan cara tertentu supaya mereka membayar untuk melihat video yang sebenarnya gratis. Beberapa Youtubers yang mencoba menerapkan 20 dollar hingga 50 dollar per beberapa ribu tampilan.

Itulah tadi uraian mengenai pengertian monetisasi youtube dan cara monetisasi youtube. Monetisasi adalah salah satu cara saja untuk menghasilkan uang dari youtube. Masih ada beberapa cara lainnya, seperti google adsense hingga mengikuti program afiliasi. Atau bahkan, kamu bisa menemukan cara baru untuk memanfaatkan youtube sebagai sarana mencari uang di internet.