cara kuliah di luar negeri

Berbagai Cara Kuliah di Luar Negeri

Posted on

Cara kuliah di luar negeri – Ada banyak cara untuk dapat berkuliah di luar negeri. Nah, berikut ini adalah beberapa cara (cara kuliah di luar negeri, kuliah di luar negeri, kuliah luar negeri) yang bisa kita tempuh untuk kuliah ke luar negeri bahkan secara gratis.

1. Melalui Beasiswa Pemerintah

Ada banyak beasiswa yang disediakan oleh pemerintah, baik pemerintah tempat mahasiswa berasal atau pun pemerintah negara yang dituju. Cara ini juga merupakan cara yang paling umum dilakukan karena kebanyakan tidak mensyaratkan kualifikasi yang terlalu tinggi.

Di indonesia, beasiswa yang disediakan oleh DIKTI merupakan beasiswa favorit yang diincar oleh mahasiswa. Hal itu karena beasiswa yang disediakan oleh dikti mencakup pembiayaan kuliah termasuk transportasi berangkat dan pulang ke negara asal.

Persyaratan (cara kuliah di luar negeri, kuliah di luar negeri, kuliah luar negeri) yang harus dipenuhi untuk mendapatkan beasiswa DIKTI atau serupa ini hanyalah pengerjaan tes dan kelengkapan sertifikat kemahiran bahasa seperti TOEFL atau IELTS.

Baca Juga ” Bedanya Am dan Pm Yang Perlu Kamu Ketahui

2. Melalui Beasiswa Universitas

Ada banyak universitas yang menyediakan beasiswa untuk mahasiswa internasional yang ingin berkuliah ke luar negeri (cara kuliah di luar negeri, kuliah di luar negeri, kuliah luar negeri). Beasiswa yang diberikan juga terdiri dari beberapa jenis, mulai dari beasiswa penuh pembiayaan hingga beasiswa paruh pembiayaan.

Beasiswa universitas umumnya menargetkan mahasiswa yang memiliki prestasi. Pembiayaan yang diberikan bisa meliputi biaya kuliah dan tempat tinggal, namun biasanya tidak termasuk transportasi di awal-awal pendaftaran kuliah.

3. Melalui Beasiswa Swasta

Kuliah ke luar negeri melalui cara yang satu ini cukup diminati dan memiliki gengsi tersendiri. Selain karena akan kuliah secara gratis, kuliah ke luar negeri melalui sponsor akan memudahkan kita dalam melakukan pendaftaran atau melewati penjaringan masuk universitas.

Dalam persaingan, mahasiswa yang memiliki sponsor akan mendapat perhatian lebih karena sudah ada seleksi dari pihak sponsor tersebut. Di indonesia, sponsor untuk kuliah ke luar negeri yang bergengsi dan banyak diminati adalah seperti Djarum.

Khusus untuk mencari sponsor, kita dapat mengajukan proposal selain juga melakukan pendaftaran seperti pada beasiswa umumnya. Untuk mengajukan proposal sponsor kuliah ke luar negeri, kita bisa melakukannya pada perusahaan tempat kita bekerja, jika kita sudah bekerja.

4. Melalui Beasiswa Non Akademis

Beasiswa tidak melulu melihat pada bukti hasil kegiatan akademis mahasiswa. Kita dapat berkuliah di luar negeri (cara kuliah di luar negeri, kuliah di luar negeri, kuliah luar negeri) melalui beasiswa olahraga atau kebudayaan.

Universitas-universitas yang ada di Eropa dan Amerika umumnya sangat mengapresiasi mahasiswa yang berbakat pada bidang olahraga dan seni. Universitas-universitas di sana akan memberikan pembiayaan bagi mahasiswa yang berbakat pada bidang tersebut.

Pembiayaan dapat berupa residensi atau mahasiswa tinggal beberapa bulan untuk membuat dan memamerkan karya karyanya.

Baca Juga  Buku TOEFL Terbaik untuk Persiapan Tes Paling Recomended

5. Melalui Pertukaran Mahasiswa

Ketika kita sudah masuk ke universitas yang ada di dalam negeri, maka kita masih mungkin bisa merasakan kuliah ke luar negeri. Caranya (cara kuliah di luar negeri, kuliah di luar negeri, kuliah luar negeri) adalah dengan mengikuti program pertukaran mahasiswa. Setiap tahunnya, di setiap universitas yang memiliki kualifikasi baik, akan mengadakan pertukaran pelajar dengan universitas kerabat di luar negeri.

Untuk mengikuti program ini, syarat yang ditentukan akan bergantung pada hal-hal teknis seperti ke mana pertukaran tersebut dilakukan. Misalnya, apabila pertukaran dilakukan dengan universitas di Korea, yang akan terpilih setidaknya seseorang yang menyukai budaya Korea.

Selain itu, ada juga persyaratan nilai terakhir yaitu di atas 3,0. Namun, syarat (cara kuliah di luar negeri, kuliah di luar negeri, kuliah luar negeri) ini tergantung pada masing-masing tahun program.

Kuliah ke luar negeri dengan cara (cara kuliah di luar negeri, kuliah di luar negeri, kuliah luar negeri) ini akan membuat kita tidak hanya dapat merasakan pendidikan yang berbeda, tetapi juga belajar budaya yang berbeda.

6. Melalui Peminjaman Uang Kuliah

Faktanya, ada banyak mahasiswa Indonesia yang berkuliah di Singapura, seperti di NTU dan NUS yang menggunakan program student loan. Program student loan adalah sebuah program yang memberi kesempatan bagi mahasiswa untuk berkuliah di universitas tertentu di luar negeri dengan cara meminjamkan sejumlah uang untuk memenuhi kebutuhan.

Uang tersebut akan dikembalikan oleh mahasiswa setelah lulus dan setelah mendapatkan pekerjaan. Peminjaman uang ini akan dikenakan bunga dengan nilai persentase berbeda-beda.

Seperti peminjaman di bank, peminjaman dalam student dalam program student loan juga memiliki jatuh tempo waktu dan cara-cara yang bisa digunakan untuk membayar. Oleh karena itu, sebaiknya berhati-hati dan teliti ketika membaca poin-poin dalam surat penandatanganan program student loan.

7. Melalui Kelas Musim Panas

Kelas musim panas atau summer course adalah sebuah program yang umumnya diselenggarakan oleh pemerintah atau pihak swasta tertentu yang mengajak mahasiswa dari banyak negara untuk merasakan pengalaman tinggal di negara mereka.

Program ini cocok untuk seseorang yang ingin kuliah ke luar negeri demi mengetahui kebudayaan. Hal itu karena dalam summer course kita tidak akan belajar mata kuliah akademis, melainkan lebih khusus pada kekhasan negara tersebut.

Durasi yang akan dijalani mahasiswa dalam program (cara kuliah di luar negeri, kuliah di luar negeri, kuliah luar negeri) ini berkisar antara 1 hingga 6 bulan saja.

Mahasiswa tidak akan mendapatkan gelar atau tanda bukti tertentu ketika menjalani program ini. Namun, program ini diyakini akan sangat penting untuk memperoleh beasiswa di masa mendatang.

cara kuliah di luar negeri

8. Melalui Program Sukarelawan

Menjadi seorang volunteer atau sukarelawan nyatanya bisa dilakukan untuk (cara kuliah di luar negeri, kuliah di luar negeri, kuliah luar negeri) berkuliah di luar negeri. Namun, seperti namanya, kita akan diminta untuk berkegiatan sosial atau riset kecil-kecilan.

Baca Juga  Kata Kata Bijak dalam Bahasa Inggris dan Artinya

Pendaftaran program sukarelawan ini tidak harus dilakukan di negara yang akan dituju. Kita bisa mendaftar sebuah program sukarelawan di Indonesia yang kemudian mengirimkan pesertanya ke luar negeri.

Salah satu program volunteer yang ada di kampus-kampus besar Indonesia adalah AIESEC. Dalam programnya, mahasiswa akan diminta untuk mengajar anak SD, membuat penyuluhan, ataupun kegiatan sosial lainnya.

Sayangnya, dalam program volunteer, kita mungkin tidak akan mendapatkan pembiayaan secara penuh. Beberapa pengeluaran seperti akomodasi akan ditanggung mahasiswa sendiri. Namun, sertifikat yang dikeluarkan oleh program ini akan sangat penting untuk pendaftaran beasiswa beasiswa.

9. Melalui Proposal Riset

Cara (cara kuliah di luar negeri, kuliah di luar negeri, kuliah luar negeri) yang paling bergengsi untuk berkuliah di luar negeri adalah dengan melalui riset.

Ada banyak sekali dan hampir semua universitas akan menerima mahasiswa dari luar negeri yang memiliki riset penelitian yang baik serius. Beasiswa riset juga banyak tersedia, baik beasiswa yang ditawarkan oleh universitas maupun pihak swasta.

Kita tidak hanya bisa mendaftar universitas di luar negeri, tetapi juga bisa melalui universitas di dalam negeri dan mengajukan diri melakukan riset di kampus luar negeri. Untuk mendapatkan beasiswa atau pembiayaan ini kita harus mengajukan proposal riset yang lazimnya dibuat dalam bahasa Inggris.

10. Melalui Program Seminar

Ada banyak universitas di luar negeri yang mengadakan seminar untuk mahasiswa dari berbagai negara. Hal (cara kuliah di luar negeri, kuliah di luar negeri, kuliah luar negeri) ini sangat cocok untuk kamu yang ingin belajar atau kuliah di luar negeri secara singkat.

Karena seminar hanya berdurasi beberapa hari saja, maka kita dapat menggunakan visa turis biasa untuk keluar negeri. Cara kuliah ke luar negeri melalui seminar umumnya dilakukan oleh seseorang yang memiliki cukup uang karena pembiayaannya ditanggung pribadi.

Seseorang yang melakukan (cara kuliah di luar negeri, kuliah di luar negeri, kuliah luar negeri) ini umumnya hanya mengincar sertifikat sebagai syarat beasiswa atau untuk memperkuat berkas lamaran kerja.

Itulah tadi beberapa cara yang bisa dilakukan untuk berkuliah ke luar negeri (cara kuliah di luar negeri, kuliah di luar negeri, kuliah luar negeri). Harus kamu yakini bahwa beberapa universitas di luar negeri tidak lebih baik dari universitas di dalam negeri. Oleh karena itu, berkuliah ke luar negeri tidaklah sesulit yang dibayangkan.

(Visited 11 times, 1 visits today)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *