Cara Membuat Tulisan Melingkar di Photoshop dan di Word

Posted on

Cara Membuat Tulisan Melingkar di Photoshop dan di Word – Kita bisa membuat tulisan melingkar di Word atau pun di Photoshop. Untuk kebutuhan sederhana, kita bisa menggunakan Ms Word (cara membuat tulisan melingkar di photoshop, cara membuat tulisan melingkar di word, cara membuat tulisan melingkar, cara membuat tulisan melingkar photoshop). 

Sementara untuk kebutuhan design, kita bisa menggunakan Photoshop(cara membuat tulisan melingkar di photoshop, cara membuat tulisan melingkar di word, cara membuat tulisan melingkar, cara membuat tulisan melingkar photoshop). 

Nah, berikut ini adalah cara membuat tulisan berbentuk (cara membuat tulisan melingkar di photoshop, cara membuat tulisan melingkar di word, cara membuat tulisan melingkar, cara membuat tulisan melingkar photoshop). 

Membuat Tulisan Melingkar di Ms Word

  1. Setelah membuka Ms Word, silahkan pergi ke Insert lalu klik WordArt. Ikon Worart adalah huruf A berwarna biru. Setelah itu, pilih gaya WordArt yang diinginkan.
  1. Setelah mengklik salah satu style Wordart, secara otomatis akan muncul teks di dalam lembar Ms Word. Silahkan hapus dan ganti teks WordArt “your text here” dengan teks kita sendiri.
  1. Setelah mengetikkan teks yang ingin dibentuk, silahkan pergi ke Drawing Tools Format, pilih Text Effects . Selanjutnya klik Transform dan pilih tampilan yang di-inginkan.
  1. Silahkan pilih salah satu template bentuk yang sesuai. Dalam beberapa kasus, kita mungkin tidak akan menemui bentuk lingkaran sempurna sehingga harus menambah atau mengurangi karakter yang ada pada teks. 

Cara (cara membuat tulisan melingkar di photoshop, cara membuat tulisan melingkar di word, cara membuat tulisan melingkar, cara membuat tulisan melingkar photoshop) tersebut tentu tidak cocok untuk keperluan design. Untuk mendapatkan hasil yang lebih baik, gunakan Photoshop.

Membuat Tulisan Melingkar di Photoshop

Untuk membuat tulisan melingkar di Photoshop (cara membuat tulisan melingkar di photoshop, cara membuat tulisan melingkar di word, cara membuat tulisan melingkar, cara membuat tulisan melingkar photoshop), ada beberapa langkah yang harus dilakukan. 

Baca Juga  Pengertian, Contoh Algoritma dan Flowchart

Secara umum, ada 4 langkah membuat tulisan melingkar (cara membuat tulisan melingkar di photoshop, cara membuat tulisan melingkar di word, cara membuat tulisan melingkar, cara membuat tulisan melingkar photoshop), yaitu: 

Menambahkan Bentuk Lingkaran Ke Bagian Layar

1. Pilih Shape Tool dari Toolbar atau gunakan pintasan (Shortcut U).

2. Klik dan tahan pada Shape Tool untuk membuka menu fly-out, lalu pilih Ellipse.

3. Pada Opsi Bar di bagian atas layar, pilih Path dari menu drop-down kedua (defaultnya adalah Shape).

4. Klik di bawah tengah gambar dan tarik keluar lingkaran ukuran yang dibutuhkan. Tekan tombol Shift jika ingin membuat lingkaran yang sempurna.

Perlu diketahui, menambahkan path akan menambahkan layer baru pada Panel Layers. Path disimpan di Panel Path. Jika tidak dapat melihat ini pada daftar di sebelah kanan layar, buka Windows di menu utama dan pilih Paths.

Memusatkan Path di Atas Background

1. Pilih Work Path di Panel Paths.

2. Pastikan juga masih memilih Shape Tool.

3. Pada Options Bar di bagian atas, klik ikon Alignment (berbentuk dua persegi panjang dengan garis di sebelah kiri).

4. Pilih Align to Canvas. 

5. Klik pada Horizontal Center dan kemudian ulangi, klik pada Vertical Center.

Menambah Teks ke Path

1. Dengan Work Path terpilih, pilih Type Tool dari Toolbar di sebelah kiri.

2. Atur font, berat, ukuran, dan warna di Options Bar di bagian atas. Jika tidak yakin dengan apa yang ingin digunakan, kita bisa mengaturnya setelah menambahkan teks. 

3. Pada Options Bar, pastikan mengklik Center Align sebelum mulai mengetik.

4. Pindahkan kursor mengetik ke path. Kita akan melihat perubahan tipe kursor dengan garis bergelombang. 

5. Ketika melihat garis bergelombang, klik bawah tengah di bagian atas path melingkar. Gunakan anchor point di bagian atas sebagai panduan (kotak hitam kecil). Setelah melihat kursor berkedip, mulailah mengetik. Saat mengetik, akan terlihat kurva huruf di sekitar lingkaran.

Baca Juga  Cara dan Aplikasi Kompres Foto

6. Klik pada Checkmark pada Options Bar di bagian atas. Sekarang akan terlihat Layer Teks baru di Panel Layer.

7. Klik kembali pada Work Path lagi dan ulangi langkah 4 hingga 7 untuk menambahkan teks ke bagian bawah lingkaran.

Mengedit Teks pada Path 

1. dalam membuat tulisan melingkar (cara membuat tulisan melingkar di photoshop, cara membuat tulisan melingkar di word, cara membuat tulisan melingkar, cara membuat tulisan melingkar photoshop), kita dapat mengedit teks pada path dengan cara yang sama seperti ketika mengedit teks lainnya.

2. Kembali ke Panel Layers, klik dua kali pada ikon T pada layer teks yang ingin diedit.

3. Pada teks yang diblok, kita dapat mengubah font, ukuran font, dan warna pada Options Bar di bagian atas layar.

4. Klik pada Checkmark untuk mengonfirmasi perubahan. 

Mengatur Kembali Ukuran Path

1. Setelah teks berada di tempatnya, kita masih mungkin untuk mengubah path tersebut, misalnya lingkaran terlalu besar dan teks terlalu dekat ke tepi latar belakang.

2. Klik pada satu layer teks dan kemudian Ctrl + Klik pada Text Layer kedua. 

3. Klik pada salah satu pegangan ambil sudut untuk mengaktifkan Transform Controls. Kita akan dapat melihat path lagi setelah itu dilakukan.

4. Tahan Shift + Alt atau Option dan seret dari sudut mana saja untuk mengecilkan path dan kedua lapisan teks supaya proporsional dan terpusat. Menarik keluar berarti menambah besar ukuran dan sebaliknya. 

5. Setelah sesuai keinginan, pilih apply untuk menyimpan perubahan. 

Itulah tadi dua cara membuat tulisan berbentuk (cara membuat tulisan melingkar di photoshop, cara membuat tulisan melingkar di word, cara membuat tulisan melingkar, cara membuat tulisan melingkar photoshop).

(Visited 11 times, 1 visits today)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *