cara membuat tabel di word

Berbagai Cara Membuat Tabel di Word

Posted on
Cara Membuat Tabel di Word – Secara sederhana, tabel dapat dipahami sebagai bentuk pengaturan data dalam bentuk baris dan kolom. Tabel banyak digunakan dalam penyajian komunikasi, penelitian, dan analisis data. Kita dapat membuat tabel ini di Microsft Word.
Ada banyak cara membuat tabel di word. Kita dapat membuat tabel dalam bentuk garis kolom dan baris terlebih dahulu, selanjutnya mengisi data. Selain itu, kita juga dapat membuat tabel dengan cara menuliskan data terlebih dahulu dan baru kemudian memberinya garis tabel. Hal ini tergantung data yang ada pada tabel. cara membuat tabel di word

Cara Membuat Tabel di Word

Nah, berikut ini adalah beberapa cara membuat tabel di word yang bisa digunakan. Kamu bisa menerapkan salah satu cara membuat tabel di word berikut sesuai data dan kemudahan yang bisa dicapai.

Membuat Tabel dari Menu Tables and Borders

Cara membuat tabel di word dari menu Tables and Borders adalah cara yang paling praktis. Cara ini dilakukan ketika data belum ditulis di atas lembar halaman. Berikut cara membuat tabel dari menu Tables and Borders toolbar: 1. Pertama-tama tempatkan kursor di bagian atau area yang kita inginkan sebagai tempat tabel. 2. Klik tautan Insert Table pada Tabel dan Borders di bagian atas jendela. 3. Seret sudut tabel hingga memiliki jumlah kolom dan baris yang diinginkan. 4. Klik kanan mouse untuk insert the table. Cara ini tersedia di versi Microsoft Word lama, untuk beberapa versi terbaru sudah tidak tersedia.

Membuat Tabel dari Menu Insert Table

Cara membuat tabel di word selanjutnya adalah dari menu Insert. Seperti yang diketahui, menu insert memang menu untuk menambahkan berbagai karakter atau bidang selain huruf, termasuk menambahkan table. Berikut cara membuat tabel dari menu Insert Table : 1. Klik Table dari menu bar. Pilih Insert, lalu Table… kotak dialog akan terbuka. 2. Masukkan jumlah baris dan kolom yang diinginkan. 3. Pilih AutoFit behavior jika ingin sel tabel diperluas secara otomatis agar sesuai dengan teks di dalamnya. Memilih AutoFormat jika lebih suka memilih tabel dengan format tertentu.
Baca Juga  Pengertian, Fungsi, dan Search Engine Selain Google
4. Klik OK.
Baca Juga :Tempat Kursus SSAT Surabaya Yang Paling di Rekomendasikan

Membuat Tabel dengan Menggambar Langsung

Untuk kamu yang kesulitan membuat table dengan cara di atas, kamu juga bisa membuat tabel dengan langsung menggambarnya. Cara membuat tabel di word yang satu ini biasanya diterapkan pada data yang tidak berbentuk atau berurutan secara persegi.
Nah, berikut cara membuat tabel di word dengan draw table: 1. Pilih Table dari menu bar. 2. Pilih Draw Table. 3. Seret pensil secara diagonal melintasi halaman untuk membuat persegi panjang tempat Anda ingin meletakkan meja Anda. 4. Gambar garis secara vertikal dan horizontal untuk membuat kolom dan baris yang Anda butuhkan. Membuat Tabel dengan Cara Blok Jika data sudah terlanjur ditulis ke dalam lembar word, maka kita juga masih bisa menambahkan tabel. Namun, cara ini hanya cocok digunakan untuk data yang simple.
Nah, cara membuat tabel di word dengan cara blok adalah sebagai berikut. 1. Blok data. Usahakan untuk mem-blok data dalam satu kolom. Artinya, kita akan membuat table dengan satu kolom dan banyak baris. 2. Klik insert pada menu bar. Selanjutnya, pilih table dan insert table. 3. Jika ingin menambahkan kolom, maka klik table di dalam lembar dan klik layout di menu bar. 4. Pilih insert right dan pindahkan beberapa data yang akan dimasukkan ke kolom baru.

Memodifikasi dan Menghias Tabel

Selain menerapkan table standar yang beruba garis hitam lurus, kita juga dapat melakukan modifikasi pada tabel yang ada. hal ini biasanya dilakukan untuk menambah menarik table ketika akan dipresentasikan.
Kita dapat melakukan modifikasi pada bentuk garis, warna, dan lainnya. Nah, berikut ini adalah cara memodifikasi table yang sudah dibuat.
  • Modifikasi standar:
Yang dimaksud modifikasi standar ini adalah modifikasi yang berkaitan dengan letak data di dalam tabel.
Baca Juga  Aplikasi Penguat Sinyal 4g Android
1. Pilih table, atau sebagian table yang ingin diubah. 2. Klik kanan mouse dan pilih Table Properties. Kita juga dapat memilih Properti Tabel dari menu Tabel di bilah menu. 3. Silahkan sesuaikan perataan atau pengaturan baris dan kolom. Klik OK ketika telah membuat perubahan yang diinginkan. Pada Microsoft Word terbaru, kita hanya cukup klik pada tabel. Lalu, akan muncul menu bar layout. Di dalam menu bar tersebut kita akan menemukan berbagai pengaturan.
  • Modifikasi bentuk.
Kita dapat membuat tabel menjadi lebih menarik. Kita bisa menyesuaikan warna dan desain supaya lebih terlihat atau mencolok.
1. Klik Table. 2. Pilih Table Properties. 3. Klik pada Borders and Shading. Buat pilihan yang diinginkan dan klik OK, lalu klik OK lagi. Untuk Microsoft Word versi baru, kita hanya cukup klik pada tabel. Lalu, akan muncul menu bar design. Di dalam menu bar tersebut terdapat berbagai macam gaya tabel yang bisa digunakan.
  • Menghapus Table
Ketika kita urung menerapkan table, kita bisa menghapusnya. Pada beberapa kasus, mem-blok table dan menekan delet bisa menghapus table. Akan tetapi, lebih sering cara tersebut hanya menghapus data dan tetap meninggalkan table. Cara menghapus table yang benar adalah dengan klik tanda “+” di sudut kanan atas tabel dan klik layout di menu bar. Selanjutnya, pilih remove table. Memilih remove artinya menghapus semua bagian table. Kita bisa memilih apakah akan menghapus baris saja atau kolom saja. Itulah tadi beberapa cara membuat tabel di word dengan mudah dan cara memodifikasinya. Yang perlu diperhatikan adalah jangan membuat table menggunakan shape garis. Hal itu karena shape garis akan berantakan ketika file dieksport.
(Visited 14 times, 1 visits today)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *