Cara Menghapus File dan Aplikasi di Laptop

Posted on

Cara Menghapus File dan Aplikasi di Laptop – Secara Lazim, kita akan dapat menghapus file dengan tombol “Del” dan menghapus aplikasi melalui control panel. Akan tetapi, dalam beberapa kasus, file dan aplikasi tidak bisa dihapus meskipun sebenarnya tidak terjadi masalah pada hardware.

Berikut ini adalah cara menghapus file dan aplikasi (cara menghapus file yang tidak bisa dihapus, cara menghapus file di laptop, cara menghapus folder yang tidak bisa dihapus, cara menghapus aplikasi yang tidak bisa dihapus) yang sulit dihapus.

Menghapus File Membandel di Windows

Ada beberapa cara yang bisa digunakan, tetapi cara menghapus file melalui “Safe Mode” adalah cara paling aman untuk dilakukan di perangkat lunak Windows.

Berikut ini adalah beberapa langkah (cara menghapus file yang tidak bisa dihapus, cara menghapus file di laptop, cara menghapus folder yang tidak bisa dihapus, cara menghapus aplikasi yang tidak bisa dihapus) dengan aman.

1. Buka “Start ” di sudut kiri bawah layar. Kemudian menu Start akan muncul.

2. Klik “Power” di sudut kiri bawah menu Start. Menu pop-up akan muncul.

3. Tahan Tanda Panah ke Atas + Shift sambil mengklik Restart. Komputer kita akan hidup kembali seperti biasanya, tetapi jangan lepaskan tombol Shift hingga langkah berikutnya.

4. Lepaskan T”anda Panah ke Atas + Shift” saat layar biru muncul. Setelah layar biru muncul, kita dapat melepaskan tombol Shift dan melanjutkan.

5. Klik “Troubleshoot” yang ada di tengah layar.

6. Klik opsi “Advanced” yang ada di tengah layar.

7. Klik “Startup Settings” yang terletak di sisi kanan halaman.

8. Klik “Restart” yang terletak di bagian bawah layar.

9. Tekan tombol kunci untuk masuk ke “Safe Mode”. Tombol kunci yang dimaksud biasanya adalah tombol 4 (atau lihat nomor di sebelah kiri opsi “Safe Mode”). Jika tombol yang ditekan benar, maka komputer kita akan reboot ke Safe Mode. Jika “tombol 4” tidak berhasil, coba tekan F4 (atau Fn sambil menekan F4).

Baca Juga  Aplikasi Pemotong Video PC

10. Temukan file yang ingin kita hapus. Setelah komputer kita selesai restart, buka lokasi file yang ingin kita hapus.

11. Pilih file. Klik sekali file untuk memilihnya.

12. Tekan tombol “Del” untuk memindahkan file ke Recycle Bin. Jika kita masih tidak dapat menghapus file yang dipilih, kita mungkin perlu memperbaiki hard drive PC kita sebelum mencoba untuk menghapus file lagi.

13. Hidupkan Kembali komputer kita. Lakukan hal berikut untuk keluar dari Safe Mode: Klik Start – klik Power – klik Restart.

Kebanyakan file yang sulit dihapus adalah file bawaan aplikasi tertentu, yang juga sulit di-uninstal. Oleh karena itu, kita juga harus melakukan cara menghapus aplikasi (cara menghapus file yang tidak bisa dihapus, cara menghapus file di laptop, cara menghapus folder yang tidak bisa dihapus, cara menghapus aplikasi yang tidak bisa dihapus).

Cara Menghapus Aplikasi yang Membandel

Beberapa aplikasi memang dirancang tidak bisa terhapus bersih dari sebuah perangkat. Hal ini yang kadang membuat pembaharuan tidak berfungsi atau hardisk memiliki beban walaupun banyak aplikasi sudah dihapus dengan cara sederhana.

Oleh karena itu, perlu dilakukan penghapusan aplikasi (cara menghapus file yang tidak bisa dihapus, cara menghapus file di laptop, cara menghapus folder yang tidak bisa dihapus, cara menghapus aplikasi yang tidak bisa dihapus) dengan cara lain.

Berikut ini berbagai cara untuk menghapus aplikasi secara tuntas. Pastikan bahwa aplikasi tidak sedang aktif ketika melakukan penghapusan, karena Windows akan otomatis mengunci aplikasi yang sedang berjalan.

Menghapus Aplikasi dari Start Menu

1. Buka Start Menu
2. Klik kanan aplikasi dan pilih Uninstall

Kita juga bisa menggunakan searh untuk menemukan aplikasi tertentu dan meng-uninstal-nya dengan cara yang sama.

Menghapus Aplikasi dari Control Panel

Cara ini adalah cara paling umum untuk digunakan. Kita bisa melihat aplikasi mana saja yang terlalu memakan ruang hardisk sehingga mudah untuk memilih aplikasi mana yang harus dihapus.

Baca Juga  Cara Menyembunyikan Aplikasi di Android

1. Buka Control Panel
Membuka Control Panel bisa melalui beberapa jalan, seperti Fitur Search & Cortana, shortcut tombol Windows + X -> Control Panel, shortcut Windows + R -> ketik Control Panel, Command Prompt perintah “Control Panel”, dan Windows PowerShell perintah “Control Panel”.

2. Pilih “Uninstall a Program”.
3. Klik kanan aplikasi dan pilih opsi Uninstall.

Menghapus Aplikasi dari Settings

Perlu diketahui bahwa tidak semua windows memiliki opsi ini. Windows 2008 atau lebih baru memiliki fitur ini, sementara versi lama hanya memiliki fitur control panel.

1. Buka Start Menu – klik ikon Setting
2. Pilih Apps.
3. Pilih Apps & features.
4. Klik aplikasi yang akan diuninstal
5. Pilih tombol Uninstall.

Menghapus Aplikasi dari Program Uninstaller

Ada beberapa program yang dapat digunakan untuk meng-uninstal aplikasi membandel. Salah satunya adalah Revo Uninstaller.

1. Instal Revo Uninstaller
2. Setelah Revo terbuka, pilih aplikasi yang akan dihapus
3. Klik Ikon Uninstall yang ada di menu
4. Pada tahap Scanning Mode, pilih Advanced
5. Pilih Scan.
6. Revo Uninstaller akan mencari file-file yang masih tertinggal.
7. Centang file yang ditemukan.
8. Pilih delete.

Itulah tadi beberapa cara menghapus aplikasi (cara menghapus file yang tidak bisa dihapus, cara menghapus file di laptop, cara menghapus folder yang tidak bisa dihapus, cara menghapus aplikasi yang tidak bisa dihapus) yang sulit dihilangkan.

Pada dasarnya, aplikasi yang sulit dihapuas adalah karena selalu aktif ketika perangkat kita start up. Untuk itu kita harus memastikan bahwa keterangan aplikasi berjalan (di sebelah kanan bawah) kosong.

(Visited 35 times, 1 visits today)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *