Cara Membuat Tabel di Photoshop

Cara Membuat Tabel di Photoshop

Posted on

Cara Membuat Tabel di Photoshop – Kita telah mengenal beberapa program yang memang dibuat untuk mengerjakan tabel dengan lebih mudah, seperti Ms Excel. Namun, ada kalanya kita membutuhkan membuat tabel di Photoshop(cara membuat tabel di Photoshop, cara membuat tabel di Photoshop CS3).

Ada beberapa cara yang bisa dilakukan. Nah, berikut ini adalah langkah membuat tabel (cara membuat tabel di Photoshop, cara membuat tabel di Photoshop CS3).

baca juga ” Aplikasi Edit Video Terbaik untuk Youtubers Ringan

Cara Membuat Tabel di Photoshop yang Utama

Untuk mempermudah pengerjaan(cara membuat tabel di Photoshop, cara membuat tabel di Photoshop CS3), mula-mula pastikan bahwa grid pada layar Photoshop telah aktif. Caranya adalah dengan klik “View” dan pilih “Snap to”.

1. Pertama-tama, silakan buka dokumen baru di Photoshop. Tentukan ukuran kertas yang akan digunakan.

2. Setelah lembar baru terbuka, kamu bisa menekan “D” pada keyboard. Hal ini digunakan untuk membuat latar belakang menjadi berwarna putih, sementara latar depan menjadi warna hitam.

3. Perhatikan opsi toolbar yang ada di sebelah kiri. Carilah solid-line-ellipse yang ada di toolbar tersebut. Klik dan tahan sampai keluar pilihan beberapa bentuk. Kita pilih rectangular icon atau yang berbentuk persegi panjang.

4. Beralih pada halaman kertas yang akan digunakan untuk membuat tabel. Silakan klik dan seret ke arah atau bentuk yang diinginkan.

5. Klik line segment yang ada di toolbar Option untuk menggambar garis, lalu tekan tanda kurang “-“ atau tanda hubung pada keyboard komputer untuk membuat mode Subtract. Dengan membuat mode Subtract, kita dapat membuat garis kolom dan baris muncul dengan jelas di latar belakang tabel.

6. Klik pada halaman, tempat tabel ingin diletakkan. Geser pointer atau mouse ke area yang menjadi akhir kolom.

Baca Juga  Pengertian dan Keuntungan Kursus Desain Grafis

7. Tekan “Shift” untuk menentukkan garis vertikal yang jelas, lalu klik pada titik yang menjadi akhir untuk tabel.

8. Silakan membuat dan mengatur tabel yang ingin ditulis.

9. Perhatikan toolbar yang ada di sebelah kiri. Klik black arrow atau icon anak panah berwarna hitam, gunanya adalah untuk menjalankan tool Path Selection.

10. Tekan “Shift” dan klik semua garis kolom. Pada toolbar Option, klik tombol paling kanan untuk mengaktifkan Distribute Horizontal Center. Dengan cara ini, Photoshop akan membagi spasi kolom secara merata. Lakukan cara serupa untuk Distribute Vertical Center.

11. Tekan tombol “X” pada keyboard untuk membuat latar depan menjadi putih.

12. Sekarang, masukkan teks ke dalam tabel tersebut. Caranya adalah dengan klik “Shape” di panel Layers. Selanjutnya, tekan “T” untuk mengaktifkan tools Text. Dengan begitu, kita bisa mengatur ukuran dan jenis font yang digunakan untuk teks. Klik di kolom yang ingin diberi teks dan mulailah mengetik.

13. Tekan “CTRL-Enter” sewaktu sudah selesai memasukkan teks pada kolom tersebut. ulangi cara tersebut untuk menambahkan teks lain di kolom lain.

14. Klik “Shape” pada Layers, kemudian klik “Fx” di bawah Layers untuk menampilkan beberapa gaya layer.

15. Klik “Color Overlay” dan warna yang ada pada Layer Style. Di bagian ini kita bisa memilih warna untuk latar belakang tabel dan bagian palet.

16. Klik “Inner Shadow” yang ada di sebelah kiri, lalu drag “Choke” ke area paling kanan untuk menambahkan efek bayangan pada garis tabel. Jika sudah sesuai, tutup kotak dialog.

Cara membuat tabel di Photoshop Kedua 

Jika kebutuhan membuat tabel di Photoshop (cara membuat tabel di Photoshop, cara membuat tabel di Photoshop CS3) bukanlah untuk mengisi data dalam jumlah yang banyak, maka kita dapat hanya menyusun bentuk persegi panjang.

Baca Juga  Apa Itu Marketplace dan Perkembangannya

Caranya adalah dengan membuat garis persegi panjang. Pastikan mode view grid telah aktif. Dengan begitu kita bisa menggunakan ukuran untuk membuat kotak. Silakan klik icon persegi yang ada di Toolbar sebelah kiri.

Kemudian, klik pada layar dan tentukan kolom dan baris yang ingin dibuat. Pastikan juga untuk memperbesar layar supaya dapat membuat garis yang presisi. Kotak yang telah dibuat masih bisa digeser atau pun dihapus dengan mudah.

Kita bisa menambahkan tulisan ke dalam kotak-kotak tersebut dengan klik icon “T”.

Copy-Paste dari Excel

Jika kebutuhan membuat tabel di Photosop hanyalah demi mendapatkan file JPG atau PNG, maka sebenarnya kita dapat melakukan copy-paste dari Ms Excel. Cara ini tidak akan membuat tabel menjdi transparan, melainkan tetap berwarna putih dan bergaris hitam.

Apabila kita ingin mengurangi atau mengedit tabel tersebut di layar Photoshop (cara membuat tabel di Photoshop, cara membuat tabel di Photoshop CS3), maka yang dapat kita lakukan hanyalah memotong dan menghapusnya.

Itulah tadi langkah membuat tabel di Photoshop (cara membuat tabel di Photoshop, cara membuat tabel di Photoshop CS3). Meskipun harus menggunakan langkah yang tidak mudah, namun hasil tabel di Photoshop memang jernih karena kita dapat mengatur kualitasnya.

(Visited 7 times, 1 visits today)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *