cara lulus cpns

Cara Lulus CPNS Serta Uraian Yang Dapat Meningkatkan Kesuksesan

Posted on

Cara Lulus CPNS – Sejak dahulu, PNS merupakan salah satu profesi yang sangat bergengsi dan selalu banyak diminati. Salah satu keuntungan yang bisa didapatkan jika tahu bagaimana cara lulus CPNS adalah tidak perlu khawatir kesulitan finansial ketika sudah pension.

Seperti yang banyak diketahui, gaji seorang Pegawai Negeri Sipil tidaklah terlalu besar. namun, dengan menjadi PNS kita akan mendapatkan tunjangan dan uang pensiun. Uang tunjangan dan pensiunan tersebut berkali lipat lebih besar ketimbang gaji.

Selain itu, gelar sebagai abdi negara menjadi kebanggan tersendiri. Oleh sebab itu, setiap tahunnya seleksi CPNS menjadi yang paling ditunggu. Tidak hanya untuk anak muda yang baru lulus pendidikan, tetapi juga bagi para profesional dengan berbagai background dan pengalaman kerja.

7 Tips Cara Lulus CPNS

Kita harus siap bersaing dengan jutaan pelamar CPNS di seluruh Indonesia dengan berbagai latar belakang usia, pendidikan, dan pengalaman kerja. Oleh sebab itu, cara lulus CPNS menjadi suatu hal yang sangat menantang untuk dilalui.

Diperlukan persiapan yang matang sejak jauh-jauh hari dan disiplin waktu dalam belajar supaya hasilnya memuaskan. Berikut adalah beberapa tips cara lulus CPNS yang bisa kita persiapkan.

1. Pastikan seluruh syarat administrasi sudah dipersiapkan sejak jauh-jauh hari

Cara lulus CPNS yang pertama adalah dengan mempersiapkan dokumen yang lengkap sejak jauh hari. Banyaknya jumlah pelamar CPNS setiap tahunnya menjadikan setiap proses seleksi yang harus dilalui menjadi sangat ketat.

cara lulus cpns

Jika kita sudah mengincar target untuk dapat lulus CPNS, sudah pasti kita harus mempersiapkan semuanya dengan matang. Ketika jadwal untuk melamar dibuka, jutaan orang dari seluruh Indonesia pasti akan ramai mengakses website pendaftaran. Hal ini yang menjadikan proses pendaftaraan administrasi sering terhambat.

Jika kita tidak ingin hal ini terjadi, pastikan kita sudah persiapkan dokumen administrasi yang diminta sejak jauh-jauh hari. Dokumen administrasi pokok yang biasa diperlukan seperti Ijazah, Transkrip Nilai, Surat Keterangan Catatan Kepolisian (SKCK), Surat Keterangan Bebas Narkoba (SKBN), Surat Keterangan Sehat, KTP, dan beberapa dokumen pendukung lainnya tergantung instansi kita melamar.

Setiap instansi memang memiliki persyaratan yang berbeda-beda mulai dari persyaratan dokumen sampai dengan persyaratan fisik. Contohnya jika kita melamar di Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia untuk posisi sebagai Sipir, kita harus memenuhi syarat tinggi dan berat badan yang ideal.

Jika kita ingin melamar di Kementerian Luar Negeri, sudah pasti akan diminta untuk menyertakan sertifikat kemahiran berbahasa Inggris seperti TOEFL. Sebaiknya kita cari informasi sedetail mungkin sebelum pendaftaran dibuka supaya memudahkan kita dalam memasukkan lamaran.

2. Banyak Latihan Soal Tes CPNS

Cara lulus CPNS selanjutnya yaitu dengan sering berlatih soal tidak hanya di buku, melainkan di internet, aplikasi, atau kita juga bisa mengikuti try out bersama yang sering diadakan menjelang pendaftaran CPNS.

Seperti yang sudah dibahas sebelumnya, kalau setiap tahun ada banyak yang ingin melamar sebagai CPNS. Seleksi yang ketat dan tingkat kesulitan soal yang cukup tinggi akan membuat beberapa peserta sedikit demi sedikit berguguran pada satiap tahapan tesnya.

Oleh sebab itu, jika kita tidak ingin menjadi salah satu yang gugur kita harus selalu tekun dalam latihan berbagai macam soal CPNS. Karena setiap tahunnya CPNS selalu membuat soal dengan pola yang hampir mirip, tinggal bagaimana kita membuat trik dalam menyelesaikan soal tersebut dengan cepat dan tepat.

Kita juga harus membiasakan diri untuk menjawab soal dengan menggunakan waktu karena ketika di tes nanti kita akan diberikan waktu yang sangat terbatas untuk menyeselesaikan berbagai soal. Jika kita sudah terbiasa latihan soal dengan menggunakan waktu, kita juga dapat memprediksikan berapa banyak waktu yang harus kita butuhkan untuk menyelesaikan tiap soalnya.

Baca Juga  Infromasi Penting bagi CPNS untuk Lulusan SMA

3. Pahami Setiap Bentuk Soal

Cara lulus CPNS selanjutnya yaitu dengan memahami setiap bentuk soal. Jika kita sudah lolos dalam seleksi administrasi, hal yang harus kita lakukan selanjutnya adalah mempersiapkan diri untuk melakukan Seleksi Kompetensi Dasar (SKD).

Pada bagian SKD ini, nanti kita akan diuji dalam 3 hal, yaitu Tes Wawasan Kebangsaan (TWK), Tes Intelegensi Umum (TIU), dan Tes Karakteristik Pribadi (TKP). Setiap jenis soal ini tentu saja berbeda konsep dan aspek apa saja yang akan dinilai.

Tugas kita adalah memahami setiap jenis soal yang akan diberikan nanti sehingga ketika kita tes dan menemukan soal dengan jenis tersebut kita akan lebih siap.

4. Mulai Sering Membaca

Seperti yang dibahas pada poin sebelumnya, jika ingin tahu cara lulus CPNS kita harus memahami setiap bentuk soal yang akan diberikan nanti. Salah satu jenis soal yang akan diujikan adalah mengenai sejarah Indonesia dan Undang-Undang di Indonesia. Sehingga kita yang ingin lulus dalam seleksi ini sudah pasti harus rajin membaca mengenai sejarah dan undang-undang yang berlaku di Indonesia.

Tidak perlu kita hafal semuanya, cukup dengan mengingat bagian-bagian penting dalam sejarah seperti tokoh, tanggal peristiwa, dan proses kejadiannya saja. Kita juga tidak perlu pusing dalam menghafal semua undang-undang yang berlaku di Indonesia, kita hanya perlu mengetahui beberapa pasal yang umum dipakai beserta inti dari pasal tersebut.

Baca Juga  Memilih Tempat Kursus CPNS Yang Handal Mengajar

5. Bersikaplah Secara Jujur

Menjadi seorang abdi negara tidak hanya melalui seleksi kemampuan dasar saja, melainkan harus melewati tahap tes psikologi dan wawancara. Pada tes ini akan ditentukan apakah kita layak menjadi CPNS atau tidak.

Kita harus mampu dalam menyelesaikan beberapa persoalan di kehidupan sehari-hari dengan tidak melanggar peraturan yang berlaku.

Banyak sekali yang terjebak pada tahapan ini karena sekilas terlihat mudah padahal banyak sekali aspek penilaian yang tersembunyi ketika kita mengikuti tahap ini. Tipsnya adalah kita harus mampu menjadi diri kita sendiri, kita juga harus tahu apa kelebihan dan kekurangan pada diri.

cara lulus cpns

6. Atur Manajemen Waktu Sebaik Mungkin

Cara lulus CPNS berikut sangat penting untuk kita perhatikan. Kita yang sedang mempersiapkan diri untuk mengikuti seleksi ini tidak bisa hanya mempersiapkan diri sehari semalam. Bahkan kalau bias, kita harus mempersiapkan diri berbulan-bulan sebelum pendaftaran dibuka supaya hasilnya maksimal.

Seperti mulai dari kelengkapan berkas sampai dengan belajar dengan tekun harus kita persiapkan dengan matang. Berlatih soal yang tekun akan membiasakan diri kita ketika menghadapi seleksi yang sesungguhnya.

7. Percaya Kemampuan Diri Sendiri

Ketika kita sudah mempersiapkan diri dengan matang dari segi kelengkapan berkas sampai persiapan diri dalam belajar, tidak ada artinya jika kita tidak percaya dengan kemampuan diri sendiri. Dengan percaya diri kita akan tahu kemana kita akan melangkah dan lebih yakin dalam menjawab setiap pertanyaan.

Itulah tadi uraian mengenai beberapa tips dan cara lulus CPNS yang bisa dicoba. Agar lebih yakin, kamu juga bisa mengikuti kursus persiapan tes CPNS yang kini sudah banyak tersedia di kota-kota besar. pastikan untuk memiliki tempat kursus yang berkualitas.

(Visited 5 times, 1 visits today)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *