cara memulai bisnis online

17 Cara Memulai Bisnis Online Dengan Modal Minimalis

Posted on

Cara Memulai Bisnis Online – Saat ini bisnis online sedang menjadi trend. Karena sepertinya orang lebih senang jual beli sistem online dibanding offline. Cukup duduk di depan komputer atau bermodal smartphone, maka transaksi sudah bisa terjadi. Bahkan sangat sering terjadi transaksi puluhan juta tanpa ada pertemuan fisik pihak-pihak yang bertransaksi.

Bagi seorang pegawai, mereka juga bisa menjadikan bisnis online sebagai tambahan penghasilan tanpa meninggalkan pekerjaan utama. Sebagian besar merasa gaji bulanan tidak mencukupi untuk memenuhi kebutuhan keluarga.

Kelebihan Bisnis Online

cara memulai bisnis online

Melihat prospeknya yang semakin cerah, bisnis online jelas tidak bisa dipandang sebelah mata. Dan sekarang semua orang bisa melakukannya. Nah sebelum membahas cara memulai bisnis online, yuk kita simak dulu beberapa kelebihannya.

1. Lebih fleksibel

Bisnis online bisa dikerjakan dimana saja dan kapan saja. Sehingga kita bisa mengatur sendiri kapan waktu bekerja dan kapan waktu untuk keluarga. Dengan modal utama koneksi internet, kita sudah bisa berbisnis online dan berinteraksi dengan konsumen.

Nampaknya santai dan nyaman. Tapi untuk untuk sukses, harus selalu disertai kerja keras dan tanggung jawab. Misalnya saat ada permintaan dari pelanggan, maka kita harus memberi reson cepat dan pelayanan maksimal.

2. Memberi kemudahan

Bisnis online memberi kemudahan bagi siapa saja. Untuk menjual barang, kita hanya perlu menampilkan katalog disertai deskripsi produk dan pricelist. Bahkan banyak penjual yang tidak memiliki stok, contohnya dropshipper. Kita juga bisa memulai bisnis online seorang diri, tanpa bantuan karyawan.

Kemudahan juga didapat konsumen. Untuk mencari produk dan melakukan transaksi, mereka cukup melakukannya lewat ponsel atau laptop. Apalagi sudah menggunakan m banking, pembayaran bisa dilakukan tanpa beranjak dari depan komputer.

3. Modal usaha minimalis

Dibanding usaha offline atau membuka toko/kantor tradisional, biaya berbisnis online jelas lebih murah. Memang ada biaya, misalnya beli laptop, koneksi internet, atau membuat website. Tapi tidak seberapa dibanding harus menyewa atau mendirikan bangunan fisik.

4. Potensi konsumen tak terbatas

Jangkauan internet yang sangat luas membuat kita bisa mempromosikan produk kemana saja, bukan mustahil pula untuk menjangkau konsumen luar negeri.

Internet juga menjadi tempat jualan yang hemat dan mudah. Bahkan dengan bantuan medsos, kita bisa melakukan promosi sekaligus berjualan secara gratis.

Bayangkan berapa biaya yang harus disiapkan seandainya kita beriklan di koran, brosur, atau media tradisional lainnya.

Baca Juga  Meeting Room Surabaya Cocok untuk Milenial Rapat

5. Bisa dilakukan siapa saja

Kesuksesan bisnis online tidak ditentukan oleh ijazah, pengalaman, atau usia. Siapapun kita, bisa berhasil dalam bisnis ini. Ada banyak contoh orang yang awalnya tidak paham marketing, pada akhirnya mendapat kesuksesan besar. Karena yang dibutuhkan adalah keinginan untuk belajar dan fokus.

6. Keuntungan melimpah

Potensi konsumen yang sangat luas membuat bisnis online menawarkan keuntungan melimpah. Keuntungan kecil dengan jumlah konsumen sangat banyak pada akhirnya memberikan keuntungan yang besar.

Atau saat kita berbisnis dengan klien atau konsumen dari luar negeri, maka perbedaan nilai tukar mata uang membuat keuntungan yang didapat sangat besar.

7. Bisa berjualan 24 jam sehari

Kalau kita berjualan melalui website atau medsos, lapak kita tidak akan tutup 24 jam selama 365 hari dalam setahun. Website terus bekerja untuk kita tanpa mengenal capai dan stress. Karena itu jangan heran kalau order datang saat kita sedang tidur.

8. Lebih cepat berhubungan dengan konsumen

Bisnis online membuat penjual dan pembeli lebih mudah berhubungan. Ini jelas lebih efektif dibanding usaha konvensional. Misalnya dengan fasilitas live chat atau formulir pertanyaan yang tersedia di website. Atau bisa juga terhubung dengan konsumen melalui medsos seperti Instagram dan Facebook.

Berbagai Cara Memulai Bisnis Online

cara memulai bisnis online

Nah sekarang kalian pastinya sudah lebih termotivasi untuk memulai bisnis online. Pertanyaan selanjutnya, bagaimana cara memulai bisnis online?

Ada banyak ide bisnis online yang bisa dilakukan di rumah. Dengan kata lain, kita bisa mendapat penghasilan hanya dengan tetap di rumah dan koneksi internet. Nah kalian bisa memilih salah satu dari bisnis online berikut ini

1. Berjualan di website pribadi

Salah satu cara paling canggih dan menguntungkan dalam berjualan adalah menggunakan website sendiri. Website pribadi akan membuat bisnis kita tampak lebih profesional.

Seperti halnya toko di dunia nyata, nantinya website ini akan digunakan sebagai toko online. Segala sesuatu ada di toko online, mulai dari informasi produk, harga, dan juga cara pembayaran. Tapi toko offline hanya bekerja saat buka. Sedangkan toko online akan menjajakan sepanjang hari selama 24 jam.

Tapi apakah kita harus bisa coding atau jago IT? Ternyata tidak kok. Yang paling penting kita sudah siap dengan alamat website yang gampang diingat serta sesuai dengan profil bisnis.

Untuk pembuatan website, kita bisa lakukan dengan memanfaatkan platform online. Ada beberapa platform yang cocok untuk toko online. Misalnya Shopify, WooCommerce, Prestashop, Magento, Jarvis Store, Instagram, maupun WordPress.

Selanjutnya kita perlu mengisi website dengan foto produk, teks, atau segala sesuatu tentang toko kita. Kalau ternyata kita masih belum memiliki produk sendiri, kita bisa berjualan dengan sistem dropship atau reseller. Bisa juga dengan menjualkan produk teman yang belum online.

Baca Juga  Pilihan Nyaman Bekerja di Coworking Space Surabaya

2. Berjualan di marketplace

Membuat website memang semakin mudah. Tapi tetap saja perlu waktu. Setidaknya kita harus bisa membuat desain web yang menarik. Bagaimana kalau ingin segera jualan tanpa diribetkan urusan teknis? Oke, gunakan cara kedua. Yaitu membuat toko di marketplace.

Ada beberapa marketplace Indonesia yang biasa digunakan untuk jualan, diantaranya Shopee, Tokopedia, Bukalapak, atau Lazada. Bagi pemula, marketplace atau pasar online menjadi solusi menarik.

Selain mudah, sistemnya sangat aman dan ada banyak pembeli yang berkumpul di sana. Sehingga lebih mudah mendapat konsumen. Belum lagi persaingan marketplace yang ketat membuat mereka berlomba-lomba memberi fasilitas bebas ongkos kirim, cashback, dll.

Untuk jangka pendek, marketlace bisa diandalkan untuk menghasilkan uang. Tapi ikut lapak orang lain jelas kurang mengenakkan. Kalau suatu saat merketplace mengubah aturan dan kebijakan yang merugikan seller, kita tidak bisa berbuat banyak.

Okelah kita bisa memulai bisnis dari marketplace. Tapi pada akhirnya kita tetap harus memiliki lapak dan sistem sendiri. Sehingga lebih mandiri dan bebas dalam menentukan aturan.

3. Menjadi dropshipper atau reseller

Bagi yang ingin berjualan online tanpa risiko, dropship-lah jawabannya. Dropshipper hanya mengiklankan dan menjualkan produk orang lain tanpa memiliki stok. Iklan menjadi senjata utama, sehingga usahakan memiliki foto, price list, dan deskripsi produk yang jelas.

Begitu menemukan pembeli, dropshipper segera menginfokan ke supplier atau agen untuk mengirimkan ke pembeli. Bisa dibilang dropship menjadi bisnis online paling simpel. Kelebihan berjualan dengan cara dropship diantaranya,

  • Modal sangat kecil
  • Sangat mudah dilakukan
  • Fleksibel, bisa dikerjakana kapan saja, dimana saja
  • Risiko minimalis

Dropship sangat cocok dilakukan pemula. Walau begitu, dropship memiliki beberapa kekurangan:

  • Keuntungan juga kecil
  • Ketersediaan barang sulit dipantau
  • Kulit mengetahui kualitas produk
  • Pesaing sangat banyak

Cara mudah jualan online lainnya adalah sebagai reseller. Hampir sama dengan dropship, kecuali dalam hal status kepemilikan barang.

Seorang reseller menjual barang yang sudah dimilikinya. Makanya dia lebih tahu kualitas barang. Product knowledge membuat reseller lebih mudah dalam menjual.

Reseller biasanya membeli produk dalam jumlah banyak, sehingga bisa mendapat diskon. Nah keadaan ini bisa dimanfaatkan untuk menjual barang dengan harga lebih murah dan menjaring lebih banyak konsumen.

cara memulai bisnis online

4. Blogging

Nah blogging menjadi cara memulai bisnis online yang sangat menguntungkan, khususnya bagi kalian yang hobi menulis. Kalau menjadi penulis buku, kalian harus terikat dengan peraturan penerbit.

Terkadang kita juga tidak tahu kapan buku terbit dan kapan mendapat royalti. Tapi sekarang, kita bisa bebas menuangkan ide, pikiran, atau cerita lewat media blog.

Membuat blog sangat mudah dilakukan. Ada banyak platform blogging yang menyediakan berbagai fitur. Tapi yang lebih penting lagi, bagaimana membuat blog kita sukses dan menjadi ladang uang. Agar sukses, kita tidak boleh membuat blog asal jadi.

Sangat penting menentukan topik di awal dengan jelas. Topik tersebut harus benar-benar kita kuasai. Penguasaan topik menjadikan tulisan kita lebih berisi dan berkualitas.

Dengan konten berkualitas itulah, blog kita mampu menghadirkan banyak pengunjung. Tapi ini tidak didapatkan secara instan. Kita perlu membangun blog dengan mengisi konten berkualitas selama berbulan-bulan.

Saat pengunjung cukup banyak, barulah kita bisa mendaftarkan blog ke Ad Sense. Jika diterima, berarti kita diperbolehkan menampilkan iklan di blog. Nah iklan inilah yang akan memberikan penghasilan kita sebagai pemilik blog.

5. Penulis freelance

Menulis di blog memang menawarkan passive income menggiurkan. Tapi kita harus menunggu sampai dikunjungi banyak orang. Padahal kebutuhan rumah tidak bisa ditunda.

Nah agar artikel kita bisa segera menghasilkan, mengapa tidak mencoba menjadi penulis freelance. Profesi ini termasuk populer lho. Apalagi banyaknya blog ataupun media online lainnya yang memerlukan konten berupa artikel.

Bagi yang baru memulai, kita bisa mendapatkan job dari beberapa situs lowongan freelance, seperti upwork.com, freelancer.com, sribulancer.com, dll. Pekerjaan akan lebih mudah didapat kalau kita memiliki blog. Adanya blog menjadi nilai tambah dan memudahkan klien mengetahui kualitas tulisan kita.

Tapi kalau kita sudah merasa ahli dengan tulisan di bidang tertentu, kita bisa mengirim artikel ke situs terkenal. Sudah pasti mereka akan membayar mahal tulisan berkualitas tinggi. Untuk satu artikel, kita bisa mendapat ratusan ribu Rupiah.

Pundi-pundi uang yang masuk ke kantong bisa semakin besar kalau kita mampu membuat artikel dalam bahasa Inggris.

Baca Juga  Menciptakan Working Space Surabaya Yang Memacu Produktivitas

6. Trainer online

Orang berilmu akan dibutuhkan dimanapun. Karena itu, jangan lupa untuk terus menambah ilmu. Nah agar ilmu dan skill yang kita miliki makin tersebar, salah satu caranya dengan menjadi tutor atau trainer online.

Trainer online semakin dibutuhkan karena ada banyak orang yang ingin ikut kursus, tapi waktu yang dimiliki sangat terbatas. Nah peluang ini bisa kita manfaatkan kan?

Agar lebih mudah menjual, kalau kita menguasai bidang yang sedang nge-hit. Kita bisa memulainya dengan membuat blog, lalu membagikan konten video dan audio di blog tersebut.

Kalau blog kita ternyata banyak peminatnya, biasanya ada saja yang ingin konsultasi atau minta privat. Kalau sudah begini, penghasilan akan mengalir dengan sendirinya.

Kalau ternyata banyak yang percaya dengan kompetensi kita, kita bisa menambah usaha lainnya. Misalnya membuat video atau ebook, lalu menjualnya.

7. Translator

Dunia menulis tampaknya membuka banyak cara memulai bisnis online. Salah satunya menjadi translator atau penerjemah online. Pekerjaan ini sangat fleksibel, sehingga bisa dilakukan siapa saja. Bagi ibu rumah tangga, mereka bisa mengerjakan tugas ini sambil menjaga anaknya.

Profesi ini juga tidak memerlukan modal uang. Modal utama kita hanyalah kemampuan bahasa asing. Minimal bahasa Inggris.

Modal lainnya adalah suka dengan aktivitas membaca dan menulis. Karena dua aktivitas inilah yang akan dilakukan dalam menyelesaikan proyek penerjemahan.

Bagi pemula, kita bisa mendapat proyek penerjemahan di beberapa situs lowongan freelance. Seiring jam terbang yang makin meningkat, kita bisa mencari proyek yang lebih besar lagi.

8. Menjual foto

Semua orang pasti bisa menfoto, tapi tidak semua bisa menghasilkan foto berkualitas. Nah kalau kalian punya hobi fotografi dan jago mengedit, tidak ada salahnya untuk memajang di situs penyedia foto. Kita bisa mendaftarkan hasil jepretan ke shutterstock.com, istockphoto, picturestock.com, dll.

Peluang menjual foto semakin besar. Karena ada banyak pemilik website, media online, portal berita, tabloid, dan majalah yang memerlukan foto untuk mengisi konten mereka.

Sebagai penyedia foto, kita akan mendapat royalti dari setiap foto yang diunduh. Selama foto kita dipakai orang, maka pemasukan akan terus mengalir. Semakin banyak kita memajang foto, maka semakin besar pula peluang mendapat pemasukan lebih.

Nah agar foto layak jual, sudah pasti kita harus terus meningkatkan skill fotografi. Selain itu, lengkapi dengan peralatan layaknya profesional.

9. Desain grafis

cara memulai bisnis online

Kalau kalian yang jago desain, sebaiknya tidak perlu sibuk mencari kerja. Sayang kalau skill kalian hanya dihargai gaji tak seberapa. Karena kalian bisa menjual karya desain secara online.

Sebagai karya seni, desain grafis tidak bisa dianggap remeh. Ada banyak orang di luar sana yang menghargai tinggi karya yang benar-benar berkualitas.

Bahkan tidak jarang klien datang dari luar negeri yang siap membayar dalam USD Dollar. Nah agar bisa dilihat orang dari seluruh dunia, kita bisa memajang di situs penyedia desain grafis. Atau bisa juga mengiklankan jasa kita di beberapa marketplace.

Bagi yang masih pemula, penting untuk memperbanyak jam terbang dan portofolio. Jadi sebaiknya jangan pasang taget terlalu tinggi. Setelah benar-benar ahli, barulah kita ambil proyek besar dari dalam dan luar negeri.

10. Admin medsos

Jasa yang satu ini menjadi salah satu aktivitas yang disenangi generasi milenial. Mereka bisa melakukan hobi berselancar di medsos, sekaligus mendapat pemasukan.

Enaknya lagi, admin medsos mendapat gaji tinggi dengan pekerjaan yang bisa dilakukan dimana saja. Admin media sosial semakin dibutuhkan karena adanya permintaan perusahaan untuk mengembangkan akun medsos mereka.

Untuk menggencarkan promosi, perusahaan butuh follower medsos sebanyak-banyaknya. Karena itu, admin medsos harus mampu menyusun konten unik serta berkomunikasi dengan follower.

11. Menjadi copywriter

Copywriter adalah sales yang menjual lewat kata-kata sakti. Pesan yang ditulis singkat tapi mampu merayu orang untuk melakukan apa yang kita inginkan.

Tulisan copywriter berupa teks yang ditampilkan di halaman web, media sosial, atau iklan. Sekilas sangat sederhana, tapi tugas copywriter itu tidak mudah lho.

Selain bakat, skill copywriting harus dipoles dengan ikut pelatihan. Dan karena tugasnya sebagai tulang punggung penjualan, tidak heran kalau pendapatan copywriter sangat tinggi. Jauh lebih besar dibanding content writer biasa.

12. SEO

Website saat ini sudah menjadi alat promosi yang bekerja sepanjang hari. Bagi konsumen yang mencari barang atau jasa lewat internet, biasanya mereka mengandalkan mesin pencari.

Nah agar website mendapat trafik potensial, salah satu caranya menggunakan teknis SEO. Dan karena pemilik bisnis tidak ada waktu untuk belajar bagaimana mengoptimasi website, disinilah peluang ahli SEO menawarkan jasanya.

Tapi sebelum melaunching jasa SEO ke khalayak, sebaiknya kita sudah membuktikan kesuksesan SEO di website pribadi. Jangan sampai bisnis klien tidak berkembang atau justru rugi karena teknik SEO yang salah.

Baca Juga  Tips Sewa Kantor Surabaya Untuk Pebisnis Pemula

13. Programmer freelance

Kalau kalian suka coding dan dunia programming, saatnya mengembangkan skill dengan menjadi programmer lepas. Dengan bekerja untuk klien yang beragam, otomatis keterampilan kita lebih teruji.

Sebagai programmer freelance, kita tidak perlu menunggu gaji bulanan dari perusahaan IT. Bahkan kita bisa memiliki pendapatan lebih banyak. Terlebih kalau bisa menyelesaikan tugas dengan cepat. Walaupun terlihat mudah, tapi banyak programmer pemula yang kesulitan mendapat kerjaan.

Karena biasanya klien mengharapkan programmer berpengalaman dan mampu mengerjakan tugas dengan sempurna. Nah disinilah diperlukan komunikasi yang baik. Agar klien percaya bahwa kita juga mampu menyelesaikan proyek dengan baik.

Selain itu, jangan terlalu pilih-pilih proyek besar bertarif mahal saja. Yang terpenting, kita mendapat kesempatan membuktikan kemampuan dan memperbanyak portofolio. Dengan pelayanan profesional dan pekerjaan berkualitas, klienpun akan merasa nyaman bekerjasama dengan kita.

Lalu darimana kita bisa mendapat klien? Salah satu sumber informasi ada di situs pekerjaan freelance. Kita bisa memilih pekerjaan pemrograman yang sesuai dengan kemampuan kita.

Cara lain programmer freelance mendapat uang adalah dengan membuat software, lalu menjualnya sendiri. Dan kita bisa mulai dengan yang sederhana dulu, seperti software pembelajaran Matematika, database stok barang di toko, software sistem penerimaan mahasiswa, dll.

14. Membuat aplikasi mobile

Sejak hadirnya sistem operasi Android dan iOS, semakin banyak developer yang mengembangkan aplikasi mobile. Software Development Kit (SDK) yang digunakan juga mudah dipelajari, bahkan oleh siswa sekolah menengah. Singkat cerita, kitapun bisa membuat aplikasi mobile.

Memang akan lebih mudah lagi kalau kita bisa coding. Kemampuan mengcoding membuat kita bisa membuat program secara manual dan menjalankannya di Android Studio.

Bagi yang kesulitan dengan coding, kalian masih bisa membuat aplikasi mobile dengan bantuan platform pihak ketiga. Contohnya appmachine.com, appery.io, Appy Pie, goodbarber.com, dll.

Melalui situs tersebut, kita bisa membuat aplikasi mobile dengan sangat mudah. Setelah aplikasi atau game yang diinginkan selesai dibuat, kita bisa segera mempublishnya di Play Store.

Tapi semua fasilitas di situs tersebut tidak didapat dengan gratis. Harga termurahnya berkisar 20 USD per bulan, dan yang termahal bisa mencapai 200 USD per bulan.

15. Jasa pembuatan website

Tuntutan bisnis membuat setiap perusahaan wajib memiliki website. Adanya website menjadikan perusahaan terlihat profesional dan meningkatkan kepercayaan konsumen.

Website juga dijadikan sarana informasi segala hal tentang perusahaan. Sebagai alat marketing, website akan bekerja untuk perusahaan selama 24 jam.

Nah trend ini menjadi peluang bisnis jasa pembuatan website. Karena ada banyak pengusaha kecil menengah yang belum paham cara pembuatan serta perawatan website.

Untuk mempromosikan jasa pembuatan web, caranya sangat mudah. Promosi bisa dimulai lewat website sendiri atau menawarkan ke usaha kecil yang ada di sekitar kita.

16. Broker properti

Sebagai usaha yang menjanjikan pendapatan sangat besar, sudah pasti banyak yang berminat menjadi agen atau broker properti. Tugas utama broker adalah mempertemukan penjual dan pembeli properti. Sekilas usaha ini sangat mudah, tapi ternyata perlu ketekunan dan kesabaran tingkat tinggi.

Baca Juga  Peluang dan Tips memulai Bisnis Properti Dengan Modal Minim

Apalagi bagi pemula, biasanya mereka perlu waktu beberapa bulan untuk mendapat transaksi pertama. Tapi seiring berjalannya waktu, bertambahnya pengalaman dan banyaknya koneksi, closing-pun bisa semakin mudah terjadi.

Sebelum terjun sebagai broker, sebaiknya kita memahami semua hal yang berhubungan dengan jual beli properti. Terkadang penjual dan pembeli kurang paham lho proses yang akan dilalui. Sehingga seorang broker harus bisa memberi saran dan menempatkan diri sebagai konsultan.

Nah untuk memaksimalkan promosi, kita bisa memanfaatkan media online untuk beriklan. Selain murah, iklan kita akan dilihat pembeli dari seluruh Indonesia. Karena tak jarang pembeli datang dari luar daerah.

Seorang broker biasanya akan mendapat fee 2,5% dari nilai transaksi. Dengan harga properti yang tinggi, maka komisi yang diterima sangat besar. Nah bayangkan kalau kita mampu menjualkan properti berharga 500 juta, berarti kita akan menerima fee 12,5 Juta. Gimana, ingin mencoba?

17. Penyewaan kamar

Bagi sebagian backpacker, dana terbatas membuat mereka lebih suka menyewa kamar dibanding hotel atau penginapan. Di kota-kota wisata, mereka bisa mendapatkan kamar yang cukup bagus hanya dengan tarif Rp 150 ribu per malam.

Nah kalau kalian punya rumah dengan kamar kosong, kenapa tidak disewakan saja? Kita bisa mengiklankan rumah kita di situs penyewaan kamar,misalnya airbnb.co.id, traveloka.com, atau airyrooms.com. Dan kanya dengan menyewakan kamar, kita bisa mendapat penghasilan lebih besar dibanding menjadi karyawan.

Ada banyak backpacker yang menjadikan situs di atas sebagai referensi. Sehingga memperbesar peluang kita untuk mendapatkan konsumen.

Nah itu tadi beberapa cara memulai bisnis online yang bisa kita mulai sekarang juga. Bagi yang masih bekerja sebagai karyawan, kita bisa memulainya sebagai usaha sampingan. Tapi kalau ternyata hasilnya menjanjikan, tidak ada salahnya untuk full berbisnis. Gimana, ada ide bisnis online lainnya?

Jika kamu membutuhkan tempat untuk menjalankan bisnis online, kamu isa bekerja di Westwork coworking space surabaya

(Visited 5 times, 1 visits today)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *