Inilah Dia 12 Cara Mendapatkan Uang di Internet Masa Kini

Posted on

Cara Mendapatkan Uang – Sekarang ini kita hidup di abad 21, dimana perkembangan internet telah masuk ke segala bidang kehidupan. Tidak hanya sebagai sarana mencari ilmu pengetahuan atau hiburan, salah satu manfaat terbesar internet adalah kita bisa mendapatkan uang dengan lebih mudah.

Ada banyak orang yang mendapat penghasilan tambahan dari internet. Dan karena hasilnya dirasa sangat besar, ada pula yang telah menjadikan sebagai sumber pemasukan utama. Bahkan kita bisa mendapat penghasilan yang tak kalah dari pekerja kantoran dengan jam kerja yang flaksibel.

12 Cara Mendapatkan Uang

cara mendapatkan uang

Nah ingin tahu bagaimana cara mendapatkan uang dari internet? Yuk simak beberapa ide berikut ini

1. Blogger

Banyak lho yang awalnya nge-blog sebagai hobi. Tapi seiring berjalannya waktu, aktivitas ini ternyata mampu menghasilkan uang. Bahkan saat ini sudah banyak blogger profesional yang menjadikan blogging sebagai penghasilan utama.

Lalu bagaimanan para blogger ini mendapat uang? Pertanyaan ini paling sering diajukan orang. Yang paling penting kita memiliki blog dengan konten yang bermanfaat serta menginspirasi banyak orang. Jadi saat ada orang mengetikkan kata kunci tertentu, mereka akan mendapat solusinya dari blog kita.

Selain bermanfaat, koten tersebut juga harus dibuat semenarik mungkin. Banyak cara menjadikan blog makin menarik, salah satunya dengan berbagi solusi yang belum ada di website lainnya. Judul juga menjadi faktor penentu. Dengan judul unik dan menarik, orang akan berkunjung untuk melihat konten yang kita buat.

Selanjutnya kita bisa tambahkan efek visual seperti gambar, ilustrasi, ataupun video. Selain memperjelas pesan yang ingin kita sampaikan, pesan visul juga membuat blog kita makin berwarna dan tidak membosankan.

Nah agar blog kita berada di ranking atas mesin pencari, ada b aiknya dilengkapi dengan teknik SEO atau Search Engine Optimization yang baik. SEO akan menaikkan trafik pengunjung blog tanpa mengeluarkan biaya apapun.

Nah setelah berhasil membuat blok berkualitas tinggi dan dikunjungi banyak orang, barulah kita optimis blog kita akan menghasilkan uang. Ada banyak cara blogger mendapat penghasilan. Misalnya saja dari iklan Google Adsense, endorsement, menjual produk sendiri maupun afiliasi, menjual jasa, dan masih banyak lagi.

Tapi ingat, itu semua tidak didapat dengan mudah atau dalam waktu singkat. Perlu waktu setidaknya 6 bulan hingga 1 tahun mengembangkan blog secara konsisten. Jadi kalau kalian hanya ingin mendapat uang dalam waktu singkat, menjadi blogger tampaknya bukan pilihan menarik.

Tapi kalau blogging sebagai hobi dan berharap mendapat penghasilan tambahan di masa depan, silakan melakukannya dengan gembira.

Baca Juga  Meeting Room Surabaya Cocok untuk Milenial Rapat

2. Membuat konten di Youtube

Youtube saat ini sudah menjadi salah satu media paling terkenal di jagad raya. Data menunjukkan ada sekitar 5 Miliar video yang dilihat dalam satu hari. Peluang ini dimanfaatkan untuk membuat video, mengupload, dan mendapat uang dari Youtube.

Ada banyak orang biasa yang mendadak kaya dari Youtube. Contohnya Atta Halilintar, Ria Ricis, channel MiawAug, hingga anak kecil bernama Zara Nugroho. Tidak main-main, pendapatan youtuber populer Indonesia tersebut mencapai Miliaran Rupiah per bulan lho.

Makanya tidak heran kalau anak-anak generasi milinial banyak yang bercita-cita menjadi Youtuber dibanding kerja kantoran. Selain penghasilan yang menggiurkan, aktivitas ini tidak terikat waktu. Kita bisa membuat konten video kapan saja.

Bagi yang suka membuat video kreatif, peluang di Youtube jelas menjadi berita gembira. Mereka bisa melakukan hobi, tapi tetap menghasilkan uang.

Dan hampir sama dengan blogger, rahasia sukses youtuber adalah dengan konten video yang menarik banyak orang. Setelah berhasil membuat konten berkualitas dan ditonton banyak orang, saatnya bagi kita untuk meraih hasilnya.

Salah satunya dengan monetisasi atau memasang iklan di channel Youtube. Begitu fungsi monetisasi aktif, akan ada iklan yang muncul di sela-sela video kita.

Tapi syarat untuk monetisasi lumayan ketat lho. Channel kita setidaknya harus memiliki total video berdurasi 4000 jam serta 1000 subscriber dalam 1 tahun terakhir.

Cara mendapat uang lainnya adalah dengan mereview produk suatu perusahaan atau endorsement. Keuntungan dari endorsement ini lumayan banyak lho. Kita bisa mendapat produk secara gratis. Diskon, dan bahkan uang tunai. Tergantung perjanjian antara kita dengan perusahaan tersebut.

Dengan jumlah subscriber yang lebih banyak, biasanya Youtuber tersebut akan mendapat bayaran lebih tinggi pula. Cara lainnya adalah dengan menjadikan channel Youtube sebagai affiliate marketer atau bisa juga sebegai media untuk menjual produk kita sendiri.

3. Freelance

Ingin bekerja tanpa ikatan jam kantor? Kalau memang sudah bosan dengan kerja kantoran, kalian bisa mencoba bekerja sebagai freelance. Dengan kemacetan di kota besar dan banyaknya waktu habis di jalan, sepertinya pekerjaan freelance bisa menjadi alternatif lho.

Kita bisa tetap bekerja tanpa harus meninggalkan waktu berharga bersama keluarga. Berita baiknya, ada banyak jenis pekerjaan freelance yang bisa dikerjakan secara online.

Contohnya penulis artikel atau content writer, copywriter, content creator, editor, SEO, desainer grafis, desainer web, data entry, penerjemah, programmer, dan masih banyak lagi.

Walau menjadi freelance atau pekerja lepas tidak ada ikatan jangka panjang sebagaimana karyawan tetap, tapi jangan dikira tidak menjanjikan. Kalau bisa mengerjakan tugas dengan cepat, kita berpeluang mendapat beberapa proyek kerjaan lho. Dengan begitu, kita berpotensi mendapat penghasilan lebih besar dibanding karyawan biasa.

Lalu dimana kita bisa mendapat info lowongan freelance? Ada banyak situs populer seperti freelancer.com, sribulancer.com, serta upwork.com.

Agar segera mendapat kerjaan, kalian harus segera mendaftar dan membuat profil yang sesuai dengan keahlian. Sertakan juga beberapa contoh karya dan portofolia proyek yang pernah dikerjakan.

4. Instagram

Saat ini Instagram telah menjadi media sosial paling terkenal di jagad raya. Dan kita cukup beruntung bisa menjadikan instagram sebagai sarana mendapatkan uang di internet. Rahasianya hanya satu, yaitu memiliki follower yang banyak.

Untuk itu, penting bagi kita untuk membuat profil diri menarik serta memposting foto berkualitas tinggi. Dengan follower atau pengikut yang banyak, maka ada banyak perusahaan yang tertarik untuk mengendorse akun kita.

Cara mendapatkan uang lainnya adalah dengan berjualan produk di Instagram. Ada banyak pengguna yang sukses berjualan, mulai level perorangan hingga perusahaan besar.

Untuk memulai, kita bisa mencoba menjadi dropshipper dulu. Setelah cukup modal, barulah beralih menjadi reseller. Nah kalau sukses, kita bisa naik lagi menjadi agen atau bahkan produsen.

5. Dropshipper

Peluang lain untuk mendapat keuntungan dari internet adalah dengan jual beli, salah satunya dengan sistem dropship. Dropship adalah menjual barang via internet tanpa memiliki atau stok barang tersebut. Tugas dropshipper hanyalah mempromosikan barang.

Karena tugas utamanya menjual, maka dropshipper setidaknya harus memiliki product knowledge yang mendalam serta mampu mempromosikan secara online. Dengan modal katalog, foto, serta pricelist, kita sudah bisa berjualan secara online.

Setelah mendapatkan pembeli, barulah dia mengirim order ke supplier atau produsen. Pengiriman bisa dilakukan langsung dari supplier ke pembeli, tanpa melewati dropshipper terlebih dulu. Dengan begitu, bisnis ini bisa dilakukan tanpa modal.

Selain modal minim, kita bisa menjalankan bisnis dropship dengan mudah. Kita tidak dipusingkan dengan urusan stok barang atau sewa ruko. Yang agak sulit mungkin menemukan supplier yang bisa menyediakan barang bagus dengan harga murah.

Risiko berbisnis dropship juga sangat minim. Kalaupun gagal menjual barang, paling-paling kita tidak mendapat pemasukan. Bisa dibilang tidak ada kerugian material.

Banyak lho yang mampu menjual barang ke luar negeri dengan cara dropship ini. Karena transaksinya menggunakan kurs USD Dollar, tidak heran kalau ada yang mampu meraup untung hingga ratusan juta Rupiah.

6. Reseller

Reseller berasal dari dua kata, re atau kembali dan seller atau penjual. Jadi reseller bisa diartikan penjual kembali atau orang yang menjual barang yang dibelinya. Reseller mendapat keuntungan dari selisih harga jual dan harga beli.

Cara kerja srseller sebenarnya mirip dengan dropshipper. Mereka sama-sama berjualan dan sama-sama menjadi kepanjangan tangan supplier. Perbedaan utamanya terletak pada kepemilikan barang. Kalau dropshipper tidak memiliki barang, maka reseller sudah memiliki atau menyetok barang yang mau dijual.

Berarti reseller harus mengeluarkan uang terlebih dulu untuk membeli barang dari supplier. Reseller biasanya membeli barang ke supplier secara borongan dalam jumlah lumayan banyak. Maka tidak heran kalau supplier bisa mendapat harga lebih mudah dibanding dropshipper.

Dengan harga beli lebih murah, maka reseller bisa menjualnya dengan harga lebih kompetitif. Atau bisa juga lebih bebas dalam menentukan margin penjualan. Karena itu, seorang reseller harus lihai melakukan negosiasi agar bisa mendapat harga kulakan semurah mungkin.

7. Jasa SEO

Telah disebutkan sebelumnya bahwa bisnis tidak terlepas dari internet marketing. Nah agar promosi perusahaan semakin efektif, banyak yang menggunakan jasa SEO. Karena SEO akan membuat website menjadi optimal dan berada di peringkat atas mesin pencari Google di kata kunci tertentu.

Dengan berada di peringkat atas, semakin memperbesar menjaring pembeli potensial dan pada akhirnya penjualan akan terdongkrak.

Nah dengan peluang tersebut, maka peluang emas bagi kalian untuk menawarkan jasa SEO ke perusahaan atau pebisnis online. Profesi ini juga menjanjikan keuntungan sangat menggiurkan. Kalau dilihat di beberapa website, seorang ahli SEO bisa mendapat bayaran hingga Rp 10 Juta dalam satu proyek optimasi.

Tapi untuk membuka jasa SEO profesional, kita harus benar-benar berkompeten ya. Jangan sampai target tidak terpenuhi hanya karena ketidaksiapan kita. Kalau sudah begitu, raputasi menjadi jatuh dan bisa kesulitan mendapat job lho.

8. Menjual foto

Siapapun bisa mendapat uang dari dunia maya. Bahkan ada banyak cara yang tidak memerlukan keahlian khusus, salah satunya berjualan foto. Tapi apakah semua foto bisa dijual di internet? Sudah pasti bukan semabarang foto, tapi foto unik dan berkualitas tinggi.

Nah bagi yang hobi dengan dunia fotografi, kalian bisa menjalankan hobi tapi tetap menghasilkan uang. Caranya relatif mudah, kita tinggal meng-upload di situs-situs penjualan foto. Kalau hasil jepretan kita berkualitas, akan ada yang membeli dengan harga tinggi.

Lalu siapa saja yang berminat membeli foto di internet? Sangat banyak. Karena ada banyak perusahaan yang memerlukan foto untuk keperluan iklan mereka. Atau juga untuk ditampilkan di tabloid, majalah, atau bisa juga dari kolektor foto.

Agar gambar kalian bisa segera dipajang, kalian bisa mendaftar ke beberapa situs seperti shutterstock.com, picturestock.com, bigstockphoto.com, stockfresh.com, veer.com, dan masih banyak lagi.

Biasanya website tersebut akan memberlakukan sistem bagi hasil, dimana kita akan mendapat fee untuk setiap foto yang didownload pembeli. Jadi semakin banyak foto kita yang didownload, otomatis penghasilan yang diterima akan semakin besar.

Gimana, tertarik? Daripada foto-foto kita hanya dipajang di medsos atau memenuhi memori, ada baiknya kita jual di internet kan?

9. Bermain game online

Kecanggihan teknologi benar-benar menawaran banyak peluang. Bahkan hanya dengan bermain game online, pundi-pundi rezeki kita bisa bertambah. Jadi jangan memandang game online dari sisi negatif saja, karena banyak sisi positif.

Selain bisa menghasilkan jutaan Rupiah, bermain game online juga membuat rileks, melatih otak kanan, melatih teamwork, membiasakan dengan bahasa Inggris serta merangsang saraf motorik.

Lalu jenis game seperti apa yang bisa menghasilkan uang? Pilihlah game yang memungkinkan kita berjual beli dengan uang nyata. Para gamers sering menyebut dengan istilah RMT atau Real Money Trading. Beberapa yang biasa diperjualbelikan misalnya uang virtual, karakter, item, akun dan lain sebagainya.

Kalau kita memang jago, cara lain mendapat penghasilan adalah dengan menjadi game tester atau penguji game yang baru dilaunching. Banyak lho pengembang yang mencari gamers pro untuk mencoba game terbarunya. Dengan keahliannya, gamers handal bisa menemukan bug serta kelemahan secara mendetail.

cara mendapatkan uang

10. Copywriter

Ingin mendapatkan jutaan rupiah hanya dengan membuat tulisan singkat? Atau ada di antara kalian yang termasuk pemalu dalam mengatakan sesuatu? Kalian masih bisa berkarya dengan menjadi copywriter.

Tugas seorang copywriter adalah menulis pesan yang bertujuan sebagai iklan, promosi, dan menjual produk. Walau terkadang pesan yang disampaikan singkat, tugas ini sama sekali tidak mudah lho. Karena kita dituntut mampu menghasilkan tulisan yang unik, menarik, dan menjual.

Lalu hasil tulisan tersebut biasanya akan digunakan untuk marketing via email, halaman web, blog, hingga media sosial. Bisa dibilang saat ini copywriter telah menjadi ujung tombak dalam pemasaran produk. Menjadi sebuah berita buruk kalau ada pengusaha yang tidak sadar pentingnya copywriting.

Nah dengan bekerja sebagai copywriter, kita berpeluang mendapat penghasilan sangat tinggi. Selain itu, kita bisa bekerja dengan tempat dan waktu yang fleksibel.

Baca Juga  Pilihan Nyaman Bekerja di Coworking Space Surabaya

11. Penulis artikel online

Bagi yang hobi, menulis itu menyenangkan lho. Kita bisa menuangkan apa yang ada di kepala kita. Nah adanya internet memudahkan kita untuk menyalurkan hobi menulis. Kalau dulu, mungkin kita harus berpanas-panas ria dan mengeluarkan biaya agar tulisan kita sampai ke redaksi media cetak. Itupun belum tentu diterbitkan.

Sekarang kita bisa menulis untuk diterbitkan di media online. Caranyapun sangat mudah, begitu tulisan jadi, kita tinggal mengirim via email ke media online yang dituju. Mungkin kita akan diminta mendaftar dan login terlebih dulu. Jadi sangat mudah kan?

Sudah gitu, honornyapun lumayan menjanjikan lho. Beberapa situs terkenal bisa memberikan sekitar Rp 300 ribu per artikel. Semakin sering menghasilkan tulisan, maka pundi-pundi uang kita semakin berisi.

Bagi kalian yang bisa menulis dalam bahasa Inggris, sudah pasti bisa mendapatkan lebih banyak lagi. Karena kita bisa mengirimkannya ke media online luar negeri. Dan sudah pasti honornya dalam USD Dollar. Menarik kan?

Kita bisa menulis topik apa saja. Apakah olahraga, politik, ekonomi, tutorial, bisnis, wisata, kuliner, dan masih banyak topik lainnya. Enaknya lagi, aktivitas menulis itu bisa dilakukan di rumah. Hanya bermodal laptop dan internet, penghasilan kita tidak kalah dengan karyawan yang pergi pagi pulang petang.

12. Jasa desain

Sering kita dengan keluhan dari desainer grafis yang mendapat penghasilan tak seberapa dari kantornya. Padahal sebagai orang yang menghasilkan karya, sudah sepatutnya desainer grafis dihargai tinggi. Nah kalau kita memang jago membuat desain, mengapa tidak menjual karya di internet?

Caranya dengan mendaftar ke beberapa situs seperti society6.com, behance.net, devianart.com, fotolia.com, shutterstock.com, dll. Ada banyak website yang bisa dijadikan “galeri gratis” yang akan memajang karya kita.

Dengan mejeng di dunia maya, ada banyak mata yang akan melihat. Dan kalau karya kita sudah menarik perhatian orang, siap-siap saja mendapat order tanpa berpromosi kesana kemari. Atau bisa juga mendapat fee karena karya yang dipajang tadi digunakan orang.

Hebatnya lagi, seorang desainer akan mendapat penghasilan dalam Dollar Amerika. Karena itu, tidak heran kalau ada desainer Indonesia yang mendapat penghasilan puluhan hingga ratusan juta Rupiah dari internet. Kuncinya adalah rajin membuat desain original serta konsisten mengupload hasil karya kita ke internet.

Nah demikian tadi beberapa cara mendapatkan uang dari internet. Ada banyak cara lainnya. Dan daftar di atas hanya sebagian kecil saja. Keahlian apa saja yang dimiliki, hasilnya akan lebih maksimal kalau kita memanfaatkan internet. Sekarang saatnya kalian menjadikan internet sebagai ladang uang. Selamat mencoba!

(Visited 13 times, 1 visits today)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *