Cara Mengembalikan Chat WA yang Terhapus

Posted on

Cara Mengembalikan Chat WA yang Terhapus – Ada kalanya kita ingin mengembalikan Whatsapp yang telah dihapus. Sayangnya, Whatsapp tidak memiliki fitur untuk mengembalikan chat yang telah dihapus. Namun, kita bisa menggunakan cara tertentu.

Berikut ini adalah beberapa cara untuk recovery chat (cara mengembalikan chat WA yang terhapus, cara mengembalikan chat WA yg terhapus lama) yang bisa dilakukan dengan mudah. 

Periksa Folder Instalasi Whatsapp

Chat WA sebenarnya disimpan sama seperti rekaman suara, foto, atau video yang pernah masuk ke WA. File-file tersebut disimpan ke dalam folder yang ada di dalam instalasi WA. Oleh karena itu, kita bisa menemukannya kembali meskipun dihapus. 

Perlu diingat, kita akan menemukannya dalam file penyimpanan sementara. Artinya, file-file yang ada di dalam folder instalasi tersebut akan tertindih dan akan berganti dengan file baru untuk periode waktu tertentu. 

android m file mgmt 1

Kita dapat menemukan folder “pemberhentian sementara” file-file tersebut dengan mudah menggunakan dekstop. Langkah-langkah (cara mengembalikan chat WA yang terhapus, cara mengembalikan chat WA yg terhapus lama) adalah sebagai berikut. 

1. Hubungkan smartphone ke PC. Jika ternyata aplikasi WhatsApp diinstal pada kartu SD, maka kita cukup hanya masukkan kartu SD ke PC. Hal itu karena yang kita butuhkan hanya folder instalasinya. 

2. Selanjutnya, silahkan masuk ke disk Android di bagian WhatsApp, Media folder.

3. Di dalam folder tersebut, kita akan menemukan berbagai folder penyimpanan sesuai jenisnya, seperti Audio, Gambar, atau Video, dll. 

Sebenarnya, kita dapat menemukan file-file itu melalui smartphone langsung, yaitu dengan masuk ke Manajer File > folder WhatsApp > folder Media. Namun, kita akan lebih mudah jika mengaksesnya dari dekstop.

Baca Juga  Cara Mengembalikan Video yang Terhapus di Android

Mengembalikan Data WhatsApp dari Google Drive Backup

Pengguna Whatsapp pasti akan menjumpai rekomendasi untuk backup data untuk kurun waktu tertentu. Apabila kita selalu mengabaikannya, maka artinya data kita sudah pasti hilang. Namun, apabila pernah membackup, maka data tersebut masih tersimpan. 

Restore WhatsApp Messages from Google Drive

Kita dapat masuk ke Google Drive dan mencari folder Whatsapp backup. Atau jika tidak yakin di mana menyimpannya, kita dapat menginstal ulang Whatsapp dan memilih opsi “pemulihan”. Dengan cara ini, semua chat yang tadinya hilang akan kembali ada. 

Karena memanfaatkan cloud, cara (cara mengembalikan chat WA yang terhapus, cara mengembalikan chat WA yg terhapus lama) ini harus dilakukan dengan mode online. Kita perlu mendownload back up data yang ada di Google Drive. 

Mengembalikan Data WhatsApp Menggunakan Aplikasi

Ada banyak aplikasi yang dapat digunakan untuk mengembalikan chat (cara mengembalikan chat WA yang terhapus, cara mengembalikan chat WA yg terhapus lama), salah satunya adalah Android Photo Recovery.

Menggunakan aplikasi (cara mengembalikan chat WA yang terhapus, cara mengembalikan chat WA yg terhapus lama) ini, kita tidak hanya dapat mengembalikan foto yang terhapus, tetapi juga dapat memulihkan data Android seperti kontak, pesan teks, riwayat panggilan, video dan sebagainya. 

Nah, berikut ini adalah cara mengembalikan (cara mengembalikan chat WA yang terhapus, cara mengembalikan chat WA yg terhapus lama) chat WA menggunakan program aplikasi Android Photo Recovery. 

Langkah 1 Hubungkan Android ke PC dengan Kabel USB

Jalankan program aplikasi Android Data Recovery di dekstop, tentunya setelah mengunduh dan menginstalnya di komputer. Kemudian, hubungkan Android ke komputer melalui kabel USB atau tools serupa.

Retrieve Deleted WhatsApp Messages from Android



Langkah 2 Mengatur Android untuk Mengaktifkan Debugging USB

Aktifkan USB debugging supaya dapat terbaca oleh komputer. Cra debugging sebenarnya akan bergantung pada masing-masing versi Android. Tetapi, umumnya hari ini semua perangkat smartphone sudah menggunakan versi 4.2.

Baca Juga  Aplikasi Video Bokeh Terpopuler

Untuk Android 4.2 atau yang lebih baru, silakan masuk ke “Settings” > klik “About Phone” > pilih “Build number” untuk beberapa kali sampai mendapat catatan “You are under developer mode” > kembali “Settings” > klik “Developer options” > cek “USB debugging”. 

Enable USB Debugging 4.2




Langkah 3 Pindai Perangkat 

Setelah mengaktifkan USB debugging, perangkat akan terdeteksi oleh program aplikasi. Kita dapat memilih pemindaian untuk semua file. Namun, untuk menghemat waktu, silahkan pilih jenis file tertentu saja. Misalnya, “WhatsApp” untuk mengembalikan chat. Lalu klik “Next”.

Restore Android Deleted Data

Setelah melih jenis file yang akan dipindai, program aplikasi ini akan memindai pesan-pesan WhatsApp pada perangkat Android. Untuk melanjutkan, buka ponsel dan tekan tombol “Allow/Grant/Authorize”.

Grant the Program to Scan



Langkah 5 Pulihkan Riwayat Obrolan WhatsApp dari Android

Langkah (cara mengembalikan chat WA yang terhapus, cara mengembalikan chat WA yg terhapus lama) adalah melihat pratinjau semua data yang dapat dipulihkan, yang ditemukan dalam hasil pemindaian satu per satu. Jika ingin memulihkan riwayat obrolan WhatsApp, klik “WhatsApp”. 

Get Back Android Lost WhatsApp Messages

Itulah tadi beberapa cara mengembalikan chat (cara mengembalikan chat WA yang terhapus, cara mengembalikan chat WA yg terhapus lama) yang bisa dilakukan. Cara-cara tersebut hanya bisa dilakukan untuk chat WA yang belum terlalu lama dihapus dan dalam smartphone yang sama.

(Visited 14 times, 1 visits today)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *