Jadikan Mimpi Menjadi Kenyataan Inilah 8 Cara Kuliah di Jerman

Posted on

Cara Kuliah di Jerman – Menempuh pendidikan setinggi – tingginya menjadi dambaan setiap orang. Untuk mendapatkan pendidikan tinggi, banyak universitas di dalam negeri maupun di luar negeri yang bisa kamu tuju. Salah satu negara yang terkenal dengan perguruan tinggi yang berkualitas dan biaya perkuliahan yang murah adalah Jerman.

Jika kamu belum tahu bagaimana langkah – langkah atau cara kuliah di Jerman, simak caranya berikut ini.

Cara Kuliah di Jerman

1. Menentukan Universitas yang Kamu Minati

Cara kuliah di Jerman pertama yang harus kamu lakukan yaitu menentukan universitas mana yang kamu minati. Hampir sama dengan di Indonesia, di Jerman juga ada universitas negeri dan universitas swasta.

Dari kedua universitas tersebut, tentukan apakah kamu akan memilih universitas Applied Science (Ilmu Terapan), College of Art (Perguruan Tinggi Ilmu Seni) atau Film dan Musik.

Kebanyakan mahasiswa internasional memilih universitas negeri karena di universitas negeri tidak dipungut biaya. Apabila ada biayanya pun hanya sebagai biaya administrasi yang relatif murah dan terjangkau.

Apakah kamu sudah ada bayangan universitas mana yang akan kamu pilih?

Baca Juga  Kuliah Gratis? Begini Tips dan Cara Mendapat Beasiswa ke Jerman

2. Memilih Program Studi dan Jurusan yang Tepat

Setelah mengetahui universitas mana yang menjadi tujuanmu, tentunya kamu juga harus menentukan program studi apa yang kamu minati.

Kamu bisa mengeceknya di link ini
https://www.hotcourses.co.id/study-abroad-info/student-finance/8-universitas-di-jerman-ini-menawarkan-bantuan-keuangan/
atau link ini
https://www.studying-in-germany.org/top-universities-in-germany-to-study-architecture/

3. Memilih Pogram Gelar Internasional

Sebagian besar universitas di Jerman memiliki program gelar internasional. Kamu bisa memilih program gelar internasional. Jika kamu memilih program biasa, kamu harus memiliki kemampuan bahasa Jerman yang memenuhi syarat.

4. Memeriksa Persyaratan Pendaftaran

Persyaratan pendaftaran sangat penting untuk kamu perhatikan. Kamu harus teliti membaca apa saja syarat yang harus kamu penuhi dan juga batas akhir pendaftaran.

Agar informasi mengenai pendaftaran yang kamu dapatkan valid dan update, sebaiknya kamu langsung membaca informasi lengkap dari situs resmi universitas.

Baca Juga  Contoh Percakapan Bahasa Jerman Sehari-hari Untuk Pemula

5. Memeriksa Persyaratan Kemampuan Bahasa Jerman yang Diminta

Jika kamu memilih program gelar internasional, kamu tidak memerlukan persyaratan kemampuan bahasa Jerman.

Namun, jika yang kamu pilih program lain bukan program gelar internasional, maka kamu harus memiliki kemampuan bahasa Jerman. Kamu harus mengambil tes bahasa Jerman untuk memenuhi persyaratan ini.

6. Menentukan Cara Membiayai Kuliah

Walaupun kuliah di Jerman bisa dibilang gratis, namun kamu tetap membutuhkan uang untuk membayar uang kontribusi yang dibayarkan per semester.

Uang kontribusi atau Einschreibung ini diberikan untuk asrama, kantin, fasilitas olahraga, dan lainnya. Selain itu kamu juga harus membayar biaya hidup di Jerman. Kalau kamu tinggal di Jerman, biaya lain yang harus kamu bayar adalah asuransi kesehatan.

Biasanya, penyedia jasa asuransi publik memberikan premi asuransi yang lebih murah kepada mahasiswa. Dengan adanya biaya – biaya yang harus kamu bayarkan saat mengikuti perkuliahan di Jerman, kamu harus menentukan bagaimana cara membiayai kuliahmu.

Kamu bisa menentukan apakah kamu akan membiayai kuliah dengan biaya pribadi, pinjaman ataupun beasiswa.

7. Apply Visa

Calon mahasiswa yang diterima di universitas – universitas Jerman harus apply visa di Indonesia. Caranya, kamu harus datang ke kedutaan Jerman yang berada di Jakarta.

8. Mencari Tempat Tinggal

Jika kamu sudah memiliki visa, maka kamu harus menghubungi kantor departemen internasional di universitas yang kamu tuju. Kamu akan dibantu untuk mendaatkan akomodasi atau tempat tinggal yang murah.

(Visited 63 times, 1 visits today)
Rina Hutapea
Hai pembaca salam kenal dan terima kasih sudah membaca tulisan saya selama ini. Perkenalkan nama saya Felichyta penulis yang masih amatiran di bidang blogger. Bagaimana saya bisa memulai menulis? Awalnya saya suka sekali memasak dan travelling tapi di tengah kesibukan saya tersebut masih banyak waktu luang yang ternyata enak untuk diisi dengan kegiatan menulis. Selain menulis menyenangkan ternyata juga bisa memberikan banyak informasi penting untuk orang lain termasuk kalian. Jika masih banyak kekurangan mohon maaf karena masih belum lama ini juga memulai untuk menulis. Banyak hal yang bisa di share untuk berbagi ilmu di segala bidang. Semoga kedepannya semakin banyak tulisan saya yang membantu dalam kehidupan masing-masing pembaca ya.  Salam kenal..

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *